Pengobatan rumah alami untuk mengatasi stretch mark - Tanda-tanda peregangan, kerontokan rambut, depresi dan ketidakmampuan untuk mengurangi berat badan biasanya terjadi pada wanita yang telah melahirkan. Namun, tak hanya itu saja, stretch mark juga merupakan kondisi yang paling umum juga paling permanen, terjadi pada wanita  setelah melahirkan.

Sekitar 50 sampai 90 persen wanita dikatakan mengembangkan stretch mark selama kehamilan. Anda mungkin beruntung, dengan kulit elastis yang cepat pulih ke figur normal Anda, namun lebih mungkin daripada tidak, kulit Anda akan mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan saat peregangan.

Jangan menunggu untuk mencari tahu. Pengobatan stretch mark harus dimulai pada awal kehamilan, karena pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati. Ikuti pengobatan di rumah ini, untuk mencegah stretch mark sebelum muncul.

Apa Penyebab Stretch Marks?

Sebelum menuju pengobatan di rumah untuk pencegahan stretch mark, penting untuk memahami mengapa dan bagaimana kehamilan menyebabkannya. Tanda peregangan kehamilan tidak berbeda dengan tanda peregangan biasa yang Anda dapatkan dalam setiap momen dalam hidup Anda.

Stretch mark biasanya muncul saat tubuh Anda bertambah atau kehilangan berat badan berlebih. Selama kehamilan, bayi terus tumbuh di rahim sehingga kulit membentang di luar kapasitas normalnya.

Pada akhirnya, peregangan yang berlebihan menyebabkan robeknya lapisan tengah kulit (dikenal sebagai dermis) karena tidak mampu mengikuti tingkat pertumbuhan bayi yang dibutuhkan. Robek ini menyebabkan lapisan kulit lebih dalam menjadi terlihat. Hal ini menyebabkan tanda, terutama di daerah payudara dan perut.

Orang biasanya merekomendasikan menjalani beberapa perawatan bedah dan kimia untuk menghilangkan tanda peregangan kehamilan ini. Beberapa pilihan pengobatan ini meliputi abdominoplasti, perawatan laser fraksional, laser vaskular dan banyak lagi. Namun, ada banyak masalah yang terkait dengan pilihan ini. Tidak hanya mahal, tapi juga memiliki banyak risiko yang terkait dengannya.

Pilihan terbaik adalah memilih beberapa solusi rumah yang populer untuk mencegah stretchmark yang sama efektifnya, tetapi aman dan murah. Teruslah membaca untuk mengetahui lebih banyak tentang mereka!

Pengobatan Rumah Alami Untuk Mengatasi Stretch Mark

Cegah Stretch Mark Dengan Pengobatan Rumah Alami ini

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal karena manfaatnya yang luar biasa pada kulit dan rambut. Ini adalah salah satu cara terbaik dan alami untuk menjaga tingkat kelembaban kulit Anda dan karenanya, dikenal sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mencegah stretch mark.

Menggunakan minyak kelapa cukup mudah. Ambil minyak dalam jumlah sedang dan gosokkannya dengan hati-hati ke area di mana Anda kemungkinan besar akan mengembangkan stretch mark yaitu perut dan payudara. Pijat daerah ini dengan benar dan teruskan sampai minyak meresap ke kulit. Ulangi obat ini tiga kali setiap hari untuk mengurangi peluang Anda mendapatkan tanda peregangan kehamilan.

Vitamin E

Efek vitamin E pada kulit tidak memerlukan perdebatan panjang. Ini adalah antioksidan kuat yang mendukung serat kolagen yang ada di kulit dan melindungi mereka dari efek berbahaya dari radikal bebas. Dengan cara ini, vitamin E benar-benar mempertahankan dan memperbaiki elastisitas kulit Anda. Untuk alasan ini, maka Vitamin E bisa dianggap sebagai pengobatan alami untuk mengatasi stretch mark.

Jadi, yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan vitamin E dalam makanan Anda semaksimal mungkin. Cari tahu makanan mana yang memiliki kadar vitamin penting ini dan mulai memasukkannya ke dalam menu makanan Anda. Anda bisa menggunakan kacang almond, biji bunga matahari, buah zaitun, alpukat, bayam dan labu untuk permulaan.

