Apa yang Harus Diketahui Investor Sebelum Membeli Zcash
Apa yang harus diketahui investor sebelum membeli Zcash -  Selama beberapa tahun terakhir, jumlah mata uang digital telah meroket. Sementara beberapa dari ini telah mengembangkan kapitalisasi pasar yang cukup besar dan mengukir ceruk unik mereka sendiri. Namun, hanya sedikit yang menjanjikan pada pengguna tingkat privasi dan kecocokan yang tinggi.

Bitcoin, yang memiliki blok genesis yang ditambang pada tahun 2009, merupakan mata uang digital pertama yang berskala. Pada tahun-tahun setelah rilis bitcoin, para pengembang telah menciptakan mata uang digital yang berorientasi pada privasi pengguna termasuk Dash dan Monero. Keduanya menggunakan teknologi inovatif untuk membantu meningkatkan kemungkinan pengguna mereka tetap anonim.

Dash memanfaatkan teknik yang disebut "CoinJoin", di mana beberapa pengguna memasukkan dana ke transaksi yang sama untuk meningkatkan kemungkinan privasi. Sebagai alternatif, Monero memanfaatkan tanda tangan cincin untuk mengurangi kemungkinan pendeteksian.

Kedua kripto ini telah membuat kemajuan besar untuk mewujudkan tujuan transaksi anonim, dan Monero telah menerima adopsi luas di web gelap.

Namun, teknologi Zcash nampaknya memberi pengguna kemampuan untuk menikmati tingkat privasi yang lebih tinggi lagi. Dengan membiarkan pengguna tetap anonim, Zcash dapat memberi mereka kemampuan yang lebih besar.

Ini karena banyak transaksi mata uang digital mengandalkan penggunaan kunci pribadi - string huruf dan angka yang mengidentifikasi pengguna. Alamat bisa menjadi melekat pada beberapa transaksi dari waktu ke waktu, sehingga memudahkan teman, keluarga, pemasar atau bahkan otoritas pemerintah untuk belajar lebih banyak tentang tren pembelian seseorang.

Dan jika kunci pribadi pengguna dilekatkan pada transaksi tertentu, beberapa pihak mungkin menolak untuk menerima uangnya. Di sinilah Zcash masuk.

Apa itu zcash?

Zcash adalah kripto yang menawarkan privasi dan transparansi transaksi secara selektif. Pembayaran zcash dipublikasikan di blockchain publik, namun pengirim, penerima, dan jumlah transaksi mungkin tetap pribadi.

Simbol perdagangan Zcash, ZEC, bukanlah ISO 4217 resmi. Seperti Bitcoin, Zcash memiliki total pasokan tetap sebesar 21 juta unit.

Zcash memanfaatkan konstruksi zero-knowledge proofs yang disebut zk-SNARKs , yang memungkinkan dua pengguna untuk bertukar informasi tanpa mengungkapkan identitas mereka.

Sementara blockchain bitcoin berisi catatan peserta dalam sebuah transaksi, dan juga jumlah yang terlibat, blockchain Zcash hanya menunjukkan bahwa sebuah transaksi terjadi, bukan siapa yang terlibat atau berapa jumlahnya.

Zcash adalah hasil usaha terus menerus oleh pengembang untuk membuat protokol kriptografi yang menawarkan privasi lebih besar.

Zooko Wilcox telah mendirikan dan menjabat sebagai CEO Zcash dan Zerocoin Electric Coin Company , yang menciptakan sebuah protokol bernama Zerocoin antara tahun 2013 dan 2014. Para pengembang yang terlibat memulai proyek Zerocoin untuk mengatasi keterbatasan keamanan bitcoin.

Protokol yang mereka buat memungkinkan pengguna mengubah bitcoin menjadi zerocoins, yang memberikan tingkat anonimitas yang lebih besar dengan menyembunyikan asal usul pembayaran.

Protokol ini memungkinkan pengguna untuk berpisah atau menggabungkan zerocoins, dan juga mengkonversikannya kembali ke bitcoin.

Pengembang yang disebutkan di atas juga telah berkolaborasi dengan kriptografer dari MIT, Universitas Tel Aviv dan The Technion (Institut Teknologi Israel) untuk menciptakan Zerocash - protokol yang lebih baik yang menyediakan pembayaran dengan privasi lebih besar daripada yang ditawarkan oleh Zerocoin dan sejak saat itu dikembangkan menjadi kriptourrency Zcash.

Zerocash menawarkan zerocoins, yang membantu pengguna memastikan privasi, serta basecoins, yang tidak memiliki fitur privasi tambahan.

Di bawah protokol Zerocash, pengguna memiliki kemampuan untuk menyembunyikan baik pengirim maupun penerima yang terlibat dalam transaksi, serta jumlah yang ditransmisikan.

Staf Zcash menahan diri untuk tidak menggambarkan teknologi baru tersebut sebagai anonim, walaupun dalam kebanyakan kasus, teknologinya memiliki kualitas itu.

Salah satu manfaat utama yang berasal dari tingkat anonimitas yang lebih tinggi ini adalah fungibility yang lebih besar.

Mengapa fungibility penting?

Kelincahan , kemudahan unit unit tertentu dapat diganti satu sama lain, ini penting karena memastikan uang seseorang sama baiknya dengan uang orang lain. Bila ada sejarah untuk uang, uang itu mungkin tidak dapat diterima untuk semua jenis transaksi.

Misalnya, jika vendor menerima mata uang digital sebagai pembayaran untuk barang mereka, namun dengan mudah dapat melacak riwayat mata uang yang dimilikinya, vendor dapat dengan mudah menolak pembayaran dari pelanggan calon tertentu berdasarkan perilaku pembelian sebelumnya.

'Blacklisting' koin

Pengguna Bitcoin telah menghadapi tantangan yang berasal dari sifat umum blockchain. Beberapa pertukaran bitcoin memiliki "daftar hitam" atau menolak untuk menerima bitcoin tertentu setelah jumlah kriptokokus yang signifikan dicuri dari wallet.

Ketika koin tertentu dimasukkan dalam daftar hitam dengan cara ini, pengguna diberi beban tambahan untuk mengkonfirmasikan asal koin ini. Selama itu, mengharuskan pengguna untuk memverifikasi riwayat pengguna, koin bisa menghasilkan masalah tambahan, misalnya pengguna mendapati dirinya tidak dapat menggunakan koin tertentu karena tindakan orang lain di masa lalu.

Masalah keamanan

Sementara kriptografi Zcash mengalami pendarahan, namun "sangat eksperimental" dan "relatif lemah," pengembang Bitcoin Core Peter Todd menulis dalam sebuah posting blognya "petertodd.org". Dia kemudian menjelaskan tentang skeptisismenya, ia menulis:

"Tampaknya ada ketidakpastian tentang kekuatan parameter aktual yang dipilih untuk kripto Zcash," katanya. "Ancaman di sini adalah bahwa penyerang mungkin bisa membuat bukti zk-SNARK palsu dengan segera memecahkan kripto, bahkan tanpa akses ke backdoor penyiapan tepercaya.

Teknolog juga menunjukkan bahwa tantangan dapat timbul sebagai akibat dari 'upacara' yang digunakan untuk menciptakan parameter publik SNARK. Mengembangkan parameter-parameter ini, yang merupakan angka dengan "struktur kriptografi tertentu yang diketahui oleh semua peserta dalam sistem," pada dasarnya memerlukan pembuatan keypair publik / pribadi dan kemudian menghancurkan kunci privat.

Upacara tersebut , yang secara formal disebut protokol penghitungan multi pihak, melibatkan enam peserta yang menciptakan "pecahan" individu dari keypair pribadi / publik dan kemudian membakarnya ke DVD.

Peserta, termasuk Todd, mengikuti instruksi yang tercantum dalam dokumen berjudul "Zcash Multi-party Computation Instructions" untuk menciptakan pecahan individu ini. Dokumen ini, yang diakuisisi oleh CoinDesk, menyediakan persyaratan teknis untuk perangkat keras yang digunakan, serta petunjuk untuk mendownload perangkat lunak yang dibutuhkan dan membakar pecahan ke DVD.

