Fungsi Business Plan dan Pengertian Business Plan Serta Langkah Langkah Membuat Bisnis Plan

Rencana bisnis (Business Plan) adalah dokumen dasar perusahaan mana pun, dari bisnis kecil hingga perusahaan besar. Rencana bisnis membantu bisnis baru memformalkan tujuan mereka kepada staf internal dan calon investor, serta memungkinkan para pendiri bisnis untuk melacak kemajuan perusahaan mereka seiring pertumbuhannya.

Apa itu Business Plan?

Rencana bisnis adalah dokumen formal dan tertulis yang menyatakan apa yang dilakukan perusahaan, apa yang ingin dilakukan, dan bagaimana rencana untuk sampai ke sana. Rencana bisnis ditulis dalam format standar, yang memungkinkan siapa saja "seperti calon investor atau mitra bisnis" untuk menilai bagaimana suatu perusahaan membandingkan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama menggunakan standar dan kriteria yang diterima secara umum.

Fungsi Business Plan

Business Plan mempermudah bisnis yang dijalankan menjadi lebih terarah dan sistematis. Terdapat beberapa fungsi yang dimiliki oleh Business Plan sejak perencanaan bisnis sampai pada tahap akhir, yaitu rencana aksi, peta jalan, dan alat penjualan.

Sebelum menjalankan bisnis, pastinya Anda harus menyiapkan rencana. Rencana bisnis tersebut dapat dituangkan melalui Business Plan. Inilah fungsi rencana aksi dari Business Plan. Jika bisnis dijalankan tanpa ada rencana yang matang, maka Anda akan bingung harus melakukan apa.

Rencana yang tertulis dalam Business Plan paling tidak meliputi jawaban dari What, Who, where, when, why, dan how. Setelah menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut, maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan arah bisnis yang akan dikembangkan.

Fungsi kedua Business Plan adalah peta jalan. Dalam Business Plan akan tercantum visi dan misi bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan bagaimana cara untuk mencapainya. Hal tersebut berguna ketika Anda sudah menjalankan bisnis dan membutuhkan arahan.

Business Plan awal dapat menuntun jalan terbaik yang sebaiknya Anda tempuh untuk menghindari masalah dan tetap menuju tujuan awal. Adanya peta jalan juga mempermudah Anda dalam memprediksi rintangan apa saja dan berapa lama Anda akan mencapai visi yang telah direncanakan. Dengan memiliki Business Plan sebagai peta jalan, langkah Anda lebih cepat dan mantap.

Fungsi terakhir yang dimiliki oleh Business Plan adalah sebagai alat penjualan. Rencana yang tertuang rapi dan jelas dapat diserahkan kepada investor. Jika Anda pintar menyusun Business Plan dan bisnis yang akan dikembangkan menarik, maka Anda dapat menarik perhatian investor untuk investasi ke bisnis Anda.

Pengertian Business Plan

Bentuk dan fungsi Business Plan merupakan buah pikiran dari banyak ahli. Terdapat beberapa ahli yang mencetuskan teori mengenai Business Plan. Salah satunya adalah Hisrich dan Peters. Menurut keduanya, Business Plan merupakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha untuk mendeskripsikan semua elemen internal dan eksternal yang terlibat dalam bisnis.

Pendapat Max Coulthard, Geoff Clarke, dan Andrea Howell mengenai arti Business Plan sedikit berbeda. Mereka mengatakan bahwa Business Plan merupakan studi detail mengenai aktivitas organisasi mulai dari apa saja yang dilakukan, di mana kegiatan tersebut berlangsung, dan apa yang akan dilakukan di masa depan.

Megginson memiliki pendapatnya sendiri mengenai arti Business Plan. Pada thn 2000 dia mengatakan bahwa Business Plan adalah rencana tertulis yang mencantumkan tujuan, cara kerja, keuangan, keanggotaan, manajemen, dan cara mencapai tujuan dari bisnis yang akan dijalankan.

Ketiga pendapat tersebut sekilas memang berbeda. Namun, secara garis besar arti Business Plan adalah rencana tertulis yang menuangkan visi misi bisnis yang akan dijalankan serta apa saja yang harus ada dalam bisnis tersebut.

3 Alasan Mengapa Pentingnya Business Plan

Transkerja.com akan bagikan kepada anda tentang bagaimana begitu pentingnya business plan. Oleh karena itu, simak tiga alasan mengapa membuat Business Plan begitu penting bagi pengusaha.

Rencana bisnis membantu pemilik bisnis menemukan tiga hal awal:
  • Tujuan perusahaan,
  • Sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya, dan
  • Langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai tujuan dalam jangka waktu sekitar tiga hingga lima tahun.

