Resep Alami Pengobatan Rumah Untuk Ketombe - Ketombe atau yang dalam bahasa medis dikenal sebagai Pityriasis capillitii simplex, akibat dari suhu tinggi dan kelembaban udara. Penyakit ini biasanya mempengaruhi orang-orang dengan kulit berminyak, umumnya pada pria dengan kisaran usia 30-40 tahun.

Ketombe merupakan pertumbuhan kulit kepala yang berlebihan tanpa peradangan. Gejala ketombe umumnya diketahui dengan adanya sisik putih pada kulit kepala, gatal, dan juga dapat disertai dengan kerontokan rambut. Gejala-gejala gangguan yang berbeda untuk setiap individu.

Ketombe disebabkan karena rambut kotor dan masalah ini mengganggu penampilan kita.

Ketombe dapat diperburuk oleh pertumbuhan mikroorganisme rambut yang berlebihan. Pityrosporum ovale yang termasuk jamur, sebenarnya adalah flora normal di rambut. Namun, berbagai keadaan seperti suhu, kelembaban, kandungan minyak yang tinggi, dan penurunan kekebalan (resistensi) dari tubuh dapat menyebabkan pertumbuhan jamur yang berlebihan.
Resep Alami Pengobatan Rumah Untuk Ketombe
Ketombe sebenarnya disebabkan oleh faktor-faktor tertentu yang meningkatkan minyak kulit dan meningkatkan flora normal dalam kulit, seperti:
  • Kulit kepala berminyak
  • Genetik
  • Diet dengan makanan berlemak tinggi
  • Iklim dan cuaca
  • Stres psikologis
  • Usia tertentu
  • Obat-obatan tertentu
  • Kurang menjaga kebersihan kulit
  • Penyakit sistemik kronik

Seringkali gejala ketombe ini timbul dibarengi dengan rasa gatal pada kulit kepala pada siang hari, terutama ketika panas dan berkeringat.

Sebagai hasil dari menggaruk kepala, lapisan epidermis keratin yang melekat pada batang rambut, kemudian jatuh ke dalam pakaian, dapat menyebabkan cedera kulit juga dan menjadi infeksi sekunder oleh mikroba lain.

Gatal merupakan penyebab awal yang mengarah ke rambut rontok juga, terutama di daerah verteks (puncak kepala). Prinsip pengobatan ketombe umumnya ditujukan untuk mengurangi minyak di permukaan kulit kepala atau jumlah sekresi sebum, mengurangi jumlah mikroba yang menyebabkan ketombe, mengurangi gejala gatal dan rambut rontok. Tujuan ketiga dapat dicapai dengan perawatan kulit kepala dan terapi obat.

Ada kebiasaan yang banyak orang melakukan untuk mengatasi ketombe, diantaranya dalah sebagai berikut:

Mencari tahu penyebab ketombe

jika Anda stres, atau mungkin tidak cocok dengan kosmetik sampo / rambut? Juga minum alkohol, rokok, kopi dapat menyebabkan ketombe. Ambil istirahat dan mulai kebiasaan sehat. Selain itu jika Anda sedang menjalani pengobatan obat mungkin bisa memicu ketombe.

Membeli shampoo anti-ketombe

shampoo anti-ketombe yang dijual di pasaran adalah terapi pertama dan cukup baik untuk mengatasi ketombe sederhana. Namun perlu diingat, Anda harus menemukan jenis sampo yang cocok untuk rambut Anda, karena ada orang-orang yang tidak cocok dengan shampoo khusus tapi cocok dengan orang lain.

Ada berbagai macam shampo anti ketombe yang bisa dipilih:
  • Shampoo yang mengandung sulfur: menghapus lapisan tanduk kulit dan mengurangi pembentukan lemak di kulit kepala.
  • Tar: mengurangi pembentukan lemak kulit dan menekan pembentukan dan pelepasan kulit (epidermal turn over).
  • Zinc pyrithione: kandungan ini banyak digunakan di shampoo anti-ketombe untuk melawan sifat anti-jamur menekan pertumbuhan Pytirosporum ovale.
  • Selenium: menekan pembentukan dan pelepasan kulit. Penggunaannya dioleskan ke kulit kepala setelah dibasahi, diamkan selama 5-10 menit, kemudian dibilas. Penggunaan 2 kali seminggu.
  • Shampoo obat: antiseptik dan campuran yang mengandung salah satu bahan di atas.
  • Jika ketombe ketombe membandel, bisa diberikan persiapan anti-jamur seperti ketoconazole 1-2%.

