5 Tip cara menjaga rambut agar tidak rontok - Bila Anda menyadari bahwa Anda kehilangan rambut, itu bisa menjadi pengalaman yang sangat mengejutkan. Sebagian besar akan menggambarkan perasaan itu sebagai kemunduran besar.

Rambut adalah salah satu dari banyak hal yang kita anggap remeh dalam kehidupan kita. Karena itu, ketika kita tiba-tiba tahu bahwa helaian rambut kita tidak akan membuat kepala kita cantik terlalu lama, kita cenderung panik dan mulai mencari perbaikan instan.

Maaf, tapi tidak ada yang namanya cara mengatasi rambut rontok secara instan. Tentu, Anda bisa menjalani operasi transplantasi rambut, namun semua metode perawatan rambut rontok bedah memiliki porsi kontra dan risiko yang mungkin tidak dapat Anda terima.

Berurusan dengan kejutan rambut rontok adalah tugas yang cukup menantang. Ini mengharuskan Anda untuk tenang, santai, sabar dan teguh.

Alih-alih khawatir tentang bagaimana orang lain akan menunjukkan patch melingkar Anda atau mengejek Anda karena bertambah tua sebelum waktunya, Anda perlu berfokus untuk menciptakan rencana pencegahan kehilangan rambut yang sempurna.

Jika Anda tetap mengikuti rencana ini secara teratur, kemungkinan Anda dapat memulihkan pertumbuhan rambut dan memperlambat perkembangan rambut rontok akan meningkat secara drastis. Ini semua tentang pendekatan sistematis dan tidak peduli apa pun, Anda harus berpegang padanya.

5 Tip Cara Menjaga Rambut Agar Tidak Rontok

5 Tip Cara Menjaga Rambut Agar Tidak Rontok

Jika Anda tidak yakin bagaimana cara memulainya, berikut lima tips yang akan membantu Anda dalam pertempuran awal Anda melawan kerontokan rambut.

#1. Jangan Stylize Rambut Anda

Jika Anda memiliki kebiasaan menata rambut Anda yang seharusnya tidak perlu, masalah rambut rontok Anda seharusnya menjadi pengingat bahwa Anda perlu mengakhiri kebiasaan Anda sesegera mungkin.

Tidak ada yang salah dengan memastikan bahwa rambut Anda terlihat luar biasa dan indah. Namun, jika Anda berusaha dengan menerapkan stylizing yang tidak pelu, maka Anda mungkin akan menyebabkan kerusakan pada rambut Anda daripada yang Anda pikirkan.

Menggunakan produk stylizing rambut harus dikurangi seminimal mungkin. Gaya rambut seperti ekor kuda-kuda, anyaman, corn-rows dan lainnya yang melukai rambut Anda (memberi tekanan pada helai rambut Anda) harus dihindari.

Jika Anda memasang gaya rambut ini berjam-jam setiap hari, maka rambut Anda bisa rusak dengan mudah. Rambut yang rusak sangat rentan terjatuh dari kulit kepala.

#2. Jaga kebersihan rambut Anda

Hal ini sangat penting untuk menjaga rambut Anda sebersih mungkin untuk mencegah rambut rontok. Jika kotoran, minyak dan kontaminan lainnya menempel di atas kulit kepala Anda, infeksi jamur bisa terjadi. Kehadiran infeksi ini menyebabkan akar rambut menjadi lebih lemah.

Saat akar melemah, siklus pertumbuhan rambut Anda terganggu dan banyak helai rambut dikeluarkan dari kulit kepala dalam waktu singkat.

Menjaga rambut Anda bersih, bukan berarti harus mencuci rambut Anda sesering mungkin. Sebenarnya, mencuci rambut terlalu sering benar-benar bisa menghilangkan minyak esensial dari kulit kepala dan mengeringkan helai rambut Anda. Cobalah untuk menggunakan sampo organik dua atau tiga kali seminggu agar rambut Anda bebas dari kontaminan.

#3. Tingkatkan Asupan Makanan Bergizi

Apakah Anda memiliki kedekatan dengan makanan junk food yang tidak sehat? Maka hilangnya rambut di kepala Anda harus bekerja sebagai insentif bagi Anda untuk melepaskan konsumsi makanan tidak sehat Anda.

Salah satu alasan utama mengapa orang kehilangan rambut adalah karena kekurangan gizi. Hal ini bisa terjadi karena dua alasan sederhana.

Entah Anda tidak makan makanan bergizi dalam jumlah cukup atau tingkat asimilasi dalam sistem pencernaan Anda terlalu rendah untuk mendapatkan nutrisi yang mencapai rambut Anda.

Jika nutrisi tidak dipasok ke rambut Anda, rambut akan menjadi lemah, kering dan tidak bernyawa. Hal ini mempermudah kerontokan rambut. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral dan protein.

#4. Tingkatkan Jam Tidur Anda

Stres adalah salah satu penyebab utama rambut rontok. Stres membuat seseorang terjaga di malam hari dan biasanya mempengaruhi individu yang tidak dapat menikmati jam tidur yang memadai.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi Anda untuk tidur lebih lama saat Anda menemukan bahwa Anda kehilangan rambut Anda.

Jika Anda cukup tidur, maka Anda akan bisa menurunkan stres dan memperlambat perkembangan rambut rontok.

#5. Lakukan Pijat Dengan Minyak Esensial

Pijat minyak esensial adalah sesuatu yang mungkin tidak Anda gunakan, tapi ini adalah aktivitas yang harus Anda ambil jika Anda benar-benar ingin membalikkan efek buruk dari botak.

Penggunaan minyak esensial sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi darah di dekat daerah kulit kepala. Saat sirkulasi darah meningkat, rambut mendapat makanan berlimpah. Ingat, rambut bergizi, kecil kemungkinannya untuk jatuh dari kulit kepala.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: 5 Tip Cara Menjaga Rambut Agar Tidak Rontok