Apakah Mining Bitcoin Masih Menguntungkan?
Apakah mining bitcoin masih menguntungkan? - Penambangan Bitcoin atau mining bitcoin adalah proses menghasilkan bitcoin sebagai pertukaran untuk menjalankan verifikasi dan memvalidasi transaksi bitcoin.

Transaksi ini memberikan keamanan bagi jaringan Bitcoin yang pada gilirannya mengkompensasi para penambang dengan memberi mereka bitcoin. Penambang bisa mendapatkan keuntungan jika harga bitcoin melebihi biaya untuk ditambang.

Dengan perubahan teknologi terkini dan penciptaan pusat pertambangan profesional dengan daya komputasi yang sangat besar, banyak penambang individual bertanya pada diri mereka sendiri, apakah pertambangan bitcoin masih menguntungkan?

Ada beberapa faktor yang menentukan apakah penambangan bitcoin masih merupakan usaha yang menguntungkan. Ini termasuk biaya listrik untuk menyalakan sistem komputer (biaya listrik), ketersediaan dan harga sistem komputer, dan kesulitan dalam memberikan layanan.

Kesulitan diukur dalam hash per second dari validasi transaksi Bitcoin. Tingkat hash mengukur tingkat pemecahan masalah - perubahan kesulitan karena lebih banyak penambang masuk pada jaringan yang dirancang untuk menghasilkan tingkat tertentu dari bitcoin setiap sepuluh menit.

Ketika lebih banyak penambang memasuki pasar, kesulitan meningkat akan memastikan bahwa tingkatnya statis.

Faktor terakhir untuk menentukan profitabilitas adalah harga bitcoin terhadap standar, mata uang.

Komponen Pertambangan Bitcoin

Sebelum munculnya perangkat lunak penambangan bitcoin baru di tahun 2013, pertambangan pada umumnya dilakukan di komputer pribadi. Namun, penerapan application specific integrated circuit (ASIC) chips menawarkan kemampuan komputer pribadi yang lebih tua hingga 100x, sehingga memberikan penggunaan komputasi personal untuk menambang bitcoin menjadi tidak efisien dan usang. Saat penambang menggunakan mesin lama, kesulitan pada mining bitcoin sesuai dengan harga bitcoin saat ini. Tapi dengan mesin baru ini muncul masalah yang berkaitan dengan biaya tinggi untuk mendapatkan dan menjalankan peralatan baru dan kurangnya ketersediaan.

Profitabilitas Sebelum dan Sesudah ASIC

Penghitung waktu lama (katakanlah, jalan kembali di tahun 2010) mining bitcoin yang hanya menggunakan komputer pribadi, mereka dapat menghasilkan keuntungan karena beberapa alasan. Pertama, penambang ini sudah memiliki sistem mereka, jadi biaya peralatannya nihil. Mereka bisa mengubah pengaturan di komputer mereka agar berjalan lebih efisien dengan lebih sedikit tekanan.

Kedua, ini adalah hari-hari sebelum pusat penambangan bitcoin profesional dengan daya komputasi masif memasuki permainan. Penambang awal harus bersaing dengan penambang individu lainnya di sistem komputer rumah. Persaingan bahkan di pijakan. Bahkan ketika biaya listrik bervariasi berdasarkan wilayah geografis, perbedaannya tidak cukup untuk mencegah individu dari pertambangan.

Setelah ASIC mulai bermain, permainan berubah. Individu sekarang bersaing dengan pusat pertambangan bitcoin besar yang memiliki lebih banyak daya komputasi. Keuntungan pertambangan mulai terkikis oleh biaya seperti membeli peralatan komputasi baru, membayar biaya energi yang lebih tinggi untuk menjalankan peralatan baru, dan terus mengalami kesulitan dalam pertambangan.

Profitabilitas di Lingkungan Hari Ini

Penambangan Bitcoin masih bisa masuk akal dan menguntungkan bagi beberapa individu. Peralatan lebih mudah didapat dan berbagai mesin efisiensi tersedia. Sebagai contoh, beberapa mesin memungkinkan pengguna untuk mengubah pengaturan untuk menurunkan kebutuhan energi, sehingga menurunkan biaya keseluruhan. Calon penambang harus melakukan analisis biaya / manfaat untuk memahami harga impas sebelum melakukan pembelian peralatan dengan biaya tetap. Variabel yang dibutuhkan untuk membuat perhitungan ini adalah:
  • Biaya daya / Listrik: berapa tarif listrik di lingkungan anda? Perlu diingat bahwa tingkat perubahan tergantung pada musim, waktu, dan faktor lainnya. Anda dapat menemukan informasi ini di tagihan listrik Anda yang diukur dalam kWh.
  • Efisiensi: berapa banyak daya yang dikonsumsi sistem anda, diukur dalam watt?
  • Waktu: berapa lama waktu yang anda habiskan untuk pertambangan?
  • Nilai bitcoin: berapakah nilai harga bitcoin dalam Rupiah, atau mata uang resmi lainnya?

Ada beberapa kalkulator profitabilitas berbasis web, seperti yang disediakan oleh vnbitcoin.org atau mining-profit.org, calon penambang dapat menggunakan alat tersebut untuk menganalisis persamaan manfaat biaya pertambangan bitcoin. Kalkulator profitabilitas sedikit berbeda dan beberapa yang lebih kompleks daripada yang lain.

Jalankan analisis Anda beberapa kali dengan menggunakan tingkat harga yang berbeda untuk biaya daya dan nilai bitcoin. Juga, ubah tingkat kesulitan untuk melihat bagaimana dampak analisis tersebut. Tentukan pada tingkat berapa pertambangan bitcoin menjadi menguntungkan bagi Anda-itu adalah harga impas Anda.

Untuk bersaing dengan pusat mega pertambangan, individu dapat bergabung dengan Cloud mining Bitcoin, yang merupakan sekelompok penambang yang bekerja sama dan berbagi penghargaan. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan dan mengurangi kesulitan dalam pertambangan, dan menempatkan profitabilitas dalam jangkauan.

Kesimpulan

Untuk menjawab pertanyaan apakah penambangan bitcoin masih menguntungkan, gunakan kalkulator profitabilitas berbasis web untuk menjalankan analisis biaya dan manfaat.

Anda dapat menyambungkan nomor yang berbeda dan menemukan titik impas Anda (setelah itu pertambangan menguntungkan). Tentukan apakah Anda bersedia mengeluarkan modal awal yang diperlukan untuk perangkat keras, dan memperkirakan nilai masa depan bitcoin serta tingkat kesulitannya.

Ketika harga bitcoin dan kesulitan pertambangan menurun, biasanya mengindikasikan lebih sedikit penambang dan lebih mudah menerima bitcoin. Ketika harga bitcoin dan kesulitan pertambangan meningkat, ekspektasi sebaliknya-lebih banyak penambang bersaing memperebutkan sedikit bitcoin.

ADVERTISERMEN

Sedang Trends Terkait: Apakah Mining Bitcoin Masih Menguntungkan?