Pengamplasan, pengecatan, atau penerapan pelarut atau pengisi adalah tugas sehari-hari teknisi dan praktisi perbaikan profesional.

Tapi, tidak ada teknisi atau hobi yang harus membahayakan kesehatan, hanya karena ingin mendapatkan pekerjaan pengecatan yang sempurna.

Proses pengecatan body mobil harus selalu disertai dengan peralatan dan prosedur keselamatan yang tepat.

Ini adalah suatu keharusan yang bertujuan untuk mempersenjatai teknik yang tepat yang diperlukan untuk hasil yang berkualitas.

5 Tips Keselamatan Untuk Proses Pengecatan Body Mobil yang Tergores

5 Tips Keselamatan Untuk Proses Pengecatan Body Mobil yang Tergores
Jadi, sebelum Anda memasukkan pistol semprot Anda, ingat lima hal berikut ini:

1. Selalu cat di ruang berventilasi

Cat dan pelarut mengandung bahan kimia berbahaya yang dikenal sebagai senyawa organik volatil (volatile organic compounds / VOC) yang segera dilepaskan ke udara saat cat bisa dibuka.

Bahkan setelah pekerjaan selesai, uap ini bisa bertahan hingga 3 hari.

Sementara stan semprot harus memenuhi standar ventilasi yang ketat, orang yang melakukan pekerjaan ini sendiri, tidak boleh melukis di ruang tertutup.

Cat lah body mobil di hari yang cerah, jaga agar pintu garasi Anda tetap terbuka, dan lengkapi jendela dengan kipas kotak yang akan membantu menghilangkan asap berbahaya dari area kerja.

2. Gunakan Respirator

Industri bodi mobil mengamanatkan penggunaan respirator kapan saja Anda melukis dengan pistol semprot. Respirator yang disuplai udara adalah pilihan utama untuk proses pengecatan body mobil.

Di tempat kedua adalah respirator berbasis kartrid yang menyaring bahan kimia sebelum Anda bernafas. Bila filter diubah secara rutin, respirator kartrid adalah pilihan yang aman.

3. Tutup Kulit yang Terekspos

Tidak hanya bahan kimia yang bisa mengeluarkan lintah dari cat berbahaya bagi paru-paru kita, itu juga bisa berbahaya bagi kulit kita.

Cat yang mengandung isosianat, yang sebagian besar ditemukan pada cat berbasis poliuretan dua bagian, sangat beracun bagi kulit dan paru-paru.

Kenakan setelan cat full body dengan sarung kap mesin dan nitril serta kacamata pengaman untuk melindungi diri dari paparan elemen berbahaya ini.

4. Bersihkan Dengan Segera

Jika Anda menumpahkan cat, hentikan apa yang Anda lakukan dan bersihkan.

Selain menyamar sebagai bahaya fisik jika Anda atau orang lain masuk dan terkena tumpahan.

Bahan kimia dapat dengan mudah menempel di bagian bawah sepatu Anda dan bisa tercemar ke area kerja Anda yang lain.

Selain itu, selalu waspada agar cat tetap tertutup dengan erat di antara kegunaan.

5. Baca Petunjuk Penggunaan Produk

Lembar data keamanan material cat, mencantumkan semua racun berbahaya pada cat yang Anda gunakan.

Selain mengetahui bahan kimia mana yang dilepaskan cat dan pada tingkat mana.

Lembar data keamanan material cat juga akan memberi wawasan tentang informasi persiapan dan aplikasi yang sesuai seperti waktu kering, suhu lingkungan cat yang sesuai, dan persyaratan pembersihan.

Menerapkan Tips Keselamatan

Entah Anda sedang mengecat mobil yang tergores atau membuat transformasi warna total, keselamatan kerja harus selalu datang lebih dulu.

Dengan mengikuti tip yang tercantum di atas, Anda dapat melanjutkan jalur industri atau gairah Anda di rumah tanpa membahayakan kesehatan Anda.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: 5 Tips Keselamatan Untuk Proses Pengecatan Body Mobil yang Tergores