Sering sekali seseorang yang sedang berusaha menurunkan berat badannya, memilih cara menurunkan berat badan dengan melakukan program diet ketat dan berlatih rutin di gym. Meskipun cara ini dianggap sebagai pilihan yang efektif untuk melangsingkan badan. Akan tetapi, kita sering terjebak kedalam jadwal yang sibuk, sehingga tidak mudah untuk menerapkan kedua hal tersebut.

Pada dasarnya adalah benar, bahwa menerapkan program diet ketat dan rutin olahraga akan sangat membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan meluruhkan beberapa kilogram lemak berlebih dalam waktu singkat. Hanya saja, teknik menurunkan berat badan ini tidak akan mampu diterapkan untuk jangka waktu lama.

Lalau, apa solusi ampuh cara turunkan berat badan tanpa diet?

Mau Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Cobalah 6 Cara ini

Jika Anda mau menurunkan berat badan tanpa siksaan! Kuncinya terletak pada gaya hidup sehat Anda, dimana menjalankan cara ini sama pentingnya seperti menjaga berat badan ideal.

Jadi, disini kami memiliki beberapa startegi yang dapat membantu Anda mendapatkan tubuh langsing. Cobalah melakukan cara yang sehat dan tidak menyakitkan ini, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan tanpa diet. Simak dibawah;

Pilihlah program diet Mediterania

Program diet Mediterania merupakan suatu program rencana makan yang sehat untuk jantung, dengan kata lain, diet ini dirancang untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, Keuntungan lain dari diet ini juga dapat mencegah penyakit kanker dan juga masalah kesehatan terkait insiden penurunan Parkinson dan Alzheimer.

Lalu, bagaimana dengan penurunan berat badan?

Menu diet mediterania yang dibuat oleh Mayo Clinic ini, mengandalkan konsumsi bahan makanan berbasis tanaman, seperti buah dan sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan serta mengganti mentega dengan lemak sehat seperti minyak zaitun yang tinggi lemak baik dan asam lemak omega-3, yang berperan dalam meningkatkan fungsi jantung dan otak.

Tak hanya itu saja, program diet ini juga menggunakan bumbu dan rempah-rempah sehat untuk menambah rasa makanan.

Jika dilihat dari daftar menu makanan pada diet mediterania, menghadirkan bahan bahan yang sehat. Oleh karena itu, program diet ini tidak tampak 'menyiksa' bagi orang yang ingin memiliki berat badan ideal.

Selain buah dan sayuran, Mayo Clinic menyarankan mengonsumsi ikan dan unggas setidaknya dua kali seminggu, serta membatasi mengonsumsi daging merah tidak lebih dari beberapa kali sebulan, dan fokuslah pada makanan sehat dan tinggi antioksidan, sehingga akan membuat Anda merasa kenyang dan puas sepanjang hari.

Makan dalam Porsi Kecil

Makan makanan dala porsi kecil merupakan salah satu teknik cara menurunkan berat badan lebih efektif, dan membuat fungsi tubuh lebih efisien sepanjang hari. Apa alasanya ?

Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membakar lebih banyak kalori dari yang Anda konsumsi, berarti kuncinya adalah kontrol porsi.  Makan dalam porsi kecil, bukan berarti membuat perut keroncongan sampai Anda mencapai tujuan Anda.

Anda tidak ingin merasa seperti Anda sedang diet, tetapi Anda harus makan lebih sedikit kalori. Anda dapat sering makan, namun dalam jumlah yang kecil, yang pada gilirinya kebiasaan ini akan mempertahankan berat badan yang sehat dan meningkatkan rasa kenyang sepanjang hari.

Makan perlahan-lahan

Selain makan dalam porsi kecil, cara lainnya ialah makan secara perlahan-lahan, trik ini juga ampuh mencegah Anda makan terlalu banyak. Anda dapat makan apa yang Anda mau dan kapanpun Anda mau.

Pemakan intuitif tidak percaya mengenai makanan yang baik atau buruk, tapi mereka tahu ada perbedaan gizi antara keduanya. Ini berarti bahwa pemakan intuitif bisa makan sepotong kue, tetapi kemudian secara naluriah akan menginginkan makanan yang lebih bergizi sesudahnya untuk mengimbangi kelebihan lemak dan gula.

Baca juga "Cara Menurunkan Berat Badan ini Musuh Terburuk Lemak!".

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Mau Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Cobalah 6 Cara ini