Cara mengatasi rambut kering - Ketika Anda terbangun dari tidur kemudian berjalan dengan perasaan yang masih mengantuk menghampiri ke cermin, menguap, lalu kaget! Melihat rambut kering Anda!

Apabila situasi ini pernah terjadi pada Anda, maka Anda perlu mengetahui solusi sebagai cara cepat mengatasi rambut kering untuk menjinakkan rambut Anda pada hari itu, dan bagaimana melakukan perawatan rambut untuk mengatasi rambut kering di waktu yang akan datang.

Untuk membantu memperbaiki rambut kering, cara merawat rambut alami telah membuat artikel cara mengatasi rambut kering ini ke rutinitas Anda. Tujuannya agar Anda bisa menghilangkan beberapa perilaku merusak yang mungkin Anda lakukan sebelumnya.

Rambut kering sering membuat rambut terlihat kusam, dan terlihat sama setelah Anda mencucinya seperti sebelumnya. Setiap orang memiliki hari rambut yang buruk, tapi dengan rambut kering Anda mungkin memiliki hari-hari itu lebih sering daripada tidak.

Penyebab rambut kering

Cara Mengatasi Rambut Kering
Rambut kering bisa berawal dari faktor eksternal, seperti terkena bahan kimia keras, atau dari penyebab internal, seperti penyakit. Ini adalah faktor eksternal utama bagi mereka yang mengalami masalah rambut kering:
  • Sampo yang keras/atau tidak sesuai
  • Keramas terlalu sering
  • Pewarna rambut
  • Rambut keriting permanen
  • Klorin di kolam renang dan bak air panas
  • Terlalu sering menggunakan blow dryer atau curling iron
  • Terlalu banyak terpapar sinar matahari dan angin

Faktor eksternal mudah untuk diatasi. Anda hanya perlu berhati-hati tentang bagaimana Anda memperlakukan rambut Anda, mengurangi aktivitas yang menyebabkannya menjadi kering.

Beralih produk. Pakailah topi saat berenang. Tutupi kepala Anda saat Anda berada di luar di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama. Dan gunakan obat alami yang bisa ditemukan dapur Anda!

Faktor internal, bagaimanapun, tidak memiliki perbaikan yang begitu cepat. Faktor internal yang menyebabkan rambut kering meliputi:
  • Pengobatan kanker
  • Obat tertentu
  • Kekurangan gizi
  • Penyakit berkepanjangan

Sebelum Anda mulai panik, pergi ke halaman berikutnya dan baca semua pengobatan sederhana di rumah untuk rambut kering. Kemungkinan Anda akan menemukan sesuatu yang akan membuat kilauan kembali berada di kunci Anda.

Memperbaiki Rambut Kering

Merawat rambut Anda dengan baik, makan makanan yang sehat, menggunakan produk perawatan rambut berkualitas yang dimaksudkan untuk jenis rambut Anda dan menggunakan beberapa conditioner dapat mencegah rambut menjadi mengering.

Plus, ada banyak pengobatan rumahan sederhana yang dapat membantu mengobati rambut kering dan memulihkan kesehatan rambut Anda.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Berikut adalah pengobatan rumahan yang bisa anda gunakan di rumah untuk mengatasi masalah rambut kering dengan cara yang praktis dan sederhana.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah obat rumah yang paling populer untuk cara mengatasi rambut kering. Kandungan vitamin E dan antioksidan yang kaya hadir dalam minyak zaitun membantu menyembuhkan rambut yang rusak dengan menyegel kutikula, atau lapisan luar, dengan kelembaban.

Cara mengatasi rambut kering dengan menggunakan minyak zaitun bisa digunakan sebagai perawatan rambut minyak panas untuk menguatkan, menambah kilau dan mengembalikan kelembaban ke rambut yang sangat kering.

Bagaimana cara mengatasi rambut kering menggunakan minyak zaitun? berikut adalah resep sederhana yang bisa Anda coba di rumah;
  • Masukkan minyak zaitun secukupnya (disesuaikan dengan panjang rambut Anda) dalam cangkir atau mangkuk dan sedikit hangatkan dalam microwave.
  • Oleskan minyak hangat di atas kulit kepala dan poros rambut Anda. Pijat kulit kepala Anda dengan lembut selama lima sampai 10 menit.
  • Tutupi rambut Anda dengan handuk hangat dan biarkan minyak dalam semalam, atau setidaknya selama 30 menit.
  • Tahap akhir, keramas dan kondisikan rambut Anda dengan produk yang sesuai dengan jenis rambut Anda.
  • Lakukan ini setidaknya sekali seminggu untuk memberi makanan dan perawatan rambut yang Anda butuhkan.

Catatan: Untuk resep cara mengatasi rambut kering ini Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa, minyak almond, minyak jarak, minyak jojoba atau minyak jagung untuk perawatan minyak panas ini.

