Manfaat dan Khasiat Tanaman Serai atau Sereh

Serai atau sereh ciri-ciri tanaman manfaat dan khasiatnya - Manfaat serai dan efek sampingnya untuk kesehatan. Tanaman Serai atau Sereh umumnya dibudidayakan sebagai bahan kuliner dan ramuan obat.

Manfaat serai untuk kesehatan termasuk meringankan gangguan perut, insomnia, gangguan pernafasan, demam, sakit, infeksi, rematik dan edema.  Khasiat serai bekerja dengan baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena dalam tanaman ini mengandung aktivitas antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh terhadap bakteri yang resisten terhadap antibiotik dan membantu dalam menjaga kadar kolesterol, sistem saraf, kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, manfaat serai juga efektif dalam mengobati diabetes tipe 2, kanker, dan obesitas. Tidak hanya cukup sampai di situ saja, manfaat sereh juga membantu dalam mendetoksifikasi tubuh, dan banyak digunakan dalam aromaterapi untuk membantu mengatasi kelelahan, kecemasan dan bau badan.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Serai atau Sereh Untuk Kesehatan

 Manfaat Serai dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan
Seperti yang telah kami jelaskan di awal pembukaan artikel ini, serai memiliki beragam manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, namun perlu di ketahui juga, serai selain memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Dan oleh karena itu, pada ulasan artikel manfaat serai dan efek sampingnya untuk kesehatan, kami akan membahas secara merinci tentang kegunaan serai yang perlu Anda ketahui. Teruslah membaca artikel ini.

Manfaat Serai dengan Sifat Penyembuh Aromatiknya

Manfaat dan Khasiat Tanaman Serai atau Sereh
Cymbopogon citratus juga dikenal sebagai sereh adalah tanaman obat yang merupakan milik keluarga rumput Poaceae. Dalam hal ini, serai dikenal dan dimanfaatkan untuk rasa lemon dan aroma citrusy yang berbeda.

Ini adalah rumput tinggi dan abadi yang berasal dari India dan daerah tropis Asia. Serai diketahui memiliki tekstur tanaman kasar dan berumbai dengan daun linier yang tumbuh dalam tandan tebal, dan muncul dari pangkal serta tingginya sekitar 3 meter dengan peregangan sepanjang satu meter.

Selain penggunaan kulinernya, sereh menawarkan beragam manfaat dan khasiat obat dan diminati banyak orang di beberapa wilayah di dunia, karena sifat antibakteri, anti jamur dan antimikroba, termasuk di seluruh Asia Tenggara, serta benua Afrika dan Amerika.

Genus Cymbopogon terdiri dari 55 jenis rumput, dua di antaranya disebut sereh. Ini adalah serai India Barat atau Cymbopogon citratus yang terkenal lebih disukai untuk penggunaan kuliner dan serai India Timur atau Cymobopogon flexuosus yang digunakan dalam pembuatan berbagai produk seperti wewangian karena memiliki umur simpannya yang panjang.

Nilai Gizi Sereh

 Nilai Gizi Sereh
Manfaat Serai telah di ketahui berguna dengan baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami, hal ini tidak luput dari kandungan gizi yang ada pada sereh atau serai.

Serai merupakan sumber aromatik dan nutrisi penting yang menyediakan beragam manfaat kesehatan. Nilai gizi sereh, termasuk vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), folat dan vitamin C.

Serai juga menyediakan mineral penting seperti potasium, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng dan besi, yang dibutuhkan untuk berfungsinya tubuh manusia secara sehat. Sereh tidak mengandung kolesterol atau lemak berbahaya, sehingga mereka menjadi pilihan yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat Serai untuk Kesehatan

 Manfaat Serai untuk Kesehatan
Dari kandungan nilai gizi yang ada pada sereh, kita tahu bahwa manfaat serai sangatlah banyak untuk kesehatan, hal itu karena serai mengandung antioksidan, flavonoid dan senyawa fenolik seperti luteolin, glikosida, kuersetin, kaempferol, eliminin, catecol, asam chlorogenic, dan asam caffeic, yang semuanya membantu dalam menyediakan berbagai alat bantu obat yang mengesankan.

