logo

Memahami Alasan Anak Susah Makan, Begini Cara Menyiasatinya

SPONSORED LINKS

Memiliki anak mengembangkan gangguan makan (Anak Susah makan) adalah menyedihkan. Sayangnya situasi seperti ini sudah banyak terjadi diberbagai wilayah di dunia, dan  telah meningkat jumlah anak didiagnosis dengan gangguan makan.

Meskipun timbulnya gangguan makan biasanya didokumentasikan pada remaja, anak-anak praremaja juga dapat mengembangkan kebiasan susah makan.

Tidak jelas mengapa banyak anak yang didiagnosis dengan gangguan makan. Disisi lain, dalam hal ini orang tua tidak bisa disalahkan untuk gangguan makan pada anak, namun mereka bisa menjadi kekuatan yang sangat positif ketika membantu anak-anak mereka pulih dari kebiasaan susah makan.

Gangguan makan hadir secara unik pada individu yang berbeda, dan ini hanya beberapa dari gejala yang paling umum.

Sebagai orang tua, Anda lebih tahu tahu anak Anda daripada orang lain, jadi jika Anda memiliki keraguan tentang kontak perilaku mereka. Segeralah meminta saran dokter.
Memahami Alasan Anak Susah Makan, Begini Cara Menyiasatinya, Solusi Anak Susah Makan, Tips Cara Atasi Anak Susah Makan. mudah dan praktis

Jika Anda menduga bahwa anak Anda memiliki gangguan makan:
  • Percayalah pada naluri Anda sebagai orangtua.
  • Cari terapi terlatih penyedia perawatan berbasis keluarga.
  • Jangan salahkan dirimu. Ini adalah pemborosan energi berharga Anda. Orang tua tidak menyebabkan gangguan makan.
  • Mendidik diri sendiri - Kumpulkan banyak informasi tentang cara mengatasi anak susah makan, (Buku., blog online, forum dan review dari uji klinis) akan membantu Anda memahami gangguan makan pada anak.
  • Jangan meremehkan potensi yang Anda miliki untuk membantu anak Anda pulih. Gangguan makan yang sulit akan memiliki efek merugikan pada fungsi keluarga Anda, pastikan bahwa Anda mengelilingi diri Anda dengan sumber daya yang memadai, sehingga Anda dapat tetap kuat, optimis dan positif.
Gangguan makan menempatkan banyak stres fisik pada setiap tubuh orang,termasuk pada anak-anak. Memahami bahwa gangguan makan akan mengubah kepribadian anak Anda.

Anak Anda mungkin menjadi mudah marah dan moodier dari sebelumnya. Ini adalah sesuatu yang merupakan respon alami dalam tubuh dan otak yang kekurangan gizi.

Penyebab Anak Sulit Makan

Orang tua dari anak-anak sering khawatir bahwa anak-anak mereka tidak cukup makan atau makan terlalu banyak, makan makanan yang salah, atau menolak untuk makan makanan tertentu.

Sebagian besar masalah makan tidak bertahan cukup lama untuk mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Pertumbuhan fisik mengacu pada peningkatan ukuran tubuh (panjang atau tinggi dan berat badan) dan dalam ukuran organ.

Dari lahir sampai sekitar usia 1 atau 2 tahun, anak-anak tumbuh dengan cepat. Setelah waktu ini, pertumbuhan melambat.

Karena pertumbuhan melambat, anak-anak membutuhkan kalori lebih sedikit dan orang tua mungkin melihat penurunan nafsu makan.

Anak usia dua tahun bisa memiliki kebiasaan makan yang sangat tidak menentu yang kadang-kadang membuat orang tua cemas.

Sebuah penurunan nafsu makan, yang disebabkan oleh tingkat pertumbuhan melambat, adalah umum di antara anak-anak di sekitar usia 1 tahun.

Namun, masalah makan dapat berkembang jika orangtua atau pengasuh mencoba untuk memaksa anak untuk makan atau menunjukkan terlalu banyak kekhawatiran tentang nafsu makan atau kebiasaan makan anak.

Ekstra perhatian terhadap anak-anak dengan masalah makan, terkadang membuat orang tua terlalu membujuk atau bahkan mengancam supaya anak makan, hal ini dapat memperkuat kecenderungan anak untuk menolak makan.

Di sinilah kesabaran orangtua diuji untuk membuat si kecil doyan makan, dan para orang tua dalam mengenalkan makanan, anak tidak boleh dipaksa. Pasalnya, paksaan bisa menimbulkan trauma pada si kecil.