Manfaat Business Plan

Business plan bermanfaat dalam memandu pemilik bisnis lebih lanjut untuk melakukan hal berikut:
  1. Memulai sebuah bisnis. Rencana bisnis menyediakan kerangka kerja organisasi, keuangan, dan operasional spesifik perusahaan. Pemilik bisnis dapat menggunakan rencana bisnis sebagai dokumen strategi internal dan pernyataan nilai dan / atau tujuan. Sebagai alternatif, beberapa rencana bisnis digunakan untuk membuktikan kompetensi dan nilai bagi investor luar. Rencana bisnis dapat digunakan sebagai alat untuk memberikan calon investor gagasan tentang misi inti perusahaan dan tujuan masa depan.
  2. Memperluas bisnis. Sebuah rencana bisnis akan memberi tahu investor potensial tentang kondisi perusahaan Anda saat ini dan bagaimana Anda berencana untuk mengembangkannya. Untuk menarik investasi modal, Anda perlu memberikan ringkasan yang komprehensif tentang bagaimana perusahaan Anda saat ini beroperasi dan rencana terperinci untuk pertumbuhan di masa depan.
  3. Membentuk Kemitraan Bisnis. Saat memulai bisnis dengan mitra, rencana bisnis akan menjabarkan perjanjian keuangan terperinci secara penuh. Ini mencegah kebingungan dan perselisihan dari terjadi di telepon dan memetakan jalan untuk bagaimana kemitraan Anda akan berfungsi bergerak maju.

Cara Membuat Rencana Bisnis dalam 8 Langkah

Fungsi business plan tradisional memiliki struktur formal yang berlaku untuk hampir setiap jenis bisnis. Ini dirancang untuk menjawab pertanyaan tentang perusahaan dan prospeknya.

Rencana bisnis yang baik biasanya antara 30 dan 50 halaman, ditulis dalam bahasa yang jelas dan sederhana. Ikuti panduan langkah demi langkah ini untuk menulis rencana bisnis dasar.

Langkah 1: Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif adalah bagian paling pertama dari rencana bisnis Anda yang sudah selesai, tetapi seringkali merupakan bagian terakhir yang akan Anda tulis. Ini karena ringkasan eksekutif memadatkan poin-poin utama dari sisa rencana bisnis Anda menjadi bagian pengantar singkat.

Anggap saja seperti surat pengantar atau abstrak yang memberi petunjuk pembaca ke rincian paling penting dari apa yang akan mengikuti. Ringkasan eksekutif berbeda-beda panjangnya, tetapi aturan praktis yang baik adalah bahwa mereka adalah sekitar 5-10% panjang dari sisa ringkasan bisnis.

Bagian penting dari ringkasan eksekutif meliputi:
  • Pernyataan misi. Ekspresi nilai-nilai inti dan tujuan perusahaan Anda.
  • Informasi perusahaan. Nama perusahaan, tanggal pendiri, kantor pusat, tim manajemen, pendiri, atau pemilik.
  • Highlight. Detail dan prestasi unik yang telah dicapai perusahaan Anda. Termasuk hak paten yang dipegang dan penghargaan yang diterima.
  • Produk dan layanan. Produk apa yang Anda jual dan / atau layanan apa yang Anda berikan.
  • Data keuangan. Ringkasan singkat dari setiap sumber pendanaan atau investor yang ada.
  • Proyeksi masa depan. Proyeksi konkret yang digerakkan oleh data untuk prospek pertumbuhan perusahaan Anda dan rencana masa depan.

Langkah 2: Tinjauan Bisnis dan Industri

Bagian ini harus berisi ikhtisar yang lebih komprehensif tentang industri Anda yang lebih besar dan bagaimana perusahaan Anda cocok dengannya. Bagian ini umumnya meliputi:
  • Deskripsi industri. Berikan deskripsi singkat tentang industri secara keseluruhan, termasuk tren penjualan terkini dan statistik keuangan terkait lainnya
  • Ceruk bisnis. Jelaskan bagaimana bisnis Anda akan menemukan ceruk dalam gambaran industri yang lebih besar ini.
  • Tinjauan kompetisi. Berikan gambaran komprehensif tentang pesaing Anda
  • Peningkatan bisnis. Uraikan bagaimana Anda melihat bisnis Anda mengungguli pesaing potensial dan bagaimana Anda akan meningkatkan layanan atau produk yang ada.

Langkah 3: Analisis Pasar

Analisis pasar adalah pandangan yang lebih rinci pada model bisnis perusahaan Anda dan bagaimana Anda masuk ke dalam lingkungan kompetitif di industri dan pasar Anda. Analisis pasar harus berisi yang berikut:
  • Target pasar Anda. Jelaskan lokasi dan demografi basis pelanggan Anda dan bagaimana Anda berencana melibatkan mereka.
  • Penelitian dan pengujian pasar. Data Anda tentang ukuran dan aktivitas di pasar Anda, berapa banyak uang yang dihabiskan pelanggan, prospek pertumbuhan, porsi pasar yang kurang terlayani.
  • Hambatan. Buat daftar hambatan untuk masuk yang dapat melindungi bisnis Anda dari persaingan. Ini mungkin termasuk: akses ke pendanaan, rintangan peraturan, lokasi, dll.
  • Analisis kompetitif. Pangsa pasar pesaing utama Anda, kekuatan, kelemahan, dan hambatan yang mereka hadapi kepada Anda. Perkirakan penjualan Anda yang diproyeksikan vs pesaing Anda. Seringkali ini datang dalam bentuk tabel dengan angka penjualan terdaftar untuk Anda dan pesaing Anda.