Komponen utama serai adalah lemonal atau citral, yang memiliki kualitas anti jamur dan antimikroba, sekaligus memberikan bau yang berbeda. Beberapa manfaat kesehatan yang paling terkenal dari sereh meliputi:

Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Sehat

Manfaat serai berguna untuk menjaga kadar kolesterol tetap sehat, hal ini karena serai memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan anti-hiperkolesterolemia yang mendukung kadar kolesterol sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi serai secara teratur telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam mempertahankan tingkat trigliserida yang sehat dan mengurangi kolesterol LDL di dalam tubuh.

Manfaat serai ini membantu mencegah akumulasi lipid di pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah agar tidak terhalang di arteri dan mencegah berbagai gangguan jantung seperti aterosklerosis.

Manfaat Serai untuk Detoksifikasi Tubuh

Manfaat serai untuk kesehatan berikutnya adalah, membantu membersihkan dan membuang limbah beracun berbahaya dari tubuh, sebagai akibat dari sifat diuretiknya.

Detoksifikasi membantu pengaturan yang lebih baik dari berbagai organ tubuh, termasuk hati dan ginjal, sekaligus membantu menurunkan kadar asam urat.

Manfaat serai yang menawarkan efek diuretik ini, akan membantu meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil, yang membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan, menghilangkan lemak, dan membantu dalam menjaga sistem tetap bersih.

Manfaat Serai untuk Kanker

Serai sangat efektif dalam mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel sehat tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan manfaat serai berguna untuk kanker karena adanya aktivitas anti kanker dari sereh yang menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit.

Studi telah menunjukkan bahwa komponen tertentu, citral, yang hadir dalam serai, membantu menghambat pertumbuhan sel kanker hati selama fase awal dan mencegah produksi sel kanker lebih lanjut.

Studi lain telah memberikan bukti pendukung mengenai efek anti-proliferatif citral dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara manusia dan induksi apoptosis.

Melawan Infeksi Bakteri Staphylococcus aureus

Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat minyak esensial sereh memiliki kapasitas anti-biofilm dan bermanfaat untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh Staphylococcus aureus.

Serai mengandung fenol yang memiliki kemampuan untuk menyebar dengan cepat melalui jaringan tubuh dan menyembuhkan biofilm yang berada di manapun di tubuh. Ini mengganggu pertumbuhan dan komunikasi kuman yang membantu dalam menghambat pembentukan biofilm.

Minyak esensial sereh berguna untuk aplikasi baik secara topikal maupun internal dalam penyakit yang didiagnosis dengan biofilm, seperti penyakit Lyme.

Mengatasi Gangguan Perut

Manfaat sereh berdasarkan penelitian, telah menunjukkan bahwa minyak esensial sereh memiliki sifat anti-mikroba dan anti-bakteri yang membantu dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh berbagai patogen seperti Helicobacter pylori dan Escherichia coli.

Hal ini bermanfaat dalam pencegahan gangguan gastrointestinal seperti tukak gastrik, membantu dalam menstimulasi fungsi usus, dan memperbaiki pencernaan. Sifat anti-inflamasi sereh juga bermanfaat untuk mengobati sembelit, kolitis ulserativa, diare, mual dan sakit perut.

Insomnia

Manfaat serai membantu menenangkan otot dan saraf yang membantu dalam mendorong tidur yang nyenyak. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh sereh memiliki sifat sedatif dan hipnosis yang membantu dalam meningkatkan durasi dan kualitas tidur.

