Cara Menumbuhkan Rambut Lebih Cepat dengan Cara Alami
Cara menumbuhkan rambut lebih cepat dengan cara alami - Sudah bukan rahasia lagi, bahwa produk-produk komersial perawatan dan kesehatan rambut sering mengklaim bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Ketahuilah, sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk cara menumbuhkan rambut anda lebih cepat dengan cara alami.

Menggunakan perawatan rambut alami ini akan membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat. Selain itu, Anda juga dapat menyeimbangkan perawatan rambut khusus anda dengan metode dasar untuk perawatan rambut dan pengaturan pola makan.

Cara Menumbuhkan Rambut Lebih Cepat dengan Cara Alami

Berikut ini, cara merawat rambut alami, akan membagikan kepada Anda beberapa cara menumbuhkan rambut anda lebih cepat dengan cara alami.

Luangkan waktu Anda untuk membaca lebih dalam pada artikel ini, agar Anda bisa mengetahui teknik seperti apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan rambut Anda lebih cepat dengan cara alami.

Menerapkan Teknik Perawatan dan Perlindungan Rambut

Sebagai tahapan pertama, cobalah untuk menerapkan teknik perawatan dan perlindungan rambut secara alami. Anda dapat menumbuhkan rambut lebih cepat dengan cara mengoleskan minyak alami ke kulit kepala.

Cara menumbuhkan rambut lebih cepat dengan cara menerapkan minyak alami yang tepat akan sangat berguna dalam membantu Anda menghilangkan kotoran dan membersihkan area kulit kepala. Dengan menerapkan cara ini, maka Anda mampu menghilangkan kantung-kantung yang mengambat pertumbuhan rambut, yang pada akhirnya akan membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat.

Beberapa jenis minyak alami juga diketahi memiliki kemampuan untuk melembabkan rambut, sehingga membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah patah.

Lantas, minyak alami seperti apa saja yang bisa di gunakan untuk menumbuhkan rambut anda lebih cepat dengan cara alami? Inilah minyak alami yang bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut lebih cepat secara alami.

Minyak kelapa, minyak emu, minyak biji anggur, minyak zaitun, minyak lavender, minyak jarak, minyak mustar, minyak alpukat, minyak jojoba, minyak almond, minyak rosemary, minyak ikan, dan minyak pohon teh.

Pilihlah jenis minyak yang telah kami sebutkan di atas, dan tempatkan pada suhu ruangan atau yang lebih hangat, atau memasukkan minyak tersebut ke dalam botol kecil yang bisa ditutup, lalu direndam di baskom selama satu hingga dua menit dengan air panas (tapi bukan air yang mendidih).

Setelah minyak di hangatkan, pijatkan minyak ke kulit kepala dan biarkan minyak tersebut melapisi rambut, kurang lebih selama 15 sampai 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Anda juga bisa menggunakan masker kuning telur untuk ara menumbuhkan rambut lebih cepat dengan cara alami. Khasiat kuning telur untuk menumbuhkan rambut telah banyak di kenal secara luas, hal ini, karena kuning telur kaya akan kandungan protein yang mampu memperkuat rambut dan membuat rambut lebih tebal, dan juga lebih cepat panjang.

Bagaimana cara menumbuhkan rambut lebih cepat dengan cara alami menggunakan kuning telur? Ini dia caranya;
    • Sediakan kuning telur dan putih telur.
    • Tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun atau madu untuk melembabkan rambut. 
    • Kocoklah semua bahan hingga tercampur.
    • Gunakan campuran telur tersebut setelah anda menggunakan sampo.
    • Biarkan ramuan ini selama 10 sampai 20 menit. Anda juga bisa sekaligus menggunakan kondisioner pelembab. Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat.

      Menggunakan Cuka Apel Untuk Menumbuhkan Rambut

      Membilas rambut dengan cuka dari sari buah apel bisa di aplikasikan seminggu sekali. metode ini berguna untuk menghilangkan sisa-sisa dari berbagai produk dan minyak alami yang digunakan untuk perawatan rambut.

      Bagaimana cara menggunakan cuka apel untuk cara menumbuhkan rambut lebih cepat? Simak dibawah;
      • Siapkan ¼ cangkir (60 ml) cuka apel tersebut dan gunakan pada rambut anda. Utamakan pangkal rambut, tapi tetap usahakan agar seluruh bagian rambut juga terbilas.
      • Ketika sudah selesai, bilaslah rambut Anda.

      Cara Menumbuhkan Rambut Menggunakan Kondisioner dari Santan

       Cara Menumbuhkan Rambut Menggunakan Kondisioner dari Santan
      Cara merawat rambut menggunakan kondisioner dari santan, juga berkhasiat untuk menumbuhkan rambut lebih cepat. Santan mengandung banyak protein, asam lemak dan zat besi. Bila digunakan bersamaan, nutrisi-nutrisi tersebut bisa memperkuat rambut dan mengurangi rambut yang patah dengan baik.
      • Gunakan santan alami tersebut untuk memijat langsung bagian pangkal rambut. Biarkan santan tersebut selama 15 sampai 20 menit lalu bilas rambutmu dengan air hangat dan sampo.
      • Anda juga bisa mencampurkan 1 sendok (15ml) madu atau gliserin ke santan sebelum menggunakannya. Madu memiliki efek pelembab, sehingga santan tersebut bisa menjadi kondisioner yang lebih bagus.

