Manfaat Dandelion untuk Kesehatan - Randa Tapak atau Dandelion adalah tanaman berbunga yang hidup selama lebih dari dua tahun. Meskipun dianggap sebagai gulma, ia sering digunakan dalam persiapan makanan dan diketahui memiliki kualitas obat oleh orang-orang di Amerika Utara dan Eropa. Dandelion adalah ramuan abadi yang bisa tumbuh sampai ketinggian 12 inci. Dandelion adalah obat yang baik untuk berbagai penyakit. Hal ini digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk diabetes.

Daun muda dari dandelion dipetik untuk salad tonik dan juga digunakan sebagai obat. Beberapa konstituen aktif Dandelion adalah tanin, triterpen, minyak volatil, sterol, glikosida, asparagin dan kolin. Hal ini juga kaya berbagai mineral seperti besi, magnesium, kalium, kalsium, niasin, mangan dan seng dengan vitamin A, B, C dan D. Dandelion memiliki beta karoten lebih dibandingkan dengan wortel dan kalium dalam dandelion lebih besar dari bayam atau brokoli.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas:  Magnoliopsida
Ordo:   Asterales
Famili: Asteraceae
Genus:  Taraxacum

Dandelion sering dianggap sebagai gulma mengganggu. Namun, tanaman invasif ini adalah obat yang sangat baik dan makanan yang dapat membuat Anda bebas dari beberapa penyakit. Akar, bunga dan daun dari tanaman ini bisa dimakan.

Tanaman berbunga ini sarat dengan fosfor, zinc, magnesium, kalsium, zat besi, kalium, serat dan vitamin C. Hal ini juga kaya akan vitamin D, vitamin B kompleks, natrium organik, mineral dan protein. Dandelion digunakan baik sebagai obat dan sebagai makanan karena kemampuannya untuk menyembuhkan depresi, anemia, masalah terkait darah, penyakit kulit dan kudis.

Manfaat Dandelion untuk Kesehatan

10 Manfaat dan Khasiat Dandelion Bagi Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat yang ditawarkan dandelion untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Pencernaan

Tanaman dandelion memiliki sifat pencahar ringan yang membantu dalam meningkatkan pencernaan Anda, mempromosikan nafsu makan dan memelihara keseimbangan yang tepat dari bakteri baik dalam usus Anda. Hal ini juga dapat mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan pelepasan empedu dan asam lambung untuk mempercepat proses pencernaan.

Teh yang dibuat dari akar dandelion memiliki efek menguntungkan pada sistem pencernaan, karena bertindak sebagai sebuah anekdot. Tanaman ini juga membantu dalam mengurangi sembelit. Ini adalah makanan tinggi serat yang menarik cairan tubuh yang tidak diinginkan untuk meningkatkan kualitas tinja.

2. Melindungi Hati

Dandelion adalah tanaman yang ramah berkhasiat melindungi hati, karena memiliki Vitamin C dan antioksidan seperti Luteolin untuk mengoptimalkan fungsi hati Anda. Senyawa-senyawa tanaman ini mencegah kerusakan hati dengan menjaga perdarahan di teluk. Ini merangsang fungsi hati dengan pembilasan racun, menjaga keseimbangan elektrolit dan mencegah dehidrasi.

Dandelion mengatur fungsi internal hati yang membantu dalam mempercepat metabolisme dan sintesis kolesterol dan lemak. Hal ini juga membantu dalam penyerapan mineral dengan mencegah terjadinya penyakit dan mencegah peradangan.

3. Perlindungan Ginjal

Dandelion adalah diuretik yang memungkinkan ginjal untuk membersihkan limbah dengan cepat. Hal ini juga meningkatkan produksi urine untuk menjaga tubuh Anda bebas dari kelebihan air dan garam yang tidak diinginkan. Ia memelihara kesehatan sistem kemih Anda dengan membatasi pertumbuhan mikroba. Plus, dapat menggantikan jumlah kalium yang hilang selama proses buang air kecil.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

tanaman berbunga ini merupakan sumber berlimpah kalsium yang membantu dalam memperkuat tulang. Hal ini juga membantu dalam pertumbuhan tulang dan antioksidan yang mencegah tulang dari kerusakan terkait usia. Radikal bebas adalah penyebab di balik terkait kerusakan dan dandelion mencegah masalah, seperti meningkatkan kepadatan tulang, dan mencegah tulang lemah dan tulang rapuh.

Dandelion memiliki Vitamin K yang berperan penting dalam kesehatan tulang yang membantu dalam mencegah kekurangan vitamin ini. Tanaman ini juga mencegah pembekuan darah dan masalah mineralisasi tulang. Ini adalah pilihan yang sempurna untuk wanita pasca menopause yang menghadapi risiko seperti osteoporosis dan patah tulang.

5. Memperlambat Pertumbuhan Sel kanker

Dandelion kaya akan antioksidan seperti Luteolin dan Vitamin C yang menurunkan radikal bebas dalam tubuh Anda untuk mengurangi risiko kanker. tanaman ini dapat mendetoksifikasi tubuh Anda dan mencegah berbagai jenis perkembangan kanker dan tumor.

Kehadiran Luteolin di dandelion membantu dalam meracuni komponen sel kanker dengan cara mengikat dan membuat mereka tidak efektif untuk mencegah reproduksi. Tanaman dandelion yang dikenal sangat efektif dalam memerangi kanker prostat, seperti daunnya mengandung phytonutrients, yang mampu memerangi sel kanker.

6. Membantu Pasien Diabetes

Jus dari tanaman dandelion sangat membantu untuk orang diabetes, karena dapat merangsang produksi insulin di pankreas sekaligus menjaga kadar gula darah. Sebagai tanaman diuretik alami, dandelion dapat meningkatkan proses buang air kecil pada penderita diabetes untuk menghilangkan kelebihan gula dari tubuh mereka.

Orang yang menderita diabetes rentan terhadap kerusakan ginjal dan tanaman berbunga ini dengan sifat diuretik menghilangkan endapan gula dalam ginjal secara efektif. Dandelion dengan rasa pahit membantu dalam mengurangi kadar gula dalam darah. Hal ini juga mengatur kadar insulin dalam tubuh dengan menurunkan tingkat gula darah.

7. Saluran Kemih

Minum teh yang terbuat dari dandelion mencegah segala macam infeksi di saluran kemih. Hal ini juga menyembuhkan pembentukan kista pada organ reproduksi, gangguan kandung kemih dan masalah kandung kemih. Campuran akar dandelion dan ramuan lainnya, dapat memerangi infeksi bakteri. Hal ini juga meningkatkan aliran urin dan mencegah infeksi.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Teh dandelion memiliki kalori yang sangat rendah dan kaya akan nutrisi yang membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Ini adalah obat yang efektif untuk menurunkan berat badan, karena dapat memulai pemecahan kolesterol dan lemak dalam tubuh. Teh dandelion membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat. Teh yang dibuat dari tanaman ini akan membantu Anda tetap kenyang lebih lama untuk menghindari ngemil.

Jika Anda menghadapi masalah kelebihan berat badan yang disebabkan oleh berat air, kemudian minum teh dandelion akan membantu Anda untuk menurunkan kedua berat badan air dan lemak tubuh. Ini adalah diuretik yang membantu dalam pembilasan dari kelebihan air dalam tubuh dan membantu Anda kehilangan hingga 3 pon berat air dalam waktu seminggu.

9. Menyembuhkan penyakit kuning

tanaman dandelion adalah obat yang efektif untuk pasien yang menderita penyakit kuning, karena mengatur produksi empedu dalam hati Anda dan meningkatkan frekuensi buang air kecil untuk menghilangkan kelebihan cairan empedu.

10. Menjaga Kulit Terbebas Dari Infeksi

Getah atau susu dari dandelion dapat mengobati infeksi jamur dan mikroba dari kulit. Properti alkali tanaman ini menyembuhkan eksim, kurap dan gatal-gatal pada kulit Anda. Properti detoksifikasi yang membantu dalam mengobati jerawat dengan mengatur kadar hormon dalam tubuh Anda.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Manfaat dan Khasiat Dandelion untuk Kesehatan