Manfaat serat untuk kulit, rambut, dan kesehatan yang menakjubkan - Anda tentunya sudah menemukan banyak saran tentang pentingnya serat dalam makanan sehari-hari. Makanan kita dipenuhi dengan lemak jenuh dan karbohidrat yang tidak sehat.

Mereka idealnya harus diganti dengan serat dan protein berkualitas tinggi. Sayangnya, kebanyakan orang gagal menyadari manfaat serat atau fiber yang sangat besar dan bagaimana hal ini membantu dalam manajemen berat badan dan dalam meningkatkan tingkat energi tubuh.

Serat dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yang berbeda - serat tidak larut dan larut.
  1. Serat tak larut tidak terserap tubuh Anda. Sebagai gantinya, ia melewati sistem pencernaan Anda ke usus besar Anda, dan menambahkan sebagian besar ke tinja Anda dan mempercepat pergerakan usus. Dengan demikian, membantu dalam pencernaan dan membantu memindahkan makanan melalui saluran usus. 
  2. Serat Larut, sebaliknya, menarik air dan membantu memperlambat laju pencernaan Anda. Perlambatan pencernaan membantu mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi Low-Density Lipoprotein (LDL) atau 'kolesterol jahat'.
Manfaat Serat Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan yang Menakjubkan

    Manfaat Serat Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan yang Menakjubkan

    Manfaat Serat untuk Kulit


    1. Membantu Memperlambat Tanda Penuaan

    Orang mengira kulit kusam dan keriput adalah hasil penuaan yang tak terelakkan. Memang benar, tapi tahukah Anda bahwa Anda bisa membalikkan penuaan? Mungkin saja mencegah keriput dan terlihat terbaik, asalkan Anda berinisiatif pada saat yang tepat.

    Diet seimbang yang mengandung antioksidan berlimpah seperti Vitamin C dapat berkontribusi pada pembentukan kolagen protein, yang memberi kulit elastisitasnya. Kehadiran makanan kaya serat dalam makanan Anda memastikan tubuh Anda mendapat lebih banyak waktu untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi kolagen.

    2. Mengembalikan Kulit Tampak Bersinar

    Debu, kotoran, polusi, dan bahan kimia sehari-hari cenderung membuat kulit Anda kusam dan tak bernyawa. Diet sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan cahaya kulit. Selain vitamin dan mineral, Anda juga harus menyertakan serat yang cukup atau serat makanan dalam makanan Anda.

    Menjaga kesehatan organ tubuh kita melalui makanan kita berkontribusi terhadap kesehatan fisik yang baik serta memulihkan kesehatan kulit.

    Misalnya, hati dan ginjal Anda yang bertugas untuk menyaring racun dari makanan olahan. Pilihan makanan yang buruk juga berkontribusi terhadap ketidakseimbangan hormon, sehingga menyebabkan masalah kulit.

    Misalnya, jika tingkat tiroid berfluktuasi terlalu sering, kulit Anda cenderung menjadi kering dan terkelupas.

    Diet kaya serat memudahkan hati dan ginjal Anda untuk mengeluarkan racun dari tubuh Anda dengan mudah. Ini juga membantu menjaga keseimbangan hormon dan membuat kulit bersinar.

    3. Mengatasi Masalah Jerawatan

    Alasan utama berjerawat adalah sistem pencernaan yang tidak sehat. Masalah perut berulang cenderung terwujud pada kulit Anda seperti jerawat dan menyebabkan jaringan parut yang mengerikan.

    Makanan kaya serat bekerja sebagai sapu dan membersihkan tubuh dari lemak, limbah, dan racun, yang dinyatakan dan dimanifestasikan dalam bentuk jerawat di wajah, lengan, dan punggung Anda.

    Manfaat Serat untuk Rambut


    4. Memperkuat folikel rambut

    Cukup sering, terlihat bahwa pria dan wanita menderita kerontokan rambut akut karena diet yang tidak tepat. Diet seimbang yang kaya kandungan serat berkontribusi menguatkan folikel rambut Anda dan mengurangi rambut rontok.

    Bila Anda mempertahankan diet sehat, ini jelas terlihat pada penampilan luar Anda, termasuk kulit, rambut, dan kuku Anda. Adanya serat yang memadai dalam makanan Anda memungkinkan proses pencernaan dan penyerapan protein melambat. Penyerapan protein yang berkepanjangan dapat memperkuat folikel rambut Anda dan mengurangi rambut rontok.

    5. Memfasilitasi Produksi Melanin

    Makanan kaya serat memfasilitasi produksi melanin yang bertanggung jawab atas warna rambut Anda. Ini juga menunda pemutihan rambut karena stres oksidatif.

    Melanin diproduksi terutama dari protein yang ada pada ikan dan makanan laut. Serat dalam makanan Anda memperlambat pencernaan dan memfasilitasi penyerapan protein, yang pada gilirannya membantu mempertahankan warna rambut Anda. Dengan jumlah mineral, vitamin, serat, dan nutrisi yang tepat dalam makanan Anda, Anda bisa terhindar dari masalah rambut rontok untuk sebagian besar.

    Manfaat Serat untuk Kesehatan


    6. Mengobati Masalah Usus

    Dimasukkannya serat dalam makanan Anda membantu mengatasi masalah terkait usus seperti Konstipasi atau Sembelit. Ini secara efektif menghilangkan racun berbahaya dari tubuh Anda bersama dengan produk limbah.

    Salah satu manfaat utama dari serat yang tidak larut adalah membantu membuang produk limbah dari saluran pencernaan Anda. Karena serat yang tidak larut tidak dicerna, ia lolos dari perut ke usus Anda, dan kemudian ke usus besar. Ini menyerap kelebihan air di saluran pencernaan. Ini membersihkan dinding usus Anda juga.

    Peringatan
    Anda harus berhati-hati dengan jumlah serat yang Anda masukkan ke dalam makanan Anda. Terlalu banyak serat berarti sering berkunjung ke kamar mandi dan mengurangi penyerapan mineral. Bisa juga membuat Anda merasa kembung dan berang.

    7. Bantuan dalam manajemen berat badan

    Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat, Anda bisa memberi dorongan penurunan berat badan Anda secara substansial.

    Makanan kaya serat sebagian besar adalah makanan berkalori rendah dan karenanya rendah lemak dan kolesterol.

    Misalnya, roti gandum biasanya mengandung kalori lebih sedikit daripada roti putih.

    Dengan demikian, Anda tidak akan menambah berat badan jika Anda memilih makanan whole grain yang kaya sumber serat.

    Selain itu, serat larut berubah menjadi zat mirip gel yang menyimpan makanan di perut Anda untuk jangka waktu yang lebih lama. Ini memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang untuk durasi yang lebih lama.

    Hal ini, pada gilirannya, akan berperan dalam mengatur selera makan Anda dan membantu dalam manajemen berat badan.

    8. Memfasilitasi Penyerapan Nutrisi Dari Pangan

    Mungkin manfaat terbesar dari mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat yang memadai adalah makanan itu tersimpan di kanal pencernaan Anda untuk waktu yang lebih lama, dan memfasilitasi proses penyerapan nutrisi.

    Memperlambat proses pencernaan membantu tubuh Anda dalam menyerap mineral penting, vitamin, dan nutrisi lainnya dari makanan, sehingga membantu pengaturan kadar gula darah Anda. Oleh karena itu, diet kaya serat bermanfaat bagi penderita diabetes.

    Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi


    1. Lentil

    Lentil memiliki nilai gizi tinggi. Anda bisa menambahkannya ke salad, selebaran, kari, atau makanan ringan Anda.

    Satu cangkir pelengkap lentil yang dimasak mengandung 15,6 gram serat makanan. Mereka juga mengandung protein dan karbohidrat kompleks yang, bersama dengan serat makanan, memudahkan manajemen berat badan dan membantu menjaga kesehatan jantung.

    2. Alpukat

    Alpukat, tanpa kulit dan biji-bijian, mengandung setidaknya 9 gram serat makanan dan gula larut 0,4 gram, bersama dengan sejumlah vitamin lainnya. Mereka juga disebut 'buah mentega' dan awalnya dihindari karena konsentrasi tinggi lemak jenuh. Namun, lemak jenuh ini bagus untuk kesehatan Anda karena membantu menurunkan kadar LDL dalam darah Anda.

    3. Split kacang polong

    Kacang polong mengandung 16 gram serat makanan yang menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga penyakit kardiovaskular di teluk. Anda bisa memasukkan kacang polong hijau atau kuning dalam makanan Anda, meskipun kacang polong hijau memiliki sedikit nutrisi lebih banyak daripada rekan mereka. Kacang polong  adalah sumber potasium yang kaya, dengan 710 miligram dalam setiap porsi. Kalium diperlukan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh Anda dan mengurangi pembengkakan sendi dan otot.

    4. Brokoli

    Brokoli adalah satu sayuran hijau yang memiliki jumlah nutrisi berlimpah bersamaan dengan jumlah serat makanan yang cukup - sekitar 2,4 gram serat makanan dalam setiap satu cangkir yang disajikan. Ini adalah satu-satunya sayuran yang mengandung 316 mg potasium. Ini adalah sumber antioksidan yang kaya seperti vitamin A, B6, dan C. Ini juga mengandung magnesium yang dibutuhkan untuk pengembangan tulang dan gigi serta DNA Anda (Deoxy-Ribonucleic Acid) dan RNA (Ribonucleic Acid).

    5. Kacang

    Kacang adalah sumber serat larut dan tidak larut, dengan 10,4 gram dalam setiap satu cangkir sajian. Mereka mengandung 329 kalori. Mereka juga mengandung zat besi dan vitamin B6 yang memfasilitasi transportasi oksigen dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

    6. Berries

    Semua jenis buah beri - blueberry, raspberry, stroberi, dan blackberry - kaya akan sumber serat makanan penting. Mereka memiliki kadar karbohidrat dan kalori rendah namun memiliki gula larut dalam jumlah cukup yang diubah menjadi energi yang dapat digunakan. Mereka kaya akan antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan peradangan.
    Sedang Trends Terkait: Manfaat Serat Untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan yang Menakjubkan

    Advertisement