Cara alami mengobati angular cheilitis- Retak sudut mulut merupakan kondisi umum yang mempengaruhi jutaan orang. Secara medis dikenal sebagai angular cheilitis suatu kondisi terjadinya luka di sudut bibir. Hal ini juga dikenal sebagai perleche, angular stomatitis, dan retak di sudut mulut.

Angular cheilitis adalah suatu kondisi yang menyebabkan bercak merah dan membengkak di sudut mulut Anda dimana bibir Anda bertemu dan membuat sudut. Hal ini dapat terjadi hanya pada satu sisi mulut atau kedua sisi pada saat bersamaan.

Gejala utama dari angular cheilitis adalah iritasi dan nyeri di sudut mulut. Gejala lain yang dapat Anda alami di daerah yang terkena dampak termasuk pendarahan, lecet, berkerak, gatal, nyeri, kemerahan, tekstur bersisik dan bengkak.

Selain itu, bibir Anda jelas terasa kering dan tidak nyaman, dan Anda mungkin juga sulit untuk makan.

Angular cheilitis terjadi saat air liur terjebak di sudut mulut Anda, hingga pada akhirnya menyebabkan jamur tumbuh dan berkembang biak, dan menyebabkan infeksi. Bakteri dan strain virus tertentu juga bisa menyebabkan masalah ini.

Kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah ini jika sudut mulut Anda lembab di banyak waktu, yang bisa disebabkan oleh memiliki kawat gigi, mengenakan gigi palsu, terlalu sering menjilat bibir Anda, meneteskan air liur saat tidur, kulit kendur di sekitar mulut Anda. Dari penurunan berat badan atau penuaan, merokok dan kekurangan nutrisi seperti vitamin B atau zat besi.

Pada saat bersamaan, kondisi medis tertentu seperti anemia, diabetes dan gangguan kekebalan tubuh juga dapat membuat Anda berisiko tinggi terhadap masalah ini.

Cara Alami Mengobati Angular Cheilitis

Jika Anda menderita angular cheilitis, ada banyak perawatan di rumah yang tersedia untuk melawan kondisi yang menyebalkan dan menyakitkan ini. Berikut adalah beberapa pilihan cara alami mengobati angular cheilitis

1. Castor Oil

Cara alami mengobati angular cheilitis dengan  minyak jarak /  castor oil adalah obat lain yang baik. Ini membantu menurunkan sudut cheilitis sudut dengan meminimalkan rasa sakit dan pembengkakan karena sifat anti-inflamasinya.

Ini juga memiliki sifat antibakteri yang kuat yang akan membantu melawan bakteri yang mungkin menyebabkan masalah. Hal ini juga efektif untuk strain jamur yang menginfeksi sudut mulut.

Selain itu, minyak jarak dapat menjaga kulit di sekitar mulut agar tidak kering.
  • Cukup oleskan minyak jarak ke daerah yang terkena di dekat mulut Anda beberapa kali dalam sehari.
  • Sebagai alternatif, campurkan ½ sendok teh minyak jarak dan 2 tetes minyak pohon teh. Gunakan bola kapas untuk menerapkannya di sudut mulut Anda. Tunggu 30 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Ulangi dua kali sehari.

2. Lidah buaya

Pengobatan cepat dan efektif lainnya untuk cheilitis sudut adalah lidah buaya.

Ini memiliki khasiat antiseptik, antijamur dan anti-inflamasi, sehingga membuatnya efektif melawan jamur dan berbagai bakteri. Ini membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan yang harus Anda hadapi karena cheilitis sudut.

Ini juga membantu melembabkan kulit kering dan rusak di sudut mulut Anda.
  • Ambil gel dari daun lidah buaya.
  • Masukkan gel ke dalam kulkas selama 30 menit.
  • Gosokkan gel dingin dengan lembut di sudut mulut Anda.
  • Biarkan kering selama 15 sampai 20 menit sebelum membilasnya dengan air dingin.
  • Gunakan obat ini 2 atau 3 kali sehari, sampai kulit di sudut mulut Anda benar-benar sembuh.

3. Yogurt

Yogurt adalah obat yang baik untuk mengobati angular cheilitis. Ini mengandung bakteri bakteri aktif, atau probiotik, yang membantu mengembalikan keseimbangan alami bakteri dalam tubuh. Hal ini pada gilirannya membantu melawan kondisi kulit yang menjengkelkan ini.

