Cara Merawat Rambut Keriting - Rambut terdiri dari keratin, protein, yang tumbuh dari folikel. Keratin, dan protein lainnya, dirumuskan dalam sel-sel folikel rambut. Semua protein menjadi bagian dari batang rambut dan mengandung atom belerang. Ketika dua atom belerang berpasangan dan ikatan, mereka membentuk ikatan disulfida. Jika dua atom sulfur dalam protein yang sama berada di kejauhan, dan bergabung untuk membentuk ikatan disulfida, protein akan menekuk. Ini adalah bagaimana rambut keriting yang Anda ciptakan.

Memiliki rambut keriting mungkin terlihat menakjubkan, tapi yang harus kita sadari bahwa merawat rambut keriting untuk menjaganya tetap  terlihat indah bukanlah perkara yang mudah. Namun, bukan berarti untuk merawat rambut lurus itu lebih mudah, akan tetapi merawat rambut keriting memang membutuhkan penanganan khusus.

Nah sekarang, apakah rambut mu bergelombang, keriting, atau bahkan kedua-duanya? Didalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa hal yang harus diingat sebelum Anda merawat rambut keriting Anda itu. Pola rambut keriting yang berbeda membutuhkan styling atau pemeliharaan rutin yang berbeda pula. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips untuk “mengendalikan” rambut keriting Anda.

Cara Merawat Rambut Keriting

Ketahui tipe keriting

Rambut keriting hadir dengan banyak variasi. Beda pattern dan beda tipe tentu menuntut perbedaan dalam gaya menata yang pastinya juga menuntut beda tipe perawatan yang harus dijalani. Jadi mengetahui rambut keriting yang dimiliki masuk ke tipe rambut keriting model seperti apa adalah hal pertama yang harus dipahami si pemilik rambut keriting

Gunakan sampo untuk rambut keriting

Formula sampo konvensional akan menghilangkan kelembaban alami dari rambut ikal Anda. Gunakan sampo yang memiliki kandungan bebas sulfat.

Gunakan Sampo yang Bebas Sulfat

Sulfat itu sejenis sodium atau garam. Sampo yang bebas sulfat bisa mengurangi abrasi dan tekanan pada serat dan helai rambut. Selain itu, sampo bebas sulfat juga dapat menjaga agar rambut kamu tidak kusut, dan folikel rambut lebih kuat.

Atur kembali jadwal keramas

Bagi beberapa orang, keramas setiap hari mungkin adalah keharusan. Namun, bagi wanita berambut keriting, rutinitas ini justru dapat merusak rambut. Faktanya, keramas justru dapat membuat rambut semakin kering dan menghilangkan tingkat ikal dari rambut Anda. Jika Anda membutuhkan rambut yang segar setiap hari, cukup semprotkan kondisioner di batang rambut, dan tata kembali rambut Anda ke bentuk yang diinginkan.

Lakukan perawatan rambut setiap minggu

Keramas seperti biasa, lakukan perawatan rambut favorit Anda, khusus untuk rambut keriting, sisir merata sampai ujung, tutup rambut dengan topi plastik. Biarkan hingga produk menyerap sempurna ke dalam rambut, sebelum membilasnya dengan bersih.

Kurangi panas dari alat styling

Semakin jarang Anda menggunakan alat styling yang panas, semakin baik ikal yang Anda miliki. Panas dari alat dapat mengeringkan dan menyebabkan rambut rusak. Selain itu, jika digunakan terus menerus, akan mengubah pola ikal alami dari rambut Anda.

Gunakan sarung bantal dari satin atau katun

Posisi tidur yang tidak beraturan dapat menyebabkan kerusakan serius pada rambut keriting Anda. Minimalisir kerusakan ini dengan mengganti sarung bantal dengan yang berbahan satin atau katun.

Gunakan T-Shirt Bukan Handuk

Mengeringkan rambut basah dengan handuk akan membuat rambut kamu menjadi lebih kusut. Jadi, gantilah handuk kamu dengan T-Shirt. Bahan katun jauh lebih lembut dan lebih menyerap air, sehingga dapat mencegah rambut jadi kusut.

Style Rambut Saat Keadaan Basah

Ada baiknya kamu menerapkan produk styling pada saat rambut basah, ratakan dengan menggunakan tangan, dari akar hingga ujung rambut.

Gunakan Diffuser Hair untuk Mengeringkan Rambut

Alat yang satu ini akan sangat memudahkan kamu yang memiliki rambut keriting. Saat kering, pola keriting rambut kamu pun tidak akan rusak.

