Kegunaan minyak kelapa untuk merawat rambut secara alami - Sebagian individu telah mengenal minyak kelapa yang menawarkan manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan rambut, minyak kelapa adalah minyak yang sangat bergizi, dan memiliki manfaat untuk kesehatan rambut dengan cara alami. Minyak kelapa ini tentu dapat bermanfaat untuk jenis rambut tertentu bila digunakan dengan benar, tapi banyak sumber merekomendasikan menggunakannya dalam cara-cara yang mungkin lebih berbahaya daripada baik. Sebelum Anda menggunakan minyak kelapa ke seluruh kepala Anda, pastikan terlebih dahulu Anda telah mengatahui bagaimana menggunakannya dengan benar untuk mendapatkan manfaat tanpa merugikan rambut Anda!
Kegunaan Minyak Kelapa untuk Merawat Rambut Secara Alami

Mengapa Harus menggunakan Minyak Kelapa untuk Rambut?

Minyak kelapa adalah kaya akan rantai asam lemak menengah atau medium chain fatty acids (MCFAs), jenis khusus dari asam lemak ini memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang sangat bergizi untuk tubuh, yang sangat tinggi dalam rantai C12 dari MCFAs yang dikenal sebagai Asam laurat.

Properti yang menguntungkan ini hadir dalam minyak kelapa, itu;ah sebabnya mengapa menggunakan minyak kelapa dapat membantu mencegah hilangnya protein di rambut (bagi sebagian orang). Struktur minyak kelapa memungkinkan untuk menembus rambut dengan cara yang minyak lainnya tidak mampu, yang mengapa beberapa orang melihat hasil yang luar biasa dan relatif cepat bila menggunakan minyak kelapa untuk rambut.

Gagasan menempatkan minyak langsung di rambut bisa tampak berlawanan dengan intuisi, terutama untuk orang dengan rambut berminyak. Perawatan minyak rambut bergizi telah digunakan selama ribuan tahun, meskipun ini menggunakan rasio minyak tertentu yang menguntungkan (dan ditambah madu dan magnesium) ini tidak digunakan sebagai produk sehari-hari.

Kondisi Rambut Tertentu Menggunakan Minyak Kelapa dapat Berbahaya

Tidak ada keraguan bahwa minyak tertentu dapat bermanfaat untuk rambut dan banyak dari kita kehilangan minyak menguntungkan akibat sering keramas secara berlebihan. Karena over-keramas dan pola makan yang buruk, banyak dari kita juga kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membangun rambut yang sehat di tempat pertama, tapi menambahkan minyak pada rambut apakah bisa menjadi solusinya?

Belum tentu!

Minyak tertentu tampaknya menjadi cukup universal bermanfaat untuk rambut, tapi minyak kelapa tidak selalu menjadi salah satu dari mereka. Misalnya, minyak Castor adalah rahasia kecantikan kuno untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Minyak kelapa, di sisi lain, mendapat hasil yang beragam. Beberapa orang melaporkan memperoleh rambut yang sehat dan halus, sementara yang lain mengklaim bahwa rambut mereka rontok setelah menggunakannya. Jadi apa alasan untuk perbedaan dan bagaimana seseorang dapat mengetahui apakah minyak kelapa menguntungkan atau menyebabkan kerontokan rambut?

Minyak kelapa tidak dapat digunakan untuk setiap jenis rambut

Tidak mengherankan, berbagai jenis rambut menanggapi minyak dengan cara yang berbeda dan minyak kelapa tidak akan bekerja untuk setiap jenis rambut. Karena minyak kelapa membantu rambut mempertahankan protein alami, maka ia akan membantu bagi mereka yang kekurangan protein alami dalam folikel rambut. Studi bahkan telah menegaskan manfaat minyak kelapa untuk jenis tertentu dari rambut, tetapi tidak untuk semua orang!

Biasanya, mereka yang baik untuk rambut berkilau menengah akan melihat hasil yang baik dari menggunakan minyak kelapa dan memeproleh rambut yang kuat, rambut lebih bersinar dengan volume yang lebih. Mereka dengan rambut kasar atau kering mungkin tidak berjuang dengan protein rendah sekali dan minyak kelapa dapat menyebabkan rambut lebih rapuh dan rambut rontok. Orang-orang ini bisa mendapatkan manfaat lebih dari jenis lain dari minyak seperti minyak marula atau minyak argan.

Selain itu, siapa pun dengan alergi atau reaksi terhadap kelapa atau minyak kelapa tidak harus menggunakan produk ini di rambut, tidak peduli apa jenis rambut-Nya.

Jumlah yang penting

Saat menggunakan minyak kelapa untuk rambut, jumlah yang digunakan juga penting. Jangan terlalu berlebihan saat menggunakan minyak kelapa untuk rambut, agar lebih memperoleh manfaatnya daripada efek merugikannya.

Minyak kelapa tampaknya paling menguntungkan bila digunakan dalam jumlah kecil untuk mantel rambut atau mengurangi rambut kusut dan rambut mungkin tidak merespon dengan baik untuk yang dilapisi dalam jumlah besar minyak kelapa.

