5 Cara Mengetahui Kesehatan Tubuh dari Kondisi Warna Lidah
Lima cara mengetahui kesehatan tubuh melalui warna lidah - Saat datang mengunjungi dokter, pernahkah Anda diminta untuk menjulurkan lidah? Lantas, apakah Anda bertanya-tanya mengapa dokter meminta Anda untuk menjulurkan lidah bahkan ketika penyakit yang diderita sebenarnya terjadi di tempat lain.

Jawabannya adalah lidah Anda bisa memberikan banyak informasi tentang kesehatan Anda. Kantong otot dan jaringan kecil ini tidak hanya sekedar untuk mencicipi makanan untuk Anda, tetapi juga menunjukkan kekurangan yang Anda miliki dalam kesehatan Anda.

Jadi, lidah yang sehat sering bisa menjadi indikasi tubuh yang sehat. Gusi adalah bagian utama tubuh Anda yang menunjukkan adanya gangguan atau penyakit.

Lidah mengikuti mereka dan beberapa gejala yang ditunjukkan lidah Anda dapat mengatakan banyak tentang masalah kesehatan Anda.

Kita sering cenderung mengabaikan lidah kita dan kita tidak cukup membersihkannya saat menjaga kebersihan mulut kita. Lidah harus dibersihkan secara teratur dengan pembersih lidah dan obat kumur.

Begitu Anda bisa mengetahui apa yang Anda cari, Anda bisa memperkirakan sampai sejauh mana, Anda dapat mencari diagnosisnya.

5 Cara Mengetahui Kesehatan Tubuh dari Kondisi Warna Lidah

Mari kita lihat sedikit indikasi lidah Anda yang harus ditafsirkan darinya.

1. Lidah Merah

1. Lidah Merah
Warna lidah yang sebenarnya berwarna pink (merah muda). Kemerahan di lidah atau jika lidah berubah menjadi warna merah cerah, itu adalah indikasi kondisi tertentu seperti anemia dan demam berdarah.

Bisa juga karena kekurangan vitamin, terutama komponen B12. Periksa tingkat sel darah merah Anda jika Anda melihat warna lidah merah untuk waktu yang lama. Dalam beberapa kasus, kemerahan benar-benar terjadi karena ulkus mulut yang mungkin terjadi di lidah Anda. Lihatlah gejala dan indikasi ini dan dapatkan pertolongan medis sesegera mungkin.


2. Patch putih Di Lidah

2. Patch putih Di Lidah
Bercak putih di lidah merupakan indikasi adanya infeksi yang mungkin dialami tubuh Anda. Jika Anda melihat noda putih kusam atau bercahaya atau bercak di lidah Anda, maka Anda mungkin memiliki indikasi yang merupakan jenis infeksi ragi yang mempengaruhi mulut.

Juga, infeksi semacam itu terjadi bila Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk atau tingkat kekebalan Anda terganggu. Dalam beberapa kasus, gejala ini juga bisa terjadi saat Anda menderita diabetes.

Jangan pernah mengabaikan kondisi ini. Bercak putih dalam sebagian besar kasus memang hilang sendiri. Tetapi, jika tetap ada bahkan setelah satu tahun, ada kemungkinan Anda terkena virus HIV yang serius atau kemungkinan Anda menderita leukemia. Carilah pertolongan medis yang tepat sejak awal.

3. Lidah Hitam

3. Lidah Hitam
Lidah hitam tentu tidak terlihat bagus untuk dilihat, tapi ini adalah kondisi yang terjadi di kebanyakan berdasarkan kebiasaan gaya hidup Anda. Pola diet dan tingkat higiene Anda bisa dikatakan dalam kegelapan di lidah Anda.

Terlepas dari ini, kondisinya tidak menunjukkan adanya penyakit atau gejala utama. Dalam beberapa kasus, jika Anda seorang perokok berat, tingkat tembakau dapat memasukkan dirinya sendiri sebagai residu di permukaan lidah yang menyebabkan perubahan warna.

Untuk beberapa kegelapan lidah ini bisa jadi karena alasan turun-temurun. Juga, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, kegelapan lidah akan dikelilingi oleh bagian berbulu pendek, yang sering dikenal sebagai lidah berbulu.

Hal ini kebanyakan terjadi bila seseorang memiliki kebiasaan makan hanya makanan lunak. Makanan ini tidak mengikis permukaan lidah dan menyebabkan sejenis protein yang dikenal dengan Keratin tumbuh. Ini menginduksi pertumbuhan rambut kecil di lidah. Gejala ini bisa diabaikan karena tidak harus ada perubahan besar dalam tubuh Anda.

4. Lidah Ungu

4. Lidah Ungu
Jika Anda bertanya-tanya bahwa Anda mungkin mendapatkan lidah ungu hanya jika Anda memiliki minuman berwarna ungu, pikirkan lagi!

Lidah ungu merupakan indikasi bahwa aliran darah buruk di lidah dan tubuh Anda. Selain itu, lidah ungu juga bisa menggambarkan bahwa tubuh Anda rentan terhadap pembekuan darah dalam tubuh dan pada beberapa kasus diabetes juga.

Anda mungkin sering mengalami rasa sakit di lidah saat merasakan lidah ungu. Ambillah indikasi ini sebagai tanda dan darah Anda untuk diperiksa dokter dengan segera.

5. Lidah Kuning

5. Lidah Kuning
Ini adalah kondisi yang umum dan sering terjadi. Jika lidah Anda berubah menjadi kuning cerah dan tebal dalam waktu singkat maka itu akan menjadi indikasi bahwa tubuh Anda terlalu panas.

Mereka juga menunjukkan tingkat abnormal bakteri dalam tubuh Anda. Meskipun kondisi biasanya tidak berbahaya, namun juga menunjukkan kebersihan mulut yang buruk. Lapisan kuning ini bisa menjadi noda pada gigi Anda dan bisa menyebabkan rongga dan masalah terkait gusi.

Terkadang jika Anda mengalami demam tinggi juga, lidah Anda mungkin berubah kekuningan namun tanda-tanda ini hilang begitu demam mereda.

Nah.. itulah lima cara mengetahui kesehatan tubuh dari kondisi warna lidah Anda, semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberi Anda tambahan pengetahuan dalam menjaga kesehatan tubuh. Sekian dari kami, dan semoga bermanfaat.