Langkah 4: Rencana Penjualan dan Pemasaran

Bagian penjualan dan pemasaran dari rencana bisnis menguraikan strategi Anda untuk menumbuhkan pangsa pasar dan basis pelanggan Anda. Ini termasuk informasi tentang:
  • Produk dan layanan. Apa yang Anda jual, kekayaan intelektual Anda, bagaimana produk Anda memenuhi kebutuhan pelanggan Anda, keunggulan kompetitif Anda dan inovasi spesifik atau layanan unik yang akan dibawa perusahaan Anda ke pasar (juga dikenal sebagai proposisi nilai).
  • Strategi pemasaran. Ini termasuk harga, iklan dan promosi, dan strategi penjualan.
  • Penjualan dan distribusi. Deskripsi tenaga penjualan dan anggota tim pemasaran Anda, Bagaimana rantai pasokan Anda diorganisasikan dan akan beroperasi.

Langkah 5: Kepemilikan dan Manajemen

Bagian kelima dari rencana bisnis berisi biografi dan resume pemilik dan tim manajemen perusahaan, deskripsi tugas masing-masing, dan apa yang masing-masing berkontribusi pada perusahaan. Bagian ini adalah tempat Anda harus menyertakan bagan organisasi untuk perusahaan Anda. Ini juga merupakan bagian di mana Anda harus mendiskusikan peran apa pun yang tetap tidak terisi atau peran apa pun yang Anda harapkan perlu diisi sesuai dengan strategi pertumbuhan yang Anda uraikan.

Langkah 6: Rencana Operasi

Rencana bisnis mencakup bagian yang menjelaskan operasi fisik bisnis, seperti personel, peralatan, inventaris, proses, organisasi, dan elemen lain dari operasi inti Anda yang diperlukan untuk menghasilkan produk atau layanan Anda. Rencana operasi harus mencakup informasi tentang:
  • Produksi. Bagaimana Anda membuat barang yang Anda jual, berapa lama, detail dari pengembangan dan proses pembuatan.
  • Fasilitas. Tanah, kantor, pabrik, rekaman persegi, biaya sewa atau hipotek, izin dan lisensi, pemeliharaan, dan overhead.
  • Para karyawan. Perincian karyawan kunci dan anggota tim Anda, perekrutan dan pelatihan, staf dan kontraktor (penuh waktu, paruh waktu, dan freelancer).
  • Peralatan. Biaya sewa atau pembelian, pemeliharaan, dan penyusutan.
  • Persediaan Rantai bahan dan pemasok, manajemen inventaris, sumber luar negeri atau domestik, dan pemenuhan.
  • Penelitian dan Pengembangan. Kekayaan intelektual, waktu produk atau layanan baru, dan prospek inovasi.

Langkah 7: Rencana Keuangan

Terlepas dari ringkasan eksekutif, rencana keuangan adalah bagian terpenting dari rencana bisnis. Ini harus berisi semua dokumen keuangan yang relevan yang menggambarkan bisnis Anda dan proyeksi keuangan dari pendapatan dan pendapatan Anda di masa depan. Rencana keuangan harus mencakup hal-hal berikut:
  • Laporan laba rugi. Penghasilan, pengeluaran, dan penghasilan yang Anda harapkan selama beberapa kuartal atau tahun.
  • Proyeksi arus kas. Pendapatan dan pengeluaran tunai Anda yang diantisipasi.
  • Neraca keuangan. Ringkasan aset, kewajiban, dan ekuitas Anda.
  • Piutang usaha dan hutang usaha. Uang yang terhutang kepada Anda yang belum dibayar, dan tagihan Anda masih harus membayar.
  • Kewajiban hutang. Uang yang Anda berutang kepada pemberi pinjaman.
  • Analisis titik impas. Dokumen yang menunjukkan tingkat penjualan yang perlu Anda hasilkan untuk menutupi semua biaya tetap dan variabel Anda.

Langkah 8: Lampiran

Apendiks mencakup semua dokumen yang mendukung seluruh rencana bisnis Anda. Ini dapat mencakup berbagai dokumen yang terlalu panjang untuk dimasukkan dalam badan utama laporan, seperti dokumen pendukung tambahan, dokumen rahasia, dan materi lainnya.
Fungsi Business Plan dan Pengertian Business Plan Serta Langkah Langkah Membuat Bisnis Plan
Fungsi Business Plan dan Pengertian Business Plan Serta Langkah Langkah Membuat Bisnis Plan