Setelah mengikuti proses ini, enam peserta menghancurkan pecahan kunci pribadi mereka dan menggabungkan pecahan kunci publik untuk menciptakan parameter publik SNARK. ZCash menyebut pecahan kunci pribadi sebagai "limbah beracun".

Sehubungan dengan upacara tersebut, Zcash menyatakan bahwa:
"Jika proses itu berhasil - yaitu jika setidaknya salah satu peserta berhasil menghancurkan pecahan kunci pribadi mereka - maka produk sampingan limbah toksik tidak akan pernah ada sama sekali."

Setelah upacara tersebut, para peserta mulai menghancurkan komputer yang digunakan untuk membuat pecahan dengan tujuan mencegah orang menggunakan penekanan tombol yang masuk ke komputer tersebut untuk membuat uang zcash palsu (yang diikuti oleh simbol tanda ZEC) yang tidak dapat diidentifikasi oleh pengguna sebagai Palsu.

Pendekatan ini datang dengan beberapa kekurangan. Sebagai permulaan, tidak ada cara untuk membuktikan bahwa keenam peserta tersebut tidak bersekongkol untuk menjaga kunci publik. Selama ini, mereka bisa saja dikompromikan, sehingga pihak luar menerima informasi yang dibutuhkan untuk membuat kunci publik lainnya.

Individu yang tertarik untuk membuat kuotasi Zcash palsu berpotensi mengembalikan penekanan tombol dari komputer yang digunakan dalam upacara melalui kamera tradisional, sinyal radio, satelit dan metode lainnya, kata Todd.

Jika mereka bisa menciptakan kembali upacara tersebut tanpa kehilangan apapun, itu akan memberi mereka kemampuan untuk menciptakan uang palsu. Karena semua transaksi Zcash melibatkan transfer zero-knowledge, pengguna tidak dapat membedakan antara koin Zcash palsu dan yang dibuat melalui penambangan yang sah.

Bagaimana pasar bekerja?

Sementara ZEC jauh lebih baru ke tempat kejadian daripada beberapa mata uang digital seperti bitcoin, fungsi pasarnya serupa. Pedagang bisa membeli dan menjualnya langsung melalui bursa seperti Poloniex dan Kraken.

ZEC telah tersedia untuk perdagangan sejak 28 Oktober 2016, ketika blok genesis Zcash ditambang dan token pertama menjadi bursa yang terdaftar.

Sebelum token ZEC mulai melakukan perdagangan di bursa, investor yang berminat dapat membeli atau menjual futures Zcash di BitMEX , di mana mereka melakukan perdagangan dengan kontrak ZECZ16. Kontrak ini, yang berlangsung di BitMEX tanggal 15 September, menggunakan ZEC / XBT sebagai pasangan mata uang yang mendasari. Pedagang dapat menggunakan masa depan ini untuk berspekulasi mengenai nilai Zcash di masa depan atau melindungi kepemilikan ZEC yang ada.

Sebelum perdagangan berjangka tersedia, pihak yang berkepentingan bisa memperoleh eksposur token Zcash dengan menambangnya.

Pertambangan Zcash

Seperti banyak mata uang digital lainnya, Zcash menawarkan pihak yang berkepentingan untuk menambang blok. Protokol Zerocash memanfaatkan algoritma proof-of-work yang mengandalkan berapa banyak RAM yang dimiliki seorang penambang.

Pada tanggal 9 September, Zcash mengumumkan rilis beta pertama dari implementasi referensi Zcash (v1.0.0-beta1), yang digunakan untuk testnet. Semua koin yang ditambang menggunakan software ini tetap menjadi koin testnet, dan karenanya tidak memiliki nilai moneter, sampai peluncuran resmi Zcash di bulan Oktober.

Setelah rilis ini, mata uang digital menarik sekelompok pengembang yang ketat. Pada tanggal 27 September, Zcash mengumumkan bahwa mereka menjadi tantangan tuan rumah, dimana pesaing dapat mengajukan metode baru untuk penambangan mata uang. Peserta ini diberikan sampai 27 Oktober untuk memberikan metode potensial baru.

