Resep Cara Membuat Donat Goreng yang Lembut, Empuk dan Mengembang

Donat yakni kue yang sungguh-sungguh populer. Rasa manis, tekstur empuk dan bentuknya yang unik membikin kue ini mempunyai melimpah penggemar. Makanan berbentuk bundar serta biasanya bolong di bagian tengah ini jadi makanan yang sanggup ditemukan di mana saja.

Donat diproduksi memakai adonan roti. Untuk memperoleh tekstur donat yang lembut dipakai gluten. Walau tepung terigu serbaguna dapat digunakan, tepung terigu protein tinggi yang lebih dominan mengandung gluten yakni kunci dari adonan donat yang empuk.

Tata cara bikin donat sendiri tersedia beberapa metode, di antaranya donat goreng, donat panggang memakai oven, serta donat kukus. Semua tata cara membuat donat tersebut dapat digunakan, tergantung selera masing-masing orang.

Namun yang paling favorit ialah teknik bikin donat goreng. Pasalnya taktik bikin donat goreng dinilai lebih gampang serta dapat digelar di rumah meski dengan alat-alat seadanya. Selain itu proses memproduksi donat goreng dapat menimbulkan donat dengan tektur lebih lembut serta empuk. Donat goreng dapat diproduksi tanpa ragi, tanpa telur, serta tanpa oven. Nah, berikut ini ragam aturan memproduksi donat yang lembut, empuk serta mengembang.

Cara Membuat Donat Goreng yang Lembut

Donat goreng dengan tekstur lembut sungguh menggoda selera bertabur gula manis, umumnya jadi sajian andalan untuk camilan sore hari. mempunyai cita rasa manis, tekstur yang lembut dan bikin kenyang, menggarap donat digemari berlimpah orang.

Donat juga dapat diolah dengan beragam varian rasa, topping hingga isian. Kunci kelezatan donat terdapat dari bahan yang berkualitas serta cara mengolahnya.

tata cara membikin donat goreng sebenarnya cukup gampang untuk dilakukan. Penasaran dengan taktik bikin donat goreng? Yuk langsung saja simak resepnya berikut ini.

Bahan:
300 gram tepung terigu protein tinggi
120 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt ragi instan
15 gram susu bubuk
40 gram gula halus
1 butir telur ayam
225 ml air es
30 gram margarin
1 sdt garam

Bahan topping:
Coklat batangan yang dilelehkan
Margarin & gula halus
Selai

Cara membuat donat goreng:
1. Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi instan dan gula halus. Aduk sampai tercampur rata.

2. Tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit. Jika ragu adonan terlalu encer maka air bisa dimasukkan beberapa bagian dulu.

3. Uleni adonan sampai menjadi kalis. Adonan kalis adalah tidak ada adonan yang lengket menempel di wadah dan tangan.

4. Masukkan margarin dan garam. Uleni adonan sampai elastis.

5. Tutupi adonan menggunakan kain dan diamkan di tempat hangat suhu ruang selama 15 menit. Setelah 15 menit, adonan mengembang. Tinju-tinju adonan untuk mengeluarkan udara. Uleni lagi sebentar.

6. Ulangi langkah 4 tetapi cukup didiamkan selama 10 menit.

7. Tinju-tinju adonan lalu bentuk adonan menjadi lingkaran. Bisa dibentuk manual dengan tangan setelah ditimbang seberat 40 gram atau giling adonan dan cetak memakai cetakan donat.

8. Letakkan adonan yang telah terbentuk dengan diberi jarak pada wadah datar. Tutupi dengan kain dan diamkan selama 30 menit.

9. Goreng adonan donat dalam minyak panas dan api kecil sampai kuning keemasan. Tiriskan.

10. Setelah donat dingin, beri toping sesuai selera.

Cara membuat donat goreng mini

Donat mini merupakan jajanan favorit anak-anak karena mudah dimakan dalam sekali suapan. Variasi cara membuat donat goreng ini juga agar tak bosan dengan tampilan donat yang itu-itu mulu.

Bahan:
250 gram tepung terigu cakra
4 sdm gula pasir
1 sdt fermipan
1 butir telur
susu cair secukupnya
3 sdm mentega
minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat donat goreng mini:
1. Campur tepung terigu, gula, dan fermipan. Lalu masukkan telur. Aduk rata. Tambahkan susu sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan kalis (hentikan pemberian susu jika adonan sudah kalis)

2. Tambahkan mentega. Uleni kembali hingga adonan kalis elastis. Tutup adonan dengan kain dan diamkan selama 45 menit. Lalu kempiskan adonan. Bagi adonan menjadi beberapa. Bentuk menjadi donat berukuran kecil, atau gunakan cetakan donat dengan diameter kecil yang dijual di pasaran. Diamkan lagi selama 15 menit. Tutup dengan kain.

3. Setelah 15 menit, goreng donat dengan minyak panas. Angkat.

4. Setelah donat agak dingin, beri topping sesuai selera.

Resep 2
Donat masih menjadi salah satu snack favorit yang tidak sulit dibuat. Dengan membuatnya dalam ukuran kecil, donat akan lebih mudah di makan dalam sekali hap. Yuk, intip resepnya berikut ini.

Bahan:
- 250 gram tepung terigu cakra
- 4 sdm gula pasir
- 1 sdt fermipan
- 1 butir telur
- susu cair secukupnya
- 3 sdm mentega
- minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, gula, dan fermipan. Lalu masukkan telur. Aduk rata. Tambahkan susu sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan kalis (hentikan pemberian susu jika adonan sudah kalis)

2. Tambahkan mentega. Uleni kembali hingga adonan kalis elastis. Tutup adonan dengan kain dan diamkan selama 45 menit. Lalu kempiskan adonan. Bagi adonan menjadi beberapa. Bentuk menjadi donat berukuran kecil, atau gunakan cetakan donat yang dijual di pasaran. Diamkan lagi selama 15 menit. Tutup dengan kain.

3. Setelah 15 menit, goreng donat dengan minyak panas. Angkat.

4. Beri topping sesuai selera.

Cara Membuat Donat Kentang Original

Donat kentang menjadi andalan para penikmat kue donat karena dengan campuran kentang, donat akan memiliki tekstur yang empuk dan cita rasa yang gurih. Kentang dalam campuran pembuatan donat juga bisa digantikan dengan umbi-umbian lain yang memiliki tektur yang sama seperti ubi jalar. Berikut cara membuat donat kentang empuk dan mengembang dengan campuran bahan kentang.

Bahan-bahan:
- 500 gram tepung berprotein tinggi
- 200 gram kentang
- 50 gram butter margarine/margarin
- 50 garam gula pasir
- 1 butir telur ayam
- 2 sendok makan susu bubuk
- 1 sendok teh fermipan
- air secukupnya
- minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah cara membuat donat kentang original:

1. Cuci bersih kentang, kemudian kukus hingga matang, tunggu hingga dingin, setelah itu kupas kulitnya dan haluskan.

2. Campur bahan tepung terigu, kentang yang sudah dihaluskan, butter margarine/margarin, gula pasir, telur ayam, susu bubuk, dan fermipan di dalam wadah. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai menjadi adonan yang lembut, kalis, dan tidak lengket di tangan.

3. Bulatkan adonan, kemudian tutup dengan serbet atau plastik. Diamkan selama 45 menit agar mengembang sempurna.

4. Setelah adonan mengembang, kemudian ambil kira-kira segenggam. Untuk mendapatkan ukuran yang seragam, kamu bisa mengaplikasikan penggunaan timbangan. Adonan yang bagus memiliki ciri bisa diambil dengan cara dipotong dengan solet. Bulatkan dan lubangi bagian tengahnya.

5. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak. Lakukan proses penggorengan dengan api sedang. lakukan proses pembalikan cukup sekali. Dianjurkan untuk tidak menyirami permukaan donat dengan minyak untuk mendapatkan hasil penggorengan yang sempurna. Jika permukaan donat sudah berwarna coklat keemasan segera angkat dan donat siap untuk dihidangkan.

Cara Membuat Donat Empuk dan Mengembang

Pastinya menjadi kebanggaan tersendiri jika kamu berhasil dalam membuat donat yang empuk dan mengembang dengan sempurna. Ragi bisa menjadi pilihan bahan untuk membuat donat mengembang. Proses fermentasi yang baik membuat donat menjadi lebih lembut.

Berikut Diadona rangkum cara membuat donat empuk dan mengembang di bawah ini.

Bahan-bahan:
- 500 gram tepung terigu protein tinggi
- 100 gram gula pasir
- 11 gram atau 1 bungkus ragi instan
- 1/4 sdt baking powder
- 1/2 sdt garam
- 2 kuning telur
- 100 gram mentega
- 250 ml susu cair

Bahan sebagai olesan:
- Mentega
- Cokelat yang sudah ditim
- Meises
- Selai
- Gula halus
- Kamu juga bisa menggunakan bahan lain yang sesuai dengan seleramu.

Langkah-langkah cara membuat donat empuk dan mengembang:

1. Campur bahan-bahan berupa tepung terigu, gula, ragi instan, baking powder dan garam, aduk dengan tangan. Tambahkan bahan yaitu kuning telur, uleni hingga adonan berbentuk sedikit halus. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit. Uleni hingga tercampur merata. Tambahkan mentega, uleni lagi dengan gerakan memutar, kamu bisa sesekali membanting adonan. Lakukan proses uleni hingga adonan licin dan kalis, Proses uleni ini biosa memakan waktu kurang lebih 15 menit.

2. Kumpulkan adonan menjadi satu dalam wadah baskom. Tutupi dengan kain bersih, diamkan selama 1 jam. Pukul-pukul adonan hingga udara keluar dan adonan kempes. Bagi adonan menjadi 30 bagian, buat bulatan seperti bola. Diamkan lagi selama 10 menit. Lubangi masing-masing adonan, untuk hasil terbaik, lakukan dengan tangan. Kamu juga bisa melubangi adonan dengan cetakan pelubang donat untuk mendapatkan hasil yang seragam.

3. Goreng donat dalam minyak panas menggunakan api kecil hingga sedang. Goreng satu bagian hingga menguning, lalu balik hingga semua bagian berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan dan tunggu hingga dingin. Hias dengan topping sesuai selera dan donat siap untuk dicicipi.

Cara Membuat Donat Tanpa Kentang

Secara umum donat terbuat dari bahan campuran kentang, tetapi kamu juga bisa membuat donat tanpa kentang loh. Berikut Diadona rangkum cara membuat donat tanpa kentang dijamin empuk dan bisa mengembang sempurna.

Bahan-bahan:
- 350 gram tepung terigu protein tinggi
- 50 gram gula pasir
- 1 butir telur suhu ruang
- 2 sdm susu bubuk
- 175 ml air hangat
- 7 gram ragi instant
- 45 gram mentega/unsalted butter
- 1/4 sdt garam halus

Langkah-langkah cara membuat donat tanpa kentang:
1. Campurkan ragi dengan air hangat dan 1 sdm gula. Aduk hingga merata dan biarkan mengembang.

2. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula dan telur dalam wadah baskom yang berbeda.

3. Tuang ragi ke dalam baskom adonan terigu, masukkan garam dan mentega, aduk merata dengan tangan. Usahakan adonan tercampur dan uleni hingga kalis.

4. Bulatkan adonan lalu tutup dengan plastik, biarkan mengembang. Umumnya 30 menit sudah mengembang. Setelah itu kempeskan adonan. Pisahkan adonan bisa dengan cara dotong-potong dan buat bulatan dan pisahkan. Biarkan mengembang lagi.

5. Buat lubang di tengah dan goreng donat hingga mengembang dengan minyak banyak. Goreng bulatan donat dengan satu kali dibalik agar donat matang sempurna dengan warna keemasan yang cantik. Angkat donat dan beri topping sesuai selera. Donat sederhana tanpa kentang siap disantap.

Tips membikin donat goreng

1. Untuk menggoreng donat kita mnggunakan wajan dan minyak secukupnya.

2. Goreng dengan api sedang ataupun kecil saja supaya donat tak gampang gosong.

3. Masukkan sejumlah adonan yang sudah siap serta goreng permukaan pertama cukup hingg berwarna kuning agak kecoklatan. Kemudian balik permukaan lainya serta goreng hingga berwarna kecokelatan.

4. Upayakan dua permukaan donat mendapati warna berbeda, yang mana warna kuning kecoklatan untuk menruh toping donat beberapa saat permukaan satunya yang berwarna kecoklatan untuk sisi bawah donat yang tak diberi tiping.

Cara gampang membikin donat goreng
Kamu bisa mempersiapkan adonan donat dengan alat pencetak ataupun cuma menggunakan tangan kosong. dengan memanfaatkan alat tentunya bentuk yang dihasilkan akan lebih ccantik serta presisi ketimbang memakai tangan saja. tetapi hal ini juga sangat tergantung dari kreativitas.

Jika mempersiapkan donat dengan tangan saja maka pertama kali lumuri jari dengan terigu, hal ini bermaksud agar enggak lengket ketika menyentuh adonan sehingga gampang membikin bentuk donat sesuai selera.

Cara lain untuk mencetak adonan donat bisa memakai gelas serta tutup botol. Di mana gelas untuk memperoleh lingkaran luar, sedang tutup botol untuk memperoleh lubang ataupun lingkaran dalamnya. Dengan teknik ini kamu tak harus membeli alat pencetak donat.

Tips metode mecetak dengan alat. Terlebih dahulu letakkan adonan secukupnya diatas permukaan yang datar, letakkan alat pencetak diatasnya dan tekan kebawah untuk memperoleh bentuk lingkaran donat donat. supaya adonan tak lengket dengan cetakan maka lumuri cetakan dengan tepung terigu terlebih dahulu.

Donat ialah jajanan lazim yang berjibun penggemarnya. Kamu dapat memproduksi donat variasi kamu dengan empuk, mengembang serta wangitentu sajamudah untuk dipraktikkan sendiri di rumah.

Siapa sih yang nggak tau donat? Yap, donat merupakan olahan yang berlimpah disukai masyarakat di bervariasi belahan dunia termasuk di Indonesia. Terbukti, penikmat makanan yang identik dengan lubang di tengah ini disukai dari bervariasi kalangan.

Selain mendapati berbagai macam rasa yang manis, beragam, serta menarik bagi anak, donat mempunyai tekstur yang gampang untuk dikunyah bagi kaum usia tua. malahan ditambah dengan kombinasi varian rasa kekinian ala milenial semacam macha, dijamin kamu nggak akan dapat nolak.

Kamu juga dapat kok memproduksi donat di rumah. Dijamin anti ribet serta gampang untuk dipraktikkan. Berikut Diadona mengupas tuntas sarana buat donat kentang empuk serta mengembang dengan cara sederhana.

Nah, telah tau kan aturan membikin donat kentang empuk serta mengembang dengan metode yang sederhana. Kamu dapat merasakan hidangan ini bersama anak, suami, serta keluarga tercinta di waktu istirahat sore maupun malam hari. Hidangan ini juga dapat dirancang untuk dijadikan bekal anak kesekolah maupun suami bekerja. Selamat mencoba.