Pengertian Pola Rambut Rontok Pada Wanita (Female Pattern Hair Loss)
Anda bisa menemukan informasi yang tidak terbatas mengenai pola kebotakan laki-laki dan penyebab rambut rontok pada pria. Hanya karena rambut rontok lebih jelas pada spesies laki-laki, bukan berarti perempuan bisa menghindari cengkeraman rambut rontok yang mengerikan dengan lebih mudah.

Perempuan dan anak perempuan memiliki banyak masalah rambut rontok. Tentu, Anda tidak akan melihat banyak wanita dengan bintik-bintik botak atau bintik botak di kepala mereka seperti pria, tapi tidak mengubah fakta bahwa rambut rontok adalah masalah yang sangat serius yang mempengaruhi jutaan wanita di seluruh dunia.

Pasar dipenuhi dengan produk sintetis dan buatan yang menjanjikan pertumbuhan rambut kembali dan mencegah rambut rontok pada wanita. Namun, tanpa pemahaman dasar mengapa wanita kehilangan rambut mereka, hal ini menjadi tidak mungkin bagi wanita untuk mengatasi tantangan rambut rontok dengan baik.

Apa itu Pola Rambut Rontok Pada Wanita (Female Pattern Hair Loss)?

Sama dengan pria, wanita juga bisa mengalami pola rambut rontok pada wanita "Female Pattern Hair Loss".

Kemungkinan Penderitaan dari Female Pattern Hair Loss (FPHL)

Anda mungkin telah melewati banyak materi informatif tentang pola kebotakan pria. Hari ini, Anda akan belajar tentang pola rambut rontok pada wanita.

Umumnya disebut sebagai Female Pattern Hair Loss (FPHL), pola rambut rontok perempuan adalah bentuk kerontokan rambut yang berbeda dan unik yang dialami oleh wanita dengan alopecia androgenik.

Statistik tentang wanita yang menderita FPHL sangat mengejutkan. Anda akan terkejut mengetahui bahwa 40% wanita mengalami beberapa jenis rambut rontok pada saat mereka berusia 50 tahun.

Bahkan lebih menyedihkan lagi untuk diketahui adalah, ada kemungkinan 55% wanita kehilangan rambut pada saat mereka berusia 80 tahun.

FPHL dan Telogen Effluvium

Ketika seorang wanita menderita FPHL, rambutnya mulai menipis. Ini bisa jadi karena dua alasan.

Alasan pertama berhubungan dengan meningkatnya penumpahan rambut dari kulit kepala.

Alasan kedua melibatkan pengurangan volume rambut.

Dalam beberapa kasus yang tidak menguntungkan, rambut bisa menipis karena kombinasi kedua alasan ini.

Tak perlu dikatakan, rambut rontok dalam hal ini cenderung jauh lebih parah dan jauh lebih jelas. Sering kali, FPHL menjadi salah untuk telogen effluvium.

Keduanya adalah kondisi yang terpisah dan memerlukan berbagai bentuk penanganan. Karena itu, ketika Anda mulai kehilangan rambut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggunakan jasa konsultan rambut rontok.

Dia akan dapat memberi tahu Anda, apakah Anda menderita FPHL atau telogen effluvium.

FPHL dan Pola kebotakan Laki-laki

Pola rambut rontok dan pola kebotakan pria memang memiliki cukup banyak kesamaan. Namun, keduanya dapat dengan mudah dibedakan karena pola kebotakan pria ditandai dengan garis rambut surut yang akhirnya membentuk botak tepat di atas kepala.

Hal ini biasanya tidak terjadi pada pola rambut rontok perempuan. Tapi, dalam kasus langka tertentu beberapa wanita bisa mengikuti pola kebotakan pria.

Penyebab Pola Rambut Rontok Pada Wanita

Ada sifat genetik yang kuat untuk pola rambut rontok. Ini berarti gen yang tidak menguntungkan harus bertanggung jawab atas rambut Anda yang menipis jika Anda menderita FPHL.

Karena cara pewarisan bersifat poligenik, tidak ada satu gen tertentu yang dapat ditunjuk sebagai penyebab utama pola rambut rontok. Ada sejumlah gen yang berkontribusi terhadap kondisi ini.

Namun, perlu dicatat juga bahwa tidak ada satu orang tua yang dapat disalahkan karena telah melewati gen yang tidak menguntungkan. Predisposisi genetik bisa diwarisi dari orang tua atau keduanya.

Beberapa ahli percaya bahwa androgen dapat mengintensifkan keparahan pola rambut rontok pada wanita. Ini bisa menjadi kasus sejak androgens memainkan peran yang sangat penting dalam membiarkan pola kebotakan laki-laki yang diterapkan pada pria.

Peran estrogen dalam menyebabkan pola kerontokan rambut wanita belum sepenuhnya ditentukan. Namun, para ahli percaya bahwa estrogen mengandung khasiat yang memungkinkannya menundukkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan efek pola rambut rontok wanita.

Perawatan Untuk Pola Rambut Rontok Pada Wanita

Ada beberapa jenis perawatan yang tersedia untuk pola rambut rontok wanita. Tapi, Obat untuk mengobati pola rambut rontok pada wanita belum ditemukan.

Oleh karena itu, meningkatkan kesabaran adalah hal terpenting saat mencari atau menjalani perawatan. Sebagian besar perawatan ditujukan untuk memperlambat atau menghentikan perkembangan rambut rontok.

Sangat sedikit perawatan, jika ada, sebenarnya memiliki kemampuan untuk menumbuhkan pertumbuhan rambut dengan hasil perawatan regenerasi rambut yang bervariasi. Adalah aman untuk mengatakan bahwa tidak setiap wanita memiliki kesempatan untuk pulih sepenuhnya dari pola rambut rontok perempuan.

Jika Anda menderita FPHL, maka Anda sangat dianjurkan untuk menghindari terapi laser. Pengobatan hormonal adalah alternatif yang jauh lebih cocok dan efektif dalam kasus ini.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Pengertian Pola Rambut Rontok Pada Wanita (Female Pattern Hair Loss)