Bagi individu yang memiliki kutu dirambut pada umumnya mereka akan merasa gatal pada permukaan kepala.  Situasi ini merupakan salah satu gejala yang disebabkan oleh zat yang terkandung di dalam air liur kutu kepala.

Selain itu, tanda-tanda merah pada permukaan kepala, juga sering disebabkan oleh adanya kutu rambut, pada bagian helai rambut juga terdapat telur-telur kutu yang kecil. Ia nampak bersinar dan berwarna putih, dan terlihat seperti ketombe tetapi tidak mudah dikeluarkan.

Kutu kepala adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala. Kutu betina mampu bertelur enam buah sehari. Telur ini selalu melekat dengan kuat pada rambut. Telur-telur ini akan menetas setelah kurang lebih 8 hari.

Kutu kepala merebak dengan cepat melalui sentuhan dengan rambut yang bermasalah. Ia juga dapat melompat ke kepala melalui sisir, topi, bantal dan handuk. Mengatasi masalah kutu rambut dapat ditempuh dengan beberapa cara alami. Berikut ini adalah tips dan trik untuk menghilangkan kutu rambut secara alami. Simak ulasan dibawah ini.

Bagaimana membunuh kutu rambut dengan cepat? Membunuh atau menghilangkan kutu rambut dapat dilakukan dengan pengobatan rumah alami dibawah ini.

Cara Alami dan Cepat Menghilangkan Kutu Rambut

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Almond

Almond adalah obat rumah yang efektif untuk kutu, karena mereka bekerja untuk membunuh kutu, memperlambat mereka turun sehingga membuat mereka lebih mudah untuk dihilangkan dengan sisir. Selain itu, almond juga akan membantu merawat kesehatan rambut kita secara alami.

Untuk membuat ramuan ini caranya sangatlah mudah, yang Anda butuhkan ialah sediakan 10 biji almond, kemudian rendam dalam air selama semalam. Ke esokan harinya kupas kulit almond, lalu haluskan dengan blender hingga berbentuk krim. Pijatkan pada seluruh bagian kulit kepala, lalu bilas menggunakan air hingga bersih.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bawang putih dan Jeruk Nipis

Bawang putih memiliki aroma yang kuat, hal ini dapat bertindak untuk mematikan kutu. Membuat pasta dengan menggiling 8-10 siung bawang putih dan pencampuran dengan 2-3 sendok teh air jeruk nipis. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan biarkan duduk selama 30 menit sebelum benar-benar membilasnya dengan air hangat.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Jus Lemon

Kutu adalah serangga kecil yang hidup di kulit kepala Anda dan memakan darah Anda. Kutu terjadi dan menyebar ketika Anda berada dalam kontak dekat dengan orang lain, yang memiliki kutu rambut. Mereka juga menyebar dengan berbagi barang pribadi dengan banyak orang lain. Membuat obat rumahan buatan sendiri dengan jus lemon bisa membantu untuk membunuh kutu.

Lemon  memiliki sifat asam cukup tinggi yang bermanfaat untuk menghilangkan kutu rambut dengan cepat. Caranya, peras satu buah lemon, kemudian basuhkan perasan lemon tersebut ke seluruh bagian kepala selama 10-15 menit. Lalu, bilas dengan air hingga bersih.

Anda juga bisa membuat dengan cara lain yang menggunakan bahan utamanya adalah jus lemon. caranya adalah sebagai berikut:
  • Pencampuran Jus lemon dengan bawang putih: Pertama, Menghancurkan satu siung bawang putih menjadi pasta dan mencampurnya dengan jus lemon. Selanjutnya, gosok ramuan ke dalam kulit kepala Anda dan pijat itu sebelum Anda pergi tidur. Pagi harinya setelah Anda bagun dari tidur, cuci rambut Anda, seperti biasa di kamar mandi. Hal ini akan membantu menyingkirkan ramuan dan kutu mati tergeletak di rambut Anda. Lakukan proses ini selama empat sampai lima hari.
  • Pencampuran Jus lemon dengan Telur: Mencampur dua kuning telur dengan 3 sdm. cuka dan 3 sdm. jus lemon. Aduk campuran secara menyeluruh. Pijat ramuan itu ke kulit kepala dan biarkan kering selama sekitar 20 menit. Cuci kepala Anda secara menyeluruh dengan air untuk menyingkirkan campuran dan menghilangkan kutu mati dari kepala Anda. Lanjutkan proses ini selama empat sampai lima hari.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Mayones

Untuk membuat resep ini, pertama sediakan Mayones, Shower Cap, dan Shampoo. Setelah semua tersedia. Langkah selanjutnya Anda hanya tinggal mengoleskan bahan itu ke rambut hingga kulit kepala secara merata. Setelah itu, tutup kepala dengan shower cap. Diamkan selama 8-10 jam.

Lalu, bilas rambut dengan shampoo hingga bersih dari mayones dan minyak-minyak yang menempel di rambut. Setelah keramas, sisir rambut secara perlahan dialasi dengan kain putih agar kutu yang mati tidak bertebaran. Lakukan cara ini secara berulang 1-3 kali dalam seminggu agar kutu di rambut cepat lenyap dari rambut kita!

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun, selain dapat membantu merawat kulit wajah secara alami, minyak zaitun juga merupakan salah satu solusi rumahan untuk pengobatan kutu tradisional. Minyak zaitun adalah salah satu cara yang paling efektif dan sederhana untuk menyingkirkan parasit ini.

Zaitun memiliki sifat terapeutik yang luar biasa. Bahkan, semua bagian dari pohon zaitun memiliki sifat yang menarik untuk penggunaan medis. Beberapa penelitian informal yang menunjukkan efektivitas minyak zaitun dalam pengobatan kutu.

Sebuah tes (bukan studi) yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa kutu terendam dalam minyak zaitun, mereka mati setelah terendam selama dua jam. Penelitian lain menunjukkan bahwa dibutuhkan lebih dari 8 jam untuk membunuh kutu dengan zat seperti minyak zaitun.

Efektivitas minyak zaitun dijelaskan oleh fakta bahwa dengan melapisi kulit kutu dewasa, mereka kehilangan oksigen. Setelah beberapa waktu, karena mereka tidak bisa lagi bernapas, dan akhirnya mati.

Bagaimana menerapkan pengobatan kutu kepala dengan minyak zaitun

Anda pasti bisa menggunakan minyak zaitun untuk membantu Anda menyingkirkan kutu. Caranya:

Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata sebelum tidur. Lalu, tutup kepala dengan menggunakan shower cap. Ketika pagi hari, bilas minyak zaitun tersebut dengan air bersih.

Advertisement


Sedang Trends Terkait: Cara Alami dan Cepat Menghilangkan Kutu di Rambut