Dianjurkan untuk selalu berkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, sebelum penggunaan.

Untuk jenis ketombe parah, dapat digunakan selenium, zinc atau asam salisilat yang telah terbukti cukup berhasil.

Mengandung shampoo anti-jamur seperti ketoconazole juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe yang sulit hilang. Penggunaannya biasanya memakan waktu lama (hampir 6 minggu). Semua obat ini dapat diperoleh di apotek tanpa resep dari dokter.

Jika pengobatan di atas tidak bekerja dan akan menyebabkan kulit kepala menjadi merah, meradang, dan menyakitkan, sehingga bantuan tambahan yang diperlukan.

Perawatan ini biasanya dilakukan oleh dokter kulit. Pengobatan biasanya diberikan kortikosteroid, lisan ketokonazol, hormon estrogen, vitamin B, riboflavin, piridoksin dan sianokobalamin. Jika tidak dikelola dengan baik, dapat digunakan anti-malarial. Untuk mengatasi infeksi sekunder seringkali diperlukan antibiotik. Dan pada gangguan psikologis diperlukan obat penenang.

Untuk mencegah ketombe tidak kembali lagi, kesehatan rambut perlu dijaga dengan baik.

Selain diet teratur, istirahat dan rekreasi yang cukup, serta mengurangi rokok dan alkohol dapat membantu mencegah ketombe.

Jika Anda memiliki alergi dengan semua pengobatan ketombe di atas, Anda dapat mencoba cara alami untuk mengatasi ketombe di sini.

Cara alami untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala Tips berikut dapat Anda terapkan untuk menghilangkan ketombe di kepala Anda:

Cuka putih

cuka putih adalah obat yang sangat baik untuk ketombe. Campurkan secangkir cuka putih dengan secangkir air, dan tuangkan di kulit kepala Anda setelah mencuci, sebagai bilasan akhir.

Diamkan dan kemudian bilas dengan air bersih. Anda juga dapat mencuci rambut Anda dengan satu sendok makan cuka dicampur dengan minyak 3 sendok makan, lalu bersihkan dengan sampo. Metode ini memberikan efek yang sama baiknya.

Baking soda untuk ketombe

Basahi rambut Anda sedikit. Ambil segenggam baking soda dan gosok kulit kepala Anda dengan baking soda. Kemudian bilas dengan baik sehingga semua soda hilang dari rambut Anda. Lakukan ini beberapa kali. Pada awalnya, rambut Anda mungkin sedikit kering, tapi setelah satu minggu Anda akan melihat perbedaannya. kulit kepala Anda memproduksi minyak alami, membuat rambut Anda lembut kembali dan ketombe Anda akan hilang.

Jeruk Nipis

Tuangkan 2 sendok makan air jeruk nipis di kepala Anda. Peras, memeras rambut dan kulit kepala. Ambil segelas air dan tambahkan 1 sendok makan jus lemon ke dalamnya. Bilas dengan air setelah beberapa menit. Kepala Anda akan berbau harum dan segar lemon dan ketombe Anda menghilang. Ulangi beberapa kali sampai ketombe Anda benar-benar hilang.

Garam

Ambil garam meja karena Anda akan mencuci rambut Anda. Taburkan dan gosok kulit kepala Anda dengan garam. Bilas setelah beberapa saat dan mencuci rambut Anda dengan sampo.

Santan kelapa

Campurkan setengah santan dari kelapa, segelas jus nanas, air jeruk nipis, dan satu setengah cangkir susu kelapa. Aduk merata. Gunakan campuran ini untuk mencuci rambut setiap lima hari. Bersihkan dengan shampoo setiap kali Anda melakukan cara ini.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Resep Alami Pengobatan Rumah Untuk Ketombe