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi minyak vitamin E dan memijatnya langsung ke area kulit Anda, beberapa kali setiap hari. Vitamin E juga tersedia dalam bentuk suplemen, namun kami tidak merekomendasikan suplemen vitamin E untuk di konsumsi, sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Makan yang sehat

Cara Anda makan sangat penting untuk meningkatkan elastisitas kulit. Anda pasti sudah makan makanan sehat untuk memastikan bahwa bayi Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Namun, Anda perlu menyesuaikan asupan makanan Anda sedikit untuk memenuhi kebutuhan kulit Anda.

Memasukkan makanan yang secara khusus memperbaiki kulit Anda adalah cara terbaik untuk meningkatkan elastisitas dan mencegah tanda peregangan kehamilan.

Jadi, pertanyaan yang muncul adalah apa sebenarnya yang perlu Anda fokuskan saat menentukan item makanan terbaik untuk Anda sendiri? Ada banyak nutrisi, vitamin dan mineral lainnya yang bisa menguntungkan untuk kulit Anda. Beberapa makanan tersebut, telah disebutkan di bawah ini:
  1. Konsumsilah makanan yang diperkaya dengan antioksidan yang melindungi kulit. Cobalah makan banyak stroberi, blueberry, dan bayam untuk tujuan ini. Blueberry juga merupakan obat rumah yang sangat baik untuk mengatasi depresi pascamelahirkan.
  2. Makanan kaya akan vitamin E untuk melindungi selaput sel kulit. Makanan seperti itu meliputi brokoli, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian. Pastikan Anda mengonsumsi sayuran organik dan utuh.
  3. Makanan dengan banyak vitamin A dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Jadi, makan ubi jalar, wortel, paprika merah dan mangga.
  4. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 membuat kulit bersinar dan menjaga selaput selaput lambung. Dapatkan asam lemak omega-3 dengan mengkonsumsi makanan seperti; telur, biji kenari, minyak ikan, tiram dan ikan. Ingatlah untuk memasak tiram dan ikan dengan benar. Hindari mengonsumsi ikan dengan kadar merkuri tinggi karena dapat menyebabkan kerusakan otak dan keterlambatan perkembangan pada bayi.

Makan sehat dan bergizi tidak hanya dihitung di antara pengobatan di rumah untuk mencegah tanda peregangan kehamilan tetapi juga penting untuk mengatur kesehatan bayi.

Cobalah Minyak Castor

Minyak jarak / castor adalah salah satu pengobatan rumahan penting untuk mencegah tanda peregangan kehamilan. Secara umum, minyak ini sering digunakan oleh orang untuk menghilangkan keriput, garis-garis halus, noda, bintik-bintik dan masalah kulit lainnya. Minyak jarak / castor dikatakan bekerja seperti humektan dan membantu kulit mempertahankan kelembaban dan elastisitas-nya.

Anda dapat menerapkan minyak jarak ke kulit Anda dalam bentuk lapisan tebal. Untuk hasil terbaik, jangan lupa mengulang prosesnya setiap hari selama beberapa minggu.

Jika Anda merasa seperti minyak jarak terlalu kental untuk Anda, Anda bisa mengencerkannya dengan mencampur satu sendok makan dengan dua sendok makan minyak almond dan menerapkannya.

Gunakan putih telur

Putih telur adalah sumber protein yang kaya dan dianggap sebagai makanan rumahan terbaik untuk mencegah tanda peregangan kehamilan. Ini karena kandungan protein dalam putih telur meremajakan kulit. Bisa juga mengurangi keriput dan noda.

Gunakan obat ini dengan mengoleskan putih telur di perut dan dada Anda secara teratur. Ini akan mencegah pengembangan stretch mark dan juga akan mulai memudarkan stretch mark yang sudah ada.

Pertahankan hidrasi

Di antara pengobatan rumah termudah dan terbaik untuk mencegah tanda peregangan kehamilan terletak pada pemeliharaan tingkat air yang memadai di dalam tubuh.

Selama kehamilan, volume darah Anda terus meningkat saat tubuh Anda sibuk membangun kantong air besar untuk menjaga bayi. Oleh karena itu, dalam keadaan seperti ini, permintaan akan asupan air meningkat untuk sebagian besar.

Kulit Anda, sama seperti organ tubuh lainnya, membutuhkan air untuk menjaga elastisitas-nya. Makanya, dianjurkan agar Anda minum banyak air setiap hari sepanjang massa kehamilan agar kulit tetap elastis dan akibatnya, mencegah terjadinya stretch mark. Air membuat kulit Anda lembut dan kulit lembut kurang rentan terhadap stretch marks.

Ingatlah bahwa minuman berkafein seperti kopi tidak dapat membantu Anda dalam menjaga hidrasi yang adekuat. Minuman semacam itu sebenarnya bisa meningkatkan risiko terkena stretch mark, jadi ingatlah untuk menghindarinya. Jika Anda tidak bisa bertahan tanpa minum minuman berkafein di pagi hari Anda, ingatlah untuk menyeimbangkan asupan kopi Anda dengan banyak minuman bebas kafein, air dan bahkan teh herbal.

Berolahraga

Tahukah Anda berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah stretch mark karena kehamilan? Saat berolahraga, Anda benar-benar memperbaiki sirkulasi darah di tubuh Anda yang membuat kulit Anda lebih elastis. Ini berarti kulit mampu menyesuaikan diri dengan perubahan tubuh yang disebabkan oleh kehamilan. Selain itu, berolahraga juga bisa mengurangi risiko pembengkakan pada kaki dan varises.

Gunakan lidah buaya

Mengapa lidah buaya dianggap sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mencegah tanda peregangan kehamilan? Ramuan ajaib ini memiliki khasiat efektif untuk membantu proses penyembuhan dan menghasilkan hasil yang terlihat hanya dalam hitungan hari. Selain itu, ia memiliki sifat menenangkan pada kulit. Menggunakan lidah buaya membuat tingkat hidrasi tinggi juga pada kulit Anda.

Untuk menggunakan obat rumahan ini, cobalah mengekstrak gel lidah buaya segar dari tanaman itu sendiri dan bukan mendapatkannya dari pasaran.

Ambil gel dalam jumlah yang cukup dan gosok ke area yang terkena dan biarkan selama 15 menit. Ulangi prosesnya dua kali setiap hari. Anda juga bisa mencampur lidah buaya dengan minyak yang diambil dari vitamin E dan kapsul Vitamin A. Oleskan campuran pada kulit yang terkena dan biarkan menyerap sepenuhnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tingkatkan Asupan Vitamin C

Tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk membentuk tulang rawan dan kolagen. Ini juga merupakan agen yang efektif untuk memerangi radikal bebas dan mengurangi kerusakan. Radikal bebas berbahaya bagi tubuh Anda, karena bisa menghancurkan elastin dan kolagen dari kulit dan membuat kulit lebih rentan terkena stretchmark.

Vitamin C dianggap sebagai pengobatan rumah terbesar untuk mencegah tanda peregangan kehamilan. Jika Anda mempertimbangkan untuk mencoba obat ini, ada beberapa kabar baik. Anda bisa mendapatkan semua vitamin C yang dibutuhkan tubuh Anda dari makanan alami.

Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Anda mengonsumsi makanan kaya vitamin ini. Makanan ini bisa termasuk jambu, lobak, peterseli hijau, kangkung, paprika merah, brokoli dan paprika hijau.

Tips Tambahan
Selain pengobatan di rumah yang disebutkan di atas, untuk mencegah tanda peregangan kehamilan, berikut adalah beberapa tip tambahan untuk semua ibu hamil:
  • Batasi asupan obat kortikosteroid.
  • Hindari penggunaan bahan kimia pada kulit Anda.
  • Konsumsilah banyak buah dan sayuran segar.
  • Tingkatkan asupan asam lemak omega-3.
  • Ikuti gaya hidup dan olahraga yang aktif setiap hari.


Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cegah Stretch Mark Dengan Pengobatan Rumah Alami ini