Penyebab Rambut Rontok Adalah Polusi, Mitos Atau Fakta?
Faktor lingkungan seperti cuaca panas dan polusi bisa menyebabkan rambut rontok. Polusi tidak hanya menyiratkan bahan kimia yang dipancarkan dari kendaraan dan unit industri.

Sebaliknya, mereka juga bisa memasukkan zat-zat seperti asap yang kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari.

Polusi umum yang menyebabkan rambut rontok

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di dalam rumah, Anda mungkin merasa jauh dari polusi, tapi sebenarnya tidak.

Polusi di rumah Anda bisa muncul dalam bentuk asap rokok (jika ada anggota keluarga atau tamu Anda yang merokok di rumah Anda).

Asap dari api yang terbuka dapat membahayakan rambut Anda jika tidak disalurkan ke luar rumah dengan benar.

Rokok mengandung karsinogen yang bisa merusak rambut yang ada sementara karbon yang terkandung dalam asap api merusak folikel rambut.

Debu umum di rumah Anda mengandung beberapa mikroorganisme yang dapat menyebabkan gatal dan penskalaan pada kulit kepala.

Perubahan ini seringkali sulit untuk diperhatikan, namun jika tidak diobati, mereka dapat menyebabkan berbagai jenis alopecia termasuk alopecia areata.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Hamamatsu University School of Medicine, di Jepang, telah mengkonfirmasi bahwa beberapa jenis infeksi virus dapat memicu alopecia areata.

Sementara alopecia areata umumnya dianggap sebagai masalah turun-temurun, penelitian telah memastikan bahwa bahkan mereka yang membawa komponen genetik mungkin memerlukan pemicu dari lingkungan seperti infeksi.

Beberapa orang mungkin mengalami kerontokan rambut akibat alergi pada bahan makanan atau bahan kimia tertentu.

Jika Anda menderita kerontokan rambut setelah asupan makanan atau berhubungan dengan bahan kimia apapun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengidentifikasi penyebab kerontokan rambut dan segera mencari pengobatan.

Polusi Menyebabkan Rambut Bau, Lengket, Rapuh dan Rontok

Bagi Anda yang aktif melakukan kegiatan di luar ruangan, Anda lebih memungkinkan untuk terpapar polusi pada rambut. Polusi memiliki partikel yang sangat kecil. Besarnya sendiri dua puluh kali lebih kecil dibandingkan dengan diameter rambut.

Karena ukuranya yang lebih kecil, debu dan kotoran bisa dengan mudahnya menempel dan menyumbat kulit kepala hingga folikel rambut. Alhasil situasi ini akan membuat rambut mudah mengalami bau tak sedap, lengket, rapuh dan rontok.

Melindungi Rambut dari Polusi

Meskipun sulit untuk benar-benar menjauh dari polusi, Anda masih dapat mengikuti beberapa praktik perawatan rambut yang sehat untuk menjaga rambut Anda tetap sehat.

Cara merawat rambut alami dalam artikel ini telah mencantum beberapa tindakan pencegahan yang membantu Anda mencegah kerontokan rambut karena polusi.
  1. Kenakan topi atau syal saat berkeliaran di bawah terik matahari atau berjalan-jalan di daerah yang tercemar
  2. Shampo rambut Anda jika sebagian besar waktu Anda berada di daerah yang tercemar polusi.
  3. Oleskan minyak dan pijat rambut Anda sebelum Anda mencucinya.
  4. Gunakan hair conditioner yang terbuat dari bahan alami
  5. Hindari pewarna yang mengandung bahan kimia keras.

Kerontokan rambut, tumbuh terutama karena kondisi lingkungan yang buruk di sekitar kehidupan kita.

Meskipun kita tidak dapat menghindari hidup tanpa mereka, kita dapat memberikan perlindungan dan nutrisi maksimal pada rambut kita dan menjauh dari masalah kerontokan rambut yang di sebabkan oleh polusi.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Penyebab Rambut Rontok Adalah Polusi, Mitos Atau Fakta?