Cara Membuat Masker Rambut dengan Buah Pisang di Rumah - Kegunaan buah pisang sebagai alternatif perawatan rambut secara alami ini sangatlah mudah untuk dilakukan, buah pisang yang dikemas dengan kalium, vitamin A, B6, C, serta Zinc dan besi, membuat pisang menjadi pilihan yang ideal untuk pertumbuhan rambut dan perawatan rambut alami buatan sendiri.

Manfaat Kalium ialah memperkuat rambut, meminimalkan kerusakan dengan cara melakukan pembenahan elastisitas alami rambut Anda, dan membantu memperbaiki kerusakan rambut.

Pisang juga melembabkan rambut Anda karena mengandung minyak alami dan air sekitar 75%. Hal ini tentu saja bermanfaat untuk membuat rambut lembab juga kurang mungkin untuk frizzing dan kekusutan.

Cara Membuat Masker Rambut dengan Buah Pisang di Rumah

Resep Masker Rambut Alami dari buah pisang

Membuat masker rambut alami bisa Anda lakukan dengan mudah dirumah, memanfaatkan buah pisang yang mudah ditemukan, hal ini tentunya tidak akan membuat Anda merasa kesulitan untuk membuat resep buatan sendiri dirumah untuk rambut Anda.

Sekarang apakah Anda tertarik untuk membuatnya? Jika Ya! baca terus artikel ini oke :)

Anda dapat memperoleh kebaikan dari buah pisang masak pada rambut Anda dalam banyak cara, untuk perawatan rambut yang membuat rambut menjadi lembut, mengkilap, dan juga mengendalikan ketombe.

Pisang juga membantu dalam meningkatkan elastisitas alami rambut dan mengobati masalah split rambut.

#1. Tahapan Dasar membuat masker rambut dengan buah pisang

Masker ini adalah yang paling mudah dari semua masker pisang. Langsung saja berikut adalah bahan yang Anda perlukan.

Bahan-bahan:
Anda hanya membutuhkan 1 atau 2 buah pisang yang sudah masak dan lembut.

cara mengolahnya pun sangatlah mudah, silahkan hluskan  buah pisang menjadi pasta halus (menggunakan food processor), pijat dengan lembut ke seluruh rambut dan kulit kepala, dan tutup dengan shower cap atau membungkus kepala Anda dengan handuk panas.

Menutupi rambut Anda dengan handuk panas akan memaksimalkan hasil perawatan ini dan membantu dalam mengunci nutrisi untuk kelembaban di rambut Anda. Biarkan masker selama minimal 20 menit dan kemudian keramas rambut Anda seperti biasa serta bilas dengan baik.

#2. Masker rambut dengan Pisang Dan Madu

Madu mengandung sifat pelembab dan bertindak sebagai humektan yang membantu untuk mengunci kelembaban ke rambut Anda.

Humektan adalah suatu zat higroskopis yang digunakan untuk menjaga kelembaban, dengan masker rambut ini, Anda dapat memperoleh zat higroskopis ini secara alami.

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Buah pisang: 1 atau 2, tergantung panjang rambut Anda
  • Madu Organik: 3 sendok makan per pisang

Cara Membuatnya:
Haluskan pisang hingga benar-benar menjadi pasta halus dan campurkan 3 sendok makan madu organik di dalam mangkuk kaca kecil. Aplikasikan ke rambut, pijat dengan lembut pasta ke semua rambut Anda. Biarkan selama sekitar 20-25 menit dan kemudian keramas rambut Anda seperti biasa dan bilas dengan baik.

#3. Cara membuat Kondisioner sendiri dirumah

Santan sepenuhnya dikemas dengan antioksidan dan lemak. Masker rambut dari pisang ini bekerja tidak hanya sebagai kondisioner besar, tetapi meningkatkan pertumbuhan rambut juga dan memperkuat protein dan minyak.

Minyak kelapa memiliki vitamin E dan asam lemak sehat yang melembabkan rambut Anda, mempromosikan pertumbuhan rambut, menambah rambut bersinar, dan mengendalikan keratin.

Minyak indah ini juga mengandung asam laurat yang menyediakan sifat antibakteri, antijamur dan juga mengatasi ketombe.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan:
  • 1 Buah Pisang masak
  • 2 Sendok makan Santan
  • 1 Sendok makan Minyak kelapa organik
  • 2 Sendok makan Madu organik

Cara Membuatnya:
Ambil pisang dalam mangkuk dan tambahkan santan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Mereka yang memiliki rambut kering, rambut keriting dapat menambahkan sendok lain dari minyak.

Campur dalam madu, dan masukan campuran ke dalam blender. Campuran campuran secara menyeluruh,sampai bahan membentuk seperti pasta halus.

Basahi rambut Anda. Menerapkan kondisioner rambut dari pisang mulai dari akar dan bekerja dengan cara Anda sampai ke ujung.

Gunakan shower cap atau membungkus kepala dan rambut, plus tutupi dengan handuk basah panas. Menutupi rambut Anda dengan handuk panas akan memaksimalkan hasil dan membantu dalam mengunci nutrisi dari kelembaban di rambut Anda. Biarkan masker selama minimal 30 menit dan kemudian keramas rambut Anda seperti biasa dan bilas masker dengan baik.

Tip: Jika Anda suka, Anda dapat menambahkan beberapa minyak zaitun extra virgin atau minyak almond manis (bukan minyak kelapa) untuk pasta Anda, atau satu sendok makan kondisioner.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Membuat Masker Rambut dengan Buah Pisang di Rumah