      Cara Menumbuhkan Rambut Menggunakan Lidah Buaya

       Cara Menumbuhkan Rambut Menggunakan Lidah Buaya
      Lidah buaya mengandung asam lemak, seng, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Semua vitamin dan mineral tersebut memiliki peranan penting dalam cara menumbuhkan rambut dan menjaga kesehatan rambut.

      Lidah buaya ini bisa mencegah lapisan minyak sebum agar tidak menempel di rambut. Minyak ini bisa menarik kotoran dan bakteri yang membuat rambut rontok. Untuk cara menumbuhkan rambut menggunakan lidah buaya, Anda dapat menerapkan metode dibawah ini.
      • Campurlah 2 sendok teh (10 ml) gel lidah buaya dengan 2 sendok teh (10 ml) minyak zaitun, 1 sendok tek (5 ml) madu dan 30 ml air. Gunakan campuran ini pada kulit kepala anda.
      • Biarkan campuran lidah buaya tersebut selama 30 menit. Bila sudah selesai, bilaslah dengan air hangat dan bersihkan dengan sampo.

       Selain menggunakan metode di atas untuk cara menumbuhkan rambut lebih cepat dengan cara alami, Anda juga harus melakukan teknik ini juga, simak lebih lanjut lagi ke bawah;

      Pangkaslah ujung rambut anda

      Ketika rambut anda mulai tumbuh tak beraturan, rapikan dengan memotong ujung rambut anda setiap 4 sampai 6 minggu sekali.

      Secara teknis, memangkas ujung rambut akan membuat rambut tidak tumbuh dan itu sekaligus bisa menghilangkan ujung rambut yang kering dan rusak.

      Apabila anda tidak melakukan perawatan terhadap rambut yang bercabang dan rusak tersebut, kerusakan itu bisa menjalar ke seluruh bagian rambut anda dan menyebabkan rambut anda semakin rusak.

      Apabila anda menginginkan rambut yang panjang dan sehat, langkah ini perlu dilakukan secara teratur sebagai bagian dari upaya cara menumbuhkan rambut lebih cepat dengan cara alami.

      Pijat kulit kepala anda sendiri

      Pijatan pada kulit kepala mampu memperlancar peredaran darah di kulit kepala, sehingga folikel rambut menjadi terstimulasi dan rambut pun bisa tumbuh lebih cepat.

      Tentunya, pijatan di kulit kepala dengan menggunakan beragam minyak alami akan jauh lebih baik dibandingkan pijatan tanpa menggunakan minyak.

      Kurangilah Stres

      Stres bisa membuat rambut anda rapuh dan menghambat pertumbuhan rambut anda. Kendalikan stres anda dengan mengikuti beragam kegiatan yang bisa membuat anda lebih relaks.

      Olah raga ringan juga bisa menjadi cara yang tepat untuk mengurangi stress. Anda bisa mencoba yoga atau berjalan di taman selama 30 menit.

      Tidur juga menjadi aspek penting dalam pengurangan tingkat stress anda. Usahakan untuk tidur selama 7 sampai 8 jam.

      Jangan biarkan rambut terlalu kepanasan

      Panas dapat mengurangi kelembapan rambut lebih cepat dari biasanya. Rambut yang kering pun akan lebih mudah rusak. Dalam hal ini, mengeringkan rambut dengan cara “air drying” bisa mengurangi resiko kerusakan rambut karena panas.

      Bila anda ingin menggunakan hair dryer, setel alat tersebut pada panas paling rendah dan lebih baik bila anda menggunakan minyak kelapa terlebih dahulu untuk melindungi rambut anda.

      Dengan demikian, yang akan menguap adalah minyak kelapa tersebut, bukannya air atau pun lapisan rambut anda.

      Sebaiknya anda juga menghindari penggunakan alat-alat penata rambut yang menggunakan panas, seperti pelurus rambut dan catok rambut.

      Selain itu, anda juga perlu menghindari air panas karena itu juga akan membuat rambut anda rusak. Akan lebih baik bila anda menggunakan air hangat atau dingin bila anda menginginkan rambut panjang yang sehat.

      Kurangilah Penggunaan Sampo

      Sampo akan menghilangkan minyak di rambut anda. Padahal minyak tersebut berguna untuk melindungi rambut anda dan mencegah rambut anda kering. Untuk menjaga kadar minyak di rambut anda, basuhlah rambut anda dan gunakan sampo tidak lebih dari tiga kali seminggu.

      Namun, membilas rambut anda juga penting karena terlalu banyak minyak di rambut anda akan menghalangi pertumbuhan folikel rambut anda, sehingga rambut pun menjadi lebih sulit untuk tumbuh.