Gangguan Pernafasan

Serai digunakan secara luas dalam pengobatan Ayurveda untuk penyembuhannya dalam mengobati batuk dan pilek. Seiring dengan komponen bermanfaat lainnya, kandungan vitamin C hadir di dalamnya membantu dalam memberikan bantuan dari penyumbatan hidung, flu dan gangguan pernafasan lainnya seperti asma bronkial.

Demam

Serai merupakan obat penurun panas dan juga dikenal sebagai 'rumput demam', karena efeknya yang menguntungkan dalam menurunkan demam. Efek anti-piretik dan diaphoretik serai digunakan secara luas dalam pengobatan Ayurveda untuk menyembuhkan demam dengan cara mengembuskan keringat.

Infeksi

Manfaat serai bekerja sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati infeksi seperti kurap, luka, kaki atletik, kudis, dan infeksi saluran kemih karena khasiat antimikroba dan anti jamurnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa serai memberi efek penyembuhan pada infeksi dermatologis, seperti infeksi ragi, dengan menghambat pertumbuhan patogen. Studi lain memberikan bukti pendukung yang menunjukkan khasiat serai minyak thyme, nilam dan cedar dalam pengobatan berbagai penyakit seperti candidias oral atau vagina.

Meredakan rasa sakit

Serai membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain karena sifat analgesiknya.

Fitonutrien yang hadir di dalamnya memperbaiki peredaran darah dan membantu meredakan kejang, kram otot, keseleo, dan sakit punggung. Ini sangat berharga dalam mengobati luka olahraga, termasuk dislokasi, luka dalam dan memar.

Meredakan stres

Sereh adalah saraf dan telah terbukti menjadi tonik untuk sistem saraf. Ini merangsang pikiran dan membantu dalam memerangi kejang, gugup, vertigo dan berbagai gangguan neuronal seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Hal ini digunakan dalam mandi terapeutik, yang membantu menenangkan saraf dan membantu mengurangi gejala kecemasan dan kelelahan akibat stres.

Diabetes Tipe-2

Manfaat serai telah terbukti berkhasiat dalam mengobati diabetes tipe-2. Studi telah menunjukkan bahwa senyawa citral yang hadir di dalamnya membantu mempertahankan kadar insulin optimal dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh.

Rematik

Manfaat serai sangat efektif dalam menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh rematik. Hal ini dapat diterapkan secara topikal pada kedua lumbago dan keseleo dan membantu mengurangi neuralgia dan penderitaan lainnya yang menyakitkan.

Sistem kekebalan

Serai membantu memulihkan sistem vital yang beroperasi di dalam tubuh, termasuk pencernaan, pernapasan, ekskresi dan sistem saraf. Ini membantu penyerapan gizi lebih baik dan memperkuat mekanisme pertahanan tubuh.

Ekstrak sereh memiliki efek menguntungkan pada tindakan inflamasi sitokin, yang merupakan molekul pensinyalan yang melaluinya, sel akan berkomunikasi dan merespons di tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa serai memberikan tindakan anti-inflamasi dan konstituennya seperti citral mungkin menjadi penyebab di balik efek penghambatan pada produksi sitokin.

Perawatan Kulit

Serai telah berharga sebagai tonik kulit dan membuat pembersih yang efektif untuk kulit berminyak atau berjerawat, karena sifat zat dan antiseptiknya. Ini membantu dalam memperkuat jaringan kulit dan mengencangkan pori-pori sambil juga mensterilkannya. Perhatian harus diberikan saat menggunakan produk sereh, karena aplikasi yang tidak diencerkan bisa menyebabkan iritasi kulit dalam beberapa kasus.


