Tips pengobatan rumahan untuk mengobati PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) - PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik, kondis ini berdampak pada fungsi ovarium wanita yang berada di usia subur. Jika Anda menderita hal ini, Anda tahu persis bagaimana penyakit ini dapat mempengaruhi keadaan fisik dan mental Anda.

Sementara pilihan pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter sering di gunakan. Namun, ada juga alternatif yang bisa dijadikan sebagai pengobatan rumahan tertentu untuk mengatasi kondisi ini.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik, meliputi; penyebabnya, dan gejalanya, serta berbagai solusi rumah yang dapat Anda coba, dan juga tindakan pencegahan tertentu yang dapat Anda lakukan.

Apa itu Sindrom Ovarium Polikistik?

Tips Pengobatan Rumahan Untuk Mengobati PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)
Seiring bertambahnya usia, berbagai kelainan genetik dan hormonal mempengaruhi kehidupan dan kesehatan mereka. Salah satu ketidakseimbangan hormonal terkait hormon yang mempengaruhi wanita adalah Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS).

Pada sindrom ini, karena ketidakseimbangan hormon reproduksi, kista berisi cairan mengisi ovarium. Ovarium membesar dan menjadi tidak normal atau berhenti berfungsi.

Tanda-tanda awal PCOS adalah masa ovulasi atau subur yang tidak beraturan, meningkatnya kadar hormon pria (androgen) dalam tubuh wanita, dan munculnya banyak kista (kantong berisi cairan) pada ovarium. Jika seorang wanita mengalami setidaknya dua dari tiga tanda awal itu, maka kemungkinan ia mengidap PCOS.

Apa Penyebab Sindrom Ovarium Polikistik?

Alasan pastinya yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon tidak diketahui. Namun, predisposisi genetik dianggap sebagai salah satu penyebab utama PCOS. Karakteristik kondisi yang mendasar yang terlihat pada PCOS adalah tingginya hormon pria dan insulin yang menyebabkan berbagai gejala, terkait dengan sindrom ini.

Gejala Dari PCOS

  • Siklus menstruasi yang tidak normal atau tidak haid
  • Masalah Kesuburan
  • Nyeri panggul
  • Jerawat
  • Depresi.
  • Kesulitan untuk hamil
  • Berat badan bertambah
  • Rambut tipis di kulit kepala
  • Pertumbuhan rambut yang berlebihan, terutama pada wajah (hirsutisme)
  • Meningkatnya tekanan darah
  • Kulit yang gelap di sekitar leher, di bawah payudara, dan di sekitar bagian-bagian pribadi.

Tidak ada pengobatan tetap yang tersedia di pasaran untuk mencegah PCOS. Pakar medis menyarankan agar wanita yang terkena PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik harus menerapkan beberapa gaya hidup penting dan perubahan pola makan untuk mengatasinya.

Karena ini terutama terletak pada gangguan hormon, pemberantasan akar ketidakseimbangan hormonal dapat membawa hasil yang diinginkan.

Beberapa solusi alami mengendalikan faktor-faktor yang mendasari, sementara beberapa lainnya bertujuan untuk menghilangkan gejala-gejala tersebut. Temukan di bawah ini, pengobatan rumahan yang alami untuk mengobati PCOS (polycystic ovary syndrome).

Cara Mengobati Sindrom ovarium polikistik secara alami

Dibawah ini adalah kumpulan cara mengobati Sindrom ovarium polikistik secara alami, yang kami rangkum dari berbagai sumber dan tersedia dalam satu artikel panjang ini. Simak terus artikel ini untuk mengetahui secara lengkap, tips pengobatan rumahan untuk mengobati PCOS (Polycystic Ovary Syndrome);

#1. Vitamin Untuk PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

Ini mungkin muncul sebagai berita bagus untuk Anda, bahwa vitamin D sangat penting untuk fungsi sistem reproduksi secara optimal pada wanita. Ini memainkan peran kunci dalam berbagai proses ovarium dan juga mempengaruhi homeostasis glukosa.