      Jangan mengikat rambut anda

      Ikatan seperti ekor kuda, kuciran, dan berbagai macam kuciran yang kencang lainnya dapat membuat rambut anda patah. Ketika anda mengucir rambut anda, kuciran tersebut akan menekan helai rambut anda, bahkan membuatnya patah. Apabila anda sering melakukan hal ini, rambut anda akan semakin lemah.

      Beberapa gaya rambut juga sering menarik rambut dari pangkalnya dan bisa menyebabkan kerusakan permanen.

      Apabila anda ingin menarik, usahakan untuk tidak menarik rambut terlambut kencang untuk menghindari kerusakan rambut.

      Lindungilah Rambut Anda

      Lindungilah rambut anda dari berbagai macam kondisi yang bisa merusak rambut anda. Rambut anda bisa sangat sensitif seperti kulit anda, karena itu perlindungan yang tepat menjadi hal yang sangat penting.

      Gunakan topi atau penutup rambut lainnya untuk melindungi rambut anda dari sinar matahari, khususnya apabila anda berencana untuk melakukan kegiatan di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama.

      Ketika cuaca menjadi dingin dan kering, anda perlu melindungi rambut anda dari angin dengan menggunakan topi dan anda juga perlu meningkatkan perawatan kelembapan rambut anda.

      Hindarilah semir rambut

      Sebagian besar produk pewarna rambut mengandung ammonia. Zat ini merupakan zat pemutih yang bisa menyebabkan rambut anda sangat kering, dan rambut yang kering akan semakin mudah patah.

      Apabila anda ingin mewarnai rambut anda, lakukanlah itu dengan penata rambut profesional dan jangan terlalu sering melakukan pewarnaan rambut.

      Konsumsi lebih banyak rempah-rempah

      Capsaicin merupakan zat yang membuat rasa pedas pada merica. Zat ini ternyata juga membantu pertumbuhan rambut anda dengan cara meniru factor-faktor pertumbuhan alami yang ada pada manusia, sehingga mengkonsumsi zat ini akan membuat rambut anda tumbuh lebih cepat.

      Konsumsilah biotin

      Biotin bisa dikonsumsi melalui makanan ataupun dalam bentuk suplemen. Apabila anda ingin mendapatkan lebih banyak biotin, anda bisa mengkonsumsi lebih banyak tomat, wortel, selada atau lobak.

      Biotin mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, sehingga akan lebih banyak kadar glukosa yang yang diedarkan ke folikel rambut.

      Vitamin ini juga menstimulasi sel keratin yang berperan langsung dalam memperkuat rambut.

      Penuhilah kebutuhan vitamin yang tepat untuk rambut anda

      Apabila anda memiliki pola makan yang seimbang, umumnya anda sudah mendapatkan berbagai vitamin yang dibutuhkan rambut anda tanpa harus menkonsumsi suplemen.

      Apabila anda ingin fokus pada penambahan vitamin untuk rambut anda, ada banyak jenis vitamin yang patut mendapatkan perhatian anda, terlebih bila anda ingin membuat rambut anda lebih panjang dan kuat.

      Vitamin A menjaga rambut dan kulit kepala anda tetap lembab. Vitamin ini juga mengatur folikel rambut anda dalam menggunakan asam alami.

      Vitamin B3 meningkatkan sirkulasi darah, sehingga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut dan menstimulasi pertumbuhan rambut.

      Vitamin B12 membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Dengan semakin banyaknya jumlah sel darah merah, itu berarti folikel rambut bisa menerima semakin banyak oksigen.

      Vitamin C berfungsi untuk memperkuat rambut, sehingga anda akan semakin jarang menemui rambut yang bercabang. Vitamin ini juga bisa membantu tubuh untuk memproduksi lapisan rambut serta rambut baru.

      Vitamin E merupakan vitamin lain yang berperan dalam menstimulasi sirkulasi nutrisi. Vitamin ini juga mendorong system imun, sehingga rambut bisa tetap sehat.

      Anda juga membutuhkan zat besi dan seng, yang berperan dalam meningkatkan sirkulasi nutrisi.

      Konsumsilah lebih banyak protein

      Tubuh anda membutuhkan protein untuk berbagai hal terkait pertumbuhan, dan pertumbuhan rambut baru merupakan salah satunya. Anda bisa mendapatkan tambahan protein dari daging, ikan, telur, biji-bijian, kacang atau anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang bisa menyediakan protein bagi tubuh anda.

      Minumlah susu kedelai. Selain mengandung protein yang tinggi, susu kedelai dan olahan kedelai lainnya mengandung isoflayone yang diyakini mampu meningkatkan dan mendorong pertumbuhan rambut.

      Tetap terhidrasi

      Hidrasi merupakan hal yang fital bila anda ingin rambut anda semakin panjang. Minumlah sekitar 8 gelas (per gelas 250 ml) air per hari untuk meningkatkan kesehatan dan panjang rambut anda.

      Advertisement


      Sedang Trends Terkait: Cara Menumbuhkan Rambut Lebih Cepat dengan Cara Alami