Bagi Anda yang khawatir tentang rambut rontok berlebihan? Berikut adalah beberapa tips menumbuhkan rambut secara alami:

Cara Merawat Rambut dengan Jus bawang

Karena kandungan sulfur yang tinggi, jus bawang membantu mengobati kerontokan rambut dan meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, menghidupkan kembali folikel rambut dan mengurangi peradangan. Kehadiran sifat anti-bakteri dalam jus bawang membantu membunuh kuman yang menyebabkan infeksi kulit kepala yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Cara Merawat Rambut dengan Teh hijau

Teh hijau merevitalisasi folikel rambut dan merangsang produksi rambut. Hal ini juga meningkatkan metabolisme Anda yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan laju pertumbuhan rambut.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan rambut, selain untuk mampu mengatasi ketombe. Jeruk nipis juga mampu untuk mengatasi masalah rambut rontok. Penggunannya juga mudah, kamu cukup memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu gosok-gosok potongan jeruk nipis ke rambut. Setelah 15 menit bilas cuci rambut hingga bersih.

Buah Mangga, Yoghurt dan Kuning Telur

Cara mengatasi rambut rontok lainnya dengan buah mangga, yoghurt dan kuning telur. Pertama-tama siapkan beberapa potongan buah mangga dan 1 sendok makan yoghurt serta 2 butir kuning telur. Blender sampai halus dan kental setelah itu saring serat-serat kasar yang masih ada. Kamu hanya membutuhkan serat yang halus untuk dioleskan kerambut rontok kamu. Jika sudah terpisah, oleskan masker mangga, yoghurt dan kuning telur ke kepala kamu secara merata. Beri sedikit pijatan di kepala. Diamka selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Madu

Madu dipercaya bisa mengatasi masalah rambut rontok. Cara mengaplikasikannya, campurkan 2-3 tetes madu pada samp atau kondisioner secara merata dari ujung hingga kulit kepala dan bilas.

Kunyit dan madu

Menggunakan kombinasi kunyit dengan madu yang bersifat anti inflamasi dan anti bakteri akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga mencegah infeksi kulit kepala. Campurkan kedua bahan sampai terasa seperti pasta, aplikasikan ke kulit kepala lalu bilas dengan air hangat.


Kunyit dengan minyak zaitun

Kedua campuran bahan ini akan mengatasi masalah rambut ketombe. Oleskan campuran ini ke kulit kepala, diamkan beberama menit dan cuci dengan air hangat.

Telur

Telur bisa Anda jadikan masker rambut yang dapat menghentikan rambut rontok. Kandungan protein yang tinggi pada telurlah yang membuatnya efektif untuk mengatasi rambut rontok. Anda cukup mencampurkan satu butir telur dengan satu sendok teh minyak zaitun. Setelah keramas, maskerlah rambut Anda dengan campuran tersebut. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas.

Kunyit dengan kuning telur

Masih dengan treatment yang sama, campurkan kunyit dengan kuning telur, oleskan ke kulit kepala, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Kombinasi kedua bahan ini akan membuat rambut lebih berkilau. Lakukan treatment ini seminggu sekali agar rambut Anda lebih kuat, sehat dan berkilau.

Ikan salmon

Rambut adalah serat protein, sama seperti kuku. Artinya, Anda perlu mengonsumsi banyak protein untuk menumbuhkan jaringan baru dan tetap mempertahankan yang kuat. Protein juga bisa membantu memproduksi keratin, struktur komponen terpenting dari rambut.

Pilihan terbaik makanan yang mengandung protein adalah ikan salmon yang kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin.

Bayam

Sebuah studi menemukan wanita yang mengalami kerontokan rambut memiliki zat besi dan kadar vitamin D2 yang rendah. Mengonsumsi bayam sangat baik untuk mengatasi kerontokan karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan kaya vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi.

Tiram

Seng merupakan nutrisi terbaik untuk mencegah dan mengobati kerontokan rambut. Suplemen seng dan konsumsi makanan kaya seng dapat memperlambat kerontokan rambut.

Menurut National Institutes of Health, tiram mengandung lebih banyak seng dibanding makanan lain. Selain tiram, sumber makanan yang mengandung seng yakni kenari, bayam, telur, biji bunga matahari, kacang hijau, gandum, oatmeal dan buncis.

Rumput laut

Penelitian terbaru menemukan bahwa suplemen yang mengandung cistanche tubulosa dan laminaria japonica (rumput laut cokelat) digunakan untuk menumbuhkan rambut yang mengalami kerontokan. Mereka yang telah mencoba menggunakan rumput laut mengalami peningkatan dalam volume dan penebalan rambut. Suplemen rumput laut juga efektif mengobati peradangan kulit kepala dan ketombe.

Alpukat

Protein alpukat sangatlah baik untuk pertumbuhan rambut, tidak heran alpukat juga sering dipakai sebagai bahan utama untuk creambath maupun perawatan wajah.

Untuk menggunakannya, hancurkan alpukat di dalam mangkuk, dan aduk sampai kental. Kemudian usapkan pada rambut mulai ujung sampai akar rambut, lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan menggunakan shampoo, kemudian bilas.

Yogurt

Yogurt ternyata juga berguna untuk mengatasi rambut yang rontok, tapi gunakan yogurt yang tidak memiliki rasa ya, ladies. Cukup oleskan saja pada rambut seperti creambath kemudian didiamkan selama beberapa menit, kemudian di bilas lagi dengan air. Selamat mencoba!

Ayam

Ayam merupakan sumber protein yang tinggi. Per 120 gram porsi saja, ada 35 gram protein. Jumlah ini lebih dari 75 persen jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh kita per harinya.

Jika kita belum tentu bisa menghentikan kerontokan rambut, maka protein dalam ayam setidaknya membantu untuk menggantikan rambut kita yang rontok tersebut dengan cara membantu pertumbuhannya.

Kayu manis

Taburkan kayumanis pada berbagai hidangan Anda seperti kopi susu, roti manis, hingga kue-kue. Kayumanis membantu melancarkan peredaran darah kita.

Sirkulasi darah yang lancar akan membantu membawa oksigen dan nutrisi ke pangkal rambut kita.

Buah Delima

Rambut rontok? Jangan khawatir, kamu juga bisa mengatasinya dengan buah delima. Caranya dengan meminum jusnya secara berkala.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Kumpulan Cara Merawat Rambut Secara Alami