Bursa Kerja Khusus SMK N 2 Karawang Kabupaten Karawang, Jawa Barat

Bursa Kerja Khusus SMK N 2 Karawang Kabupaten Karawang, Jawa Barat - Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK N 2 KARAWANG  adalah sarana di mana pengusaha mencari karyawan dan karyawan mencari pekerjaan. Bursa Kerja Khus...

Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK N 2 KARAWANG  adalah sarana di mana pengusaha mencari karyawan dan karyawan mencari pekerjaan. Bursa Kerja Khusus ini juga dikenal sebagai pasar tenaga kerja yang merupakan komponen penting dari setiap ekonomi dan secara langsung terkait dengan permintaan barang dan jasa.

Alamat BKK SMK NEGERI 2 KARAWANG

Alamat : Jl. Banten No. 5 Karang pawitan Karawang Barat
RT : 02 RW : 12
Desa : Karang pawitan Karawang
Kecamatan : KARAWANG BARAT
Kab/Kota : KAB. KARAWANG
Propinsi : JAWA BARAT
Kode Pos : 41315

Bursa Kerja dan Tingkat Pengangguran

Bursa kerja juga terkait langsung dengan tingkat pengangguran. Tingkat pengangguran adalah persentase orang dalam angkatan kerja yang saat ini tidak bekerja tetapi secara aktif mencari pekerjaan. Semakin tinggi tingkat pengangguran, semakin besar penawaran tenaga kerja di pasar kerja secara keseluruhan.

Ketika pengusaha memiliki kelompok pelamar yang lebih besar untuk dipilih, mereka dapat memilih atau menurunkan upah. Sebaliknya, ketika tingkat pengangguran turun, pengusaha terpaksa bersaing lebih keras untuk pekerja yang tersedia.

Persaingan untuk pekerja memiliki efek meningkatkan upah. Upah yang ditentukan oleh pasar kerja memberikan informasi berharga bagi analis ekonomi dan mereka yang menetapkan kebijakan publik berdasarkan kesehatan ekonomi secara keseluruhan.

Bagaimana BKK Bekerja

Selama masa ekonomi yang sulit, pengangguran cenderung meningkat karena pengusaha dapat mengurangi jumlah staf mereka dan menciptakan lebih sedikit pekerjaan baru, membuatnya lebih sulit bagi orang yang mencoba mencari pekerjaan.

Tingkat pengangguran yang tinggi dapat memperpanjang stagnasi ekonomi — periode berkelanjutan dari pertumbuhan ekonomi yang kecil hingga tidak ada sama sekali — dan berkontribusi pada pergolakan sosial, yang menyebabkan hilangnya peluang bagi banyak individu untuk hidup dengan nyaman.

Seperti halnya pasar mana pun, ada penawaran dan permintaan untuk kesempatan kerja yang secara langsung memengaruhi tingkat upah dan gaji. Pasokan tenaga kerja dan permintaan tergantung pada ekonomi, serta tingkat pengangguran. Semakin rendah tingkat pengangguran menempatkan tekanan ke atas pada upah dan gaji karena majikan bersaing satu sama lain untuk sejumlah kecil pencari kerja.

Sebaliknya, tingkat pengangguran yang tinggi memaksa upah dan gaji turun karena lebih banyak pencari kerja bersaing satu sama lain untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih sedikit.

Mengapa Itu Penting?

Tingkat upah dan gaji yang ditetapkan oleh pasar kerja merupakan indikator penting bagi analis dan pembuat kebijakan ekonomi. Lebih penting lagi, pasar kerja mendorong produktivitas ekonomi dengan menciptakan lapangan kerja dan memutar uang melalui ekonomi melalui upah dan gaji.

Definisi

Definisi: Pasar tenaga kerja adalah tempat di mana pekerja dan karyawan saling berinteraksi. Di pasar tenaga kerja, pengusaha bersaing untuk merekrut yang terbaik, dan pekerja bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang paling memuaskan.

