5 Efek samping kurang tidur yang harus anda ketahui - Artikel ini akan menggambarkan tentang bahaya yang bisa terjadi saat Anda kurang tidur dan memiliki kebiasaan tidur telat. Intinya adalah tubuh Anda bukanlah mesin ajaib yang bekerja tanpa henti 24/7.

Oleh karena itu, tubuh butuh 7 sampai 8 jam istirahat yang menyenangkan sehingga bisa terus bekerja tanpa komplikasi. Tidur sama pentingnya dengan bernafas dan makan.

Tidur yang tidak memadai bisa menyebabkan sejumlah masalah di tubuh Anda. Anda mungkin tidak percaya ini, tapi pola tidur Anda menentukan bagaimana tubuh Anda beraktivitas sepanjang hari.

Rata-rata orang membutuhkan tidur 7 sampai 8 jam yang baik agar tubuh mereka tetap terisi dan Anda bisa sesekali melakukan penyimpangan. Tubuh Anda dibuat dengan cara untuk menanganinya.

Kesulitan datang saat kehilangan tidur ini menjadi sebuah pola. Ini segera menambah kelainan lain yang mungkin kita miliki dan mengalikannya secara eksponensial.

Lain kali ketika Anda menemukan sebuah contoh di mana Anda berani dan menyatakan bahwa saya dapat bekerja tanpa henti tanpa tidur - Pikirkan lagi! Anda benar-benar memperlambat kesehatan Anda. Mari kita lihat beberapa efek samping dari kurang tidur terhadap tubuh Anda.

Efek Samping Berbahaya Akibat Kurang Tidur Yang Harus Anda Ketahui

5 Efek Samping Kurang Tidur yang Harus Anda Ketahui

1. Menurun-nya Fungsi Otak

Otak Anda mulai berfungsi saat Anda bangun dan tidak memiliki sisa istirahat sampai Anda tertidur. Kurang tidur hanya akan menghambat fungsionalitas otak dan menyebabkannya membebani dirinya sendiri. Hal ini menyebabkan kondisi seperti penurunan daya ingat, pelupa, dan konsentrasi yang buruk.

Dalam jangka panjang, ini bisa mempengaruhi, bahkan proses berpikir dan cara kita berpikir. Masalah kognitif mungkin menjadi norma hari dan kita akan sering menguras otak. Hal ini juga membuat kita merasa resah dan lelah keesokan harinya saat kita tidak bisa tidur nyenyak.

Tidak peduli apa dan seberapa sulitnya tubuh Anda berpikir - Otak Anda membutuhkan kuotanya setiap hari. Jangan pernah mengabaikan peraturan dasar yang telah ditulis oleh tubuh Anda.

2. Membuat Anda Gemuk

Percaya atau tidak, pola tidur Anda bisa membuat Anda obesitas dan penambahan berat badan. Bila Anda kurang tidur atau jika Anda memiliki pola tidur yang terganggu, itu membuat tubuh Anda mempromosikan jenis hormon yang disebut ghrelin.

Komponen dalam tubuh Anda membuat Anda lapar dan tidak membatasi tingkat nafsu makan Anda. Akibatnya, Anda cenderung makan lebih banyak dan metabolisme energi Anda berkurang, yang akan cenderung menambah berat badan secara signifikan.

Juga, tubuh Anda membutuhkan istirahat yang tepat dan istirahat untuk berkonsentrasi semata-mata untuk mencerna dan memberi nutrisi. Kurang tidur tidak membantu proses ini berjalan dengan baik dan Anda mungkin mengalami peningkatan kesempatan untuk mendapatkan peningkatan berat badan dan obesitas.

Buat titik untuk mendapatkan tidur 7 sampai 8 jam yang santai setiap hari, tidak peduli apa pun situasinya.

3. Depresi

Ini tidak diragukan lagi merupakan salah satu hasil parah dari kurang tidur. Insomnia atau defisiensi tidur mengubah fungsi otak Anda dan membuat perubahan pada fungsi neurotransmiter Anda.

Hal ini menyebabkan rasa putus asa dan depresi. Depresi, dalam jangka panjang, dapat mempengaruhi cara fungsi tubuh Anda dan dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda. Itu membuat Anda resah dan putus asa.

Anda mungkin dipaksa minum pil dan anti depresan dan ini bisa membuat malapetaka dalam hidup Anda, jika Anda menjadi pecandu.

4. Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah mekanisme pertahanan alami tubuh Anda dan itulah alasan mengapa tubuh Anda mampu mengungguli sejumlah penyakit. Kurang tidur dan pola tidur terdistorsi dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara langsung.

Sistem kekebalan mengeluarkan sejenis protein yang dikenal sebagai sitokin yang membantu memerangi kuman dan infeksi saat Anda tidur. Kurang tidur bisa mempengaruhi proses ini dan tubuh Anda semakin rentan terhadap infeksi virus, bakteri, dan radang lainnya.

Sistem kekebalan tubuh yang buruk juga dapat menyebabkan sejumlah efek samping lainnya dan banyak dari mereka, jika tidak ditangani dengan benar, dapat menjadi serius.

5. Penyakit Jantung

Ini adalah salah satu risiko terbesar kurang tidur. Tidur yang tidak tepat dapat meningkatkan kemungkinan penyakit kardiovaskular dan penyakit terkait jantung lainnya.

Arteri dan pembuluh darah Anda masuk untuk memperbaiki diri selama periode Anda tidur. Tidur yang tidak tepat dapat mempengaruhi pola ini dan bisa mengakibatkan lonjakan tekanan darah dan radang arteri lainnya.

Di sisi lain, kurang tidur juga meningkatkan kemungkinan stroke dan serangan jantung pada tahap yang jauh lebih awal karena tekanan ekstra.

Faktor-faktor ini dapat dihindari dan diminimalkan bila Anda memiliki tidur nyenyak yang tepat. Jangan pernah mengabaikan sinyal tubuh Anda ketika mereka membutuhkan cukup tidur untuk peremajaan-nya.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: 5 Efek Samping Kurang Tidur yang Harus Anda Ketahui