5 Tanda rambut rontok yang harus anda ketahui - Ada sedikit hal di dunia ini yang sama menakutkannya dengan melihat helai rambut Anda mengelompok di sisir atau jari Anda.

Begitu Anda menyadari bahwa Anda mengalami rambut rontok yang berlebihan, ini merupakan saat dimana Anda memasuki keadaan panik. Pada awalnya saat orang mengalami rambut rontok, mereka biasanya tidak tahu apa-apa tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi tantangan rambut rontok.

Kemudian lagi, ada orang-orang yang benar-benar tidak sadar akan fakta bahwa mereka kehilangan rambut lebih sering daripada rata-rata orang lain.

Sebenarnya, ketika sampai pada pola kebotakan laki-laki, kebanyakan pria bahkan tidak menyadari bahwa mereka menderita kondisi rambut rontok hingga kehilangan sekitar 50% dari seluruh rambut mereka.

Statistik itu sendiri harus memberi gambaran yang jelas tentang kurangnya pengetahuan orang terhadap rambut rontok.

Tidak seperti banyak kondisi medis lainnya, rambut rontok biasanya tidak menyerang Anda secara tiba-tiba.

Hal itu membuat kedatangan dan kehadirannya diketahui dari sebelumnya.

Tanggung jawabnya ada pada Anda, sebagai orang yang akan menderita kerontokan rambut, untuk mendeteksi tanda-tanda kerontokan rambut dan memulai usaha pencegahan rambut rontok Anda.

5 Tanda Rambut Rontok yang Harus Anda Ketahui

Mengidentifikasi tanda-tanda kerontokan rambut, memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Bagaimana Anda bisa membedakan antara rambut rontok yang normal dan rambut rontok yang berlebihan? Berikut adalah daftar lima tanda-tanda peringatan rambut rontok yang harus anda ketahui.

1. Penipisan Rambut

Ini adalah tanda rambut mengalami kerontokan yang paling umum. Jika volume rambut Anda tidak seperti dulu atau jika Anda bisa mulai melihat melalui rambut Anda, Anda dapat yakin bahwa Anda sedang mengalami salah satu bentuk rambut rontok atau yang lainnya.

Sama lazimnya dengan penipisan, itu bukan tanda rambut rontok yang sangat jelas atau nyata. Seperti disebutkan sebelumnya, kebanyakan orang bahkan tidak memperhatikan rambut rontoknya sampai sebagian besar rambutnya hilang .

Cara mudah untuk mengetahui apakah rambut Anda menipis di atas atau tidak adalah dengan menyentuh rambut Anda dan mencoba merasakan kulit kepala. Jika Anda tidak merasakan banyak perlawanan saat mencoba bersentuhan dengan kulit kepala, maka itu adalah tanda yang jelas bahwa rambut Anda menipis.

2. Circular Patch atau Bintik Botak

Ini adalah tanda kerontokan rambut yang jauh lebih jelas. Jika Anda bisa melihat potongan melingkar di kepala Anda yang mengungkap kulit kepala, berarti itu daerah tertentu di kulit kepala Anda sedang mengalami rambut rontok yang berlebihan.

Patch ini biasanya muncul di bagian belakang kepala. Hal ini umum bagi kulit kepala untuk menjadi gatal dan menyakitkan saat helai rambut jatuh. Ini adalah tanda peringatan serius tentang rambut rontok yang seharusnya tidak dianggap enteng dalam keadaan apapun.

3. Garis miring rambut

Ini adalah sesuatu yang secara khusus orang kenal. Garis rambut yang surut sulit dikenali pada awalnya, tapi menjadi sangat jelas saat ia melewati dahi.

Memiliki garis rambut yang surut berarti rambut Anda bekerja kembali ke kulit kepala, atau rambut di daerah depan kulit kepala Anda jatuh lebih cepat daripada rambut di daerah lain di kulit kepala.

Mengulangi garis rambut adalah pemandangan yang cukup menyakitkan bagi individu yang botak.

Mulailah upaya pencegahan rambut rontok begitu Anda memperhatikan hal ini. Jika rambut mengecil terlalu jauh ke belakang, maka usaha Anda mungkin terbukti terlalu sedikit dan terlalu terlambat.

4. Rambut Rontok Setelah Penyakit

Rambut rontok selama periode penyakit sangat umum terjadi. Penyakit menetap karena lemahnya daya tahan tubuh. Untuk alasan yang sama persis , rambut Anda  juga akan jatuh dari kulit kepala.

Begitu Anda pulih dari penyakit, pertumbuhan rambut Anda harus kembali ke kondisi semula. Namun, jika rambut rontok bertahan lama setelah pulih, maka Anda mengalami kasus kerontokan rambut yang bermasalah.

5. Helai rambut di atas handuk

Helai rambut di atas handuk merupakan pemandangan biasa yang tidak selalu menunjukkan kondisi rambut rontok pada orang tersebut. Namun, helaian rambut yang menyakitkan tertancap di atas handuk adalah pemandangan yang seharusnya tidak bisa dihindari oleh perhatian Anda.

Jika menggosok dan mengeringkan rambut dengan handuk menyebabkan rambut rontok berlebihan, maka inilah saatnya bagi Anda untuk khawatir.

Lakukan segera! Kunjungi konsultan rambut rontok begitu Anda menyadari masalah ini. Semakin cepat Anda mendapatkan pertolongan, semakin cepat Anda bisa pulih dari keadaan rambut Anda yang bermasalah.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: 5 Tanda Rambut Rontok yang Harus Anda Ketahui!