Cara mudah membuat deodoran alami dengan menggunakan minyak kelapa - Minyak kelapa memiliki sejumlah kegunaan dan benar-benar salah satu yang terbaik. Tahukah Anda, bahwa sebenarnya Anda bisa membuat deodoran di rumah menggunakan minyak kelapa?

Berikut adalah beberapa cara mudah membuat deodoran dengan menggunakan minyak kelapa dan juga alasan penggunaan minyak kelapa sebagai deodoran.

Mengapa menggunakan minyak kelapa sebagai deodoran?

5 Cara Mudah Membuat Deodoran dengan Minyak Kelapa
Penyebab utama bau badan adalah bakteri. Kini minyak kelapa memiliki khasiat antibakteri dan karenanya akan bermanfaat sebagai deodoran untuk menghilangkan bau ketiak.

Metode Pembuatan Deodoran di Rumah Menggunakan Minyak Kelapa

Berikut adlah resep cara mudah membuat deodoran dengan minyak kelapa, yang bisa Anda coba untuk membuatnya;

1. Minyak Kelapa Dengan Minyak Esensial

Minyak Kelapa Dengan Minyak Esensial
Sekarang yang satu ini sangat mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil minyak kelapa dan menambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda. Ini bisa berupa minyak lavender atau minyak sitrus atau minyak esensial yang Anda sukai dan gunakan campuran ini sebagai deodoran.

2. Minyak Kelapa, Baking Soda dan Ararut

Minyak Kelapa, Baking Soda dan Ararut
Untuk membuat deodoran ini Anda perlu setengah cangkir minyak kelapa dan setengah cangkir Tepung Ararut (Arrowroot powder) atau tepung maizena.

Sedangkan untuk baking soda, ambil hanya sedikit sekitar satu sendok teh. Jika Anda memiliki kulit sensitif maka Anda bisa mengurangi jumlah baking soda atau menghindarinya secara total.

Anda juga bisa mengambil beberapa tetes minyak esensial seperti minyak kayu manis dll, tapi ini opsional.

Sekarang, dalam mangkuk tambahkan minyak kelapa, Arrowroot powder dan baking soda, lalu aduk sampai Anda mendapatkan konsistensi seperti krim. Setelah itu, tambahkan minyak esensial dan aduk rata. Simpan deodoran ini ke dalam wadah dan Anda bisa menggunakannya untuk ketiak Anda.

3. Minyak Kelapa, Shea Butter dan Beeswax (lilin lebah)

Minyak Kelapa, Shea Butter dan Beeswax (lilin lebah)
Dalam hal ini Anda akan membutuhkan setengah cangkir minyak kelapa, setengah cangkir Arrowroot powder, setengah cangkir shea butter dan setengah cangkir beeswax. Anda bisa menambahkan sedikit baking soda. Tapi jika Anda memiliki kulit sensitif maka hindari menggunakan baking soda.

Sekarang campurkan minyak kelapa, shea butter dan beeswax dan simpan wadahnya dalam ketel ganda. Bila campuran mencair angkat dari ketel ganda dan biarkan dingin untuk beberapa lama. Bila campurannya hanya hangat maka tambahkan bubuk Arrowroot powder dan baking soda dan aduk rata.

Untuk membuat deodoran lebih efektif, Anda bisa menambahkan sedikit minyak vitamin E dan juga sedikit probiotik yang tersedia dalam bentuk kapsul. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial seperti minyak lavender.

4. Minyak Kelapa, Tanah diatom (diatomaceous earth) Dan Tepung maizena (cornstarch)

Minyak Kelapa, Tanah diatom (diatomaceous earth) Dan Tepung maizena (cornstarch)
Sekarang deodoran ini untuk orang yang memiliki kulit sensitif. Ramuan ini tidak mengandung baking soda. Anda membutuhkan sekitar 10 sendok makan minyak kelapa (pastikan sudah melelehkan minyak kelapa-nya), tiga cangkir tepung maizena dan satu cangkir dari tanah diatom.

Pertama, campurkan tepung maizena dan tanah diatomnya dalam mangkuk. Sekarang, tambahkan sedikit minyak kelapa cair ke campuran ini dan aduk rata. Terus, tambahkan sedikit minyak kelapa sekaligus dan aduk aduk campurannya.

Simpan pencampuran bahan sampai Anda bisa mendapatkan konsistensi campuran yang dibutuhkan. Deodoran ini tidak memiliki baking soda dan karenanya dapat digunakan oleh orang-orang dengan kulit sensitif.

Namun, jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif maka lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan deodoran apapun.

5. Minyak Kelapa Untuk Deodoran Kulit Kering

Minyak Kelapa Untuk Deodoran Kulit Kering
Jika Anda memiliki masalah kulit kering maka Anda bisa membuat deodoran dengan witch hazel. Anda akan membutuhkan setengah cangkir minyak kelapa, setengah cangkir arrowroot powder, sedikit baking soda (jika Anda mau), sesendok witch hazel yang akan mencegah kulit Anda menjadi kering dan juga memiliki efek menenangkan pada kulit dan beberapa tetes minyak sereh.

Dalam mangkuk, campuran minyak kelapa dan arrowroot powder. Untuk ini, tambahkan baking soda dan aduk rata. Sekarang tambahkan witch hazel dan beberapa tetes minyak esensial, kemudian aduk lagi. Simpan deodoran dalam wadah bersih dan kering.

itulah, beberapa cara membuat deodoran buatan sendiri dirumah menggunakan  dengan menggunakan minyak kelapa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Mudah Membuat Deodoran Alami Dengan Minyak Kelapa