Membeli asuransi mobil dapat memberikan perlindungan keuangan jika Anda atau driver lain menggunakan mobil Anda menyebabkan kecelakaan. Tapi untuk membuat keputusan terbaik tentang pembelian tipe lain dari asuransi mobil.

Anda mungkin ingin memahami apa yang dibahas, apa yang tidak tercakup dan apa yang opsional. Asuransi di-ibaratkan seperti sucker’s game, dan satu-satunya cara untuk menang adalah dengan membeli sesedikit mungkin yang Anda bisa untuk menghindari kerugian besar dan mengasuransikan diri untuk hal-hal kecil.

Memilih asuransi mobil adalah keseimbangan untuk menyesuaikan pilihan cakupan yang tepat untuk masa depan Anda. Hanya saja banyaknya pilihan asuransi mobil, sering sekali membuat konsumen kebingunan untuk menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih asuransi mobil terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Taktik Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Cakupan wajib

Hampir setiap negara membutuhkan pemilik mobil untuk membawa cakupan kewajiban berikut:
  • Kewajiban Cedera Tubuh - ini mencakup biaya yang terkait dengan cedera dan kematian yang disebabkan oleh Anda atau driver lain saat mengemudi mobil Anda.
  • Kewajiban Kerusakan properti - ini cakupan yang akan mengganti kerusakan yang Anda atau driver lain saat mengemudi mobil Anda menyebabkan kerusakan kendaraan lain atau properti lainnya, seperti pagar, bangunan atau tiang listrik.

Memeriksa Jaminan Asuransi Mobil yang Dibutuhkan

Jika Anda mengemudi, Anda perlu asuransi mobil. Tapi jangan sampai membeli jenis jaminan yang justru tidak diperlukan. Anda harus memahami setiap jenis cakupan jaminan asuransi mobil yang dibeli, Apa saja yang harus Anda miliki, dan mana yang tidak Anda harus untuk memiliki.

Memeriksa jaminan dari polis asuransi mobil yang dibeli, dan membaca dengan teliti apa saja yang dikecualikan dalam polis. Tanyakan dengan rinci kepada perusahaan asuransi ketika akan membeli produk asuransi mobil dari mereka.

Kenali Reputasi dan Pelayanan Perusahaan Asuransi Mobil

Sebelum menentukan pilihan untuk membeli asuransi mobil di suatu perusahaan, Anda harus menemukan terlebih dahulu  reputasi dan pelayanan dari perusahaan asuransi tersebut. Anda harus mengetahui jaringan cabang dan bengkel dari perusahaan asuransi mobil tersebut, serta bagaimana mereka menangani klaim dan apa nilai lebih yang diberikan untuk Anda oleh perusahaan asuransi, seperti; akses dan kemudahan yang diberikan untuk menghubungan perusahaan asuransi terkait ketika akan mengajukan klaim.

Di indonesia sendiri banyak perusahaan yang menawarkan dua jenis layanan jaminan utama untuk kendaraan roda empat yaitu komprehensif dan TLO (total loss only atau kehilangan atau kerusakan total).

Dengan demikian maka Anda sebagai pelanggan akan memperoleh perlindungan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas berbagai macam kerugian akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya, serta memilih perusahaan asuransi mobil yang menawarkan jaminan ganti rugi atas tuntutan pihak ketiga, pengobatan terhadap pengemudi dan atau penumpang di dalam kendaraan, dan jaminan terhadap kematian atau cedera badan yang mengkibatkan cacat tetap.

Perlindungan lainnya juga harus menawarkan berbagai manfaat pelayanan yang dapat meringankan beban tertanggung berupa jaminan jika terjadi gempa bumi, badai, hujan es, tsunami, letusan gunung berapi, huru hara, angin topan, banjir, genangan air, tanah longsor, kerusuhan, penggantian biaya transportasi untuk jenis kecelakaan dengan kerugian atau kerusakan total.
Sedang Trends Terkait: Taktik Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Advertisement