Manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan dan kecantikan - kacang hijau berasal dari keluarga Leguminosae (kacang-kacangan) dan merupakan makanan sehat. Hal ini karena kacang hijau memiliki nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat. Bahkan selama ribuan tahun kacang hijau digunakan untuk berbagai tujuan. Kacang ini berasal dari India serta tumbuh di seluruh Asia. Sebelumnya orang-orang Cina menggunakan kacang hijau untuk obat seperti menurunkan demam dan mengeluarkan racun yang ada di tubuh. Sampai saat ini, kacang hijau masih sering digunakan untuk sajian kuliner, karena kandungan nutrisi yang sangat berguna.

Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau

Manfaat dari Kacang Hijau untuk Kesehatan

Kacang hijau mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B kompleks seperti vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin), niasin, dan asam amino yang berkhasiat sebagai obat untuk demam nifas, memfasilitasi urine, dan anemia. Dan di sini adalah beberapa manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan:

Mengobati anemia

Kacang hijau kaya akan zat besi, sehingga sangat bermanfaat untuk mengobati anemia. Bahkan di antara jenis-jenis biji lainnya, kacang hijau memiliki manfaat kesehatan yang paling unggul, karena tinggi di kandungan besinya.

Menurunkan berat badan

Kacang hijau juga baik bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Kacang hijau tinggi serat dan rendah lemak membuat makanan ini cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Tapi jangan lupa ditambah dengan olahraga teratur agar tetap sehat.

Kehamilan dan janin

Orang dahulu sangat menyarankan bahwa wanita hamil mengkonsumsi kacang hijau. Saran ini dikonfirmasi oleh medis karena berdasarkan penelitian, kandungan protein dalam kacang hijau sangat berguna untuk pertumbuhan sel. Wanita yang makan kacang hijau biasanya memiliki bayi dengan rambut lebat.

Penyapihan makanan

Menyapih makanan biasanya diberikan kepada bayi berumur 6 bulan. Dan makanan yang paling dianjurkan adalah untuk saat menyapih adalah kacang hijau. Vitamin B kompleks yang terkandung di dalamnya akan membuat pertumbuhan bayi secara optimal.

Mengurangi kolesterol

Jika Anda menderita kolesterol tinggi, Anda bisa memotongnya dengan mengkonsumsi kacang hijau secara teratur, karena jenis kacang ini dapat mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. kacang hijau yang rendah kolesterol, dan mengandung serat larut.

Mengurangi risiko kanker payudara

Kacang hijau adalah jenis kacang yang memiliki zat-zat yang berguna untuk memerangi infeksi virus. Zat ini akan memperlambat pertumbuhan sel kanker tertentu, termasuk sel-sel kanker yang ada di payudara. Hal ini juga dapat mencegah pembentukan sel-sel tumor.

Diabetes

Kacang hijau adalah salah satu makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Ini berarti, kacang hijau merupakan makanan yang sangat baik di konsumsi bagi penderita diabetes, karena memiliki kadar glikemik rendah yang dapat menyebabkan kadar gula darah normal.

Mengurangi keluhan menopause

Kacang hijau mengandung nutrisi isoflavon. Ini adalah kelompok phytoestrogen yang membuat kacang hijau memiliki sifat estrogenik alami. Mengkonsumsi 90 mg fitoestrogen per hari akan membantu wanita yang mengalami transisi menopause sehingga mencegah osteoporosis.

Menjaga kesehatan jantung

Sebagai salah satu organ vital, kesehatan jantung sangat penting. Tidak hanya latihan, tetapi juga perlu makan makanan yang baik untuk jantung, salah satunya adalah kacang hijau. Kandungan serat dalam kacang hijau mampu menyerap lemak sehingga tidak menjadi plak di pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Menguatkan tulang

Kalsium dan fosfor merupakan mineral penting yang dapat mendukung tulang dan gigi yang kuat. Termasuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak dan mencegah osteoporosis pada orang dewasa.

Kacang hijau untuk kecantikan

Selain memiliki manfaat kesehatan, mungkacang hijau juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Seringkali kita melihat berbagai produk kecantikan juga menggunakan kacang hijau sebagai bahan utama, bahkan untuk scrub pada kecantikan spa, kacang hijau digunakan sebagai bahan utama.

Kacang hijau bermanfaat bagi kulit untuk mengambil sel-sel kulit mati di tubuh, sehingga ketika Anda selesai menggunakan kacang hijau sebagai scrub, kulit akan terlihat lebih putih, bersih, dan halus.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Manfaat dari Kacang Hijau untuk Kesehatan