Cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan-bahan alami - Rambut rontok merupakan suatu kondisi yang memiliki banyak penyebab dan dapat mempengaruhi hampir semua orang.

Melakukan perawatan rambut dapat ditempuh dengan beberapa cara yang alami, dan dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk memerangi kerontokan rambut menggunakan bahan-bahan alami agar rambut Anda kembali sehat.

Cara Mengatasi Rambut Rontok, Dapatkan Rambut Kuat Dan Indah‎ Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan-Bahan Alami
Pastinya, akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bila seorang perempuan memiliki rambut yang sehat, indah dan berkilau. Namun sayangnya, tak semua wanita bisa memiliki rambut indah seperti yang di idamkan tersebut. Masalah terbesar yang dialami hampir setiap wanita adalah rambut rontok, terutama bagi wanita yang memiliki rambut yang panjang.

Nah jika anda juga mengalami hal demikian, jangan khawatir.  Banyak kok mengatasi rambut rontok menggunakan bahan-bahan alami yang bisa Anda coba terapkan.

Dengan rutin menerapkan perawatan secara alami, kerontokan akan berkurang dan berangsur-angsur rambut akan kembali sehat.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Kerontokan pada rambut terbagi menjadi beberapa jenis rambut rontok. Ada yang bersifat sementara, dan yang lainnya bersifat permanen.

Di bawah ini adalah bahan-bahan yang berguna untuk mengatasi rambut rontok yang bersifat sementara, cobalah salah satu bahan dibawah ini, sebagai solusi untuk mengatasi masalah rambut rontok dengan cara meningkatkan pertumbuhan rambut baru Anda yang mudah dilakukan dirumah!

1. Green Tea atau Teh Hijau

Teh hijau telah dikenal memiliki begitu banyak manfaat kesehatan, dan salah satu khasiat yang ditawarkan green tea atau teh hijau yaitu untuk mengatasi kerontokan rambut.

Mengapa teh hijau bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok?

Manfaat green tea atau teh hijau untuk mengatasi rambut rontok karena mengandung beberapa antioksidan yang paling kuat, yang membantu menguatkan rambut Anda dan ini termasuk:
  • Vitamin B (panthenol), yang biasanya Anda temukan pada produk perawatan rambut (terutama kondisioner); Ini membantu melembutkan rambut Anda, dan memperkuat folikel rambut Anda. Minum atau aplikasi langsung ke kulit kepala Anda akan membantu menstimulasi pertumbuhan rambut sehat.
  • Teh hijau mengandung antioksidan "EGCG" (atau epigallocatechin gallate) yang memiliki kemampuan merangsang pertumbuhan rambut. Dengan menerapkan teh hijau secara langsung pada kulit kepala, cara ini akan berguna untuk meningkatkan pertumbuhan folikel rambut secara signifikan.
  • Sifat anti-inflamasi dalam teh hijau membantu menghentikan kerontokan rambut dan bahkan mendorong pertumbuhan rambut baru. Itu berarti Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan kulit kepala Anda dan melawan infeksi kulit kepala yang bisa melemahkan akar rambut Anda. Ingat bahwa kulit kepala yang sehat membuat rambut lebih mungkin tumbuh.
  • Teh hijau mengandung DHT-blocker alami yang disebut "5-alpha-reductase". Karena teh hijau membantu menghalangi DHT "Dihydrotestosterone", ini akan membantu menghentikan salah satu penyebab utama kebotakan.

Cara pemakaian:
Pertama, siapkan 2 kantung teh hijau dan air hangat secukupnya. Kemudian seduh 2 kantong teh hijau yang telah disiapkan tadi dengan air hangat. Tunggu sekitar 1 menit agar teh bisa larut sempurna..

Setelah cairan teh hijau jadi, usapkan secara merata pada seluruh bagian rambut sampai ke kulit kepala Anda agar melingkupi seluruh bagian rambut yang rontok. Jangan langsung dibilas, tunggu sekitar 10 menit agar kandungan dari teh hijau bisa meresap sempurna. Kemudian setelah itu, baru bilas dengan air bersih.

Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari untuk kerontokan rambut yang parah, dan cukup 2 hari sekali bila kerontokan telah berkurang.

2. Daun seledri segar

Bukan cuma ampuh untuk mengurangi rambut rontok, namun daun seledri juga memiliki manfaat lain untuk rambut Anda, yaitu menyegarkan dan membuat rambut tampak lebih sehat. Daun seledri segar adalah bahan berikutnya yang dapat dijadikan sebagai cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur Anda!

Cara pemakaian:
Caranya, siapkan 10 batang seledri segar dan air bersih secukupnya. Lalu haluskan semua seledri yang telah disiapkan. Kemudian tambahkan sedikit air bersih yang telah disiapkan tadi.

Basahi rambut dengan air bersih sampai ke kulit kepala, keringkan dengan handuk agar rambut lembab. Oleskan seledri halus secara merata pada rambut sampai ke kulit kepala.

Pijat kulit kepala dengan gerakan lembut selama beberapa saat agar kepala lebih rilek dan kandungan vitamin dapat meresap dengan baik sampai ke akar-akar rambut. Diamkan kurang lebih 5 menit agar penyerapan vitamin lebih optimal, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin 1 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Yoghurt

Ternyata yoghurt yang enak punya segudang manfaat untuk Anda. Salah satunya adalah untuk mengurangi rambut rontok. Bagaimana caranya? cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan-bahan alami dengan yoghurt   terbilang cukup mudah kok,  yang perlu Anda lakukan cukup siapkan yoghurt alami sebanyak 1 mangkuk dan air bersih.

Cara pemakaian:
Cara merawat rambut rontok dengan yoghurt sangat mudah yaitu yoghurt difungsikan sebagai creambath. Caranya, saat Anda selesai keramas, oleskan yoghurt ke seluruh permukaan rambut Anda secara merata sampai ke kulit kepala. Pijat lembut kulit kepala beberapa saat, lalu diamkan selama 2-4 menit.

Setelah itu bilas hingga bersih menggunakan air yang mengalir. Lakukan perawatan rambut rontok dengan menggunakan yoghurt secara rutin 1 kali sehari. Bila kerontokan rambut telah berkurang, cukup gunakan 3 hari sekali untuk merawat kesehatan rambut Anda.

4. Bawang putih

Bukan hanya enak dijadikan sebagi bumbu penyedap masakan rumah, nyatanya bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai perawatan rambut rontok.

Caranya, siapkan 5-6 siung bawang putih (banyaknya disesuaikan lebat dan panjang rambut Anda) dan jangan lupa siapkan juga air bersih. Selanjutnya haluskan semua bawang putih yang telah disiapkan ditambah dengan sedikit air.

Cara pemakaian:
Sebelum tidur, basahi rambut dengan air bersih, kemudian keringkan dengan handuk. Dalam keadaan masih lembab, oleskan pasta bawang putih yang telah jadi secara tipis dan merata ke seluruh permukaan rambut. Ketika menjelang pagi, bilas sisa pasta bawang putih di rambut dan kulit kepala Anda dengan air mengalir hingga bersih.

Untuk perawatan dengan bawang putih resiko perawatan adalah bau bawang putih yang menyengat, jadi setelah pemakaian sebaiknya gunakan vitamin rambut yang banyak dijual di toko-toko.

5. Lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal sebagai salah satu bahan alami yang ampuh untuk merawat rambut rontok. banyak penelitian yang membuktikan jika tanaman ini memang terbukti bisa meremajakan lagi sel dan bentuk jaringan pada rambut agar menjadi lebih sehat.

Caranya pun cukup sederhana, tinggal siapkan 2-3 batang lidah buaya, kemudian belah menjadi dua bagian dan ambil dalamnya saja. Lalu potong-potong atau haluskan hingga membentuk gel.

Cara pemakaiaan:
Tanpa perlu membasahi rambut, oleskan secara merata gel lidah buaya yang telah dibuat dari ujung rambut hingga sampai pada kulit kepala Anda. Diamkan kurang lebih 20 menit agar kandungan vitamin dapat menyerap sampai ke batang rambut dan kulit kepala.