Aromaterapi

Sereh terdiri dari bahan bermanfaat minyak atsiri seperti nerol, sitronelol, myrcene, dipentene, geraniol dan metil heptenone yang memiliki sifat anti jamur, insektisida dan antiseptik. Minyak sereh banyak digunakan dalam aromaterapi, karena efek terapeutiknya, yang membantu merevitalisasi dan menyegarkan tubuh. Efek pendinginan minyak sereh bermanfaat bagi tubuh selama cuaca panas dan meningkatkan kebangkitan baik pikiran dan jiwa. Minyak ini memiliki kualitas astringent dan toning alami yang membantu merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan jaringan dermal. Ini juga membantu dalam mengencangkan, mengangkat dan mengencangkan kulit yang lesu atau kendur.

Obesitas

Serai mengandung citral, yang telah terbukti efektif dalam memerangi obesitas. Ini mencegah akumulasi lemak perut dan meningkatkan penggunaan energi yang tersimpan, yang membantu mencegah kenaikan berat badan akibat diet. Ini membantu metabolisme yang sehat dan meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

Bau Badan

Manfaat serai sering digunakan dalam pembuatan deodoran karena sifat pembersihan dan antibakteri yang membantu melawan bau badan yang tidak sedap dan mencegah infeksi jamur dan bakteri. Hal ini juga dapat ditambahkan ke pemandian kaki untuk membersihkan kaki yang sakit dan berbau harum.

Serangga Serangga

Serai digunakan sebagai pengusir serangga alami dan membantu mencegah terjadinya penyakit bawaan serangga seperti malaria, demam berdarah dan penyakit Lyme. Studi telah memberikan bukti pendukung mengenai sifat anti-malaria dan anti-protozoa sereh, yang membuat minyak sereh menjadi bahan yang efektif untuk obat nyamuk.

Penggunaan Kuliner

Terlepas dari obat-obatan rakyat, sereh biasa digunakan di masakan Asia, terutama di Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Ini digunakan untuk menambahkan rasa pada minuman seperti teh, kari dan sup, dan juga banyak digunakan dalam pembuatan puding, produk daging, permen dan makanan panggang.

Kegunaan lainnya dari sereh

Serai digunakan dalam pembuatan parfum, deodoran, poles, dan lilin. Hal ini juga digunakan untuk menambahkan aroma ke sabun dan produk kosmetik. Sereh juga digunakan untuk memancing dan menarik lebah madu untuk berbagai keperluan komersial.

Sifat Hidrofobik

Serai digunakan untuk melestarikan manuskrip daun palem kuno dan melindungi mereka dari kerusakan yang disebabkan oleh mikroorganisme. Ini memperkuat daun dengan memberikan kelembaban yang dibutuhkan pada daun palem yang rapuh tanpa membiarkan kelembaban menyebabkan hilangnya teks yang tersimpan. Efek perlindungan ini dapat dikaitkan dengan sifat hidrofobik minyak sereh.

Efek samping Serai atau Sereh

Meski dianggap aman, penggunaan minyak sereh secara topikal atau konsumsi teh herbal yang terbuat dari serai bisa mengakibatkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jika terjadi gejala alergi, selalu disarankan untuk menghentikan penggunaan minyak sereh dan segera dapatkan pertolongan medis.

Minyak serai yang tidak dilarutkan atau terkonsentrasi tidak boleh diterapkan secara langsung pada tubuh karena dapat menyebabkan reaksi berbahaya. Selalu disarankan untuk menyimpan minyak sereh murni dari jangkauan anak-anak.

Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mempertimbangkan minyak sereh untuk penggunaan terapeutik selama kondisi khusus seperti kehamilan, saat mencoba hamil, menyusui, dan selama menjalani perawatan medis yang sedang berlangsung.

Serai memiliki sifat galaktagogik, yang mempromosikan pembentukan susu di payudara. Hal ini juga efektif dalam merangsang aliran menstruasi dan membantu dalam menenangkan kram menstruasi dan ketidaknyamanan. Ini membantu dalam menenangkan pembengkakan dan efektif dalam kondisi varikositas.

Serai harus digunakan dengan hati-hati, karena ini bisa terbukti sangat berharga dalam memberikan berbagai bantuan obat!