Deskripsi: Pasar tenaga kerja dalam suatu perekonomian berfungsi dengan permintaan dan penawaran tenaga kerja. Di pasar ini, permintaan tenaga kerja adalah permintaan perusahaan akan tenaga kerja dan penawaran adalah pasokan tenaga kerja. Pasokan dan permintaan tenaga kerja di pasar dipengaruhi oleh perubahan daya tawar.

Apa manfaat dan keuntungan BKK?

Bursa Kerja merupakan organisasi profesional yang menyelenggarakan peran mempertemukan para pencari kerja dan pengguna kerja untuk penempatan kerja, melalui prosedur antar kerja. Bursa Kerja Khusus bagaikan rekan kerja Dinas yang membidangi ketenagakerjaan memiliki kewajibanan sangat penting dan strategis di dalam mengaplikasikan kegiatan Antar Kerja sekaligus bagaikan salah satu sarana utama dalam menggerakkan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) Mengapa Diperlukan BKK ?

1.Agar pencari kerja alumni (tamatannya) dapat disalurkan dan dilokalitaskan suatu pekerjaan/posisi yang sebanding dengan bakat, minat pendidikan, profesionalisme dan ketrampilan.

2.Agar setiap pencari kerja alumni (tamatannya) dapat mengisi lowongan pekerjaan/posisi yang tersedia selaras dengan yang diinginkan oleh Pengguna Tenaga Kerja.

3.Agar setiap tenaga kerja dan pencari kerja (lulusannya) dapat menimpali secara cepat, tepat dan terpadu sebanding dengan mekanisme peraturan Antar Kerja.

Apa manfaat dan keuntungan BKK?
1.Dapat memajukan ketrampilan dan kemampuan para pencari kerja alumni selaras dengan persyaratan kerja/ posisi yang diperlukan.

2.Dapat memperoleh langsung info lowongan kerja dari pengguna tenaga kerja untuk peningkatan kualitas tamatan.

3.Dapat mempertemukan pencari kerja alumniya dengan pengguna tenaga kerja.

4.Dapat meneruskan dan meletakkan pencari kerja tamatanya kepada perusahaan atau institusibadan yang memerlukan tenaga kerja.

5.memajukan promosi, image dan kepedulian sekolah/institusi pelatihan untuk membantu mencantumkan tenaga kerja dan mengurangi pengangguran.

Ruang Lingkup Kegiatan BKK
Mendaftar dan mendata pencari kerja tamatannya untuk database pemangkuan Bursa Kerja Khusus (BKK).
Mendaftar dan mendata lowongan kesempatan kerja yang diterima.
mengendalikan penyuluhan dan bimbingan posisi kepada pencari kerja alumninya untuk mengetahui bakat, minat, dan kemampuannya sinkron kebutuhan pengguna tenaga kerja.
Mendata dan menghimpun pengguna tenaga kerja (Pemerintah/Swasta) dan LPTKS(instansi Penempatan Tenaga Kerja Swasta) serta PPTKIS (pengelola Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta) yang berada di tempat kerja BKK masing-masing
mengerjakan penawaran tentang persediaan tenaga kerja ke perusahaan kolega kerja
mengimplementasikan penempatan tenaga kerja di dalam negeri dan bertugas sama dengan PPTKIS untuk penempatan tenaga kerja ke luar negeri.
Mengadakan verifikasi seperti tindak lanjut dari pengiriman dan penempatan yang sudah ditindak lanjuti.
menjalankan kerjasama dengan pengguna tenaga kerja/perusahaan yang berada di daerah kerjanya untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja saat ini dan masa yang akan datang.
menciptakan dan menyampaikan laporan penempatan tenaga kerja secara rutin ke Dinas yang membidangi ketenagakerjaan kab/kota dan tembusannya ke Dinas yang membidangi ketenagakerjaan di Provinsi.
Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement