Pengertian Account Executive Deskripsi Pekerjaan dan Gaji

Kadang-kadang sektor pemasaran membutuhkan tambahan bantuan untuk menghasilkan kampanye sukses untuk klien mereka. dalam hal ini, mereka akan membuka peluang berkarir untuk posisi account executive, yang juga dikenal sebagai account handler, yang tugasnya adalah bertindak sebagai penghubung penting antara sebuah biro iklan dan klien.

Tugas account executive

Dalam pekerjaan sales ini, seseorang yang menduduki jabatan ini akan berusaha untuk memahami tujuan klien, dan kemudian mengatur staf kreatif dan badan administrasi untuk membantu mereka menghasilkan kampanye yang efektif.

Bagi Anda yang mendapatkan tawaran untuk mengisi jabatan ini, berikut adalah tugas-tugas rutin yang benar-benar harus dilakukan termasuk:
  • Bertemu dengan klien untuk membicarakan kebutuhan kampanye mereka
  • Bekerja dengan perencana akun untuk merancang kampanye yang singkat dan memenuhi anggaran klien
  • Menyajikan ide dan pengaturan biaya kampanye untuk klien
  • Pengarahan tim kreatif yang akan menghasilkan kampanye
  • Bernegosiasi dengan klien, memecahkan masalah dan memastikan tenggat waktu terpenuhi
  • Memeriksa dan melaporkan kemajuan kampanye
  • Menjaga kontak dengan klien pada semua tahap kampanye
  • Pengelolaan anggaran akun dan faktur klien
  • Membuat 'pitches' untuk memenangkan bisnis baru

Anda biasanya akan menangani tiga atau empat non-competing accounts pada waktu yang sama.

Jam kerja dasar Anda akan 09:00-06:00, Senin sampai Jumat, meskipun Anda mungkin harus bekerja lebih lama jika Anda memiliki tenggat waktu untuk bertemu.

Anda tidak hanyak akan ada di office-based tetapi juga akan melakukan perjalanan untuk bertemu klien.

Advertising adalah karir yang sangat populer di kalangan lulusan baru, dan memiliki persaingan untuk pekerjaan yang kuat. Pekerjaan yang diiklankan di media nasional dan perdagangan, di situs dan oleh agen perekrutan spesialis.

Namun, tidak semua pekerjaan yang diiklankan, sehingga Anda juga bisa mencari pekerjaan dengan mendekati badan langsung, dan melalui membuat kontak dalam industri.

Dengan berbekal pengalaman, Anda bisa maju untuk menjadi account manager atau direktur. Akhirnya, Anda bisa menjadi direktur lembaga, atau mengatur lembaga sendiri.

Besaran Gaji

Bergantung pada lokasi, dan perusahaan yang membuka lowongan dengan posisi ini. Angka ini adalah pedoman upah minimum saja. Gaji untuk jabatan Account executive, mulai dari Rp. 2.700.000 sampai Rp. 4.500.000 per bulan. Dan terus naik, saat Anda mendapatkan kenaikan jabatan dan bisa mencapai Rp. 10.000.000 per bulan.

Apa Kualifikasi yang dibutuhkan?

Anda tidak membutuhkan kualifikasi tertentu untuk menjadi account executive. Namun, advertising adalah industri yang sangat kompetitif dan banyak majikan akan mengharapkan Anda untuk memenuhi syarat setidaknya gelar Diploma, Sarjana atau setara.

Berpengalaman setidaknya 2 Tahun dari pengalaman kerja di bidang terkait (Optional), tetapi Anda mungkin memiliki keuntungan dengan salah satu dari berikut:
- Advertising
- Pemasaran
- Statistik atau penelitian operasional
- Komunikasi dan media penelitian
- Bisnis atau manajemen
- Psikologi

Anda mungkin bisa masuk ke beberapa biro iklan kecil tanpa gelar jika Anda mulai dalam posisi yang lebih junior seperti administrator, dan cara kerja Anda sebagai pengalaman dan pengetahuan tentang industri berkembang.

Ini adalah ide yang baik untuk mencoba menemukan pengalaman kerja di sebuah biro iklan sebelum mencari pekerjaan pertama Anda.

Pengalaman kerja sebelumnya di media, marketing, komunikasi atau penjualan juga akan berguna.

Anda biasanya akan mulai sebagai account executive junior dan belajar pada pekerjaan, mungkin sebagai bagian dari skema pelatihan pascasarjana terstruktur di sebuah instansi. pelatihan Anda biasanya akan mencakup keterampilan pemasaran, teknik riset pasar, penulisan laporan dan keterampilan komunikasi.

Jika Anda tertarik.. Tapi masih ragu, apakah itu benar-benar pekerjaan untuk Anda?

Untuk menjadi account executive yang sukses Anda harus:
- Memiliki keterampilan komunikasi lisan dan tulisan yang baikMemiliki presentasi dan keterampilan negosiasi yang kuat
- Memiliki Keyakinan tinggi, dan bijaksana secara persuasif
- Memiliki keterampilan manajemen organisasi dan waktu yang baik
- Memiliki Kemampuan untuk memimpin dan memotivasi tim
- Memiliki Kesediaan untuk bekerja berjam-jam, sering di bawah tekanan
- Memiliki ide-ide bisnis yang baik dan kemampuan untuk bekerja dengan anggaran.

Apa itu Account executive?

Seorang account executive adalah seorang karyawan yang memiliki tanggung jawab utama sehari-hari untuk hubungan bisnis yang berkelanjutan dengan klien. Judul pekerjaan account executive paling umum dalam bisnis periklanan dan hubungan masyarakat dan dalam layanan keuangan. Perusahaan teknologi yang menyediakan layanan dukungan perangkat keras dan perangkat lunak menugaskan account executive untuk pelanggan utama.

Memahami Account Executive

Seorang account executive adalah penghubung utama antara vendor dan pelanggan.

Account executive biasanya ada dalam gambar dari awal hubungan bisnis. Setelah mengajukan kesepakatan dan menegosiasikan kontrak, account executive bertanggung jawab setelah itu untuk memenuhi persyaratan kontrak dan membuat klien senang.

Account executive juga dapat menghubungi klien untuk memperkenalkan produk dan layanan baru. Itu mungkin melibatkan pengaturan untuk staf teknis, desain, dan lainnya untuk melakukan perjalanan ke klien untuk melakukan demonstrasi dan membantu dengan promosi penjualan.

Account executive artinya

Seorang eksekutif di agen periklanan, pialang saham, dll. yang menangani akun, dan memelihara kontak langsung dengan, satu atau lebih klien yang sudah mapan dan mencari klien baru