Manfaat kelor untuk kesehatan - Tumbuh di wilayah Himalaya, Asia dan Afrika, Kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tradisional yang memiliki banyak khasiat obat dan telah digunakan sejak lama untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Tanaman ini Didukung dengan fitonutrien dan antioksidan dan penelitian menunjukkan bahwa setiap bagian tanaman Kelor memiliki banyak manfaat kesehatan.

Kelor benar-benar bisa dianggap sebagai makanan super. Daunnya dikemas dengan vitamin, mineral dan asam amino esensial seperti vitamin B, vitamin A, C, K dan mineral seperti kalsium, potassium, magnesium iron dan protein.

Benih Kelor bertindak seperti antibiotik untuk melawan infeksi. Kelor juga dikenal dengan beberapa nama seperti Kelor, limaran (Jawa), Moringa, ben-oil tree, clarifier tree, drumstick tree, kalor, merunggai, sajina, Chùm ngây, ma-rum, dan Malunggay.

Karena Kelor memiliki nilai gizi yang luar biasa, manfaat dan penggunaan obat yang tak tertandingi, penggunaan dan penerapannya, sering disebut sebagai "pohon ajaib". Bukti adanya beberapa manfaat kesehatan membuat Kelor menjadi incaran untuk suplemen kesehatan herbal di banyak pasar kesehatan dunia.

Manfaat Kelor untuk Kesehatan

Manfaat Kelor untuk Kesehatan
Hingga saat ini, telah ada lebih dari 1.300 penelitian dan penelitian telah berfokus pada manfaat kesehatan dan kemampuan penyembuhan tanaman kelor ini. Menurut beberapa penelitian, Manfaat kelor untuk kesehatan beserta nilai gizi dan kemampuan penyembuhan tanaman ini dapat sangat membantu di sebagian besar dunia di mana orang rentan terhadap wabah penyakit dan kekurangan gizi.

Manfaat kelor untuk kesehatan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Kelor kaya akan beberapa antioksidan kuat, yang merupakan senyawa yang ditemukan dalam MoringaMoringa oleifera telah menunjukkan kemampuan untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dalam tubuh kita dan berkontribusi untuk memerangi penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2.

Manfaat kelor untuk kesehatan dalam hal mengurangi resiko penyakit kronis telah di buktikan oleh bebrapa penelitian yang menunjukkan bahwa mereka bekerja mirip dengan obat konvensional namun memiliki kemungkinan lebih sedikit mengalami efek samping.

Satu studi menemukan bahwa beberapa wanita yang mengkonsumsi 1,5 sendok teh. Bubuk daun Moringa oleifera setiap hari selama 3 bulan, kadar antioksidan darah mereka meningkat secara signifikan.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Asia Pasifik dalam Journal of Cancer Prevention, manfaat kelor dapat mengurangi resiko penyakit kronis karena ia mengandung beberapa senyawa anti-penuaan dan campuran asam amino esensial, karotenoid, fitonutrien, antioksidan seperti quercetin, dan senyawa antibakteri alami yang bekerja dengan cara yang sama seperti banyak obat anti-inflamasi Dan karenanya mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker perut, usus besar atau paru-paru; diabetes; hipertensi; Dan gangguan mata terkait usia.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Kadar kolesterol tinggi dalam darah meningkatkan risiko penyakit jantung. Manfaat kelor untuk kesehatan karena ia mengandung Beta-Sitosterol, nutrisi kuat yang menghambat kolesterol LDL.

Manfaat kelor untuk menurunkan kolesterol jahat dengan cara mengurangi akumulasi plak di arteri dan vena. Selain itu, antioksidan kuat yang terkandung dalam moringa oleifera berkhasiat dalam menetralkan radikal bebas dan mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurunkan kadar gula darah dan membantu melawan diabetes

Manfaat kelor untuk kesehatan karena ia juga berguna untuk menurunkan kadar gula darah dan membantu melawan diabetes. Seperti yang diketahui, kadar gula darah tinggi meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan yang mengancam jiwa termasuk beberapa penelitian terkait penyakit jantung yang menunjukkan bahwa kelor mengandung asam kromogenik yang membantu menjaga kadar gula darah pada tingkat yang sehat dengan membiarkan sel melepaskan glukosa sesuai kebutuhan tubuh.

Selain asam chloregnic, senyawa yang dikenal sebagai isothiocyanates yang terkandung dalam Moringa oleifera telah diakui sebagai pertahanan alami untuk melawan diabetes.

Mendukung Kesehatan Otak

Gangguan neuron-degeneratif meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan. Manfaat kelor untuk kesehatan otak karena ia memiliki sifat antioksidan yang mungkin memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan kognitif dalam meningkatkan fungsi otak.

Tes klinis awal pada penyakit Alzheimer menunjukkan beberapa hasil yang menguntungkan. Kandungan vitamin dan C dan E yang terkandung dalam ekstrak moringa oleifera membantu melawan oksidasi yang bertanggung jawab atas degenerasi neuron.

Daun kelor mengandung 5HTP, Zat Besi yang juga mendukung fungsi otak yang efisien dan memberikan kejernihan mental. Mereka tidak akan memiliki efek samping, kecuali Anda menggunakan obat pengencer darah. Minum teh Moringa oleifera secara teratur akan meningkatkan aktivitas otak dengan menormalisasi serotonin neurotransmiter, noradrenalin dan dopamin.

Meningkatkan Imunitas

Daun kelor memiliki kekuatan penguat kekebalan yang besar. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Food chemistry pada tahun 2007, antioksidan kuat yang terkandung dalam moringa oleifera menunjukkan efek menguntungkan dalam merangsang fungsi kekebalan tubuh.

Manfaat daun kelor juga tinggi vitamin A dan zat besi yang juga membantu dalam respon kekebalan seluler dan memberikan pengaruhnya pada respons sistem kekebalan lainnya seperti antibodi, jumlah leuocyte dan reaksi hipersensitivitas. Antibodi mencegah infeksi dan penyakit.

Penelitian juga telah menemukan potensi moringa oleifera untuk melawan kanker usus besar dan kanker payudara dan penelitian yang sedang berlangsung menunjukkan harapan besar.

Melindungi Hati

Konsentrasi tinggi polifenol yang terkandung di daun dan bunga tanaman Moringa telah ditemukan untuk melindungi hati dari oksidasi dan kerusakan.

Minyak kelor juga menunjukkan efek yang menjanjikan pada pemulihan enzim hati, juga mengurangi oksidasi di hati.

Enzim hati membantu hati dalam membawa pemurnian darah, produksi empedu, metabolisme lemak dan pengolahan nutrisi. Jadi menjaga tingkat normal enzim hati sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Moringa oleifera bisa menjadi alternatif pengobatan herbal yang sangat baik untuk keluhan pencernaan dan gangguan perut seperti konstipasi, diare, kolitis ulserativa dan gastritis.

Manfaat kelor untuk kesehatan pencernaan karena keberadaan senyawa isothiocyanates pada antihistamin dan antasida yang tersedia secara komersial.

Sifat antibiotik dan antibakteri yang terkandung dalam moringa menghambat pertumbuhan patogen seperti bakteri pylori, bakteri helicobacter dan coliform yang bertanggung jawab untuk berbagai penyakit pencernaan.

Nilai rendah lemak dan sangat bergizi dapat membantu dalam memerangi obesitas. Vitamin B yang terkandung di dedaunannya mendorong pencernaan dan membantu mengubah makanan dalam menghasilkan energi ketimbang menyimpannya sebagai lemak.

Melindungi dan Memelihara Kulit
Senyawa antibakteri, anti jamur dan antiviral yang terdapat di Moringa melindungi kulit dari infeksi. Kelopak bisa digunakan untuk penyembuhan kaki atlet, mengurangi jerawat, luka dan abses, luka bakar dan sebagainya.

Minyak biji kelor sangat bermanfaat untuk kulit dan rambut. Ekstrak kelor memiliki efek detoksifikasi, hidrasi dan pelembab yang luar biasa.

Manfaat kelor juga dapat menetralkan efek polutan lingkungan yang berbahaya dan mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus. Karena khasiat penyembuhan kulitnya yang menakjubkan, minyak kelor telah digunakan dalam perawatan kulit dan produk kosmetik dan perawatan rambut.

Mempromosikan Rambut yang Sehat

Manfaat kelor untuk kesehatan rambut didukung oleh semua nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut yang kuat.

Minyak biji kelor juga sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah rambut karena banyaknya vitamin, mineral, antioksidan, vitamin E dan vitamin B6 yang merangsang peredaran darah ke kulit kepala sehingga berguna untuk menjaga kesehatan rambut.

Minyak biji kelor juga efektif dalam membersihkan dan melindungi rambut dari kerusakan lingkungan seperti radiasi ultra violet, debu, dan juga membantu meringankan ketombe dan bertindak sebagai kondisioner yang efektif untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala, merangsang pertumbuhan rambut dan mendapatkan rambut mengkilap yang sehat.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Moringa memiliki khasiat pembekuan darah, khasiat ini dapat diperoleh dengan memanfaatkan daun, akar, dan biji untuk penyembuhan luka dan dapat mengurangi waktu pembekuan, yang berarti mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk goresan, luka, atau luka untuk menghentikan perdarahan.

Sungguh menakjubkan bukan, ternyata kelor memiliki banyak manfaat yang luar bisa untuk menjaga kesehatan tubuh kita. demikian ulasan kali ini, semoga bermanfaat untuk Anda.
Sedang Trends Terkait: Manfaat Kelor untuk Kesehatan

Advertisement