Cara merawat rambut secara alami dengan teh hijau - Teh hijau telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina selama berabad-abad untuk mengobati segala sesuatu dari sakit kepala sampai depresi. Kemampuan teh hijau dalam menjaga kesehatan tubuh tak hanya sampai disitu saja.

Daun Teh hijau yang diketahu kaya akan antioksidan dibandingkan jenis teh lainnya juga memiliki kemampuan dalam mengatasi berbagai masalah rambut.

Dalam ulasan kali ini kita akan memberita tahu Anda tentang bagaimana green tea atau teh hijau memiliki khasiat dalam perawtaan rambut secara alami. Simak terus ulasan ini.

Menurut sebuah makalah yang diterbitkan oleh para peneliti dari Japan’s Saitama Cancer Center Institute menunjukkan bahwa Tumor Necrosis Factor-alpha (TNF-alpha) terlibat dalam penyakit rematik, kanker, dan juga dalam menyebabkan rambut rontok.

Studi oleh Department of Otolaryngology di Charles R. Drew University of Medicine and Science conducted, melakukan penelitian untuk meneliti efek dari teh hijau pada tikus dalam kaitannya dengan rambut rontok.

Para peneliti menguji tikus selama enam bulan sebelum mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus yang memiliki rambut rontok dan diberi minum teh hijau menunjukkan pertumbuhan kembali rambut sementara yang diberikan air putih tidak.

Sebuah studi tambahan oleh Departemen Dermatology di Seoul National University College of Medicine menunjukkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen teh hijau, dapat benar-benar meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang dermal papilla (DPC) sel-sel rambut.

Menurut studi, yang dilakukan secara in vitro, EGCG menyebabkan pemanjangan signifikan dari folikel rambut.  Selama penelitian ini para ilmuwan menggunakan 10 persen EGCG dalam etanol, diterapkan langsung ke kulit kepala dari masing-masing peserta studi.

Selain penelitian yang menunjukkan teh hijau sebagai bantuan dalam pertumbuhan rambut, ada juga pertimbangan bahwa teh hijau dapat menjaga kulit kepala Anda sehat, menciptakan lingkungan yang mungkin bisa membuat rambut lebih mungkin untuk tumbuh.

Sebuah studi di Medical College of Georgia yang dilakukan oleh Dr. Stephen Hsu menunjukkan teh hijau sebagai pengobatan yang mungkin untuk psoriasis dan ketombe.

Penelitian itu juga menunjukkan bahwa teh hijau dapat bertindak dalam menormalkan pertumbuhan sel kulit, menenangkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit kepala.

Namun, teh hijau belum dievaluasi oleh FDA untuk menentukan nilai medis, tetapi telah dianggap sebagai obat yang digunakan berbagai kalangan di dunia sebagai pengganti jenis lain dari teh dan kopi karena kandungan kafein-nya.

Meskipun masih banyak penelitian lebih lanjut yang harus dilakukan, beberapa studi telah menemukan bahwa teh hijau dapat membantu menjaga Anda dari kehilangan rambut Anda.

Teh hijau merupakan sumber yang baik dari polifenol, vitamin C dan vitamin E yang membantu dalam merangsang pertumbuhan rambut dan melembutkan rambut seseorang.

Hal ini membuat teh hijau merupakan komponen penting dalam pembuatan sampo dan kondisioner, karena komponennya dikenal untuk meningkatkan kilau rambut.

Bahkan, jika Anda mengalami masalah dengan pertumbuhan rambut Anda, Anda dapat dengan mudah menyiapkan bilasan teh hijau di rumah dengan membasahi 3 kantong teh hijau untuk setengah liter air dan menggunakannya setelah keramas dan pengkondisian rambut Anda.

Apakah Benar Teh Hijau bisa Mencegah Rambut Rontok?

Ini pada awalnya diyakini bahwa senyawa katekin yang ditemukan dalam teh hijau dapat menghambat sifat dari 5-alpha-reductase yang berarti DHT (dihydrotestosterone - zat yang menyebabkan kerontokan rambut pada pria dan wanita).

Penelitian lebih lanjut telah mengungkapkan bahwa teh hijau mencegah kerontokan rambut melalui sifat anti-inflamasi yang terkait dengan pertumbuhan rambut.

Ada banyak yang belum ditemukan tentang teh hijau tetapi ada satu hal yang tidak bisa diperdebatkan, "teh hijau memainkan peran penting dalam mencegah rambut rontok".

Substansi fenolik poli dalam teh memainkan peran kunci dalam mencegah rambut rontok. Mereka bertindak untuk menghambat stres dan memiliki karakteristik anti-inflamasi.

Salah satu alasan mengapa sebagian besar wanita kehilangan rambut adalah karena stres.

Beberapa studi telah menunjukkan orang stres cenderung kehilangan rambut lebih dibandingkan orang tanpa stres.

Teh hijau membantu orang menghindari stres dengan membawa efek relaksasi pada peminum-nya. Dengan demikian teh hijau memainkan peran yang sangat penting dalam mencegah rambut rontok.

Apakah Green Tea / Teh Hijau Merangsang Pertumbuhan Rambut?

Hal ini juga diketahui bahwa teh hijau dapat menghambat dihidrotestosteron (DHT) yang menghambat pertumbuhan rambut sementara pada saat yang sama menyebabkan rambut rontok.

Komponen teh hijau memiliki kemampuan bereaksi dengan testosteron dalam tubuh dan mempengaruhi tingkat mereka dan membuatnya tersedia dalam jumlah yang seimbang dalam darah sehingga tidak bereaksi dengan 5-alpha reductase dan mengubahnya menjadi DHT.

Oleh karena itu, ketika testosteron dalam tubuh dipertahankan pada tingkat yang seimbang, maka rambut akan tumbuh secara normal dan tidak akan ada tanda-tanda rambut rontok.

Selain itu, teh hijau memiliki potensi mengobati pengelupasan kulit kepala dan ketombe berlebihan.  Teh hijau memiliki sifat antiseptik, sehingga penting dalam mengurangi peradangan, dan karenanya mencegah dan bahkan menyembuhkan ketombe dan psoriasis.

Antioksidan dalam teh hijau disebut sebagai polifenol yang cukup menguntungkan. Hal ini karena antioksidan berfungsi sebagai pelindung terhadap kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas serta memperlambat proses penuaan. Antioksidan memiliki kemampuan menjaga rambut Anda sehat dan membuat mereka tumbuh pada tingkat yang optimal.

Selanjutnya, teh hijau telah dianggap membantu dalam pertumbuhan kembali rambut. Dengan demikian, tes yang telah dilakukan menggunakan tikus yang mengalami kerontokan rambut spontan memberi demonstrasi yang jelas bahwa teh hijau dapat membantu dalam pertumbuhan kembali rambut.

Hal ini menjelaskan mengapa banyak sampo telah dirumuskan dengan penambahan teh hijau sebagai bahan untuk membantu dalam memerangi alopecia. Oleh karena itu, teh hijau juga efektif dalam mengurangi pola rambut rontok bila digunakan.

Teh hijau juga memiliki molekul tertentu yang disebut sebagai senyawa katekin dalam jumlah besar sekali. Molekul ini memiliki sifat anti-biotik serta anti-karsinogenik.  Senyawa katekin diyakini dapat merangsang pertumbuhan rambut, dengan membantu sirkulasi darah ke folikel rambut.
Cara Merawat Rambut Secara Alami dengan Teh hijau

Resep Cara Merawat Rambut Secara Alami dengan Teh hijau

Pertimbangan: Teh hijau mungkin bukan obat untuk kebotakan atau jaminan pertumbuhan rambut, tetapi antioksidan dalam minuman ini dapat membantu. Selalu Konsultasikan dengan ahli kesehatan untuk mengetahui apakah teh hijau cocok dengan Anda, dan pastikan untuk menyebutkan obat yang Anda gunakan, karena teh hijau bisa mengganggu beberapa resep obat, seperti pengencer darah.

Setelah mempelajari tetang bagaimana teh hijau dapat mengatasi masalah rambut, sekarang kita tahu bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau ini, diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Teh hijau juga mengandung asam amino, enzim, vitamin (B, C & E), magnesium, potasium, folat, polifenol dan mangan. Selain untuk kesehatan rambut, teh hijau juga menawarkan banyak manfaat baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Anda bisa ambil banyak manfaat kesehatan hanya dengan minum teh hijau setiap hari dan untuk mengambil manfaat kecantikan, Anda harus menerapkan teh hijau ini pada rambut atau kulit.

Sekarang, kita akan mempersiapkan perawatan rambut dengan teh hijau untuk menjaga kesehatan rambut. Aplikasi teh hijau akan menenangkan kulit kepala dan rambut untuk mengurangi psoriasis, eksim, dan iritasi kulit kepala lainnya bersama dengan membersihkan ketombe, melembabkan kulit kepala kering atau gatal dan akhirnya meningkatkan pertumbuhan rambut Anda.

Berikut adalah resep rumahan menggunakan teh hijau untuk kesehatan rambut. jangan bosan baca artikel ini ya. Yuk Mari kita mulai. :)

Teh Hijau untuk Membilas Rambut

Bilas rambut ini merangsang pertumbuhan rambut dengan mencegah ketombe, mengurangi kerontokan rambut dan masalah kulit kepala lainnya. Itu membuat rambut Anda tumbuh sehat dengan melindunginya dari kerusakan yang disebabkan karena polusi dan produk yang keras.
Sediakan 2 kantong teh hijau dalam 2 - 3 gelas air panas. Biarkan curam selama beberapa menit dan mengambil kantong teh hijau. Biarkan air dingin selama beberapa menit. Gunakan air teh ini sebagai bilasan akhir untuk rambut Anda (setelah menggunakan sampo dan kondisioner). Pijat pada kulit kepala Anda selama beberapa menit dan bilas dengan air biasa. Ulangi proses yang sama secara teratur untuk menambah volume dan bersinar pada rambut Anda.

Teh Hijau untuk Mengobati Ketombe

Ambil satu cangkir air dalam panci dan didihkan, lalu tambahkan dua sendok makan daun teh hijau, 1 kulit lemon dan 3-4 sdm minyak kelapa. Panaskan campuran selama 2 menit lebih dan biarkan dingin. Oleskan cairan ini pada rambut dan kulit kepala dan pijat untuk beberapa menit. Biarkan selama 45 menit dan kemudian bilas dengan sampo. Ini akan memperlakukan ketombe dan juga merangsang pertumbuhan rambut. Anda dapat melakukan ini 3-4 kali sebulan untuk hasil yang lebih baik.

Teh Hijau untuk Kondisioner rambut

Curam dua kantong teh hijau dalam satu cangkir air panas atau mendidih, sediakan 3-4 sdm daun teh hijau dalam satu cangkir air. Sekarang tambahkan 1 sdm minyak kelapa dan 1 sdm madu ke air teh hijau. Campur semuanya dengan baik dan menerapkan campuran pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 30 menit. Ini adalah kondisioner rambut yang sangat baik, madu sebagai pelembab dan membuat mengkilap rambut. Teh hijau akan mencegah rambut rontok dan akan merangsang kulit kepala.

Masker penumbuh Rambut Alami dari Teh Hijau

Kocok telur dengan 2 sdm teh hijau yang kuat. Aplikasikan masker pada rambut Anda. Biarkan campuran selama setengah jam sebelum Anda membilasnya dan shampoo. masker Teh hijau akan merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Gunakan perawatan ini tiga sampai empat kali per minggu untuk membuat rambut Anda lebih kuat dan meningkatkan pertumbuhan rambut.


Membuat sendiri shampoo dari teh hijau

Curam kantong teh hijau dalam secangkir air panas selama 25 menit dan kemudian biarkan dingin. Sekarang tambahkan 1 cangkir air teh hijau untuk 1 cangkir sabun kastilia dan satu sdm minyak zaitun dalam campuran. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender atau minyak mawar untuk menambah aroma yang baik. Sampo ini bukan menggunakan bahan kimia. Ini adalah shampoo herbal yang sangat baik yang tidak hanya akan membersihkan rambut Anda tetapi juga akan menjaga kondisi mereka.

Nah, demikianlah serangkaian cara merawat rambut secara alami dengan teh hijau, selain dengan teh hijau, Anda juga dapat melakukan cara merawat rambut dengan bawang putih. Silahkan baca disini "Cara Merawat Rambut Secara Alami dengan Bawang Putih".

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Merawat Rambut Secara Alami dengan Teh hijau