Pengobatan rumah untuk infeksi saluran pernapasan atas - Infeksi saluran pernapasan bagian atas atau upper respiratory tract infections (URI/URTI) adalah infeksi menular yang melibatkan hidung, tenggorokan, sinus, pharynx atau laring.

Beberapa URI/URTI yang umum dikenal termasuk flu biasa, obstruksi hidung, sakit tenggorokan, tonsilitis, pharyngitis, laryngitis, epiglotitis, tracheobronchitis, sinusitis dan otitis media.

Sebagian besar URI bersifat virus dan cenderung mudah menyebar dari satu individu ke orang lain. Namun, dalam beberapa kasus, itu bisa disebabkan oleh bakteri atau jamur.

Gejala umum URI adalah hidung meler, hidung tersumbat, bersin, postnasal drip, batuk, mata berair, tenggorokan gatal, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, sulit bernafas, dan demam. Seseorang dapat memiliki gejala lain yang terkait dengan kondisi tertentu.

Infeksi saluran pernapasan bagian atas atau upper respiratory tract infections (URI/URTI) menyebar dari satu orang ke orang lain melalui tetesan udara dari batuk dan bersin serta kontak langsung dari tangan ke tangan. Imunitas lemah dan tinggal di daerah dengan kelembaban rendah dapat menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi dari penyakit menular ini.

Mereka juga lebih sering terjadi di bulan-bulan musim dingin, ketika lebih banyak orang berkumpul di dalam rumah dan kuman menyebar lebih cepat.

Tindakan pencegahan dapat membantu mencegah tertularnya URI untuk sebagian besar. Tetapi jika Anda terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas atau upper respiratory tract infections (URI/URTI), banyak pengobatan di rumah dapat memberikan kenyamanan dari gejala dan mengurangi durasi penyakit.

Pengobatan Rumah Untuk Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Berikut adalah pengobatan rumah untuk infeksi saluran pernapasan atas  atau upper respiratory tract infections (URI/URTI).

1. Menghirup Uap / Steam Inhalation

Uap adalah obat rumah sederhana namun efektif untuk mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas  atau upper respiratory tract infections (URI/URTI), seperti hidung tersumbat, hidung meler dan bersin.

Inhalasi uap bekerja sebagai ekspektoran alami untuk membersihkan hidung tersumbat. Ini juga membantu melumasi saluran pernapasan yang teriritasi.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau eucalyptus ke bak kecil berisi air panas. Tutupi kepala Anda dengan handuk dan tarik napas selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali dalam sehari.
  • Pilihan lainnya adalah dengan menjalankan shower air panas dengan pintu kamar mandi tertutup dan bernapas dalam uap uap selama 5 sampai 10 menit. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari.

Catatan: Inhalasi uap tidak dianjurkan untuk anak kecil, ibu hamil dan orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

2. Air Garam

Air garam adalah obat rumah yang baik untuk mengurangi iritasi pada hidung dan tenggorokan yang menyertai infeksi saluran pernapasan bagian atas. Ini membantu mengencerkan lendir, sehingga lebih mudah dan nyaman untuk dikeluarkan. Ini juga akan membantu membersihkan bagian hidung dari iritan.
  • Tambahkan ¼ sendok teh garam ke secangkir air suhu kamar dan aduk sampai garam larut. Dengan menggunakan semprotan bola lampu, letakkan solusinya menjadi satu lubang hidung pada satu waktu dengan kepala Anda miring ke belakang. Tarik napas dengan lembut untuk menarik larutan lebih jauh ke saluran hidung. Kemudian, hancurkan hidung Anda untuk mengeluarkan larutannya. Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari.
  • Selain itu, tambahkan 1 sendok teh garam ke 1 cangkir air hangat dan kumur dengan itu 2 atau 3 kali sehari. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan sakit tenggorokan.

3. Jahe

Untuk mengobati  infeksi saluran pernapasan atas  atau upper respiratory tract infections, sekaligus mencegah URI/URTI, salah satu bahan alami terbaik adalah jahe.

Ini memiliki senyawa antivirus yang membantu melawan penyebab infeksi. Ramuan hangat ini juga mengandung khasiat antimikroba, diaphoretic, ekspektoran dan anti-inflamasi. Selain itu, ini adalah rempah yang ampuh untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sangat baik.

Anda dapat memilih salah satu dari solusi berikut, atau menggunakan kombinasi dari keduanya. Jahe bekerja paling baik dalam membantu Anda menghindari infeksi penuh saat Anda meminumnya begitu Anda mengalami tanda-tanda pertama infeksi saluran pernapasan bagian atas.
  1. Kunyah potongan kecil jahe mentah ditaburi garam beberapa kali sehari.
  2. Potong beberapa akar jahe menjadi irisan tipis, tambahkan ke secangkir air dan rebus selama 5 sampai 7 menit untuk membuat teh. Saring dan tambahkan sedikit madu secukupnya. Minum teh hingga 3 kali sehari.

4. Bawang putih

Pengobatan rumah untuk  infeksi saluran pernapasan atas atau upper respiratory tract infections (URI/URTI) menggunakan bawah putih - Bawang putih adalah penguat kekebalan lain yang kuat, bawang putih juga bermanfaat untuk mengobati infeksi saluran pernapasan bagian atas. Ini memiliki senyawa obat yang kuat, seperti allicin, sulfhydryl dan berbagai senyawa lain yang mengandung belerang yang membantu tubuh Anda bebas dari infeksi saluran pernapasan atas atau upper respiratory tract infections (URI/URTI) dan juga mengobatinya.

