Tips perawatan rambut bercabang dengan cara yang alami - Perawatan rambut adalah istilah keseluruhan untuk kebersihan dan tata rias yang melibatkan rambut yang tumbuh dari kulit kepala. Setiap individu, tentunya memiliki rutinitas perawatan rambut berbeda sesuai dengan budaya individu dan karakteristik fisik rambut seseorang.

Tips Perawatan Rambut, Tips Perawatan Rambut, Tips Perawatan Rambut
Perawatan rambut dan perawatan kulit kepala dapat muncul terpisah, tetapi sebenarnya terjalin karena rambut tumbuh dari bawah kulit. Bagian hidup dari rambut (folikel rambut, akar rambut, akar sarung, dan kelenjar sebasea) yang di bawah kulit, sedangkan batang rambut yang muncul sebenarnya (kutikula yang meliputi korteks dan medula) tidak memiliki proses hidup.

Kerusakan atau perubahan yang dibuat pada batang rambut terlihat tidak dapat diperbaiki oleh proses biologis, meskipun banyak yang dapat dilakukan untuk mengelola rambut dan memastikan bahwa kutikula tetap utuh. Kulit kepala, sama seperti kulit lainnya pada tubuh, harus terjaga kebersihannya agar tetap sehat untuk memastikan produksi rambut yang sehat.

Jika kulit kepala tidak dibersihkan secara teratur oleh mereka yang memiliki masalah rambut kasar atau memiliki masalah rambut rontok, dapat mengakibatkan hilangnya rambut. Namun, tidak semua gangguan kulit kepala adalah hasil dari infeksi bakteri.  Beberapa timbul bisa dijelaskan, dan gejala sering dapat diobati untuk pengelolaan kondisi (misalnya: ketombe). Ada juga bakteri yang dapat mempengaruhi rambut itu sendiri.

Tips Perawatan Rambut Bercabang

Tips Perawatan Rambut Bercabang
Rambut bercabang, dikenal secara resmi sebagai trichoptilosis, kondisi ini terjadi ketika pelindung kutikula telah dilucuti dari ujung serat rambut. Situasi ini melibatkan membelah longitudinal serat rambut. Setiap trauma kimia atau fisik, seperti panas, dan cuaca dapat membuat ujung rambut akhirnya membagi (bercabang).

Sebagai contoh, penggunaan alat pengeriting rambut dan perawatan panas lainnya dapat menyebabkan rambut bercabang. Aplikasi berlebihan dari produk rambut seperti perms dan pewarnaan rambut dapat melucuti layering pelindung dari luar poros rambut dan melemahkan rambut, sehingga membuat rambut rentan untuk membagi.

Biasanya, kasus rambut bercabang terjadi karena serat rambut yang rusak terbagi menjadi dua atau tiga helai dan perpecahan mungkin dua sampai tiga sentimeter panjangnya. Rambut bercabang yang paling sering diamati pada rambut panjang tetapi, juga terjadi pada rambut pendek yang tidak dalam kondisi baik. Seperti rambut tumbuh, minyak pelindung alami kulit kepala bisa gagal mencapai ujung rambut.

Ujung rambut dianggap tua setelah mereka mencapai sekitar 10 sentimeter karena mereka memiliki eksposur lama terhadap sinar matahari, penggunaan banyak sampo dan mungkin telah terlalu panas oleh pengering rambut. Ini semua hasil dari permasalahan rambut kering, ujung rambut rapuh yang rentan terhadap membelah.

Cara Alami Mengatasi Rambut Bercabang

Jika Anda ingin memenangkan pertempuran melawan masalah rambut rusak, maka Anda perlu tahu bagaimana untuk mencegah rambut bercabang. Ada banyak tips perawatan rambut bercabang yang bisa Anda mencobanya di rumah untuk memperbaiki dan mencegah rambut bercabang.

Masker telur untuk Rambut Bercabang

Kocok merata hingga kedua bahan tercampur sempurna, lalu terapkan pada rambut yang bercabang. Jika diperlukan, Anda juga bisa mengaplikasikannya di kulit kepala. Tunggu 30 menit, cuci rambut hingga bersih.