2. Mayones

Mayones adalah bahan yang sangat baik untuk cara mengatasi rambut kering di rumah. Bahan ini diketahui mengandung banyak protein yang akan membantu membuat rambut Anda lembut dan berkilau.
  • Ukur satu cangkir mayones penuh lemak.
  • Oleskan lapisan tebal pada rambut dan kulit kepala yang sedikit lembab.
  • Pijat mayones ke kulit kepala Anda, sampai ujungnya.
  • Tutupi rambut dan kepala dengan penutup plastik sekitar satu jam.
  • Bilas rambut Anda secara menyeluruh dengan air hangat lalu sampo seperti biasa.
  • Ulangi seminggu sekali untuk menghidrasi rambut sangat kering.

3. Telur

Cara Mengatasi Rambut Kering
Telur juga sangat membantu untuk cara mengatasi rambut kering dan rusak. Telur adalah sumber protein dan lesitin yang baik, telur membantu menguatkan dan memperbaiki rambut yang rusak dan tidak bernyawa dengan menambahkan kelembaban, kilau, dan tekstur ke dalamnya.
  • Kocok putih telur secara menyeluruh bersama dengan dua sendok makan air suam-suam kuku. 
  • Oleskan campuran ke rambut dan kulit kepala Anda yang lembab dan pijat dengan ujung jari Anda dalam gerakan melingkar selama 15 menit.
  • Keramas rambutmu dengan air dingin.
  • Lakukan ini sekali atau dua kali seminggu, tergantung kondisi rambut Anda.

Cara Lain
  • Campurkan tiga butir telur, dua sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu.
  • Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala yang lembab.
  • Tutupi kepala Anda dengan topi mandi selama sekitar 30 menit, lalu bersihkan rambut Anda dengan sampo ringan dan air dingin.
  • Lakukan ini sekali seminggu untuk membuat rambut Anda lembut dan halus.

4. Pisang

Cara Mengatasi Rambut Kering
Pisang adalah bahan lain yang sangat baik untuk merawat rambut yang sangat kering dan rusak. Kandungan potassium dan moisture yang tinggi pada pisang mencegah perpecahan, dan melembutkan dan meningkatkan elastisitas rambut Anda.
  1. Mash satu pisang matang dan oleskan dengan benar pada rambut Anda, dari akar sampai ke ujungnya. Biarkan selama satu jam dan bilas rambut Anda dengan air hangat. Lakukan ini sekali seminggu untuk mendapatkan hasil yang efektif.
  2. Sebagai alternatif, campurkan satu pisang matang, satu sendok makan minyak almond dan dua sendok makan madu. Oleskan masker rambut ini ke rambut Anda secara menyeluruh. Biarkan selama 20 sampai 30 menit lalu bilas dengan baik dengan air suam-suam kuku. Ikuti obat ini seminggu sekali untuk menikmati rambut yang halus dan berkilau.

5. Alpukat

Lemak jenuh, vitamin A dan E, protein dan berbagai mineral lainnya dalam alpukat sangat bermanfaat untuk rambut kering dan rusak. Alpukat juga membantu menambahkan kelembaban pada batang rambut kering dan menguatkan rambut Anda.

  1. Mash satu alpukat matang, kupas alpukat. Campur dalam satu sendok teh minyak gandum dan minyak jojoba untuk membuat pasta yang halus. Oleskan campuran pada rambut yang baru dicuci, dari akar ke ujungnya. Tutupi rambut Anda dengan topi mandi. Biarkan selama setengah jam dan kemudian keramas rambut Anda dengan air suam-suam kuku. Ikuti obat ini satu atau dua kali seminggu.
  2. Mash yang sudah matang, kupas alpukat dan tambahkan dua sendok makan minyak zaitun. Campur dengan baik sampai konsentrasinya kental dan halus. Shampoo dan bilas rambut Anda. Oleskan campuran ke rambut Anda dan biarkan selama 30 menit. Akhirnya, bilas rambut Anda. Lakukan ini sekali seminggu.

6. Aloe Vera

Cara Mengatasi Rambut Kering
Kombinasi unik dari vitamin, mineral, dan asam amino dalam lidah buaya dapat sangat bermanfaat bagi rambut kering dan rusak.
  1. Campur satu setengah cangkir gel lidah buaya, minyak jarak dan bubuk fenugreek masing-masing dua sendok teh, dan satu sendok teh bubuk basil. Campur bahan dengan baik dan oleskan campuran ini secara menyeluruh ke kulit kepala dan rambut Anda. Tutupi rambut Anda dengan topi mandi dan biarkan selama semalam. Di pagi hari, basuh rambut Anda dengan sampo yang ringan. Lakukan ini setidaknya seminggu sekali untuk melihat hasil yang baik dalam satu atau dua bulan.
  2. Sebagai alternatif, tambahkan dua sendok teh pasta bunga kembang sepatu tebal ke setengah cangkir gel lidah buaya. Campurkan bahan dengan baik dan conditioner buatan sendiri siap digunakan. Penggunaan kondisioner secara teratur akan memberi tekstur lembut dan halus pada rambut kering Anda.


Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami