Rahasia tetap sehat berpuasa di bulan ramadhan 1438 H 2017 M - Menyambut Bulan Puasa Ramadhan 1438 H 2017 M membutuhkan banyak energi dan komitmen bagi masing-masing individu, terutama saat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1438 H 2017 M yang disertai dengan cuaca yang panas.

Nah..Agar tidak jatuh sakit akibat dehidrasi dan tuntutan bulan ini, ada beberapa tip dan trik yang harus selalu diingat. Berikut ini, transkerja.com akan membongkar rahasia agar tetap sehat di bulan ramadhan 1438 H 2017 M.

Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadhan 1438 H 2017 M

Rahasia Tetap Sehat Berpuasa di Bulan Ramadhan 1438 H 2017 M

Jangan Lewati Makan Sahur

Pertama dan terpenting, orang tidak boleh melewatkan makan sahur. Makan sahur merupakan hal yang paling penting saat di Bulan Ramadhan 1438 H 2017 M ini. Karena dengan makan sahur akan memberi Anda energi untuk tetap fit sepanjang hari.

Baca juga "Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 1438 H 2017 M".

Pilih Makanan Sahur dan Buka Puasa dengan Bijak

Agar tetap bugar dan sehat selama bulan Ramadhan 1438 H 2017 M, sangat disarankan agar Anda memilih makanan dengan penuh pertimbangan. Hindari makanan asin selama sahur, karena dapat menyebabkan seseorang merasa haus. Penuhi kebutuhan makan-makanan seimbang yang kaya akan karbohidrat, serat, dan protein. Selain itu, mengkonsumsi banyak buah akan membuat Anda terhidrasi karena kandungan airnya yang tinggi dan memberi energi juga.

Selain apa yang harus Anda makan, Anda juga harus menghindari dengan apa yang seharusnya tidak Anda makan - pastikan untuk menghindari makanan yang digoreng selama bulan Ramadhan 1438 H 2017 M. Makanan harus ringan dan memuaskan, sehingga Anda tidak merasa kembung dan berat setelah sahur dan buka puasa.

Tetap Terhidrasi di bulan Ramadhan 1438 H 2017 M

Dianjurkan oleh ahli kesehatan bahwa minum 10-12 gelas air putih setiap hari sangat bermanfaat bagi tubuh manusia dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Sementara Anda tidak bisa minum air putih di siang hari, pastikan untuk minum sebanyak mungkin air saat sahur dan sisanya setelah berbuka puasa. Cobalah untuk tetap terhidrasi dengan meminum cukup air. Minuman dan jus manis bisa menjadi alternatif terbaik berikutnya namun tidak menjadi prioritas utama Anda.

Tetap Berolahraga di bulan Ramadhan 1438 H 2017 M

Memiliki rutinitas latihan adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga diri tetap sehat di bulan Ramadhan 1438 H 2017 M. Hal ini memungkinkan tubuh Anda untuk dapat melakukan rutinitas sehari-hari. Namun, kita harus ekstra hati-hati dengan rutinitas ini saat di bulan Ramadhan.

Cara terbaik untuk berolahraga, ialah dengan melakukan beberapa jam setelah Anda berbuka puasa - ini tidak hanya membantu mencerna makanan tapi juga membuat darah Anda tetap mengalir dan metabolisme Anda bekerja.

Istirahat yang Cukup

Sangat penting, terutama saat di bulan Ramadhan 1438 H 2017 M yang sebagian besar waktu kita banyak menghabiskan untuk mengingat Allah SWT. Disisi lain, ANda juga harus mengurus diri sendiri dalam prosesnya. Pastikan tidur minimal 7 sampai 8 jam agar tubuh Anda tidak kehabisan tenaga lebih dari yang dibutuhkan. Anda membutuhkan pola tidur yang sehat agar tubuh Anda bisa berfungsi dengan baik di siang hari dan tidak membiarkan puasa Anda masuk ke semua pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

Untuk menghindari sakit dan memanfaatkan bulan Ramadhan 1438 H 2017 M ini, pastikan untuk mengikuti tip berikut. Anda tidak ingin melewatkan kemuliaan di bulan Ramadhan 1438 H 2017 M ini hanya karena Anda jatuh sakit, bukan? Yup...Anda dapat dengan mudah tetap sehat berpuasa di bulan ramadhan 1438 H 2017 M, dengan mengingat beberapa peraturan sederhana ini dan memanfaatkan bulan suci Ramadan yang akan datang.

Dari lima rukun Islam, Puasa Ramadan berlangsung paling lama dan sangat dihargai oleh umat Islam di seluruh dunia. Kita sebagai umat Islam diharapkan untuk menjauhkan diri dari makanan, minuman dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Kita semua pasti pernah merasakannya pada suatu waktu atau waktu yang lain, bahwa ada sesuatu tentang semangat beribadah di bulan Ramadhan yang membuat kita semua berkumpul sebagai satu umat Islam.

Sepanjang bulan Ramadhan, ada suasana tenang dimana orang akan diampuni dosa masa lalu dan mencoba melakukan kebaikan yang diharapkan Tuhan Yang Maha Kuasa. Ini adalah pahala bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barang siapa yang menghidupkan malam Qadar -dengan ketaatan- karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu. Dan barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah berlalu." (HR. Bukhari dalam Kitab as-Shiyam).

ADVERTISERMEN

Sedang Trends Terkait: Rahasia Tetap Sehat Berpuasa di Bulan Ramadhan 1438 H 2017 M