Sponsored links
Saat menyadari berat badan naik, maka hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita ialah bagimana menurunkan kelebihan berat badan itu? Berbagai upaya cara menurunkan berat badan diterapkan dengan tujuan memperoleh berat badan ideal. Serangkaian cara menurunkan berat badan telah di lakukan hingga pada akhirnya membuahkan hasil penurunan berat badan yang di inginkan. Hanya saja, sukses menurunkan berat badan bukanlah sebuah akhir dari perjuangan memperoleh tubuh yang sehat. Karena hal tersulit setelah memperoleh berat badan yang di inginkan ialah mempertahankannya.

Berat badan ideal adalah penurunan berat badan dan rencana pemeliharaan bobot tubuh, yang acap kali menjadi permasalahan umum bagi mereka yang sedang mengatur pola makan dan sekaligus menjadi perhatian para dokter dan ahli gizi.

Cara Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Berat Badan Ideal
Berdasarkan studi baru-baru ini, yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine, para ahli merekomendasikan suatu cara yang bisa mengatasi berat badan kembali naik. Program yang ditawarkan para ahli tersebut ialah pengendalian berat badan yang telah dirancang khusus untuk menjaga berat badan yang sudah turun.

Menurut temuan penelitian tersebut menunjukan bahwa orang yang telah sukses menurunkan sejumlah kilogram berat tubuhnya, rata-rata memperoleh kenaikan berat badan kembali antara 0,9 sampai 1,8 kilogram.

Dari hasil yang diperoleh tersebut para ahli melakukan eksperimen program pada 222 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok yang terbagi mejadi dua itu, awalnya telah berhasil menurunkan berat badan rata-rata sebanyak 7,257 kilogram setelah program diet enam belas pekan. Satu dari dua kelompok tersbut mereka diatur untuk menjalani program menjaga berat badan, sementara kelompok lain tetap dengan kebiasaan rutinnya.

Para peserta kelompok yang menjalani program khusus dihubungi oleh ahli gizi secara berkala, dan diberikan arahan mengenai bagaimana tetap mempertahankan diet dalam situasi sosial dengan tingkat godaan yang kuat.

Selain itu, kelompok tersebut juga diminta sering-sering menimbang berat badan dan memberitahukan hal-hal positif yang telah terjadi kepada mereka setelah memperoleh penurunan berat badan.

Setelah lebih dari 1 tahun, para ilmuan melakukan pengecekan ulang terkait berat badan para peserta di dua kelompok. Hasilnya adalah peserta yang tidak menjalani program khusus berat badan-nya kembali naik rata-rata 2,268 kilogram, sementara pada kelompok yang menjalankan program khusus memperoleh kenaikan berat badan rata-rata 0,68 kilogram dengan kemungkinan berkelanjutan untuk jangka panjang.

Dari penelitian yang di lakukan ilmuan tersebut ada sebuah pesan penting bahwa menjaga berat badan dibutuhkan usaha dan keterampilan konsisten yang harus dipraktikkan dari waktu ke waktu.

Tips Cara Turunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Berat Badan Ideal
Cara Anda makan dapat memiliki pengaruh yang besar pada penurunan berat badan Anda (atau ketiadaan). Tubuh yang sehat dibuat 70% di dapur dan 30% di gym. Jika Anda serius ingin menurunkan berat badan, berikut adalah beberapa tips diet untuk menurunkan berat badan yang efektif:

Jangan Lewatkan Sarapan

Anda mungkin sakit dan lelah mendengar satu ini. Tapi, menurut sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan seringkali berakhir lebih banyak makan makanan tinggi kalori sepanjang hari. Mereka lebih rentan terhadap makan makanan yang tampak lezat daripada makan berdasarkan kandungan nutrisi.

Tingkatkan Asupan Serat

Mencukupi asupan serat yang Anda makan, semakin memberikan peluang Anda untuk menurunkan berat badan! Penuhi kebutuhan serat yang baik termasuk serat larut (yang menyerap air, lemak, kolesterol, dan gula) dan serat tidak larut (yang berguna untuk saluran pencernaan Anda). jika Anda dapat makan sampai 30 gram serat per hari, Anda akan melihat penurunan berat badan yang sangat nyata selama beberapa bulan.

Makan dengan penuh kesadaran

Sebagian besar wanita bicara tentang apa yang telah dicapai dalam penurunan berat badan mereka yang sehat ialah makan dengan penuh kesadaran. Mempersiapkan makanan di rumah adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengelola berat badan, tapi itu harus mudah dan menyenangkan atau tidak akan terjadi secara konsisten.

Meningkatkan Asupan Cairan Anda

Kita tahu bahwa air minum adalah penting untuk kesehatan, pencernaan yang baik, dan tetap terhidrasi membantu dengan kulit kita, rambut dan setiap organ pada tubuh kita.

Anda perlu minum antara 2 sampai 3 liter air setiap hari, tergantung pada aktivitas Anda. Cobalah minum air Anda dengan lemon segar atau jeruk nipis, daun mint segar atau bahkan irisan mentimun. Itu selalu baik memulai hari Anda dengan air hangat, lemon dan bahkan jahe di sana untuk mengoptimalkan sistem pencernaan Anda.

Apakah Anda minum teh herbal? Bagaimana menambahkan di beberapa teh herbal untuk beragam asupan cairan Anda? Teh herbal tidak mengandung kalori dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda untuk menurunkan berat badan.

Teh herbal terbaik untuk membantu penurunan berat badan adalah: teh putih (tidak menambahkan susu ke teh Anda, sebenarnya herbal teh putih dari tanaman yang sama seperti teh hijau!), Teh hijau, rooibos tea, teh oolong, dan teh jahe adalah pilihan terbaik untuk tujuan ini.

Pilihlah Makan Makanan Segar

Makan makanan segar membantu untuk memberikan nutrisi untuk tubuh kita, serta membantu dengan penurunan berat badan.

Cara kita makan mempengaruhi seluruh fungsi kita, tubuh dan pikiran kita. Melewatkan makan untuk menurunkan berat badan hanya akan mengakibatkan depleting vitamin dan mineral, suasana hati yang buruk dan tubuh Anda akan terus memperoleh lemak tubuh berlebih bukannya melepaskannya.

'Warna piring Anda' dengan banyak veges yang berbeda, daging tanpa lemak, makanan laut dan salad untuk memastikan Anda mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup. Buatlah sebuah pendekatan yang sederhana dan efektif untuk melihat bagaimana Anda memilih makanan apa untuk di makan. Sederhananya, berpikir tentang bagaimana setiap makanan yang Anda makan setelah mengkonsumsi dan mencerna ... apakah itu membuat Anda merasa berenergi atau lelah? Jika itu membuat Anda merasa lelah, hindari memakannya.

Anda akan menemukan bahwa makanan segar akan selalu membantu Anda mempertahankan energi lebih lama, sehingga menerapkan makanan ini dalam porsi terkontrol sebanyak yang Anda bisa.

Rutin Bergerak

Anda tahu bahwa olahraga adalah suatu keharusan untuk kesehatan yang besar kardiovaskular, otot, fungsi otak dan segudang manfaat lainnya. Jika Anda ingin 'berat badan' yang sebenarnya Anda perlu memastikan latihan rutin Anda bervariasi dan mendapatkan detak jantung Anda ke tingkat pembakaran lemak setidaknya 4 sampai 5 kali per minggu.

Tidur yang Cukup - Namun Tidak terlalu Banyak

Menguasai seni tidur yang baik dan mengatur jam tubuh Anda sangat penting untuk menurunkan berat badan dan tetap sehat. Namun bukan berarti Anda harus banyak tidur, karena menurut penelitian dari University of Glasgow menemukan bahwa tidur terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan - bahkan mungkin lebih dari kurang tidur.

Jadi berapa lama waktu tidur yang ideal untuk menurunkan berat badan? Menurut penelitian, tidur cukup yang direkomendasikan adalah tujuh sampai delapan jam per malam.

Jauhkan alat-alat elektronik ketika Anda makan

Sementara banyak orang lebih memilih untuk menonton tv atau cek status di instagram sambil makan, kebiasaan ini dapat menyebabkan makan lebih banyak.

ini adalah karena orang-orang kehilangan jejak dari apa yang telah mereka makan dan berpotensi kelebihan asupan makanan. Menurut satu studi menemukan bahwa orang yang terganggu selama makan mereka benar-benar makan 10 persen lebih banyak pada saat itu dan akhirnya makan lebih banyak kalori di hari juga.

Hindari Stres

Stres juga meningkatkan kadar kortisol dan karena itu menghambat lemak. Kelebihan Kadar kortisol mempengaruhi hormon Anda, metabolisme, fungsi otak, menguras sistem kekebalan tubuh dan menghambat kehilangan lemak.

Untuk mengurangi stres sehari-hari, lakukan meditasi (bahkan 10 menit sehari meditasi pernapasan dalam tanpa gangguan telah terbukti membantu), yoga dan Pilates, dan bentuk lain dari latihan.

Juga berhati-hati dari rutinitas harian Anda dan perhatikan setiap pemicu yang menyebabkan Anda stres. Menjadi lebih sadar diri dari pikiran dan tindakan akan sangat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengatasi stres, dan lebih sehat di dalam dan luar.

Cara  Mempertahankan Berat Badan Ideal

Cara Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Berat Badan Ideal
Mempertahankan Berat badan yang paling mungkin berhasil ketika orang mengubah kebiasaan mereka, menggantikan kebiasaan yang buruk, yang tidak sehat dengan yang baru, perilaku sehat. Berikut adalah cara mempertahankan berat badan ideal Anda setelah berhasil menurunkan berat badan;

Olahraga

Aktivitas fisik secara teratur membakar kalori dan membangun otot - yang keduanya membantu Anda terlihat dan merasa baik dan menjaga berat badan ideal Anda. Berjalan, bersepeda ke sekolah, dan melakukan hal-hal lain yang meningkatkan tingkat aktivitas harian Anda bisa membuat perbedaan. Jika Anda ingin membakar lebih banyak kalori, meningkatkan intensitas latihan Anda dan menambahkan beberapa latihan kekuatan untuk membangun otot. Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang Anda bakar, bahkan ketika Anda tidak berolahraga.

Mengurangi waktu di depan layar

Orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di depan layar lebih mungkin untuk kelebihan berat badan. Menetapkan batas wajar pada jumlah waktu yang Anda habiskan untuk menonton TV, bermain video game, dan menggunakan komputer, ponsel, dan tablet tidak berhubungan dengan tugas sekolah. Pastikan untuk menyisihkan cukup waktu untuk berolahraga setiap hari dan cukup tidur.

Hindari porsi distorsi

porsi besar membuat tumpukan pada kalori ekstra yang menyebabkan kenaikan berat badan. Minuman manis, seperti soda, minuman jus, dan minuman olahraga, adalah kalori kosong yang juga berkontribusi terhadap obesitas. Jadi pilih porsi yang lebih kecil dan menghindari konsumsi makanan olahan.

Konsumsi buah dan sayuran tiap hari

Buah-buahan dan sayuran, lebih dari sekedar vitamin dan mineral. Mereka juga dikemas dengan serat, yang berarti mereka mengisi Anda.

Jangan melewatkan sarapan

Sarapan berguna untuk meningkatkan metabolisme Anda, membakar kalori dari bisa dan memberi Anda energi untuk berbuat lebih banyak pada siang hari. Orang-orang yang melewatkan sarapan sering merasa begitu lapar sehingga mereka makan lebih banyak makan di kemudian hari. Jadi mereka mendapatkan lebih banyak kalori daripada mereka yang tidak melewatkan sarapan. Bahkan, orang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki BMI lebih tinggi daripada orang yang rutin sarapan.

ADVERTISERMEN

Sedang Trends Terkait: Cara Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Berat Badan Ideal