Pada tanggal 5 Oktober, perusahaan pertambangan yang tergabung di Genesis Mining menunjukkan dukungannya terhadap mata uang digital yang berfokus pada privasi saat mengumumkan bahwa mereka akan segera mengizinkan pelanggan untuk membeli penambang yang dioperasikan oleh Genesis demi penambangan Zcash.

Model penambangan yang unik

Model penawaran Zcash agak mirip dengan bitcoin, meskipun memiliki beberapa perbedaan penting. Seperti bitcoin, protokol Zcash mencantumkan jumlah token sebanyak 21 juta. Selain itu, hadiah pertambangannya dipotong setengahnya kira-kira setiap empat tahun, seperti halnya bitcoin.

Salah satu perbedaan utama yang membedakan pertambangan Zcash adalah bahwa 10% dari 21 juta unit yang ditambang menggunakan protokol Zerocash akan mengarah ke pemangku kepentingan Zcash, yaitu: pendiri, karyawan, investor dan penasihatnya. Ini disebut " Hadiah Pendiri ".

Para pemangku kepentingan tidak akan menerima penghargaan ini secara linier. Pada awalnya, hasil protokol dalam pembuatan ZEC 50 setiap 10 menit, dengan 20% untuk para pendiri dan sisanya untuk ke para penambang. Setiap empat tahun, insentif pertambangan ini akan dipotong dua, tapi 100% dari hadiah ini akan menjadi penambang setelah empat tahun pertama.

Mekanisme slow-start

Perbedaan penting lainnya adalah protokol Zerocash memanfaatkan mekanisme slow-start , yang berdampak pada insentif yang diberikan untuk 20.000 blok pertama (ditambang lebih dari 34 hari). Alasan di balik pendekatan ini adalah mengelola risiko protokol yang memiliki "kelemahan bug atau keamanan utama." Jika masalah seperti itu ditemukan, mekanisme slow start akan membantu mengurangi dampaknya.

Berdasarkan mekanisme ini, insentif pertambangan perlahan meningkat hingga mencapai 12,5 BTC di blok 20.000. Tingkat kenaikannya seperti 20.000 blok pertama yang akan menghasilkan total imbalan pertambangan 125.000, separuh dari 250.000 jika mereka semua  masing-masing memberikan insentif 12,5 ZEC.

Slow start rate dari Zcash

Protokol Zerocash dijadwalkan mengurangi separuh lagi blok 850.000, dan pada saat mana hadiah akan turun menjadi 6,25 ZEC.

Volatilitas harga

Beberapa faktor telah digabungkan untuk membantu volatilitas harga BBM di ZEC. Kriptocurrency tersebut menikmati permintaan yang sangat kuat tak lama setelah dirilis, sehingga harganya melonjak menjadi sekitar 3.300 BTC (lebih dari $ 2 juta) pada hari pertama perdagangannya, menurut Poloniex. Namun, ZEC dengan cepat bergerak ke arah lain, jatuh ke 48 BTC pada hari yang sama.

Fluktuasi harga yang tajam ini terjadi setelah BitMEX Zcash futures mengalami apresiasi tajam menjelang rilis mata uang digital 28 Oktober, yang melonjak dari hanya 0,027 BTC ($ 18,50) pada 15 September menjadi 0,78 BTC ($ 535) pada tanggal 28 Oktober. Namun, kemudian turun ke 0,049 BTC ($ 36,17) .

Selain zk-SNARKS protokol Zerocash yang sebagian besar belum teruji, mata uang digital belum diadopsi oleh platform apa pun yang mungkin menggunakannya sebagai mata uang. Akibatnya, nilainya murni menjadi spekulatif pada saat itu.

Ke depan, harga Zcash akan tergantung pada penawaran dan permintaan, dengan yang pertama terus meningkat dan yang terakhir tidak pasti. Untungnya, volatilitas yang sejalan dengan spekulasi telah menciptakan peluang bagi pedagang, yang mungkin berinvestasi di Zcash dalam upaya untuk menghasilkan keuntungan (CoinDesk).
Sedang Trends Terkait: Apa yang Harus Diketahui Investor Sebelum Membeli Zcash

Advertisement