Penyebab lain yang menyebabkan anak tidak mau makan

  • Memakan cemilan padat kalori : makan cemilan padat kalori menjelang jam makan, sehingga anak tidak merasa lapar. Contohnya permen, minuman ringan, coklat, chiki, dll. Akibatnya ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan.
  • Minum susu terlalu banyak.  : Setelah anak berusia 1 tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja.
  • Kalsium dan fosfor sendiri mudah kita dapatkan dalam ikan-ikanan, sayur & buah. Kurangi susu! Di atas usia 1 tahun kebutuhan susu hanya 2 gelas sehari. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. 
  • Bosan dengan menu
  • makan ataupun penyajian makanan. Variasikan menu makanan dengan baik.
  • Anak sedang dalam fase 'negativistik'. Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak.
  • Anak sedang sakit / sedih. Anak tidak mau makan dapat juga disebabkan karena anak sedang sakit atau sedang sedih.

Solusi Atasi Anak Susah Makan, Tips dan Trik Cara Atasi Anak Susah Makan

Memahami Alasan Anak Susah Makan, Begini Cara Menyiasatinya

Pahami selera makan si kecil

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah selera makan anak. Seringkali si kecil tak mau membuka mulutnya untuk menyantap makanan yang sudah dibuat. Ibu tak perlu memaksakan si kecil harus memakannya. Sebaiknya perhatikan apa selera si kecil. Lalu buatlah makanan kesukaan namun tetap kaya akan nutrisi dan vitamin.

Tawarkan berbagai makanan

Ketika Anda memperkenalkan sesuatu yang baru, cukup tempatkan di atas meja bersamaan dengan makanan lain. Setelah anak melihat Anda makan makanan beberapa kali, anak mungkin akan mencoba makanan baru tersebut.

Buat tampilan makanan menarik

Anak-anak akan semakin tertarik untuk makan jika tampilan makanan menarik untuk mereka. Maka dari itu, ibu harus rajin menata makanan semenarik mungkin dengan bentuk kesukaan hingga warna cerah yang aman. Sayuran pun memiliki banyak warna cerah yang bisa menarik untuk si kecil.

Porsi anak-anak

Makanan anak sekitar setengah ukuran porsi orang dewasa. Jangan samakan dengan makanan orang dewasa, akibatnya ketika mereka tidak menghabiskan makanan, Anda menganggap mereka susah makan. Padahal, karena porsinya terlalu banyak.

Buatlah jadwal makan anak

Tips lainnya yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal makan. Atur jadwal makan besar sebanyak 3x sehari. Selain itu, isi jadwal camilan sehat setiap hari, seperti buah-buahan. Hindari makanan seperti mi instan dan makanan tinggi gula dan tepung.

Hindari makanan siap saji

Sebaiknya hindari konsumsi makanan cepat saji sedari dini. Makanan ini tidak memberikan nutrisi untuk anak-anak, justru menghambat penyerapan nutrisi. Sebaiknya buat sendiri makanan di rumah dengan tampilan seperti fast food.

Kenalkan makanan baru

Ketika anak tertarik mencoba makanan baru, biarkan anak merasakan kelebihan dari makanan tersebut. Sehingga anak merasa lebih memegang kendali, Anda juga tidak merasa membuang-buang makanan.

Libatkan anak dalam penyajian makanan

Saat anak dilibatkan ketika menyajikan makanan maka ia pun bisa semakin menghargai apa yang telah ia lakukan. Ajak si kecil untuk berbelanja buah dan sayur, memasak hingga menyajikannya di piring.

Lengkapi dengan suplemen penambah nafsu makan

Kini ada banyak suplemen atau vitamin penambah nafsu makan. Namun sebaiknya pilih yang tepat dan terbaik yang tak hanya mampu meningkatkan nafsu makan anak saja, tapi juga melengkapi vitamin yang mereka butuhkan.

Baca Juga:


ADVERTISERMEN

TENTANG KAMI

Transkerja.Com adalah situs media online yang fokus memberikan berbagai informasi menarik seputar lowongan kerja, berita kesehatan dan banyak lagi yang lainnya.

Berita Harian Transkerja

situs berita harian transkerja, mengulas berbagai informasi lowongan kerja indonesia, peluang karir lulusan smp/sma/smk/smu/d3/s1 semua jurusan, berita seputar kesehatan, dan banyak lagi yang lainnya, temukan beragam info-info terbaru disini.

Pasang Iklan Murah

Pasang Iklan Murah Untuk Promosi Bisnis dan Usaha Anda - Transkerja.com menyediakan space iklan untuk para advertiser dalam mempromosikan produk web nya dengan mudah dan tertarget. Pasang iklan Online anda kembangkan bisnis dan usaha anda melalui situs kami.
Copyright © Berita Lowongan Kerja Indonesia Powered by Blogger