Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email yang Baik dan Benar

Apa cara termudah untuk melampirkan resume dan surat lamaran kerja melalui pesan email? Saat kamu diminta untuk mengirim resume atau surat pengantar kerja melalui email, tidak perlu khawatir, kamu tinggal ikuti tata cara melamar lewat email yang baik dan benar ini.

TransKerja.com akan memandu kamu langkah demi langkah bagimana cara mengirim email lamaran kerja untuk memastikan kamu sudah melampirkan dokumen yang di perlukan dengan benar, menulis email yang menjelaskan apa yang kamu kirim dan termasuk baris subjek yang akan membuat pesan email kamu dibuka dan dibaca oleh penerima kerja (HRD).

Sekarang melamar pekerjaan bisa dengan online, dan hal itu tentu saja membuat kamu ingin tahu bagimana cara mengirim email lamaran kerja, dan untuk memiliki email dan mengirim email resume juga surat lamaran ke manajer perekrutan yang dapat di lakukan dengan mudah.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Buat kamu, yang saat ini sedang mencari bagaimana cara melamar pekerjaan lewat email yang baik dan benar, kami sudah bagikan tata caranya dengan langkah demi langkah sederhana namun efektif.

Jadi, lanjutkan membaca artikel cara mengirim email lamaran kerja ini, sebab di bawah ini, kami sudah jabarkan dengan detail cara kirim email lamaran kerja yang baik dan benar. Yuk simak terus...

Email atau yang umum disebut surat elektronik (surel) yakni satu di antara media komunikasi yang udah ada sedari dulu.

Biasanya e-mail diperlukan oleh mereka untuk kepentingan yang bersifat formal semacam bisnis serta kepentingan dalam dunia perkantoran.

Kendatipun perkembangan social media ketika ini udah semakin melambung dapat menggeser sebagian pengguna email, beberapa besar orang ataupun instansi masih memakai email untuk suatu kepentingan.

Hal demikian karena ada beberapa pendapat untuk mereka yang menentukan email untuk kepentingannya.

Ketimbang dengan social media yang lain e-mail dikategorikan sebagai social media yang tepat guna atau malahan gratis.

Kayak provider yang disediakan oleh Gmail, Yahoo, serta Outlook, kebanyakan dari mereka mempersembahkan akses yang mudah dengan anggaran rendah atau bahkan gratis untuk pengguna mereka.

Sejatinya, biarpun email tergeser oleh social media yang semakin canggih, beberapa besar orang enggak akan keberatan sekiranya dimintai alamat surat elektronik mereka.

Situasi ini karena surel juga udah menjadi harapan bagi sejumlah besar orang. Buat sahabat yang memakai email untuk pekerjaanmu, fitur arsip dalam surat elektronik tentunya tak dapat diragukan lagi.

Fitur arsip dalam surat elektronik pada lazimnya kerap digunakan sebagai tanda bukti atas kejadian antar pekerja, walhasil akuntabilitas dalam surel tentunya tak dapat diragukan lagi.

Beberapa besar orang-orang juga masih memakai email sebagai media komunikasi untuk saling bertukar file juga dokumen kayak foto, video, dokumen dari Microsoft Words, serta dokumen maupun file sejenisnya. 

Melalui email, sahabat juga tak harus khawatir serta terganggu karena adanya spamming notification tatkala pesan masuk biarpun berbeda time zone.

Berkaitan dengan hal tersebut, keberadaan surat elektronik sejauh ini tengah jadi urgensi untuk setiap kategori maupun instansi. Terkhusus pada perusahaan yang lazimnya lebih menekankan penerapan email sebagai urusan bisnis atau pekerjaan lain.

Pentingnya kegunaan surel Sampai kini, melimpah perusahaan yang lebih menekankan pada mereka pelamar kerja untuk memakai email dalam mengirimkan persyaratan-persyaratan kerjanya.

Selain itu, di era sekarang ini berlimpah perusahaan yang menyelenggarakan rekrutmen lebih menekankan pada pelamar untuk mengirimkan lamarannya dalam bentuk digital daripada dalam bentuk fisik.

Tentunya termuat regulasi pada pemakaian email untuk pelamar yang akan mengirimkan lamarannya ke surat elektronik perusahaan.

Sebab ketika kawan-kawan melampirkan lamaran pekerjaan melalui email, pastinya sahabat tak sembarang maupun dengan gampang melampirkan berkas persyaratan begitu saja.

Ditemukan seorang HRD ataupun recruiter yang bakal mengamati macam mana tata aturan penulisan surel untuk melampirkan berkas persyaratan kerjamu.

 

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

cara melamar pekerjaan lewat email

Ketika kamu menggunakan email untuk melamar pekerjaan, hal pertama cara melamar pekerjaan lewat email yang perlu kamu ketahui adalah apa yang diinginkan pihak pemberi kerja?

Misalnya; ketika perusahaan meminta pelamar untuk mengirimkan resume dan surat pengantar sebagai lampiran pada pesan email.

Sangat penting untuk mengirim lampiran sesuai instruksi dengan benar, dengan mengikuti apa yang mereka minta dalam format yang diminta. Jika tidak, maka bisa saja email lamaran pekerjaan kamu mungkin berakhir di folder spam atau sampah.

Setelah kamu tahu apa yang di instruksikan pihak penerima kerja, Untuk cara melamar pekerjaan lewat email yang baik dan benar supaya pesan email kamu dibuka dan dibaca, langkah selanjutnya adalah:

1. Siapkan Semua Dokumen Persyaratan

Tahap dasar cara melamar pekerjaan lewat email adalah menyiapkan dokumen persyaratan dalam format file yang tepat.

Dokumen persyaratan harus dikirim dalam bentuk PDF atau Dokumen Microsoft Word.

Jika kamu memiliki perangkat lunak pengolah kata selain Microsoft Word, simpan resume sebagai dokumen Word (.doc atau .docx).

Untuk menyimpan dokumen menjadi PDF, kamu bisa menggunakan Microsoft Office Word 2013, tinggal pilih File, Save As, dan pilih opsi PDF.

Selanjutnya, gunakan nama kamu sebagai nama file, sehingga pihak HRD mudah membedakan resume dan surat lamaran.

Contoh:
Alexianeal-resume.doc, dan
Alexianeal-surat-lamaran.doc

2. Gunakan Email yang Jelas dan Benar

Maksudnya, email yang kamu pakai untuk mengirim lamaran kerja harus menggunakan nama asli kamu dan jangan memakai email nama alias atau samaran, karena bisa saja hal itu membuat pihak penerima kerja enggan membuka email kamu.

Jika kamu menggunakan email dari Google Mail, biar lebih profesional dan disukai pihak penerima kerja, maka alamat email harus nama lengkap kamu, misal alexianeal@gmail.com, kalau Yahoo jadinya alexianeal@yahoo.com

3. Tulis Pesan Email

Setelah menyimpan resume, surat pengantar kerja, dan mempunyai email profesional, selanjutnya kamu membuat pesan pengantar email, bisa langsung ketik di body pesan email, dan jangan bertele-tele, buat pesan pengantar yang singkat, dan to the point. Adapun contoh cara menulis body email untuk lamaran kerja telah di jelaskan pada halaman selanjutnya.

Contoh Pesan Email Pada Body Email Lamaran Kerja Operator Produksi

Bagi kamu yang bingung bagaimana cara membuat body email lamaran kerja operator produksi. Ini merupakan artikel lanjutan dari tata cara mengirim email lamaran kerja.

Pada bagian ini kita akan fokus pada cara membuat body email lamaran kerja operator produksi yang dapat memengaruhi penilaian HRD tentang pelamar. Sehingga peluang kamu diterima kerja semakin besar.

Yuk, cari tahu cara buat serta contoh body email lamaran kerja operator produksi pada tulisan ini!

Kerangka Dasar Body Email Lamaran Kerja Operator Produksi

Satu di antara bagian berharga yang wajib dilaksanakan ketika melamar kerja lewat surel ialah body e-mail. Pelamar kerja haruslah mengenal cara membuat body email lamaran kerja. Untuk itulah kami memberikan contoh body email lamaran kerja operator produksi yang benar dan menarik lengkap cara membuatnya!

Pasalnya, body email lamaran kerja yang betul, singkat, dan jelas dapat menarik perhatian HRD. Hal tersebut juga mampu membuat pelamar punya kesempatan besar untuk menggaet pekerjaan impian.

Inilah contoh dan cara membuat body email lamaran kerja operator produksi yang benar dan baik. Yuk, simak penjelasan cara buat juga contoh body e-mail lamaran kerja di bawah ini!

1. Bagian Pembuka

Langkah pertama dalam membuat body e-mail operator produksi adalah membuat bagian pembuka. Pada bagian ini, kamu akan menuliskan kepada siapa e-mail lamaran kerja itu akan kirimkan. Selain itu, kamu juga dapat menyisipkan Nama dan Posisi Operator Produksi.

2. Membuat Isi Body E-mail

Ini adalah bagian utama pada cara membuat body email lamaran kerja operator produksi, yaitu Isi body e-mail, ini bersisi paragraf singkat. Adapun rinciannya ialah sebagai berikut.

Paragraf Pertama

Di paragraf pertama, sahabat ucapkan terima kasih dulu karena telah menyempatkan waktu untuk membaca e-mail lamaran yang kamu kirim. Kemudian, kawan-kawan transkerja dapat menuliskan nama dan maksud dari e-mail yang kawan-kawan kirim.

Selanjutnya, sahabat dapat memperkenalkan nama, serta menjelaskan latar belakang pendidikan, dan jabarkan maksud dari e-mail yang sahabat transkerja buat. Tuliskan posisi operator produksi yang teman-teman lamar sesuai dengan lowongan perusahaan. Dan tak lupa untuk mengabarkan pula di mana sahabat meninjau lowongan operator produksi tersebut.

Paragraf Kedua

Paragraf kedua ialah isi dari keseluruhan e-mail. Pada paragraf ini, teman-teman transkerja wajib mendeskripsikan alasan kenapa sobat melamar posisi operator produksi tersebut. Lalu, promosikan dirimu dengan baik juga tidak bertele-tele supaya perekrut tertarik denganmu.

Paragraf Ketiga

Setelah mempromosikan diri, tidak lupa untuk menutupnya dengan ucapan terima kasih. Juga beritahukan bahwa kawan-kawan udah melampirkan Curriculum Vitae dan dokumen lain untuk melamar kerja tersebut.

3. Bagian Penutup

Pada bagian ini, kawan-kawan dapat menghadirkan kata ‘Hormat saya’.

Contoh Body Email Lamaran Kerja Operator Produksi

Kepada HRD PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing,

Terima kasih untuk waktunya. Perkenalkan, saya Agus Haidi Prakoso, Lulusan SMK jurusan otomotif Bandung. Saya meninjau job listing google dan menemukan lowongan PT. Yamaha Indonesia serta tertarik untuk melamar pekerjaan pada posisi operator produksi di perusahaan ini.

Saya mempunyai pengalaman sebagai operator produksi serta pernah mengikuti pelatihan Prakerja. Dalam pengelaman sebelumnya di PT. Astra Honda Motor, saya bertanggung jawab dalam mengoperasikan mesin. Dengan pengalaman tersebut saya yakin bisa memberikan kontribusi terbaik dalam bidang memonitoring kondisi mesin produksi hingga menjaga kualitas produksi.

Adapun pembahasan lebih terhadap diri saya telah dilampirkan dalam file attachment surel ini. Terima kasih.

Hormat saya,
Agus Haidi Prakoso

Dengan contoh body email lamaran kerja operator produksi tersebut, kamu sudah punya gambaran untuk membuat body email lamaran kerja kamu sendiri. Setelah mempunyai semua dokumen persyaratan, email yang jelas, dan body email lamaran kerja. Selajutnya kamu tinggal mengirimkannya.

Contoh Subjek Untuk Melamar Kerja Operator Produksi Lewat Email

Pernah terpikir sudah banyak surel yang dikirim namun tidak kunjung ada panggilan interview? Mungkin terdapat beberapa kesalahan yang belum kawan-kawan transkerja ketahui.

Sebelum kamu menentukan untuk mengirimkan surat lamaran kerja secara online, seyogianya cobalah ketahui dan pelajari cara mengirim lamaran kerja lewat email yang baik dan benar agar digemari para HRD.

