Baking soda untuk ketombe - Cara merawat rambut dengan baking soda untuk atasi ketombe, bagaimana cara menghilangkan ketombe menggunakan baking soda? Saat Anda menyisir rambut dan melihat serpihan putih sial keluar dari rambut Anda. Apa reaksi anda? Anda berharap bisa menjerit untuk meminta pertolongan, tapi sudah terlambat.

Nah, jangan panik dulu! Ketombe mungkin sulit untuk disingkirkan, tapi jelas bukan tidak mungkin untuk menghilangkan ketombe. Dengan perawatan yang tepat dan teratur, ketombe bisa dieliminasi sekali dan untuk selamanya.

Beberapa obat ketombe terbaik telah ditemukan tepat di dapur Anda! Apakah Anda pernah membayangkan manfaat baking soda untuk menghilangkan ketombe? Tahukah Anda bahwa baking soda memiliki potensi yang baik sebagai pengobatan di rumah untuk mengatasi ketombe?

Nah, di artikel cara merawat rambut alami ini, kami akan mengungkap fakta bawha baking soda adalah obat yang fantastis untuk menghilangkan ketombe. Anda akan segera mengetahuinya disini.

Baking soda merupakan salah satu bahan obat ketombe terbaik yang mudah tersedia di sebagian besar pedagang makanan dan harganya pun jauh lebih murah dan lebih efektif daripada kebanyakan shampo ketombe.

Bagaimanapun, sebagian besar shampo di pasar sarat dengan bahan kimia dan lebih berbahaya daripada makanan. Mintalah mereka yang menggunakan baking soda untuk membilas rambut mereka, dan mereka akan menjamin bahwa ini adalah alternatif yang sehat dan aman untuk semua kondisioner atau sampo di pasaran.

Lantas seberapa efektif baking soda ini untuk ketombe? Lalu apakah baking soda bagus untuk mengatasi masalah ketombe? Baca terus untuk mengetahuinya!

Baking Soda Untuk Ketombe

Baking Soda Untuk Ketombe
Baking soda merupakan salah satu solusi alami untuk menghilangkan ketombe, baking soda memiliki kemampuan untuk membersihkan kulit kepala dan membantu menghilangkan serpihan ketombe hanya dengan beberapa kegunaan. Berikut adalah manfaat menggunakan baking soda untuk ketombe.

Manfaat Baking Soda untuk Rambut Berketombe

  • Baking soda menghilangkan kelebihan sebum yang dihasilkan oleh kulit kepala. Baking soda membantu membersihkan minyak dan lemak pada rambut Anda sehingga rambut Anda tetap bersih namun lembut.
  • Baking soda adalah antiseptik alami; Oleh karena itu, ia juga berguna untuk mengobati infeksi jamur yang menyebabkan ketombe.
  • Menggunakan baking soda secara teratur juga akan menenangkan kulit kepala Anda, dan ini akan menghasilkan sedikit minyak. Hal ini karena baking soda bermanfaat untuk menyeimbangkan pH kulit kepala.
  • Baking soda tidak mengeringkan rambut Anda secara ekstensif. Namun, ia juga menyejukkan kulit kepala yang gatal.
  • Baking soda bisa digunakan sebagai sampo kering karena kualitas penyerap minyaknya.

Baking soda yang biasa tersedia di rak dapur rumah Anda memang bisa menjadi kunci untuk menjaga kulit kepala bebas flake dan sehat. Anda bisa menggunakannya dengan hanya menambahkan 2-3 sendok makan ke secangkir air suam-suam kuku. Campurkan ini dengan baik dan oleskan ke kulit kepala Anda. Pijat lembut dan biarkan selama satu atau dua menit. Kemudian keramas rambut Anda seperti biasa.

Selain menggunakannya cara diatas, Anda juga bisa menambahkan berbagai ramuan ke dalam baking soda dan membuat obat yang lebih ampuh untuk mengatasi ketombe. Temukan di bawah ini, untuk mengetahu kombinasi yang lebih efektif lagi.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Baking Soda

 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Baking Soda
Memanfaatkan baking soda untuk ketombe akan lebih efektif, jika di kombinasikan dengan bahan-bahan alami dibawah ini. Berikut, beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan baking soda untuk mengatasi masalah ketombe.

#1. Cuka Sari Apel dan Baking Soda Untuk Ketombe

Keasaman cuka sari apel menyeimbangkan alkalinitas baking soda. Kombinasi ini bekerja bersamaan untuk menyeimbangkan pH kulit kepala dan juga berfungsi sebagai agen antimikroba yang akan melawan jamur.

