Ada daftar panjang hal-hal yang harus Anda lakukan saat Anda mengalami rambut rontok atau rambut menipis pada wanita. Sebenarnya, akan lebih mudah untuk menyatakan apa yang seharusnya tidak Anda lakukan selama masa sulit ini.

Anda seharusnya tidak panik, dan Anda pasti tidak boleh membiarkan kegelisahan mengambil alih. Kami mengerti betapa sulitnya bagi seorang wanita untuk menangani beban rambut rontok.

Ini adalah sesuatu yang tidak dimiliki oleh seorang wanita dan ini jelas bukan jenis masalah yang bisa Anda siapkan. Ada banyak materi pendidikan online yang menjelaskan secara rinci metode pencegahan rambut rontok.

Namun, mencegah kerontokan rambut adalah sesuatu yang tidak disukai pria maupun wanita. Jadi, ketika akhirnya mereka menderita kerontokan rambut, mereka menjadi rentan terhadap trauma emosional dan mental.

Kehidupan seorang wanita tanpa rambut bisa sangat mengerikan. Bila Anda kehilangan rambut, Anda tidak hanya kehilangan unsur kecantikan Anda (seperti halnya pria). Anda kehilangan sebagian besar dari apa yang membuat Anda menjadi entitas feminin. Begitu feminitas hilang, orang hanya bisa membayangkan berapa banyak cara hidup seorang wanita bisa terpengaruh.

Wanita Lakukan Ini!! Unuk Mengatasi Rambut Rontok atau Rambut Menipis

Wanita Lakukan Ini!! Saat Mengalami Rambut Rontok atau Rambut Menipis

Selidiki Penyebab Rambut Rontok

Penipisan rambut dan rambut rontok bukanlah masalah eksklusif pria. Hal ini juga sangat umum terjadi pada wanita. Jika Anda mengalami penipisan rambut yang lambat dan bertahap, Anda mungkin bisa menyalahkannya pada gen Anda.

Wanita juga bisa memiliki predisposisi genetik untuk botak seperti pria.

Biasanya, melihat riwayat kebotakan keluarga atau pola rambut rontok wanita Anda akan mengungkap jawaban atas pertanyaan tentang pola rambut rontok Anda sendiri. Jika ada, mempelajari sejarah kebotakan keluarga, hal ini akan  membuat Anda berada pada posisi yang lebih baik untuk menentukan hasil perawatan rambut rontok.

Terkadang, rambut rontok bisa cepat dan menjengkelkan. Kerontokan rambut keriting lebih sering terjadi pada wanita daripada pada pria karena berbagai alasan.

Sementara pria mampu mengalami botak dalam waktu satu tahun, ini adalah sesuatu yang tidak dapat ditanggung wanita. Tidak ada wanita yang pantas kehilangan semua rambutnya dalam waktu singkat. Tapi Anda tidak berarti harus penuh dengan ketakutan. Yang perlu Anda lakukan, seperti yang Anda harus lakukan dengan kasus pola rambut rontok wanita, adalah menyelidiki penyebab kerontokan rambut Anda dengan sesegera mungkin.

Alopecia - Rambut Rontok Mendadak

Kerontokan rambut yang mendadak, bisa membuat Anda bercak-bercak botak di kepala Anda, dan biasanya disebut alopecia. Kerontokan rambut wanita dan alopecia cukup banyak dialami secara bersamaan.

Jutaan wanita di seluruh dunia menderita satu bentuk alopecia atau yang lainnya setiap tahun. Ketika alopecia mempengaruhi seorang wanita, sistem autoimun tubuhnya berubah menjadi menyerang folikel rambut.

Alopecia dapat dikategorikan ke dalam beberapa derajat. Alopecia areata menyebabkan rambut rontok. Alopecia totalis mengakibatkan kebotakan total.

Alopecia universalis di sisi lain menyebabkan seluruh tubuh yang terdapat rambut mengalami kerontokan dari kulit. Seperti yang dapat Anda lihat dengan jelas, alopecia bisa menjadi mimpi terburuk bagi wanita.

Bagaimana Anda bisa lolos dari mimpi buruk ini dan menghentikannya menghancurkan hidup Anda? Semuanya bisa dimulai dengan mencari saran medis.

Kebutuhan untuk Mencari Saran Medis


Diagnosa medis
Rambut rontok seharusnya tidak hanya dianggap sebagai kehilangan keindahan. Ini bisa menjadi kondisi medis itu sendiri atau gejala gangguan medis yang lebih serius, seperti lupus.

Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita manapun untuk mencari pertolongan medis atau nasihat sehubungan dengan kerontokan rambut yang berlebihan.

Jadwalkan janji dengan dokter umum. Jika memungkinkan, dapatkan diagnosis lengkap. Diagnosis lengkap akan membantu Anda menemukan penyebab yang mendasarinya dan memberi Anda gagasan yang jelas tentang jenis perawatan yang perlu Anda gunakan untuk membalikkan efek buruk dari rambut rontok atau setidaknya memperlambatnya.

Jangan panik, jangan biarkan pikiran Anda terbebani dengan rasa takut. Cukup meminta saran dari dokter Anda sesegera mungkin.

Mengunjungi Trichologist
Anda juga harus mencari nasihat ahli rambut rontok atau ahli trichologi. Seorang ahli trichologi adalah ahli rambut rontok dan ahli kulit kepala yang berkualitas.

Tujuan mengunjungi seorang ahli trichologi adalah mempelajari lebih banyak tentang rambut Anda sebagaimana mestinya. Ini akan menempatkan Anda pada posisi yang lebih baik untuk memutuskan tentang perawatan rambut rontok.

Menghindari si ahli kecantikan
Selain itu, usahakan jangan mencari solusinya di salon atau dari seorang ahli kecantikan. Mereka hanya bisa membuat rambut Anda terlihat lebih baik, tapi tidak akan banyak membantu mengembalikan rambut setelah mengalami kerontokan rambut.

Baca juga "Mengenal Pola Kerontokan Rambut Pada Wanita".



Advertisement


Sedang Trends Terkait: Wanita Lakukan Ini!! Saat Mengalami Rambut Rontok atau Rambut Menipis