Plus, ini membantu melembabkan kulit untuk meningkatkan penyembuhan.
  • Oleskan yogurt polos dan tanpa pemanis ke sudut mulut Anda sebelum tidur. Biarkan pada semalam dan bilas dengan air suam-suam kuku keesokan paginya. Ulangi setiap hari selama 7 sampai 10 hari atau sampai kondisi Anda sembuh.
  • Selain itu, sertakan yogurt polos dalam makanan Anda.

4. Minyak Kelapa

Obat lain yang efektif untuk mengobati angular cheilitis adalah minyak kelapa. Karena sifat antimikrobanya, minyak mencegah pertumbuhan dan penyebaran patogen, dan membantu melawan infeksi.

Minyak kelapa juga berperan sebagai pelembab untuk mengurangi kekeringan pada kulit dan mengakibatkan rasa sakit dan iritasi.
  • Oleskan beberapa minyak kelapa extra-virgin ke daerah yang terkena. Ulangi 3 atau 4 kali sehari.
  • Sebagai alternatif, campurkan sedikit minyak kelapa extra-virgin dan jus lemon. Oleskan pada area yang terkena, tunggu 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air suam-suam kuku. Lakukan dua kali sehari.

Ikuti salah satu dari pengobatan ini selama 7 sampai 10 hari untuk melihat hasil positif.

5. Listerine

Karena sifat antibakteri dan antijamurnya yang kuat, Listerine (yang berwarna kuning kuning) dapat membantu membersihkan cheilitis sudut dalam seminggu.
  • Cukup rendam bola kapas di obat kumur Listerine dan oleskan di daerah yang terkena.
  • Biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas.
  • Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari hingga 1 minggu.

6. Bee Propolis

Propolis lebah, resin lengket yang dipungut lebah dari pepohonan dan sayuran, merupakan pengobatan efektif lain untuk angular cheilitis.

Ini kaya akan khasiat antibiotik dan antijamur yang membantu menyingkirkan sejumlah kondisi kulit, termasuk cheilitis sudut.

Propolis lebah juga penuh nutrisi penting seperti asam amino, vitamin, mineral, trace element, enzim atau koenzim, dan asam lemak yang membantu melawan infeksi dan menenangkan kulit.

Untuk penggunaan eksternal, pilihlah bubuk propolis, semprot, salep atau krim yang mudah Anda temukan di pasaran. Selalu ikuti petunjuk pada label.

Anda bisa memilih untuk menggunakan kapsul atau tablet propolis. Dosis biasa adalah 500 mg, sekali atau dua kali sehari dengan makanan. Selalu konsultasikan dengan dokter anda sebelum mengonsumsi suplemen.

7. Minyak Tea Tree

Minyak pohon teh memiliki khasiat antijamur, antibakteri dan antivirus yang sangat membantu dalam perawatan berbagai masalah terkait kulit, termasuk cheilitis sudut.

Selain mengobati infeksi mikroba, juga mengurangi peradangan dan rasa sakit.
  • Minyak pohon teh encer dengan menambahkan 3 bagian air ke 1 bagian minyak pohon teh. Celupkan bola kapas ke dalam minyak yang diencerkan dan oleskan pada area yang terkena, 3 kali sehari sampai 1 minggu.
  • Pilihan lainnya adalah mencampur dua tetes minyak trea teh dalam 2 atau 3 sendok makan petroleum jelly. Oleskan pada sakit Anda dan biarkan selama 30 menit atau lebih, lalu bilas. Lakukan ini beberapa kali sehari selama seminggu atau sampai kondisi sembuh total. Simpan campuran yang tersisa dalam toples kecil.

Jika Anda tidak memiliki minyak pohon teh, Anda bisa menggunakan minyak oregano atau minyak nimbin dengan cara yang sama. Ekstrak biji grapefruit juga bisa membantu menyembuhkan angular cheilitis, terutama jika disebabkan oleh infeksi jamur.

8. Madu

Madu bekerja sebagai pelembab yang hebat untuk kulit, dan juga memiliki khasiat penyembuhan dan antibakteri untuk mengobati angular cheilitis. Ini dapat secara efektif menghancurkan patogen penyebab infeksi.

Hal ini juga memberikan kelegaan dari rasa sakit dan penderitaan yang disebabkan oleh masalah kulit ini.
  • Oleskan madu lokal atau madu manuka di daerah yang sakit, beberapa kali sehari selama 1 minggu.
  • Atau, melelehkan ¼ sendok teh lilin lebah. Campur dalam ¼ sendok teh minyak zaitun dan ½ sendok teh madu. Transfer isinya ke wadah kedap udara. Oleskan sedikit krim ini ke sudut mulut Anda. Biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Ulangi sekali atau dua kali sehari.

9. Bawang putih

Bawang putih memiliki enzim yang membantu melawan bakteri, virus dan agen jamur yang dapat menyebabkan masalah kulit yang menjengkelkan ini.

Plus, ia bertindak sebagai anti-inflamasi dan mengurangi pembengkakan dan nyeri.
  • Cincang sebutir siung bawang putih segar dan tambahkan 1 sendok teh madu mentah atau manuka ke dalamnya. Anda juga bisa menambahkan ½ sendok teh minyak kelapa. Oleskan campuran di daerah yang terkena. Biarkan selama 10 sampai 15 menit sebelum membilasnya dengan air suam-suam kuku. Ulangi 3 sampai 5 kali sehari. Akan ada sedikit sensasi terbakar di awal.
  • Juga, makanlah beberapa siung bawang putih mentah setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan melawan infeksi.

10. Melawan Defisiensi Gizi

Salah satu penyebab utama angular cheilitis adalah defisiensi vitamin B, terutama kadar Vitamin B2 atau B12 yang rendah. Juga, kekurangan seng dan zat besi dapat menyebabkan masalah ini.

Makanya, nutrisi bisa menjadi kunci untuk mengobati kondisi ini. Konsumsilah makanan yang seimbang sehingga makanan Anda menyediakan semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda.

Juga, pastikan untuk mendapatkan banyak vitamin B, seng dan zat besi dalam makanan Anda.
  • Beberapa buah dan sayuran yang merupakan sumber vitamin B yang baik termasuk bayam, tomat, wortel, sayuran berdaun hijau, dan biji-bijian. Selain itu, minumlah secangkir susu hangat atau air yang dicampur dengan 1 sendok makan tetes gula hitam setiap hari. Blackstrap molasses adalah pembangkit tenaga gizi yang kaya akan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh Anda.
  • Beberapa sumber seng yang baik adalah telur, tiram, kepiting, lobster, kacang-kacangan, kacang panggang, buncis, kacang polong dan sereal gandum.
  • Untuk besi, makan makanan seperti daging sapi, hati, tiram, kacang-kacangan, sereal yang diperkaya, jus delima, bit dan sayuran berdaun gelap.

Tips Tambahan

  • Hindari menjilati bibir Anda, karena bisa memperparah gejala dan menyebabkan penyembuhan tertunda.
  • Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur.
  • Ambil suplemen vitamin B, folat dan zat besi untuk mengatasi kekurangan dalam tubuh Anda. Selalu berkonsultasi dulu dengan dokter anda.
  • Kunjungi dokter gigi Anda agar gigi palsu Anda disesuaikan kembali, jika Anda pikir itu menyebabkan masalah.
  • Minum banyak air agar seluruh tubuh Anda terhidrasi, termasuk kulit di sekitar mulut Anda.
  • Anda juga bisa menggunakan antiseptik topikal atau salep steroid.
  • Menerapkan petroleum jelly di sudut mulut juga membantu menjaga agar daerah tetap lembab.
  • Cuci daerah yang terkena dengan larutan garam dan biarkan kering.
  • Usap wajah Anda dengan serbet kertas dan bukan handuk untuk menghindari penyebaran infeksi.
  • Sering cuci tangan untuk mencegah penyebaran infeksi.
  • Gunakan lap terpisah untuk menyeka kedua sisi mulut Anda.
  • Jangan gunakan produk kosmetik di bibir Anda, karena bisa memperburuk situasi.
  • Hindari memetik luka.
  • Jika Anda penderita diabetes, Anda dapat membantu mencegah kondisi seperti angular cheilitis dengan menjaga kadar glukosa darah Anda tetap dalam pemeriksaan.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Alami Mengobati Angular Cheilitis