Pepaya untuk Rambut Bercabang

Ambil pepaya matang dan buang bijinya. Selanjutnya tumbuk pepaya. Setelah itu tambahkan setengah cangkir yogurt polos dan aduk lagi. Terapkan ke rambut Anda dan biarkan selama 30 menit atau lebih dan kemudian bilas.

Mayones untuk Rambut Bercabang

Cukup ambil satu sendok mayonnaise dan tambahkan sedikit minyak zaitun. Campur seluruh bahan, terapkan pada kulit kepala. Tunggu selama 30 menit, bilas dengan air dingin.

Pisang untuk Rambut Bercabang

Haluskan pisang menggunakan garpu, tambahkan satu sendok yogurt dan madu, aduk merata. Terapkan pada rambut bercabang, diamkan satu jam, bilas dengan air hangat.

Madu untuk Rambut Bercabang

Pijat campuran satu sendok makan madu dan satu cangkir yogurt ke rambut selama 20 menit dan bilas. Alternatif lain, Anda bisa mencampur dua sendok makan madu ke dalam cangkir air hangat dan oleskan ke rambut Anda setelah keramas. Ini akan mengakhiri masalah rambut bercabang, mengontrol rambut kering dan keriting.

Minyak zaitun untuk Rambut Bercabang

Campurkan 1 sendok minyak zaitun pada seluruh permukaan rambut sebelum keramas, kemudian diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan shampo atau bisa mencampurkan minyak zaitun, minyak jarak serta minyak almond. Pijat rambut dengan ketiga minyak tersebut lalu bungkus dengan handuk selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Lidah buaya untuk Rambut Bercabang

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan rambut salah satunya adalah mengatasi rambut yang bercabang. Kandungan lidah buaya selain dapat menghitamkan, menyehatkan rambut serta dapat menghilangkan rambut bercabang secara alami. Cara mengatasi rambut bercabang dengan lidah buaya  yaitu dengan mengoleskan lidah buaya ke seluruh permukaan rambut selama 15 hingga 20 menit. Diamkan lalu bilas dengan air bersih.

Pepaya untuk Rambut Bercabang

Langkah pertama, menyiapkan beberapa potong buah pepaya dan fermentasi susu atau yang biasa disebut curd. Giling pepaya dan campur dengan curd hingga menjadi pasta. Aplikasikan pada rambut, terutama pada bagian ujung rambut yang bercabang. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dan sampo sambil dipijat ringan.

Minyak almond untuk Rambut Bercabang

Minyak almond mengandung bahan-bahan yang baik untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Misalnya, kandungan vitamin E yang dapat memperbaiki rambut rusak.

Minyak kelapa untuk Rambut Bercabang

Bukan rahasia lagi jika minyak kelapa dapat mengatasi masalah pada rambut, termasuk rambut bercabang. Oleskan minyak kelapa pada bagian ujung rambut dan diamkan semalaman.

Tips Atasi Masalah Rambut Bercabang

Tips Atasi Masalah Rambut Bercabang

Ubah Cara Keramas

Ketika mengaplikasikan sampo dan kondisioner, berkonsentrasilah pada ujung rambut untuk memperkuat batang rambut. Jangan lupa memilih sampo dan kondisioner khusus untuk rambut becabang atau rambur rusak.

Kurangi Styling dengan Panas

Over-styling dengan pengeriting rambut dan pelurus rambut menjadi penyebab utama dari rambut bercabang. Untuk melindungi rambut dari panas saat keramas, aplikasikan kondisioner yang penuh dengan protein untuk melindungi rambut.

Menyisir dengan Lembut

Sisir rambut setiap hari untuk mendistribusikan minyak alami agar merata ke seluruh bagian rambut mulai ari kulit kepala hingga ke ujung. Sisir rambut Anda saat basah dapat menyebabkan kerusakan jika tidak berhati-hati.

Tutupi Kerusakan dengan Minyak

Rambut kaku biasanya membuat kerusakan rambut terlihat lebih menonjol. Dengan mengaplikasikan minyak rambut di seluruh helai atau hanya pada ujung rambut membuat rambut terlihat lebih sehat. Tuangkan sesendok minyak rambut ke telapak tangan, oleskan pada ujung jari, kemudian aplikasikan pada rambut.


Advertisement


Sedang Trends Terkait: Tips Perawatan Rambut Bercabang