Gunakan Serum Rambut

Supaya rambut makin bersinar, untuk sentuhan terakhir kamu bisa menggunakan minyak atau serum rambut.

Batasi penggunaan produk

Semakin sedikit produk yang digunakan, semakin terjaga bentuk rambut. Cukup gunakan dalam takaran yang sedikit dan oleskan secara merata pada seluruh bagian rambut seperti dikutip dari laman College Fashion.

Kurangi penggunaan sampo

Sampo bisa membuat rambut jadi kering. Padahal rambut butuh kelembapan agar bentuk keriting tetap terjaga. Sesekali, bersihkan rambut dengan air saja.

Keringkan rambut dengan diffuser

Supaya rambut lebih cepat kering, gunakan diffuser pada hair dryer. Hawa panas akan lebih tersebar pada bagian rambut yang sulit dijangkau.

Batasi penggunaan catokan rambut

Panas yang dihasilkan catokan atau pengeriting rambut akan merusak bentuk rambut. Sesekali boleh saja menggunakan alat tersebut, asalkan tidak jadi kebiasaan sehari-hari.

Selalu gunakan pelembap

Rambut keriting membutuhkan pelembap agar tampak sempurna. Selalu gunakan pelembap, salah satunya conditioner.

Gunakan Sisir bergigi jarang

Solusi rambut kusut pada rambut keriting adalah sisir bergigi jarang. Sisir ini juga menjaga agar rambut tetap kuat.

Berhenti menyentuh rambut

Setelah menata rambut, hentikan kebiasaan memegang-megang rambut dan potong rambut secara rutin, demi menjaga pola rambut.

Keringkan rambut secara alami

Rambut keriting cenderung lebih sensitif. Hindari mengeringkan rambut keriting dengan pengering rambut untuk menjaga kelembapan alaminya. Agar rambut tidak mudah patah, pilih handuk berbahan kaus. Keringkan rambut hingga setengah kering, biarkan rambut mengering secara alami.

Tata rambut dengan gel

Anda dapat menata rambut dengan mengaplikasikan hair lotion atau mempertegas teksturnya dengan wax saat rambut dalam keadaan kering. Ulangi cara ini di hari kedua ketika rambut keriting Anda sudah mulai berantakan.

Rawat rambut dengan benar

Vitamin rambut berguna untuk menjaga rambut tetap lembap dan mengilat. Jangan lupa menggunakan vitamin rambut setelah keramas. Aplikasikan pada rambut setengah basah sehingga vitamin lebih mudah diserap. Tiap dua minggu sekali, rawat rambut dengan masker khusus rambut. Masker dapat membantu menjaga batang rambut lebih lembap dan menjaga tekstur rambut lebih ‘nurut’. Jangan terlalu sering melakukan creambath. Pijatannya memang membuat kulit kepala menjadi relaks, tapi gesekannya dapat memicu batang rambut keriting mudah rapuh.

Cara Merawat Rambut Keriting Dengan Bahan Alami

Memiliki rambut kering umumnya sering mengalami kesulitan dan kebingungan dalam melakukan perawatan rambut. Hal ini disebabkan oleh tekstur rambut yang kaku, kering, dan kusam yang seringkali dialami.

Inilah yang membuat perawatan rambut keriting menjadi tidak mudah, apalagi bagi mereka yang menjaganya bukan dengan produk yang tepat. Kendati demikian, merawat rambut keriting tidaklah mudah, Anda bisa mengandalkan bahan-bahan alami rumahan. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Minyak jarak

Minyak jarak atau dikenal dengan castor oil dikenal dapat menutrisi rambut dengan baik dan berkilau. Anda bisa memijat rambut dengan minyak jarak dan kondisioner selama 15 menit. Atau mencampurkan minyak jarak dengan gel lidah buaya, madu, dan air lemon. Lalu, oleskan ke akar rambut, diamkan selama 15 menit.

Cuka apel

Campurkan cuka apel dengan air, lalu terapkan pada rambut. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Lidah buaya

Campurkan dua sendok makan minyak kelapa, empat sendok makan gel lidah buaya, dan tiga sendok makan yogurt.

Teh Chamomile

Selain enak untuk diseduh menjadi minuman, teh juga bermanfaat untuk merawat rambut, terutama bagi rambut keriting yang lebih mudah kusut dan mengembang dibandingkan rambut lurus. Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah 2 kantung chamomile tea, 1 gelas air panas, 1 sendok teh cuka apel dan 1 sendok makan madu.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Merawat Rambut Keriting Gak Pake Ribet