Dash (sebelumnya dikenal sebagai Darkcoin dan XCoin) adalah salah satu jenis cryptocurrency open source peer-to-peer yang menawarkan semua fitur yang sama seperti Bitcoin namun juga memiliki kemampuan canggih, termasuk transaksi instan (InstantSend), transaksi pribadi (PrivateSend), dan desentralisasi pemerintahan (DGBB). Sistem tata kelola dan penganggaran Dash yang terdesentralisasi menjadikannya sebagai organisasi otonom terdesentralisasi pertama.

Dash menggunakan arsitektur two-tier untuk menyalakan jaringannya. Tingkat pertama terdiri dari penambang yang mengamankan jaringan dan menulis transaksi ke blockchain. Tingkat kedua terdiri dari masternodes yang memungkinkan fitur canggih dari Dash.

Pada Juni 2017, Dash adalah kripto yang paling berharga pada urutan ketujuh dengan kapitalisasi pasar.

Sejarah

Apa itu Dash?
Dash awalnya dirilis sebagai XCoin (XCO) pada tanggal 18 Januari 2014. Pada tanggal 28 Februari, namanya diubah menjadi "Darkcoin." Pada tanggal 25 Maret 2015, Darkcoin diganti namanya menjadi "Dash." Dash adalah portmanteau dari "Digital Cash."

Dalam dua hari peluncuran pertama, 1,9 juta koin ditambang, yang kira-kira seperempat pasokan arus Dash (per Maret 2017). Pencipta dan pengembang utama Dash, Evan Duffield, menghubungkan apa yang disebut "instamine" menjadi kesalahan dalam kode "yang salah mengubah kesulitan, lalu mencoba menggunakan nilai korup untuk menghitung subsidi, yang menyebabkan instamine."

Begitu masalah teratasi, Evan menawarkan untuk meluncurkan kembali koin tanpa instamin, tapi masyarakat sangat tidak setuju. Dia kemudian menyarankan sebuah "airdrop" koin untuk memperluas distribusi awal. Komunitas juga menolak usulan ini. Dengan demikian, distribusi awal ditinggalkan sendiri dan pengembangan proyek berlanjut.

Pada saat mata uang diluncurkan, ruang kripto-kardiak diliputi oleh penipuan. Dash adalah satu dari sedikit korban selamat dari era itu. Tim Dash Core, yang bertanggung jawab untuk mengembangkan mata uang, kini telah berkembang menjadi 30 karyawan tetap, 20 karyawan paruh waktu, dan puluhan sukarelawan yang tidak dibayar.

Semua karyawan Core Team dibayar dari sistem anggaran Dash dan oleh karena itu tidak bergantung pada sumbangan atau sponsor yang dapat menyebabkan konflik kepentingan.

Sampai saat ini, Dash telah memecahkan masalah yang menjengkelkan seperti waktu konfirmasi yang lambat, peningkatan ukuran blok, pemerintahan yang terdesentralisasi, dan anggaran pengembangan mandiri.

Menurut CoinMarketCap, pada bulan Juni 2017 volume perdagangan harian Dash sekitar $ 100 juta per hari dan kapitalisasi pasar Dash melebihi $ 1,4 miliar.

Dash telah menjadi komunitas altcoin yang paling aktif di BitcoinTalk yang mencapai lebih dari 6400 halaman.

Baca juga "Cara Mendapatkan Dash Gratis dengan Cloud Mining Otomatis".

Produk

PrivateSend

PrivateSend adalah layanan pencampuran koin berdasarkan CoinJoin, dengan banyak modifikasi. Ini termasuk menggunakan masternodes dan bukan satu situs web, chaining dengan mencampur beberapa masternodes, membatasi pencampuran untuk hanya menerima denominasi tertentu (misalnya: 0,01 DASH, 0,1 DASH, 1 DASH, dan 10 DASH, dll.), Dan mode pasif.

Maksimum yang diizinkan untuk transaksi PrivateSend adalah 1000 DASH.

Kemudian iterasi menggunakan metode pra-pencampuran yang lebih maju yang dibuat di dompet pengguna.

Implementasi PrivateSend juga memungkinkan masternodes untuk mengirimkan transaksi menggunakan kode jaringan khusus yang disebut DSTX, ini memberikan privasi tambahan kepada pengguna karena masalah deadchange hadir dalam implementasi berbasis CoinJoin lainnya seperti DarkWallet dan CoinShuffle.

Pada bulan Juni 2016, DarkSend diganti namanya menjadi PrivateSend.

Dalam implementasinya saat ini, ia menambahkan privasi terhadap transaksi dengan menggabungkan masukan yang identik dari beberapa pengguna ke dalam satu transaksi dengan beberapa keluaran.

Karena input yang sama, transaksi biasanya tidak bisa langsung dilacak, menyamarkan aliran dana. PrivateSend membuat Dash "fungible" dengan mencampur koin dengan denominasi yang sama dengan dompet lainnya, dan memastikan bahwa semua koin memiliki nilai yang sama.

InstantSend

InstantSend adalah layanan yang memungkinkan transaksi instan. Melalui sistem ini, masukan dapat dikunci untuk transaksi tertentu dan diverifikasi dengan konsensus jaringan masternode.

Transaksi dan blok yang bentrok ditolak. Jika konsensus tidak dapat dicapai, validasi transaksi terjadi melalui konfirmasi blok standar.

InstantSend memecahkan masalah pembelanjaan ganda tanpa waktu konfirmasi yang lebih lama dari kriptokokus lainnya seperti Bitcoin.

Pada bulan Juni 2016, InstantX diganti namanya menjadi InstantSend.

Masternodes

Tidak seperti jaringan single-tier Bitcoin, di mana semua pekerjaan di jaringan dilakukan oleh para penambang, Dash menggunakan jaringan dua tingkat.

Fungsi jaringan tertentu, seperti membuat blok baru, ditangani oleh para penambang. Tingkat kedua jaringan Dash terdiri dari "masternodes" yang melakukan PrivateSend, InstantSend, dan fungsi tata kelola.

Masternodes membutuhkan 1000 DASH sebagai jaminan untuk mencegah serangan sybil. Jaminan itu bisa dihabiskan kapan saja. Karena masternodes menyediakan fungsi jaringan vital, block reward dibagi antara penambang dan masternodes, dengan masing-masing kelompok menghasilkan 45% dari block reward. Sisanya 10% dari setiap block reward mendanai sistem "budget" atau "treasury".

Pemerintahan dan pendanaan

Dash adalah organisasi otonom terdesentralisasi pertama yang didukung oleh bukti Sybil tentang sistem tata kelola dan pendanaan yang terdesentralisasi.

Tata Pemerintahan yang Terdesentralisasi oleh Blockchain (DGBB), sering disebut hanya sebagai "sistem perbendaharaan" adalah sarana untuk mencapai konsensus mengenai perubahan jaringan yang diusulkan dan pengembangan pendanaan ekosistem Dash.

Sepuluh persen dari hadiah blok masuk ke "treasury" ini untuk membayar proyek yang menguntungkan pada Dash. Pendanaan dari sistem perbendaharaan telah digunakan untuk mempekerjakan pengembang tambahan dan karyawan lainnya, untuk mendanai kehadiran di konferensi, dan untuk mendanai integrasi dengan penyedia utama dan penyedia API.

Setiap operator masternode menerima satu suara. Proposal memenuhi syarat untuk pendanaan sesuai dengan rumus berikut: (YES VOTES - NO VOTES) > (TOTAL NUMBER OF MASTERNODES * 0.1).

Jika ada lebih banyak proposal yang memenuhi kriteria tersebut daripada ketersediaan dana anggaran untuk bulan tersebut, maka usulan dengan jumlah suara terbanyak lah yang akan dibayarkan.

Interaksi masyarakat dengan pengirim proposal dilakukan melalui forum dash.org, atau melalui situs web berbasis komunitas, seperti DashCentral.

Situs web ini memungkinkan pengirim proposal memberikan beberapa konsep, kemudian melobi untuk mendapatkan dukungan masyarakat sebelum akhirnya mengirimkan proyek mereka ke jaringan mendapatkan suara.

Setelah pengirim memiliki cukup dukungan, jaringan secara otomatis akan membayar dana yang dibutuhkan di blok super berikutnya, yang terjadi setiap bulan.

Sistem pendanaan telah melihat pertumbuhan pendapatan. Pada bulan September 2015, sistem treasury menyediakan dana $ 14.000 per bulan.

Karena kenaikan nilai Dash, pada bulan Mei 2017 sistem treasury menyediakan dana lebih dari $ 650.000 per bulan.

Sistem treasury telah menciptakan umpan balik positif, dimana pengembangan tambahan meningkatkan nilai Dash, yang meningkatkan jumlah dana yang disediakan oleh sistem anggaran.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Apa itu Dash?