Bahan-bahan yang Anda perlukan
  • 2 sendok teh baking soda
  • 2-3 sendok makan cuka sari apel

Cara mengolahnya
Campur kedua bahan bersama-sama dan oleskan pada kulit kepala. Pijat selama satu atau dua menit. Kemudian bilas rambut Anda dengan air dingin. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

[Baca juga: cara menghilangkan uban di usia muda dengan kembang sepatu]

#2. Lemon dan Baking Soda Untuk Ketombe

Air lemon adalah zat alami yang memiliki khasiat untuk membunuh jamur yang menyebabkan ketombe. Ini adalah cara merawat rambut alami lainnya yang bisa Anda coba dengan baking soda untuk atasi masalah ketombe. Simak resepnya di bawah;

Bahan-bahan
  • 2 sdm jus lemon
  • 1 ½ sendok teh baking soda

Cara mengolahnya
  1. Buatlah pasta tipis dari bahan yang tercantum dan oleskan pada kulit kepala.
  2. Pijat dan biarkan selama 2-3 menit. Lalu, cuci rambut Anda dengan air dingin.
  3. Lakukan ini dua kali seminggu.

[Baca juga: daun jambu biji untuk rambut rontok]

#3. Baking Soda dan Tea Tree Oil Untuk Ketombe

Tea tree oil memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri, jamur, dan bahkan virus, karena komponen antimikrobanya. Menambahkannya ke perawatan rambut untuk ketombe dengan baking soda akan mempercepat proses membunuh jamur kulit kepala dan memberi Anda rambut bebas kutu.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan
  • 2 sendok teh baking soda
  • Setetes minyak pohon teh (Tea tree oil)
  • ½  gelas air

Cara mengolahnya
  1. Campur semuanya dan aplikasikan di kulit kepala.
  2. Bilas rambut Anda setelah 15 menit.
  3. Lakukan ini dua kali seminggu.

[Baca juga: cara alami merawat rambut agar lebih kuat]

#4. Minyak Zaitun dan Baking Soda Untuk Ketombe

Sementara baking soda menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran serta menghilangkan infeksi jamur, disisi lain minyak zaitun memproyeksikan kulit kepala dan menguncinya dalam kelembaban. Kekeringan yang terkait dengan ketombe akan hilang dalam beberapa aplikasi. Kuning telur dalam kemasan rambut ini juga mengkondisikan kulit kepala sekaligus membuat rambut bersinar secara alami.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 kuning telur
  • 1 sendok makan minyak zaitun

Cara mengolahnya
  1. Panaskan sedikit minyak zaitun dan tambahkan ke kuning telur. Untuk ini, tambahkan baking soda powder dan aduk rata.
  2. Oleskan ke kulit kepala hingga ke rambut, lalu biarkan selama sekitar 20 menit.
  3. Bilas dengan air suam-suam kuku dulu, lalu bilas kembali dengan air dingin.
  4. Lakukan ini dua kali seminggu untuk menghilangkan ketombe.

#5. Minyak Kelapa dan Baking Soda Untuk Ketombe

Minyak kelapa adalah emolien dan humektan yang bertindak untuk mengurangi kekeringan dan gatal dari kulit kepala, sekaligus membuatnya tetap lembab. Madu juga bekerja sebagai antioksidan yang membantu memulihkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan
  • 1 ½ sendok teh baking soda
  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • 1 sendok makan madu

Cara mengolahnya
  1. Tambahkan baking soda dan madu ke minyak kelapa dan aduk rata.
  2. Oleskan ini pada kulit kepala dan biarkan selama 20-30 menit.
  3. Bilas rambut Anda seperti biasa.
  4. Gunakan masker rambut ini dua kali seminggu.

Peringatan

Baking soda bersifat basa, jadi jangan khawatir jika rambut Anda terlihat buruk setelah dicuci. Cobalah beberapa kali mencuci setelah itu, dan rambut Anda akan lebih sehat dari sebelumnya.

Kombinasi baking soda ini akan membantu Anda menyingkirkan ketombe dengan mudah dan cepat. Mereka juga membantu menangkal rambut rontok dan masalah terkait ketombe lainnya seperti kekeringan / keasaman dan sensasi gatal. Setelah kondisi ini terkendali, kulit kepala Anda akan melanjutkan pertumbuhan rambut sehat.

Ada satu hal yang perlu diingat saat sedang berusaha melawan ketombe, ini bukanlah obat ajaib yang bisa menghilangkan ketombe dalam semalam. Anda harus sedikit bersabar untuk melihat hasilnya. Cara terbaik untuk melawan ketombe adalah terus berjuang sampai ketombe menyerah dan lari terbirit-birit. :)

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Baking Soda Untuk Ketombe