Kemudian bilas hingga bersih dengan air mengalir. Gunakan secara rutin 2 kali sehari untuk hasil maksimal, atau bisa 1 sampai 2 hari sekali sebagai perawatan rambut agar tetap sehat.

6. Jeruk nipis

Selain nikmat digunakan sebagai pelengkap sajian soto, jeruk nipis juga dapat di manfaatkan  sebagai bahan alami yang merawat rambut rontok. Cukup dengan menyiapkan 1 buah jeruk nipis, lalu iris menjadi beberapa bagian. Usapkan secara merata irisan jeruk nipis ke kulit kepala dan diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Lakukan perawatan rutin dengan jeruk nipis kurang lebih 1 kali sehari agar mendapat hasil maksimal, dan kemudian laukan 2-3 hari sekali untuk perawatan.

Beberapa Kondisi yang Menyebabkan Rambut Rontok

  • Alopecia Androgenetic adalah bentuk kerontokan rambut yang paling umum untuk kedua jenis kelamin, meskipun ia bermanifestasi dengan cara yang berbeda menurut jenis kelaminnya. Pada pria, kondisi ini dikenal sebagai kebotakan umum, yang sering berkembang menjadi kebotakan sebagian atau keseluruhan. Bagi wanita, bentuk Alopecia ini biasanya berakibat pada penipisan massa rambut dari waktu ke waktu, tapi jarang mengubah garis rambut dalam kebotakan total.
  • Alopecia Areata adalah kondisi medis (auto-immune origin) yang mengakibatkan jatuhnya rambut dengan bercak bulat sebagian besar di kulit kepala tapi bisa terjadi di tempat lain di tubuh (janggut misalnya). Alopecia Areata dapat ditemukan dalam 2 bentuk (totalis - kehilangan semua rambut kepala atau universal - kehilangan seluruh rambut di kepala dan tubuh).
  • Alopecia Traction dihasilkan dari penataan gaya rambut yang ketat yang berkepanjangan atau berulang ke rambut (misalnya gaya mengepang rambut Afrika). Hal ini paling sering mempengaruhi daerah kulit kepala secara frontal dan temporal.

Tips Mencegah Rambut Rontok

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Bagi Anda yang ingin menghindari kerontokan pada mahkota yang Anda sayangi, berikut beberapi tips yang bisa Anda gunakan.

1. Jaga kebersihan kulit kepala dan rambut

Kulit kepala dan rambut yang kotor menyebabkan kondisi rambut Anda menjadi rapuh. Kotoran akan terkumpul, hingga menimbulkan berbagai macam gangguan, salah satunya ketombe.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk keramas secara rutin dengan anjuran yang baik adalah 2 hari sekali. Namun, jangan pula terlalu sering keramas dengan sampo rambut, karena dapat menghilangkan minyak alami rambut yang berfungsi untuk kesehatan dan perlindungan rambut.

2. Selalu Jaga Kebersihan Benda yang Kontak Dengan Rambut

Mulai sekarang bersihkan bantal, handuk, sisir dan peralatan lain yang bersentuhan dengan rambut Anda. Kontaminasi kotoran yang berkala pada rambut Anda dapat menyebabkan kerusakan hingga menyebabkan kerontokan pada rambut.

3. Hindari paparan sinar matahari

Sinar matahari pagi memang baik untuk kesehatan dan juga untuk kesehatan rambut Anda. Namun, paparan sinar matahari pada siang hari dalam waktu lama dan berkala dapat merusak jaringan dari sel rambut Anda. Terlebih lagi, kandungan sinar UV pada waktu siang hari yang banyak akan mempercepat kerusakan yang ada pada rambut Anda.

Cara yang baik untuk menghindari paparan sinar matahari langsung adalah dengan mengenakan topi atau payung saat bepergian.

Itulah  beberapa cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan-bahan alami dan tips mencegah rambut rontok yang mudah dan dapat Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!
Sedang Trends Terkait: Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Advertisement