Cara Membuat Masker Rambut dari Seledri Di Rumah (Mudah, Cepat dan Alami) - Seledri merupakan salah satu tanaman serbaguna, hampir semua bagian tanaman ini, dari daun, batang, dan umbi-umbian digunakan sebagai makanan.

Daun seledri dan batang biasanya digunakan sebagai sayuran segar dan bahan tambahan sup, sedangkan umbi digunakan sebagai obat herbal oleh orang-orang Cina.

Selain membuat sup, daun seledri juga kadang-kadang digunakan sebagai masker untuk perawatan rambut.

Seledri, terutama pada batang dan daun mengandung berbagai antioksidan, vitamin, mineral, protein, dan senyawa kimia poliasetilena yang berfungsi sebagai anti-jamur dan anti-bakteri.

Seledri biasanya dicampur dengan minyak kemiri atau minyak zaitun untuk membuat masker rambut yang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk rambut. Berikut adalah beberapa manfaat dari seledri untuk pertumbuhan rambut.
Cara Membuat Masker Rambut dari Seledri di Rumah (Mudah, Cepat dan Alami)

Cara membuat masker rambut alami dengan seledri

  • Siapkan 5-7 batang daun seledri dengan batang dan minyak minyak kemiri / zaitun secukupnya.
  • Kemudian bilas seledri dan ditumbuk halus seluruh bagian batang dan daun.
  • Campurkan sekitar 3-5 minyak sendok makan hazelnut / minyak zaitun sampai tercampur dengan seledri.
  • Gunakan campuran tersebut untuk mengolesi seluruh bagian rambut termasuk kulit kepala.
  • Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.
  • Masker Rambut dari seledri dapat Anda gunakan setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat dan Khasiat Seledri untuk Rambut

Daun seledri mengandung banyak nutrisi dan senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan rambut. Kandungan mineral, terutama zinc, vitamin A, dan protein dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan luar dari rambut Anda.

Herbal seledri dan minyak kemiri terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan keindahan rambut:

Menghilangkan ketombe pada kulit kepala

Anti-jamur dan anti-bakteri dalam ramuan ini sangat efektif dalam mengurangi dan menghilangkan ketombe, terutama yang disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit kepala.

Menghitamkan rambut

Berbagai vitamin dan mineral dalam seledri terutama jika seledri digunakan dengan minyak kemiri memiliki fungsi untuk mengembalikan kilau alami rambut dan  kehitaman rambut yang hilang akibat kerusakan.

Meluruskan rambut

Seledri juga dapat mengubah rambut kasar dan sulit untuk mengatur untuk menjadi lurus. Anda juga dapat menambahkan beberapa sendok makan madu sehingga rambut menjadi lebih lembut.

Menyuburkan rambut

Seledri juga memiliki manfaat menjaga kesuburan rambut sehingga rambut akan tampak padat dan tebal. kandungan protein dalam tanaman seledri dapat merangsang pertumbuhan rambut agar menjadi lebih subur.

Mencegah Rambut Rontok

Seledri juga dapat mencegah rambut rontok karena seledri sangat kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut.
Cara Membuat Masker Rambut dari Seledri di Rumah (Mudah, Cepat dan Alami)

Bonus: Cara Membuat Jus daun Seledri untuk Rambut

Selain dengan cara diatas, bahan seledri juga bisa di buat jus untuk perawatan rambut secara alami. caranya pun sangatah mudah Anda hanya sediakan daun seledri lalu blender dan tuangkan dalam botol, simpan selama semalam.

Anda dapat menggunakan jus ini dipagi hari, oleskan jus tersebut ke rambut secara merata dan diamkan sekitar 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan seminggu 2 kali atau sesuai kebutuhan.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Membuat Masker Rambut dari Seledri di Rumah (Mudah, Cepat dan Alami)