Apabila sahabat kepingin mengirimkan surat lamaran kerja secara online, enggak pernah lupa untuk mengisi subjek dalam email.

Subjek surel yang pas, bakal sangat menopang HRD dalam memutuskan apakah kawan-kawan apply job yang sungguh dibutuhkan.

Misalnya, sahabat transkerja kepingin mengirimkan surat lamaran kerja operator produksi maka telaah deskripsi pekerjaan dengan seksama.

Apabila pada jobdesk di haruskan mencantumkan subjek "Posisi dan Nama".

Maka contoh subjek untuk melamar kerja operator produksi lewat email yang baik dan benar, adalah sebagai berikut.

Subjek: Operator Produksi - Agus Haidi Prakoso

Apa bila hanya diminta mengirim via Email tanpa memberi tahu Subjek.

Maka subjek yang umum pada e-mail yang ditulis yaitu:

Subjek: Surat Lamaran Kerja Operator Produksi - Agus Haidi Prakoso.

Dengan begitu pihak HRD bakal mudah menyaring e-mail masuk.

Ingat, yang mengirim surel itu bukan cuma pelamar saja.

Sampai-sampai jika subjek surel tidak diisi maka akan masuk didalam folder trash alias sampah.

Nah, sayang dong akhirnya bahwa lamaran kerja kamu masuk didalam spam, padahal CV yang dikirimkan udah keren juga menarik.

Cuma karena kesalahan enggak mengisi subjek atau keterangan subjek tidak jelas, akhirnya surat lamaran kamu dilewatkan oleh HRD.

Setelah menuliskan subjek pada email, sobat kudu mengisi body email. Kesalahan yang acap kali berlangsung adalah, cover letter dijadikan attchment, dan body emailnya kosong. Padahal cover letter yakni senjata pertama untuk para pelamar.

Untuk lebih jelasnya silahkan tinjau contoh body email lamaran kerja.

Sekarang kamu sudah tahu bagimana contoh subjek untuk melamar kerja operator produksi lewat email, kamu juga sudah tahu contoh body email lamaran kerja operator produksi. Selanjutnya bagaimana cara mengirim lamaran kerja via email?

1. Buka layanan webmail kamu

Buka akun surel Google Mail, Yahoo, Outlook atau sejenisnya.

2. Masukan Alamat Surel Perusahaan

Kamu perlu memastikan bahwasanya email perusahaan yang mau di tuju, merupakan alamat e-mail yang betul dan valid. Gak sampai salah ketik, sebab akibatnya, pesan surat elektronik sobat transkerja tak akan sampai ke e-mail perusahaan yang di tuju.

3. Mencantumkan Baris Subjek Pada Pesan Email

Baris subjek merupakan satu di antara bagian utama dari body e-mail yang teman-teman kirim untuk melamar kerja. Sekiranya teman-teman gak memasukkan satu, pesan sobat mungkin gak dapat dibuka.

Pesan surel sobat transkerja perlu menyertakan baris subjek, serta harus mendeskripsikan kepada pembaca siapa sahabat juga pekerjaan apa yang kawan-kawan lamar.

Harus spesifik, dengan begitu HRD bakal tahu apa yang ia terima.

Tambahkan subjek ke pesan surel sebelum kawan-kawan transkerja mulai menulis body e-mail. Dengan demikian, sahabat gak akan lupa untuk memasukkannya sesudahnya.

4. Tulis Body Email untuk Kirim Dengan Dokumen

Pada bagian body/badan email, isi dengan body/badan email hasil kamu sendiri seperti pada contoh body email lamaran kerja operator produksi.

5. Unggah Dokumen Resume juga Surat Pengantar ke Pesan Email

Setelah body email lamaran kerja siap dikirim, kawan-kawan kudu melampirkan resume dan surat pengantar. Luangkan waktu untuk mengoreksi pesan dengan cermat sebelum sobat mengirimnya.

Waktu yang Tepat Mengirim Email

Perhatikan juga waktu yang jitu dalam mengirim email. Enggak pernah sesekali kamu mengirimkan e-mail pada waktu yang enggak wajar. Kamu dapat mengirimkan e-mail pada jam kerja contohnya dari pukul 9 pagi hingga jam 3 sore. Selepas itu seharusnya mengurungkan niat untuk mengirimnya.