Pada wanita dengan PCOS, sekitar 65-85% di antaranya menderita kekurangan vitamin D. Suplementasi dengan vitamin D (dan kalsium) dapat mengatur proses metabolik, reproduksi dan membantu memulihkan keteraturan, serta ovulasi menstruasi. Lakukan tes terlebih dahulu untuk mengetahui kadar vitamin D di tubuh Anda dan mulailah suplemen sesegera mungkin jika kadar serum vitamin Anda rendah.

#2. Cuka Sari Apel Untuk PCOS

Cuka Sari Apel Untuk PCOS
Cuka sari apel atau Apple Cider Vinegar (ACV) memberikan efek anti glikemik saat tertelan secara teratur. Tingkat insulin dalam tubuh diatur, dan ini dapat membantu mengendalikan gejala PCOS.

Anda akan perlu
  • 2 sendok teh cuka sari apel
  • Segelas air hangat

Apa yang Harus Anda Lakukan
Campur cuka sari apel dalam air dan minumlah ini.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Lakukan hal pertama di pagi hari. Anda dapat secara perlahan meningkatkan frekuensi menjadi 2-3 kali dalam sehari (sebelum makan).

#3. Minyak Kelapa Untuk Ovarium Polikistik

Minyak ini adalah salah satu minyak yang paling sehat untuk dikonsumsi karena mengandung asam lemak rantai menengah dan antioksidan yang membantu mengatur kadar gula darah dan sekresi insulin. Ini juga meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Anda akan perlu
  • 1 sdm minyak kelapa murni

Apa yang Harus Anda Lakukan
Konsumsilah ini secara langsung atau dengan menambahkannya ke smoothies.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Menelan minyak kelapa setiap hari.

# 4. Minyak Jarak untuk Ovarium Polikistik

Minyak jarak adalah cara terbaik untuk membiarkan minyak menembus lapisan kulit yang lebih dalam dan bahkan ke organ dan menyembuhkannya. Ini meningkatkan sirkulasi, dan aliran getah bening di daerah tersebut saat diterapkan dan mengatur pemberian hormon dan nutrisi serta pembuangan limbah dari tubuh.

Anda akan perlu
  • Minyak jarak organik
  • Sepotong kain flanel atau wol
  • Botol air panas atau kemasan panas
  • Bungkus plastik

Apa yang Harus Anda Lakukan
  1. Rendam flanel dengan minyak jarak dan peras kelebihan minyak. Seharusnya tidak meneteskan minyak.
  2. Berbaringlah dan letakkan ini di perut bagian bawah Anda.
  3. Bungkus perut dengan bungkus plastik dan letakkan botol air panas ini.
  4. Biarkan selama 20-30 menit.
  5. Lepaskan bungkus plastik dan bilas area dengan sabun dan air.

Potongan flanel yang dibasahi minyak bisa disimpan dalam ziplock dan digunakan kembali beberapa kali. Buang potongannya saat mulai berbau atau berubah warna.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Ulangi ini selama 3-4 hari berturut-turut dalam seminggu dan tidak menggunakannya selama sisa minggu ini. Lakukan ini selama sebulan dan lihat perbedaannya.

# 5. Teh Hijau untuk Ovarium Polikistik

Antioksidan kuat yang ada pada teh hijau, yaitu katekin, bertanggung jawab untuk menurunkan kadar hormon yang menyebabkan kista ovarium dan gejala yang terkait.

Tingkat insulin juga dikendalikan oleh antioksidan teh hijau. Minum teh hijau setiap hari juga mempengaruhi kenaikan berat badan yang umum terlihat pada PCOS dan membantu Anda menurunkan berat badan yang berlebihan ini.

Anda akan perlu
  • 1 sendok teh, bubuk teh hijau atau 1 kantong teh hijau
  • Secangkir air panas
  • 1 sendok teh madu

Apa yang Harus Anda Lakukan
  1. Pakai teh hijau segar dengan menyedot ramuan di air panas selama 4-5 menit.
  2. Saring, tambahkan madu dan aduk rata.
  3. Minumlah teh selagi masih hangat.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Miliki 2-3 cangkir teh hijau dalam sehari.

#6. Jus Aloe Vera

Konstituen lidah buaya telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol darah yang menyebabkan pemulihan status steroid ovarium. Hal ini berdampak positif pada fungsi ovarium dan membantu meringankan gejala PCOS.

Anda akan perlu
  • Segelas jus lidah buaya

Apa yang Harus Anda Lakukan
Minum ini di pagi hari, sebelum sarapan pagi.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Minum jus ini setiap hari.

#7. Kayu Manis dan Madu Untuk PCOS

Kayu manis adalah ramuan yang banyak digunakan di dapur. Hal ini diketahui meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan pembakaran kalori. Ini mengurangi kadar lipid dan kolesterol dalam tubuh.

Anda akan perlu
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis
  • 1 sendok makan madu

Apa yang Harus Anda Lakukan
Kombinasikan keduanya dan menelannya.

Seberapa Sering Anda Harus Melakukannya
Ulangi ini setiap sehari sekali.

Tindakan Pencegahan Untuk Mencegah PCOS

Selain menggunakan pengobatan di rumah, Anda juga harus mengikuti tindakan pencegahan tertentu untuk mencegah PCOS.

1. Hindari Makanan Olahan

Penting untuk berhenti makan makanan olahan dan makanan ringan untuk mengatasi PCOS. Bahan kimia yang digunakan untuk membuat makanan olahan bisa membuat gejala menjadi lebih buruk.

2. Asupan kromium

Kromium hadir dalam tubuh manusia dalam jumlah minimal, dan meningkatkan kemampuan untuk menyerap insulin.

Seorang wanita yang terkena PCOS bisa menjadi resisten terhadap insulin, dan dia bisa mengatasi situasi ini dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kromium.

Beberapa contohnya adalah brokoli, anggur merah, dan kacang hijau. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kromium.

3. Berusaha Untuk Meningkatkan Aktivitas Fisik

Aktivitas pembakaran kalori sederhana seperti berjalan kaki, berenang atau bersepeda juga bisa membantu. Kegiatan ini dapat membantu Anda melepaskan kelebihan berat badan. Ini juga meningkatkan kepekaan terhadap insulin.

Ingatlah untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan ketegangan berlebihan pada tubuh dan / atau kelelahan.

4. Berhenti Merokok

Merokok dapat meningkatkan kadar androgen di tubuh Anda dan menyebabkan kerusakan pada kesehatan kardiovaskular dan pernafasan. Abstain dari itu untuk memastikan kesehatan Anda agar meningkat secara keseluruhan.

5. Bersantai dengan Yoga

Banyak wanita menggunakan yoga karena memiliki efek penyembuhan pada pikiran dan tubuh. Namun, mempraktikkan postur yoga tertentu dapat membantu dalam mengatasi gangguan akibat hormonal termasuk PCOS.

Anda dapat berkonsultasi dengan ahli yoga yang dapat memandu Anda tentang pose yoga tertentu yang dapat meredakan stres, kelenjar hormon dalam tubuh. Yoga juga akan membantu Anda tetap santai dan bebas stres.

6. Merawat Hati Anda

Hal ini penting untuk menjaga hati Anda dalam keadaan baik. Jika tidak berkinerja baik, hormon berlebih mulai terakumulasi dalam tubuh. Oleh karena itu, meningkatkan asupan makanan ramah hati seperti sayuran berdaun hijau, bawang putih, kunyit, bit, ubi jalar, lemon, apel, dan bawang.

7. Konsumsi Nutrisi Tertentu Melalui Suplemen

Nutrisi seperti magnesium dan vitamin B berperan penting dalam menangani PCOS.

Defisit magnesium dikaitkan dengan resistensi insulin. Vitamin B dibutuhkan untuk regulasi ketidakseimbangan hormon dan pembakaran lemak. Jika Anda kekurangan nutrisi ini, mintalah mereka dalam bentuk suplemen.

Langkah-langkah ini bertujuan untuk menjaga fungsi sehat semua organ dalam tubuh. Organ sehat menyebabkan fungsi sistem endokrin menjadi optimal dan tidak ada ketidakseimbangan hormon.

Demikianlah ulasan tentang  Tips pengobatan rumahan untuk mengobati PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan wawasan tambahan bagi Anda yang membacanya.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Tips Pengobatan Rumahan Untuk Mengobati PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)