Untuk hasil terbaik, coba saja menggosok sedikit minyak kelapa di antara tangan Anda. Hal ini akan membantu mengatasi rambut kusut dan membuat rambut mengkilap tanpa efek negatif.

Mengkombinasikan Bahan lainnya

Minyak kelapa sering dimasukkan dalam resep untuk minyak rambut bergizi, masker rambut dan produk rambut dan penggunaan ini mungkin tidak selalu berbahaya. Ketika dikombinasikan dengan minyak lainnya dan bahan-bahan, yang tidak hanya minyak kelapa, kombinasi dari asam lemak dapat memiliki efek yang berbeda sepenuhnya.

Misalnya, minyak kelapa tampaknya tidak membuat rambut kering atau rapuh bila dikombinasikan dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang dari minyak zaitun atau bila dicampur dengan argan atau minyak marula.

Madu juga tampaknya membuat minyak kelapa lebih bermanfaat untuk rambut dan gula sederhana dalam madu dapat menyuburkan rambut dan membuatnya halus serta menyingkirkan rambut kusut.

Tergantung pada Produk Rambut Lainnya

Minyak kelapa juga tidak menjadi pilihan terbaik untuk digunakan pada rambut bagi mereka yang menggunakan produk rambut alami atau buatan sendiri.

Produk rambut buatan sendiri (seperti sampo lumpur), tidak mengandung deterjen kimia dan surfaktan yang banyak shampoo komersial dan produk melakukannya, sehingga sulit bagi mereka untuk menghilangkan minyak berlebih dari rambut, terutama dalam jumlah besar. Shampoo lumpur membuat rambut lembut dan kuat, tetapi bukan yang terbaik untuk menghilangkan semua over perawatan rambut dengan minyak.

Cara Aman Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Rambut

Mereka yang berpikir bahwa minyak kelapa dapat bermanfaat untuk jenis rambut mereka bisa mendapatkan keuntungan dari menggunakannya, tetapi ada beberapa praktik terbaik saat menggunakan minyak kelapa untuk rambut. Caranya adalah sebagai berikut;

Hindari kulit kepala

Meskipun minyak kelapa tampaknya menjadi bermanfaat bagi mereka yang berjuang dengan ketombe yang memiliki komponen jamur, orang lain mungkin melihat efek negatif dari menggunakan minyak kelapa langsung pada kulit kepala. Minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi untuk beberapa jenis kulit kepala (seperti halnya pada jenis kulit tertentu), dan paling baik digunakan langsung pada rambut dan bukan pada kulit kepala (orang-orang dengan tipe rambut yang tepat).

Mulailah dengan jumlah kecil

Sekali lagi, jangan berlebihan menggunakan minyak untuk rambut, cara terbaik ialah menggunakan dengan jumlah kecil. Terutama sampai Anda tahu bagaimana rambut Anda menangani minyak kelapa, menggunakan sejumlah kecil dan melihat bagaimana rambut merespon.

Tambahkan bahan lainnya

Menambahkan minyak lainnya dapat mengubah bagaimana minyak kelapa mempengaruhi rambut. Sebagai pengobatan dalam, pencampuran minyak kelapa dengan madu dan yogurt dapat menawarkan manfaat lebih dari minyak kelapa saja.

Konsumsi Minyak Kelapa untuk Memperoleh Manfaat Maksimum

Untuk semua properti yang bermanfaat dari minyak kelapa, rambut tidak memiliki kemampuan untuk mencerna atau memetabolisme minyak kelapa seperti sistem pencernaan. Hal ini dapat menawarkan beberapa manfaat pada tingkat ketat kimia, tetapi Anda tidak akan dapat sepenuhnya memanfaatkan sifat menguntungkan dari minyak kelapa bila digunakan secara eksternal atau di rambut.

Untuk alasan ini, minyak kelapa dapat menawarkan manfaat maksimal untuk rambut ketika dikonsumsi secara internal, Minyak kelapa yang kaya akan kandungan medium chain fatty acids (MCFAs) dan antioksidan dapat membantu meningkatkan tingkat pertumbuhan rambut dari dalam ke luar.

Kesehatan rambut dan pertumbuhan dimulai secara internal, sehingga dapat menjadi solusi jangka panjang untuk rambut sehat, kuat dan bersinar termasuk mengatasi faktor internal seperti diet, suplemen dan tidur. Sama seperti kulit, rambut merupakan cerminan dari kesehatan internal dan dapat sebagian besar dikendalikan oleh hormon (salah satu alasan wanita kehilangan rambut setelah kehamilan) jadi pertimbangkan berfokus pada keseimbangan hormon dan kebutuhan gizi tubuh untuk meningkatkan rambut.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai cara menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut, semoga dengan adanya artikel ini, dapat menambah informasi yang berguna untuk Anda.

Baca Juga:


Advertisement


Sedang Trends Terkait: Kegunaan Minyak Kelapa untuk Merawat Rambut Secara Alami