Lowongan Kerja Operator Forklift di KIIC

Lowongan Kerja Operator Forklift di KIIC - Tugas dan tanggung jawab serta persyaratan dan kualifikasi penting saat mengoperasikan forklift ialah memuat dan membongkar barang dan pengi...

Tugas dan tanggung jawab serta persyaratan dan kualifikasi penting saat mengoperasikan forklift ialah memuat dan membongkar barang dan pengiriman dan memindahkannya ke dan dari area penyimpanan, mesin dan memuat, ke mobil atau kereta api atau truk atau fasilitas penyimpanan.

Operator forklift adalah profesional manufaktur yang menggunakan forklift untuk mengangkut material berat di sekitar gudang, pabrik, lokasi penyimpanan, atau lokasi konstruksi. Operator forklift biasanya bekerja di bawah arahan manajer rantai pasokan atau manajer gudang.

Keterampilan

Operator forklift harus memiliki keterampilan tertentu untuk memastikan keselamatan di tempat kerja dan meningkatkan efisiensi:

1. Pengetahuan peralatan: Seringkali, operator forklift perlu menggunakan berbagai jenis alat berat selain forklift. Mereka mungkin perlu tahu cara mengoperasikan, memeriksa dan melakukan perbaikan sederhana pada mesin forklift.

2. Keterampilan matematika:  Operator forklift umumnya diharapkan untuk melacak inventaris dan menghitung bahan, sehingga keterampilan matematika yang kuat dapat membantu para profesional ini menyelesaikan tugas inventaris.

3. Kekuatan fisik:  Dalam kebanyakan kasus, operator forklift diharapkan untuk mengangkat kotak dan bahan berat lainnya tanpa menggunakan forklift atau mesin lainnya. Mereka mungkin perlu mengangkat setidaknya 25-50 KG tanpa bantuan atau risiko cedera. Banyak pengusaha menentukan kualitas ini dalam deskripsi pekerjaan.

4. Komunikasi:  Para profesional operator forklift perlu menggunakan komunikasi verbal untuk memberikan instruksi dan informasi terbaru tentang kemajuan pekerjaan mereka. Mereka harus menyesuaikan gaya komunikasi mereka tergantung pada siapa mereka berbicara, seperti rekan kerja, vendor atau penyelia. Mendengarkan secara aktif adalah keterampilan komunikasi berharga lainnya yang memungkinkan operator forklift untuk sepenuhnya memahami harapan tugas untuk menyelesaikannya dengan benar dan efisien.

5. Kerja Tim:  Operator forklift sering bekerja sebagai bagian dari tim yang bertanggung jawab atas proyek kerja atau tugas organisasi tertentu. Operator forklift yang sukses akan bekerja dengan baik dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tugas dan Tanggung Jawab

1. Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja selama pemeliharaan serta pengoperasian Forklift.
2. Melaksanakan pengoperasian Forklift sesuai dengan aplikasi dan teknik operasi yang benar dan aman sesuai dengan petunjuk operasi antara lain, melaksanakan persiapan operasi, mengangkat beban dengan Forklift, mengangkut beban menuju tempat meletakkan barang, menurunkan beban ke tempat yang ditentukan.
3. Membuat laporan harian.
4. Mendukung segala aktifitas di warehouse yang terkait dengan penggunaan forklift.
5. Menjaga dan merawat kondisi Forklift.

Kualifikasi

1. Usia maksimal 30 tahun
2. Berpengalaman minimal 2 tahun untuk posisi Operator Forklift
3. Pendidikan minimal SMA/SMK Sederajat
4. Memiliki SIO resmi yang masih Aktif
5. Bersedia bekerja dengan sistem shift
6. Penempatan di Kawasan Industri Karawang International Industrial City

Pelatihan

Forklift adalah kendaraan khusus yang membutuhkan pelatihan untuk beroperasi dengan aman dan efektif. Operator forklift tidak diizinkan secara hukum untuk mengoperasikan forklift tanpa pengawasan sampai mereka menyelesaikan pelatihan dan dievaluasi.

Sebagian besar pelatihan untuk operator forklift terjadi pada pekerjaan setelah mereka dipekerjakan. Seorang instruktur yang berpengalaman dan bersertifikat akan menunjukkan cara mengoperasikan forklift dengan aman dan terampil dan menavigasi di sekitar ruang. Operator forklift dengan pengalaman kerja sebelumnya mungkin memerlukan lebih sedikit pelatihan, terutama jika mereka memiliki pengalaman dalam industri serupa.
Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement