Cara menambang Litecoin dan Altcoin lainnya - Sementara sekarang ini dianggap terlambat bagi penggemar mata uang digital cryptocurrency melakukan pertambangan tanpa prosesor ASIC mahal untuk memulai penambangan bitcoin, banyak mata uang digital alternatif yang masih cocok untuk penambangan di PC rumah Anda.

Dalam panduan ini, kami akan membawa Anda melalui semua yang perlu Anda ketahui untuk mulai menggali beberapa lobakan, spherco atau anjing kecil tanpa peralatan tambahan yang mahal.

Untuk sebagian besar, cryptocurrencies menggunakan alat pertambangan SHA-256 atau scrypt sebagai algoritma hashing proof-of-work mereka, namun banyak mata uang baru telah memilih untuk di tambang menggunakan algoritma scrypt.

Scrypt cenderung menjadi memori yang lebih intensif dari keduanya - namun PC rumahan dengan kartu grafis yang cukup kuat masih cukup efektif menambang kripto-kurrensi tersebut, karena tidak ada ASIC khusus yang dapat bersaing.

Mungkin mengejutkan, masih mungkin menggunakan CPU komputer Anda untuk menambang beberapa mata uang digital. Ini berlaku, bahkan jika Anda hanya memiliki laptop dengan terintegrasi kartu grafis; Meskipun ini mungkin tidak terbukti sangat efektif dan bukan merupakan set-up yang akan kami sarankan.

Menyiapkan Dompet Mata Uang Digital Cryptocurrency

Cara Menambang Litecoin dan Altcoin lainnya
Sebelum memulai penambangan, Anda memerlukan dompet untuk menyimpan uang digital Anda. Pilihan yang baik adalah menuju ke situs wallet mata uang digital yang Anda inginkan untuk menambang dan mencari tautan unduhan untuk aplikasi wallet secara default. Jika Anda ingin melakukan penelitian lebih lanjut tentang litecoin secara khusus, kami memiliki panduan tentang bagaimana memulainya.

Jika Anda membutuhkan bantuan dan saran, kebanyakan altcoin memiliki forum komunitas, serta subreddit mereka sendiri. Anda dapat mencari dan mengunduh software wallet yang sesuai dengan yang Anda inginkan disana.

Kebutuhan akan kecepatan

Kecuali Anda memiliki perangkat keras pertambangan yang spesifik, ada dua cara untuk menambang kripto: dengan unit pemrosesan pusat atau central processing unit (CPU) atau dengan unit pemrosesan grafis / graphics processing unit (GPU) Anda - yang terakhir, tentu saja tersedia di kartu grafis Anda.

Dari keduanya, GPU menawarkan kinerja yang jauh lebih baik untuk perhitungan kriptografi yang diperlukan. Namun, jika Anda melakukan pengambilan pertama Anda ke pertambangan dan tidak memiliki komputer game yang disempurnakan - sebuah laptop dengan grafis terintegrasi Intel, mungkin - masih memungkinkan menambang altcoin tersebut, namun pada tingkat yang jauh lebih lambat.

Hasil tangkapan dengan penambangan GPU memerlukan prosesor grafis khusus, seperti yang mungkin Anda miliki di dalam PC desktop - kartu grafis terintegrasi Intel yang terdapat di kebanyakan laptop tidak sesuai untuk tugas itu. Untuk menjaga kecepatan sampai tingkat yang terhormat, kebanyakan penambang altcoin, jadi Anda harus membangun mesin khusus dengan menggunakan motherboard yang bisa menampung banyak kartu grafis, biasanya melalui kabel riser.

Sadarilah bahwa menambang coin digital sangat intensif dan dapat mengurangi umur komponen elektronik Anda. Sebaiknya pastikan Anda memiliki pendinginan yang memadai, perhatikan suhu dan pastikan elektronik masih memiliki garansi - untuk jaga-jaga.

Solo, atau dengan kelompok?

Pertambangan bisa menjadi usaha soliter atau Anda bisa bergabung dengan 'kolam/cloud' pertambangan, di mana sejumlah orang menggabungkan sumber daya pemrosesan mereka dan semua mengambil bagian dari ganjarannya.

Menjadi solo berarti Anda mendapatkan banyak penghargaan atas usaha Anda, namun menerima peluang yang berkurang untuk sukses. Sebaliknya, bergabung dengan sebuah kolam berarti bahwa anggota, secara keseluruhan, akan memiliki kesempatan yang jauh lebih besar untuk memecahkan sebuah blok, namun hasil yang diperoleh akan dibagi antara semua anggota, berdasarkan jumlah 'saham' yang diperoleh.

Jika Anda berpikir untuk melakukannya sendiri, perlu dicatat bahwa mengonfigurasi perangkat lunak Anda untuk penambangan solo bisa lebih rumit daripada dengan memilih cloud mining, dan pemula mungkin akan lebih baik mengambil rute yang terakhir. Pilihan ini juga menciptakan aliran pendapatan yang mantap, bahkan jika setiap pembayarannya lebih sederhana dibandingkan dengan hadiah blok penuh.

Memutuskan altcoin mana yang akan di tambang akan menjadi hal lain yang perlu diingat, beberapa kolam, seperti Multipool, mengatur hal ini untuk Anda dan mengganti koin berdasarkan profitabilitas-nya.

Baca juga "Cara Menambang Bitcoin dan Altcoin Otomatis dan Gratis Setiap Detik".

Install CPU miner

Sepotong perangkat lunak yang disebut cpuminer adalah cara termudah untuk memulai penambangan, namun memerlukan kemampuan untuk menggunakan baris perintah di komputer Anda. Program ini dapat didownload dari SourceForge dan tersedia untuk Windows (32 dan 64 bit), OS X dan Linux. Untuk keperluan panduan ini, kami membuat asumsi bahwa Anda menggunakan OS Windows.

Pertama, download file yang sesuai untuk sistem operasi Anda. File zip dapat diekstrak ke mana saja di hard drive Anda, selama Anda mengingatnya. Ide bagus adalah membuat folder 'cpuminer' di desktop Anda.

Menulis Script

Lantas, bagaimana cara menyiapkan cpuminer dengan parameter yang dibutuhkan untuk kolam penambangan Anda? Nah, biasanya cara paling sederhana untuk menulis skrip satu baris (dikenal sebagai 'file batch' di Windows) untuk meluncurkan penambang dengan petunjuk yang benar. Anda memerlukan hal berikut:
  • Jalur lengkap dari direktori tempat program penambangan ("minerd.exe") disimpan (misalnya pada data: "C: \ cpu-miner-pooler").
  • URL 'stratum' dari server kolam penambangan Anda (misalnya: "stratum + tcp: //mine.zpool.ca").
  • Nomor port server pertambangan Anda (misal: "3333").
  • Nama pengguna kolam renang pertambangan Anda (misalnya: "nama pengguna").
  • Nama atau nomor pekerja Anda (misalnya: "1").
  • Kata sandi pekerja Anda (misalnya: "x").

Sekarang, buka Notepad atau editor teks pilihan Anda. Jangan gunakan pengolah kata seperti MS Word. Selanjutnya, masukkan script dengan menggunakan rumus berikut (perhatikan bahwa metode ini mengasumsikan Anda menambang mata uang yang menggunakan algoritma scrypt):
start “path” minerd.exe – -url URL:PORT –a scrypt – – userpass USERNAME.WORKER:PASSWORD
 Jadi, dengan menggunakan contoh detail di atas, Anda akan menghasilkan teks berikut:
start “C:\cpu-miner-pooler” minerd.exe –url stratum+tcp://mine.zpool.ca:3333 -a scrypt –userpass username.1:x
 Copy Script klik Disini

Simpan file ini dengan ekstensi ".bat"; Misalnya: "my-mining-profile.bat".

Setelah file batch disimpan, klik dua kali untuk mengaktifkan program penambang. Kolam pertambangan Anda kemungkinan besar memiliki antarmuka berbasis web dan, dalam beberapa menit, situs web harus menunjukkan bahwa pekerja pertambangan Anda aktif.

Sekarang Anda tahu bagaimana cara menambang dengan CPU, mari kita lihat penggunaan GPU Anda.

Setting GPU miner

Bagi yang ingin menambang dengan GPU, atau perangkat penambangan USB, cgminer adalah program yang dapat digunakan dan dapat diunduh dari situs web pengembang - kecuali jika Anda adalah pengguna Mac, sehingga Anda dapat menemukan beberapa binari tidak resmi.

Versi cgminer mengikuti versi 3.72 tidak mendukung penambangan scrypt, dan dukungan untuk GPU telah dihapus di versi 3.82. Karena itu, versi terbaru belum tentu bisa diunduh. Sebagai gantinya, carilah versi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sekali lagi, dalam contoh ini, kita membuat asumsi bahwa Anda menggunakan OS Windows. Namun, jika Anda menggunakan Linux atau OS X, argumen baris perintah (yaitu: parameternya) sama. Selanjutnya, petunjuk di bawah ini sekali lagi menganggap Anda akan menambang mata uang scrypt.

Ekstrak perangkat lunak ke dalam folder yang mudah ditemukan, misalnya: "c: \cgminer\".

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan driver grafis Anda adalah versi terbaru atau up to date.

Selanjutnya, tekan tombol Windows bersamaan dengan tombol "R", ketik "cmd", dan tekan "enter". Ini akan membuka terminal perintah. Gunakan perintah "cd" untuk mengubah direktori menjadi file zip cgminer.

Lalu, ketikan "cgminer.exe -n". Ini akan mencantumkan semua perangkat yang dikenali di PC Anda. Jika kartu grafis Anda terdeteksi, sebaiknya Anda lanjutkan. Jika tidak, Anda akan memiliki penelitian mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk menyiapkan kartu grafis secara spesifik dengan benar.

Anda sekarang akan membutuhkan detail kolam pertambangan Anda, sama seperti bagian penambangan CPU di atas:
  • Jalur lengkap dari direktori tempat program penambangan ("minerd.exe") disimpan (misalnya: "C: \cpu-miner-pooler").
  • URL 'stratum' dari server kolam penambangan Anda (misalnya: "stratum + tcp: //mine.zpool.ca").
  • Nomor port server pertambangan Anda (misal: "3333").
  • Nama pengguna kolam renang pertambangan Anda (misalnya: "nama pengguna").
  • Nama atau nomor pekerja Anda (misalnya: "1").
  • Kata sandi pekerja Anda (misalnya: "x").

Sekarang kita akan membuat file batch lagi, untuk memulai cgminer dengan parameter yang benar. Dalam hal ini, struktur komandonya adalah:
Start “path” cgminer — scrypt -o URL:PORT -u USERNAME.WORKER -p PASSWORD
Contoh,
Start “C:\cgminer\” — scrypt –o stratum+tcp://mine.zpool.ca:3333 –userpass username.1:x
Copy Script klik Disini

Melihat Pertambangan

Sekarang perangkat lunak penargetan pilihan sudah disiapkan, Anda akan melihat berbagai statistik yang bergulir melintasi terminal perintah Anda. Jika Anda menggunakan cgminer, Anda akan melihat lebih banyak informasi daripada dengan cpuminer. Dalam kasus yang pertama, Anda akan melihat informasi tentang mata uang dan kolam pertambangan, serta tentang perangkat keras pertambangan Anda. Jika Anda menjalankan cpuminer, Anda hanya akan melihat referensi tentang blok yang telah dipecahkan oleh PC Anda; Meskipun, setidaknya, menunjukkan kecepatan hashing Anda.

Memaksimalkan kekuatanmu

Kabar baik bagi para penambang yang memiliki PC dengan kartu grafis khusus: adalah mungkin bisa menjalankan kedua cpuminer dan cgminer pada saat bersamaan. Untuk membuat ini mungkin, tambahkan argumen "- threads n" ke perintah minerd. Di sini, "n" adalah singkatan dari jumlah inti CPU yang ingin Anda gunakan untuk pertambangan.

Ingatlah untuk membiarkan satu atau dua inti bebas mengendalikan GPU Anda. Jika setting minerd menggunakan semua core CPU, berarti CPU akan terlalu sibuk untuk mengirim data ke GPU untuk diproses. Misalnya, jika Anda memiliki CPU quad core, coba atur argumen "-threads" ke "2" atau "3".

Pertambangan dengan GPU dan CPU secara bersamaan menunjukkan seberapa jauh GPU yang lebih baik berada di pertambangan daripada CPU. Bandingkan tingkat hash yang ditunjukkan di jendela terminal untuk setiap program penambangan Anda dan Anda harus melihat setidaknya perbedaan lima kali dalam kecepatan hashing. (Tr/Src/coindesk.com).

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Menambang Litecoin dan Altcoin lainnya