Mempunyai rambut berminyak, apapun jenis rambut Anda, sering sekali menjadi masalah kesehatan rambut tersendiri. Langkah pertama untuk memahami bagaimana menghadapi masalah rambut berminyak adalah untuk memahami penyebabnya itu sendiri.

Penyebab rambut berminyak ini semua bermuara pada minyak berlebih di kulit kepala Anda, tetapi ada berbagai alasan mengapa hal itu bisa terjadi. Dalam beberapa kasus, hal ini disebabkan kelenjar sebum memproduksi minyak secara berlebihan.

Perubahan hormon juga kadang-kadang terkait dengan masalah rambut dan kulit berminyak. Ini lebih mungkin selama masa pubertas dibandingkan menopause.

Beberapa ahli rambut meyakini bahwa rambut berminyak kronis dapat menyebabkan masalah rambut jangka panjang lainnya termasuk rambut rontok atau beberapa bentuk jerawat kulit kepala dan / atau ketombe.

Meskipun selalu ada keadaan khusus, rambut berminyak dapat disebabkan oleh:
  • Predisposisi genetik terhadap kulit kepala berminyak yang bermigrasi melalui rambut.
  • Rambut normal tanpa predisposisi genetik terhadap sifat berminyak yang diobati dengan produk perawatan rambut yang tidak tepat yang menyebabkan berminyak / kulit kepala berminyak dengan atau tanpa berminyak / helai rambut berminyak.
  • Tidak teratur dan konsisten membersihkan rambut yang mengakibatkan penumpukan racun, kotoran dan zat-zat lain yang menghasilkan untaian berminyak.
Apakah ada kecenderungan genetik untuk rambut berminyak atau tidak, memanfaatkan produk dan / atau metode perawatan rambut yang tidak tepat dapat menyebabkan helai rambut berminyak.

Memiliki rambut berminyak dapat mengubah rambut menjadi terlihat lepek dan kotor. Jika Anda merasa seperti rambut Anda terlalu berminyak, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga produksi minyak di bawah kontrol.

Jadi di sini kita akan membagikan solusi cara mengatasi masalah rambut berminyak sehingga rambut jadi tidak mudah lepek. Simak ulasan dibawah ini.

Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak

Menerapkan kondisioner di ujung rambut

Menerapkan conditioner dapat dilakukan, tidak hanya untuk individu yang memiliki rambut berminyak, tetapi semua tipe rambut disarankan untuk mengaplikasikan kondisioner.

Hanya menerapkan kondisioner dari bagian tengah hingga ujung rambut, jika sampe menyentuh kulit kepala membuat rambut menjadi lebih mudah lepek.

Gunakan Dry Shampoo

Gunakan Dry Shampoo, merupakan salah satu ide yang jelas, ya, sampo kering tidak hanya akan menyedot minyak dari akar rambut Anda, tetapi juga akan memungkinkan Anda untuk menjaga rambut tetap terlihat fresh meski tidak mencuci rambut. Bagi Anda yang memiliki rambut berminyak. menggunakan dry shampoo adalah pilihan yang ideal agar Anda tak perlu mencuci rambut setiap hari.

Menyisir rambut dengan tepat

Cara menyisir juga menentukan rambut menjadi lepek atau tidak. Jika teknik menyisir yang dilakukan tepat maka dapat membantu mendistribusikan minyak dari kulit kepala ke seluruh rambut.

Jangan sering menyentuh rambut

Penyebab rambut berminyak juga dipicu oleh sering atau tidaknya Anda menyentuh rambut. Ya, minyak pada jari-jari tangan dapat berpindah pada rambut sehingga menyebabkannya lebih mudah berminyak.   

Pilihan Lainnya;

Pengobatan alami untuk rambut berminyakManfaat Putih Telur Untuk Rambut BerminyakBuah dan Sayuran yang Bermanfaat untuk Pertumbuhan Rambut.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak