Cara merawat rambut dengan bawang bombay agar tidak rontok - Rambut kita sering menjadi bagian dari identitas kita, jadi kita harus berusaha keras untuk melestarikannya.

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut cantik, sehat dan berkilau? Menumbuhkan rambut bisa memakan waktu lama bagi beberapa orang, sementara yang lain menemukan diri mereka sedang berjuang dengan rambut yang menipis. Melakukan perawatan rambut dengan memanfaatkan bawang bombay untuk rambut rontok merupakan salah pilihan alami dan sederhana, yang bisa Anda lakukan di rumah. Bawang bombai atau Allium Cepa Linnaeus telah lama dikenal khasiatnya untuk mengatasi kerontokan rambut dengan cara meningkatkan pertumbuhan kembali rambut.

Bagi Anda yang saat ini sedang berjuang mengatasi rambut tipis, rambut rontok, atau hanya ingin rambut Anda tumbuh subur dan indah. Bawang bombay bisa dijadikan sebagai solusi alami yang aman untuk merangsang pertumbuhan rambut. Ini merupakan salah satu pilihan paling populer aman dan efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut, daripada menggunakan larutan kimia yang keras dan berbahaya.

Bawang bombay merupakan obat alami ini mungkin tidak terdengar menarik, namun pengobatan ini berhasil memikat perhatian banyak orang untuk mengatasi rambut rontok selama beberapa dekade. Lalu, bagaimana cara merawat rambut dengan bawang bombay agar tidak rontok? Baca terus untuk mengetahui cara kerjanya.

Bagaimana Bawang Bombay Membantu Pertumbuhan Rambut?

Bawang kaya akan sulfur. Mineral ini merupakan salah satu senyawa yang memiliki kemampuan untuk membentuk ikatan kimia, yang berpengaruh pada tekstur dan kesehatan rambut. Kandungan sulfur atau belerang  pada bawang bombay membuat metode ini efektif sehingga membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan menyediakan folikel rambut dengan makanan yang cukup.  Belerang juga mempromosikan produksi kolagen yang diperlukan untuk produksi rambut baru.

Rambut diproduksi di folikel dan bila ada lebih banyak darah dan kolagen yang masuk ke dalam folikel ini, mereka menerima stimulasi dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk menumbuhkan rambut baru.

Bawang juga memiliki sifat anti-bakteri, sehingga membantu infeksi kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, bawang bombay juga mengandung enzim katalase, yang merupakan anti-oksidan yang baik, dan bermanfaat untuk mencegah uban prematur di usia muda.

Cara Merawat Rambut dengan Bawang Bombay agar Tidak Rontok
Ada kalanya kulit kepala terinfeksi melalui bakteri, hal ini dapat menyebabkan rambut rontok dengan cepat. Bawang bombay memiliki sifat anti-bakteri, sehingga membantu mengobati infeksi kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan rambut secara lebih aman tanpa menggunakan antibiotik.

Bawang juga menambah kekuatan pada rambut yang membantu mencegah kerusakan dan penipisan lebih lanjut dari yang terjadi. Selain itu, bawang bombay juga mengandung enzim katalase, yang merupakan anti-oksidan yang baik, dan bermanfaat untuk mencegah uban prematur di usia muda.

Cara Merawat Rambut dengan Bawang Bombay agar Tidak Rontok

 Cara Merawat Rambut dengan Bawang Bombay agar Tidak Rontok

Bawang untuk Menumbuhkan Rambut

Untuk menuai manfaat yang ditawarkan bawang dalam meningkatkan pertumbuhan rambut, Anda dapat mengolah bawang bombay menjadi jus dari beberapa bawang dan menerapkannya ke seluruh kulit kepala. Jangan biarkan bau bawang bombay membuat Anda takut, metode ini berhasil, dan bekerja dengan baik.

Jus dari bawang bombay diterapkan ke kulit kepala setidaknya selama tiga puluh menit. Setelah itu, bilas dengan sampo ringan. Perawatan rambut alami dengan bawang bombay untuk mengatasi rambut rontok, perlu dilakukan setidaknya tiga kali seminggu.

Cara Membuat Jus Bawang Bombay Untuk Rambut

Pembuatan jus bawang untuk digunakan sebagai hair tonic pun gampang. Jika Anda tidak memiliki jus extractor, Anda bisa menggunakan blender, food processor, atau parutan untuk mendapatkan sebanyak mungkin jus yang diekstraksi. Anda memerlukan cukup banyak bawang untuk proses ini, dan harus menyesuaikan jumlahnya sesuai dengan panjang rambut Anda.

Cara Mudah Menggunakan Jus Bawang Bombay untuk Pertumbuhan Rambut

Mencoba pengobatan rumah berikut akan bekerja untuk mengatasi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Pilih salah satu metode berikut yang paling sesuai dengan Anda, dan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut juga kesehatan rambut secara keseluruhan.

Pertama, cuci bawang bombay secara menyeluruh dan lepaskan lapisan terluar. Potong kecil-kecil dan haluskan menggunakan blender atau parut hingga halus. Peras untuk mendapatkan sebanyak mungkin sarinya. Pijatkan ke rambut, terutama pada akar dan kulit kepala. Diamkan selama 30-45 menit, lalu cuci dengan menggunakan shampo. Lakukan cara perawatan rambut ini 1-2 kali seminggu, untuk memberikan hasil yang diinginkan.

Cara Membuat Masker Rambut dari Bawang Bombay dan Madu

Sebagai cara alami perawatan rambut rontok, kamu juga bisa memanfaatkan sari bawang bombay menjadi bahan utama masker rambut alami. Cukup campurkan 2 sendok makan sari bawang bombay dan 1 sendok makan madu. Aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 15 menit. Lanjutkan dengan mencucinya dengan shampo hingga bersih.

Bilasan Air Bawang Bombay untuk Pertumbuhan Rambut

Selain mengaplikasikannya langsung ke rambut, sari bawang bombay ini juga dapat dicampurkan dengan air hangat untuk membilas rambut. Cara alami mengatasi rambut rontok ini dapat dipakai setiap hari. Tapi hati-hati dengan bau bawang yang menempel pada rambut. Gunakan shampo dan bilas dengan campuran air hangat dan lemon.

Resep Minyak Kelapa dan Bawang Bombay untuk Pertumbuhan Rambut

Gunakan sekali seminggu sebagai cara mengatasi rambut rontok berlebihan. Campurkan 1 sendok makan sari bawang bombay dengan 2 sendok makan minyak kelapa. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihanmu, untuk membantu menutupi bau bwang yang kuat. Pijatkan campuran ini ke kulit kepala dan biarkan 1-2 jam. Cuci dengan shampo dan air hangat, lalu akhiri membilasnya dengan air dingin.

Konsumsi Bawang Bombay yang Cukup untuk Pertumbuhan Rambut

Tidak hanya menjadikan rasa dan aroma masakan makin sedap, konsumsi bawang bombay dapat menjadi cara merawat rambut rontok. Jika tidak tahan dengan aroma bawang bombay yang dikonsumsi langsung, tambahkan saja pada menu makananmu. Cara ini menawarkan manfaat yang sama seperti mengaplikasikan bawang mentah pada kulit kepala.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Merawat Rambut dengan Bawang Bombay agar Tidak Rontok