4 Tips Mengendalikan PCOS Penyebab Rambut Rontok
4 Tips mengendalikan pcos penyebab rambut rontok - Bila pria mengalami kerontokan rambut akibat pola kebotakan pria, kondisi ini hampir selalu merupakan gangguan medis yang bertanggung jawab atas hilangnya rambut.

Sebenarnya, beberapa statistik menunjukkan bahwa 95% dari semua kasus rambut rontok pria dapat dikaitkan dengan pola kebotakan laki-laki.

Dalam kasus kerontokan rambut wanita, tidak ada penyebab botak tertentu yang begitu umum. Padahal, jumlah jenis rambut rontok yang bisa dialami wanita jauh lebih besar dibanding jumlah jenis rambut rontok yang mempengaruhi pria.

Inilah sebabnya mengapa wanita perlu ekstra hati-hati dalam merawat rambut mereka. Terlepas dari usaha perawatan rambut terbaik Anda, Anda mungkin akan mendapatkan kondisi yang menyebabkan rambut rontok tak terelakkan. Contoh kondisi seperti itu adalah PCOS (polycystic ovary syndrome).

Bagi Anda yang tidak sadar, PCOS merupakan kelainan pada sistem endokrin tubuh. Inilah sebabnya mengapa orang yang menderita PCOS harus mengalami sejumlah ketidakseimbangan hormon yang berbeda.

Ketidakseimbangan ini bisa sangat sulit bagi tubuh Anda, dan menyebabkan hasil yang tidak diinginkan.

Salah satunya adalah rambut rontok.

Ketidakstabilan hormon dalam tubuh wanita yang menderita PCOS dapat menyebabkan dia memiliki kadar androgen atau testosteron dan DHT yang tinggi.

Bila ada hormon tingkat tinggi dalam tubuh, Anda menjadi rentan terhadap rambut rontok. Faktanya, DHT adalah hormon utama yang bertanggung jawab memicu rambut rontok pada wanita dan pria.

Kami tahu apa yang sedang Anda pikirkan saat ini.

Bukan hormon DHT dan testosteron? Secara umum, iya mereka. Namun, wanita seharusnya memiliki hormon ini dalam jumlah kecil.

Bila jumlah hormon di dalam tubuh meningkat, ini merupakan tanda kelainan.

Kelainan ini menyebabkan kondisi yang disebut androgenic alopecia. Bila ini terjadi, folikel rambut tersumbat oleh DHT. Hal ini menyebabkan folikel rambut mengecil, sehingga berakibat pada penurunan pertumbuhan rambut dan peningkatan penumpahan rambut.

4 Tips Mengendalikan PCOS Penyebab Rambut Rontok

Tidak ada alasan bagi Anda untuk kehilangan harapan jika Anda menderita PCOS yang menyebabkan rambut rontok. Kami telah mengumpulkan daftar empat cara sederhana untuk memperbaiki masalah rambut rontok terkait PCOS Anda.

1. Diet PCOS yang Tepat

Jika Anda membaca materi panduan PCOS di internet, Anda akan menemukan berbagai pendapat, kebanyakan tidak jelas dan membingungkan, yang menggambarkan seperti apa diet PCOS.

Sebagian besar sumber informasi tersebut rinciannya di uraikan menjadi lebih rumit.

Tidak perlu menjadi mewah dengan diet PCOS Anda. Anda hanya perlu menjaga hal-hal sederhana, karena lebih mudah untuk mengikuti diet sederhana daripada diet yang rumit.

Diet PCOS yang ideal melibatkan makan bersih.

Ini berarti Anda perlu menghadirkan sejumlah jenis makanan di antaranya adalah sayuran hijau, lemak sehat, protein dan menyeimbangkan karbohidrat.

Makanan ini akan memasok tubuh Anda dengan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut sehat. Selama rambut Anda tumbuh normal, Anda akan memiliki kesempatan bagus untuk melawan kerontokan rambut akibat PCOS yang diinduksi dan membalikkan efeknya yang mengerikan.

Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau konsultan rambut rontok untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang makanan tertentu yang harus Anda konsumsi dan berapa banyak porsi yang Anda harus konsumsi.

Jika Anda mengikuti diet PCOS yang tepat, Anda tidak memerlukan suplemen suplemen harian.

2. Latihan PCOS yang Tepat

Berolahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan pertumbuhan rambut. Salah satu alasan utama mengapa pria dan wanita menderita rambut rontok adalah kurangnya sirkulasi darah di dekat daerah kulit kepala.

Sirkulasi yang buruk akan mencegah nutrisi mencapai folikel rambut dan batang rambut. Suplai nutrisi yang rendah akan memperlambat laju metabolisme rambut dan menghambat pertumbuhannya.

Selain itu, latihan PCOS yang tepat benar-benar dapat mengurangi jumlah testosteron yang Anda bawa ke dalam tubuh. Menurunkan kadar testosteron akan mengurangi gejala PCOS termasuk rambut rontok.

3. Kendalikan Stres dan Perawatan Diri

Perawatan diri dan mengendalikan stres juga penting dalam upaya Anda mengendalikan PCOS penyebab rambut rontok. Jika Anda tidak dapat merawat tubuh Anda dan jika Anda tidak dapat melepaskan stres yang tidak perlu dalam hidup Anda, maka Anda pada dasarnya mendaftar untuk memperparah kerontokan rambut yang disebabkan PCOS.

Jadi, penting bagi wanita yang menderita PCOS untuk menurunkan tingkat stresnya sebanyak mungkin. Luangkan waktu dari jadwal sibuk Anda untuk bernapas, rileks dan menikmati hidup.

4. Turunkan Racun Lingkungan

Anda harus tinggal sejauh mungkin dari toksin lingkungan. Contohnya meliputi BPA, pestisida, toksisitas logam, dioksin dan VOC.

Semua ini bisa mengganggu keseimbangan hormon Anda dan berkontribusi pada sejumlah komplikasi kesehatan terkait PCOS termasuk rambut rontok. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung aditif, juga berhenti menggunakan barang perlengkapan mandi yang dibuat dengan bahan kimia sintetis berbahaya.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: 4 Tips Mengendalikan PCOS Penyebab Rambut Rontok