Sifat anti bakteri dan antivirus pada Bawang putih juga membuatnya efektif dalam melawan penyebab infeksi.

Anda memiliki beberapa pilihan untuk menggunakan bawang putih sebagai pengobatan rumah untuk  infeksi saluran pernapasan atas  atau upper respiratory tract infections (URI/URTI).
  1. Makan 2 sampai 3 siung bawang putih segar setiap hari, atau gunakan bawang putih dalam masakan Anda.
  2. Pilihan lainnya adalah menyiapkan dekongestan alami dengan mencampur 1 siung bawang putih bawang putih cincang, sejumput cabai rawit dan 2 sendok makan masing-masing cuka sari apel oraginc (dengan ibu) dan madu dalam 1 cangkir air panas. Singkirkan perlahan lega. Anda minum tonik ini 2 atau 3 kali sehari.
Anda dapat memilih untuk mengambil bawang putih dalam bentuk suplemen. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum menggunakan suplemen.

5. Sup Ayam

Sup ayam buatan sendiri memiliki banyak nutrisi dan vitamin penting yang membantu mengobati gejala URI/URTI, seperti sakit tenggorokan, hidung meler dan hidung tersumbat.

Ayam mengandung asam amino yang disebut sistein yang mengubah glutathione, antioksidan yang sangat kuat yang membantu mempercepat proses penyembuhan dan membantu memperpendek durasi infeksi.

Selain itu, itu akan meningkatkan kekebalan tubuh dan mengembalikan kekuatan tubuh Anda.
Makanlah sup ayam buatan sendiri minimal 2 atau 3 kali sehari. Untuk manfaat tambahan, gunakan ayam organik dan tambahkan jahe dan bawang putih ke sup.

6. Madu

Madu adalah obat yang aman untuk orang dewasa dan anak-anak usia 1 dan lebih tua yang menderita URI. Tingginya jumlah nutrisi dan enzim dalam madu membantu membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas  atau upper respiratory tract infections (URI/URTI).

Ini juga memiliki antioksidan kuat dan sifat meningkatkan kekebalan tubuh yang meningkatkan penyembuhan. Sebuah studi 2013 yang dipublikasikan di jurnal Pediatric Report mencatat bahwa madu dapat membantu dalam pengobatan batuk pada anak-anak.
  • Tambahkan jus 1 lemon dan 1 sendok teh madu ke segelas air suam-suam kuku. Minumlah 1 atau 2 kali sehari.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa minum segelas susu hangat dengan 1 sendok makan madu satu atau dua kali sehari.

7. Cairan

Terlepas dari penyebab infeksi saluran pernapasan atas  atau upper respiratory tract infections (URI/URTI), hal ini juga penting untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan meningkatkan asupan cairan Anda.

Hidrasi yang cukup dengan air, jus dan minuman non-berkafein dapat mengurangi sekresi hidung, mengurangi kemacetan dan mengurangi iritasi tenggorokan. Ini juga membantu membuang racun dalam tubuh, yang merupakan hal penting untuk proses penyembuhan.

  • Minum sejumlah air sepanjang hari akan membuat tubuh Anda tetap terhidrasi. Anda juga bisa meminum kaldu atau jus dari buah dan sayuran dengan kadar air tinggi.
  • Jangan minum minuman yang mengandung gula tinggi atau mengandung alkohol atau kafein, seperti kopi, teh dan cola. Ini bisa memperburuk gejala Anda.

8. Sinar Matahari Pagi

Vitamin D berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Kenyataannya, tingkat vitamin D yang rendah dapat melemahkan kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan URI. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tingkat vitamin D yang tepat di tubuh.
  • Untuk mendapatkan jumlah vitamin D yang dibutuhkan secara alami, paparkan lengan dan wajah Anda ke sinar matahari selama 15 menit setiap hari. Namun, pastikan matahari pagi untuk menghindari sinar matahari yang lebih dahsyat di kemudian hari.
  • Jika diperlukan, ambillah suplemen vitamin D setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

9. Istirahat yang cukup

Jika Anda memiliki gejala URI yang gigih atau parah, dianjurkan untuk meringkuk di tempat tidur dengan beberapa selimut tambahan agar Anda tetap hangat dan nyaman.

Istirahat yang tepat adalah salah satu cara terbaik untuk membantu tubuh Anda pulih lebih cepat dari infeksi. Istirahat membantu mengurangi peradangan dan memberi tubuh Anda waktu yang dibutuhkan untuk sembuh. Selalu ingat bahwa tubuh Anda membutuhkan sumber dayanya untuk menyembuhkan, yang bisa Anda hemat dengan istirahat dan tidur yang nyenyak.

Jangan lelah dengan bekerja lembur atau pergi ke gym saat memiliki infeksi saluran pernapasan bagian atas. Jika Anda perlu berolahraga, cobalah olahraga ringan seperti berjalan.

Tips Tambahan

  • Teh herbal yang disiapkan dari echinacea, akar licorice, elm bark dan lainnya juga berfungsi sebagai obat rumah URI yang sangat baik.
  • Jaga diri Anda hangat dengan mengenakan pakaian ekstra atau menggunakan selimut.
  • Konsumsilah makanan yang kaya vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.
  • Hindari makanan berat dan gula saat Anda menderita URI.
  • Merokok dan paparan asap bekas bisa lebih mengganggu hidung, tenggorokan dan paru-paru Anda. Jadi, hindari mereka sebisa mungkin.
Sedang Trends Terkait: Metode Pengobatan Rumah Untuk Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Advertisement