Manfaat kacang mete, kacang mede, atau kacang mente adalah sejenis biji yang dihasilkan dari buah Jambu monyet atau jambu mede. Kacang mete merupakan bahan yang populer dan diketahu memiliki berbagai manfaat dan khasaiatnya untuk kesehatan. Apa yang membuat kacang mede yang tinggi mineral ini berguna untuk kesehatan dan kecantikan tubuh?

Anda akan segera mengetahuinya disini, dalam artikel ini kami telah membagikan banyak informasi mengenai manfaat kesehatan dari kacang mete. Ini dia, manfaat kacang mete untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kacang Mete yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Kesehatan Jantung

Menurut studi yang menunjukkan bahwa kacang-kacangan cenderung bermanfaat bagi kesehatan, dan melakukan pemeriksaan terhadap berbagai penyakit, seperti penyakit jantung. Studi secara konsisten menunjukkan bahwa asupan kacang memiliki efek penurun kolesterol, dalam konteks diet sehat, dan ada bukti efek menguntungkan pada stres oksidatif, peradangan, dan reaktivitas vaskular. Manfaat kacang mete membantu menurunkan LDL dan meningkatkan  HDL.

HDL bertanggung jawab untuk menyerap kolesterol dari jantung dan membawanya ke hati untuk dipecah. Penelitian juga telah menyatakan bahwa manfaat kacang mete  hanya mengkonsumsinya segenggam sehari sebagai bagian dari diet rendah lemak dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Penyakit Darah

Manfaat mengkonsumsi kacang mete secara teratur dan terbatas dapat membantu dalam menghindari penyakit darah.  Kacang mete kaya akan zat besi dan tembaga, yang berperan penting dalam  membentuk dan memanfaatkan sel darah merah, menghilangkan radikal bebas dari tubuh, menjaga tulang, sistem kekebalan tubuh, saraf, dan pembuluh darah agar sehat dan berfungsi dengan baik.

3. Melindungi Mata

Di lingkungan perkotaan yang sarat dengan polusi yang berlebihan, mata kita sering menjadi korban berbagai infeksi. Kabar bainya salah satu manfaat kacang mete juga berkhasiat untuk melindungi kesehatan mata. Manfaat kacang mete untuk melindungi mata, karena ia mengandung pigmen antioksidan kuat yang disebut Zea Xanthin.

Pigmen ini mudah dan langsung diserap oleh retina kita, yang kemudian membentuk lapisan pelindung di atas retina yang mencegah sinar UV yang berbahaya.  Kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin yang bersifat sebagai antioksidan pada kacang mete bermanfaat untuk membantu melindungi mata dari kerusakan ringan, mencegah degenerasi makula terkait usia pada orang tua dan dan bahkan membantu mengurangi katarak.

4. Menurunkan Berat Badan

Dibandingkan dengan diet yang tidak termasuk asupan kacang, orang yang mengkonsumsi kacang secara moderat dan teratur mampu untuk menurunkan berat badan lebih cepat.  Kacang-kacangan seperti kacang mete "dikemas dengan asam lemak Omega 3 yang berkontribusi memberi dorongan pada proses metabolisme untuk membakar lemak berlebih.

Mengkonsumsi kacang termasuk kacang mete merupakan pilihan makanan ringan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, karena mereka berkhasiat dan cenderung membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama.

5. Sumber Serat

Menurut penelitian, kacang mete memiliki persentase yang besar dari serat makanan. Dua serat makanan penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita adalah, asam oleat dan asam palmitat.  Serat ini tidak diproduksi oleh tubuh kita sehingga perlu dikonsumsi secara eksternal.

Kacang mete adalah sumber serat yang baik. Serat makanan membantu mencerna makanan dengan lebih baik, namun konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kembung dan produksi gas usus yang signifikan. Konsumsi kacang-kacangan seperti kacang mede telah dikaitkan dengan penurunan kejadian beberapa penyakit pencernaan.

6. Rambut Sehat dan Berkilau

Para ahli mengatakan bahwa konsumsi kacang mete serta penerapan minyak mete di kulit kepala Anda bermanfaat untuk memastikan rambut menjadi sehat. Tembaga yang ada pada minyak kacang mete membantu produksi pigmen kulit dan rambut yang disebut melanin. Selain itu, manfaat kacang mete untuk rambut, juga mampu untuk meningkatkan warna rambut dan bisa memberikan tekstur halus karena adanya asam linoleat dan oleat.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Manfaat Kacang Mete yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan